Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar

Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar Tampilan blog merupakan salah satu aspek penting untuk kita perhatikan dalam mengelola blog. Apa kesan pengunjung blog ketika berkunjung di blog kita? jawabannya adalah tampilan blog dan kemudian baru konten blog. Tampilan blog yang tidak teratur dan berantakan menjadikan pengunjung enggan untuk berkunjung lagi di blog tersebut. Bagaimana dengan konten? meskipun konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, apabila performa blog tidak menarik itu juga sama saja. Oleh karena itu, usahakan dalam mendesain blog itu harus tepat dan bagus.

Memang penilaian setiap orang berbeda-beda. Mungkin kita sudah mendesain tampilan blog sebaik mungkin, namun kadangkala menurut pengunjung blog kurang begitu baik. Paling tidak, kita bisa membaca dan memperkirakan apa yang menjadi aspirasi visitor setia kita. Mungkin lewat komentar yang diberikan ataupun lewat saran pada contact form.
Cara Mendesain Blog dengan Baik
Image by superblogpedia.blogspot.com
Adalah lebih baik tampilan blog yang sederhana dan menu yang ditampilkan lengkap dibandingkan dengan blog yang bagus dengan beranekaragam widget namun menu navigasi tidak lengkap. Lalu seperti apa sih desain blog yang bagus? Berikut saya jelaskan beberapa point yang harus kita perhatikan dalam mendesain blog.


Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar

1. Menu navigasi lengkap
Blog yang bagus harus mempunyai menu navigasi yang jelas dan lengkap. Apa saja menu tersebut? adalah Home, About, Contact Form, Sitemap, dan lain sebagainya. Biasanya menu ini terpasang di bagian header blog. Tentu, menu tersebut harus sesuai dengan niche blog anda. Bila niche blog tentang Game, paling-tidak di dalam menu tersebut tersedia Game Aksi, Balap, Olahraga, Game Petualangan, dan masih banyak lagi.

Menu navigasi ini bergunan bagi visitor blog untuk memudahkan mereka dalam menjelajahi dan menemukan informasi apa saja di situs anda. Sehingga apa yang mereka cari, dapat dengan mudah untuk ditemukan. Menu navigasi ini juga menjadi salah satu syarat untuk bisa di approve oleh Google AdSense apabila kita mengajukan permohonan akun. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Syarat dan Ketentuan Mendaftar Google AdSense.

2. Loading blog ringan
Tentu, visitor lebih suka mengunjungi blog yang mempunyai loading ringan dari pada yang berat. Hal tersebut dikarenakan loading blog yang ringan tidak perlu memakan banyak waktu apabila diakses, selain itu juga menghemat kuota koneksi internet. Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Faktor Penyebab Loading Blog Menjadi Berat. Silahkan anda pelajari lebih lanjut.

Biasanya loading blog yang ringan itu menggunakan template yang SEO Friendly. Seperti halnya template yang saya gunakan ini, yakni template Trick Theme V2 untuk Blogspot. Mungkin ada baiknya apabila anda menggunakan Template SEO, karena selain ringan ketika diakses, juga tidak terlalu ramai, dan tentunya sederhana tampilannya.

3. Warna blog tidak terlalu cerah
Warna juga mempengaruhi kenyamanan visitor blog. Blog dengan warna hitam, maka tulisan akan sulit untuk dibaca. Blog dengan warna terlalu cerah juga dapat merusak mata. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan warna yang tidak terlalu terang, karena alasan tersebut. Sebaiknya gunakan warna putih saja dan tulisan berwarna hitam.

4. Utamakan konten daripada iklan
Memang motivasi setiap webmaster berbeda-beda dalam mengelola blog. Ada yang hanya sekedar cari teman, menyalurkan hobby menulis, dan bahkan ada juga yang mencari penghasilan. Apapun motivasi anda, selalu utamakan konten. Biasanya webmaster yang mempunyai motivasi untuk cari uang itu cenderung memasang iklan yang berlebihan pada blog mereka. Mungkin supaya jumlah klik iklannya tinggi atau mungkin alasan lain, saya kurang tahu betul.

Sebenarnya memasang satu iklan saja itu sudah cukup apabila iklan tersebut diletakkan pada posisi yang tepat. Dan bukan tidak mungkin mereka (visitor) akan meng-klik iklan yang kita pasang. Oleh karena itu, selalu prioritaskan konten daripada iklan. Biarlah iklan berkerja dengan sendirinya. Sajikan konten yang menarik dan bergunan bagi pengunjung blog! dengan begitu maka mereka akan senang apabila berkunjung di blog kita. Dan bahkan bisa jadi suatu saat nanti mereka akan kembali lagi untuk menengok blog kita lagi.

5. Sisipkan gambar disetiap postingan
Sebuah gambar yang disisipkan dalam postingan memang memberikan daya tarik tersendiri. Selain bisa memberikan keterangan tambahan kepada pengunjung tentang artikel yang kita bahas, juga dapat memberikan kesan tidak monoton tentang artikel yang kita sajikan. Postingan yang hanya berupa tulisan saja akan terkesan kurang menarik, sehingga pembaca mudah bosan dengan artikel kita.

