Cara memilih judul dan url blog yang baik dan keren unik

Cara memilih judul dan url blog yang baik dan keren unik Judul blog adalah nama sebuah blog yang mana eksistensinya merupakan ciri khas yang membedakan antara blog yang satu dengan yang lain. Adapun url blog pribadi adalah alamat web yang apabila diakses dengan menggunakan komputer dan koneksi internet maka akan menuju laman tertentu. Judul blog dan url blog yang bagus adalah relevan satu sama lain. Misalnya blog saya ini, yakni mempunyai judul Cara Ririn. Adapun alamat url nya adalah http://cara-ririn.blogspot.com.

Memilih judul dan url blog memang bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, karena memang dalam menentukannya itu tergantung dari selera kita masing-masing. Namun, taukah anda ternyata dalam memilih judul blog itu ada caranya. Tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada berbagai aspek yang harus diperhatikan dalam menentukannya. Hal tersebut dikarenakan agar selain blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari, juga mudah diingat oleh pengunjung blog.

Berikut saya jelaskan beberapa point tentang cara memilih judul dan alamat blog unik yang baik dan benar. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara memilih judul dan url blog yang baik dan keren unik
Image by michellerafter.com

Cara memilih judul dan url blog yang baik dan keren unik

1. Buat judul dan url yang unik
Judul dan url blog yang unik jelas akan mudah diingat oleh siapa saja. Apalagi bagi mesin pencari seperti Google. Bisa dipastikan blog kita akan dengan mudah terindeks oleh mesin pencari. Karena memang judul yang unik dan berbeda dengan judul blog orang lain, itu mempunyai tingkat persaingan yang rendah dalam mesin pencari. Apabila anda memilih judul dan url yang umum, misalnya Blog Tutorial dengan url www.tutorial.blogspot.com. Bisa dipastikan blog anda sulit untuk ditemukan oleh mesin pencari pada halaman pertama. Karena pesaing nya banyak sekali.

2. Sesuaikan antara judul dan url blog
Sebaiknya antara judul/nama blog dan url blog itu harus relevan. Dalam hal ini relevan dalam segi penulisan. Misalnya blog saya ini, yakni relevan antara judul dan url blog. Kenapa harus relevan? hal itu dikarenakan url dan judul yang relevan dapat menguatkan posisi laman blog kita dimesin pencari. Oleh karena itu, kesesuaian tersebut menjadikan blog kita SEO Friendly.

3. Tentukan niche blog yang spesifik
Niche merupakan sebuah topik yang dibahas dalam blog secara spesifik. Blog yang baik adalah blog yang membahas hal-hal tertentu saja, dalam artian tidak diisi dengan konten yang tidak berkaitan dengan niche blog. Contohnya blog saya lagi. Blog saya hanya membahas informasi seputar blogging saja, tidak membahas yang lain nya. Bagaimana dengan blog gado-gado atau blog yang berisi konten campuran? blog yang seperti itu kurang begitu diperhatikan oleh mesin pencari karena memang tidak mempunyai niche yang spesifik.

4. Pilih url blog yang pendek
Url atau alamat blog yang pendek tentu mudah diingat daripada url yang panjang. Namun, url yang pendek juga harus relevan dengan nama blog. Karena kebanyakan visitor blog itu lebih memperhatikan nama blog dibandingkan dengan memperhatikan url blog. Sehingga apabila nama blog pendek dan sesuai dengan url blog, maka akan mudah diingat-ingat oleh visitor blog. Contoh url blog yang pendek adalah http://ririnx.blogspot.com.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara memilih judul dan url blog yang baik dan keren unik. Semoga dapat memberikan pemahaman bagi anda yang sedang atau baru belajar Blogging.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

17 komentar:

Unknown said...

bagus