Oleh karena itu, usahakan setiap posting artikel yang kita buat, itu disisipkan gambar. Entah itu gambar hasil karya kita sendiri ataupun gambar yang diambil dari internet. Untuk gambar yang diambil dari internet, usahakan selalu sertakan sumbernya agar anda tidak melanggar Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI). Ukuran gambar hendaknya tidak melebihi 50 Kb. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak memberatkan loading blog. Jangan lupa untuk selalu memasang Alt Tag pada gambar anda, supaya gambar tersebut mudah terindeks oleh mesin pencari.

6. Atur tulisan artikel secara rapi
Tulisan dalam postingan yang rapi tentu enak dibaca dibandingkan dengan tulisan yang tidak tertata rapi. Kita harus bisa membedakan antara tulisan yang ada dalam buku dengan tulisan yang ada di laman blog. Di buku itu tidak ada cahaya yang menerangi, sehingga tulisan sekecil apapun dan serumit apapun itu enak dibaca. Beda halnya dengan tulisan yang ada di laman web/blog. Di blog itu ada cahaya yang menerangi, oleh karena itu selalu usahakan anda menyajikan tulisan yang tertata rapi.
Cara agar blog terlihat rapi dan enak dipandang oleh pengunjung blog
Layout Tata Tulis Artikel Postingan
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah seperti apa tulisan yang rapi tersebut? perhatikan gambar diatas! Disitu terlihat rapi. Bagian margin kiri dan kanan itu rata. Selain itu, antara paragraf nomor 1 dengan paragraf di bawahnya itu terdapat spasi (enter). Sehingga selain enak untuk dibaca, juga tulisan yang disajikan tidak membosankan. Selain itu, sebaiknya jenis huruf disetting deffault saja, misalnya Time News Roma, supaya mudah dibaca oleh visitor.

Selain pengaturan tata tulis, yang perlu anda perhatikan adalah kualitas artikel yang anda buat. Hendaknya artikel yang anda tulis itu berkualitas. Tidak hanya artikel hasil copy-paste orang lain. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Membuat Artikel Berkualitas.

7. Lengkapi widget yang mendukung
Widget-widget yang mendukung hendaknya selalu anda pasang di blog anda. Selain dapat memberikan informasi tambahan kepada para pembaca, juga dapat meningkatkan pageview blog anda. Apa saja widget tersebut? adalah widget artikel terkait, posting terbaru, posting populer, widget label/kategori, widget pencarian (custom search widget), widget kotak berlangganan, tombol share jejaring sosial, follower jejaring sosial seperti blogger, Facebook Like Box, Laman Google Plus, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya widget tersebut bukan dimaksudkan untuk mempercantik performa blog anda, akan tetapi lebih dikarenakan demi kenyamanan visitor blog anda. Namun, apabila beberapa widget tersebut memberatkan loading blog anda, sebaiknya jangan dipasang.

8. Hindari widget yang tidak penting
Seperti yang dijelaskan pada point diats bahwa widget yang memberatkan loading blog dan tidak terlalu penting eksistensinya, itu sebaiknya tidak perlu anda pasang di blog anda. Misalnya widget yang tidak terlau penting adalah tulisan bergerak, musik mp3, tampilan kursor mouse, informasi situs seperti jumlah visitor blog, jumlah visitor online, dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya visitor blog itu mencari konten artikel yang ada di blog kita, bukan mencari widget tambahan ataupun iklan. Ini yang perlu anda pahami secara mendasar. Supaya tidak terlalu berlebihan dalam memasang widget yang ada di blog anda.

9. Hindari widget pop-up melayang dan pop-under
Widget ini jelas sangat mengganggu visitor blog. Karena selain dapat menutupi konten artikel yang mereka baca, juga keberadaannya sangat memusingkan para visitor. Widget ini merupakan salah satu point yang paling dibenci oleh visitor blog. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Hal-hal yang tidak disukai oleh visitor blog. Oleh karena itu, sebaiknya anda hindari pemasangan widget ini di blog anda, supaya visitor bisa nyaman berlama-lama singgah di blog anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar. Semoga dapat memberikan pemahaman bagi anda dalam mendesain blog, sehingga harapannya ke depan blog anda bisa lebih baik dari sekarang.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

10 komentar:

Mizz Aiza said...

paling penting loading blog yang ringan..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bu Mizz Aiza, iya buk. Loading yang ringan dapat menghemat waktu dan juga koneksi internet. Mengingat, tidak semua orang menggunakan koneksi internet super cepat. Terimakasih banyak sudah berkunjung di blog saya :)

dunia maya said...

izin nyimak sob
sanagt bermanfaat buat pemula seperti saya

Djangkaru Bumi said...

widget yang melayang itu kadang yang menutupi artikel.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak MaYa KayLa: iya mbak silahkan disimak baik-baik ya, supaya bisa paham hehehe :)

Djangkaru Bumi: bukan kadang lagi pak, tapi sering banget. Widget pop up itu sangat mengganggu sekali :)

Staff Administrator said...

Iya...sy pun paling keki..sama widget yg melayang2...apalagi kalo bukanya kewat hp mbak...hmm parah lagi..jd nya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

widget pop up melayang memang sangat meresahkan pemirsa blog kita mas :)

Unknown said...

Masih Bingung.....
he he

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bingung kenapa mas bob? hmmm :)

Aldino Sya said...

ane ijin komeng di sii lg Kak,...Rinn!
OOO.... ane tertarik dgn kata sumber gambar N tdk lebih dari 50 kb gambar..
sip. maksi..Bukan berarti ane gak lahap smua isinya loh...:):):)

Post a Comment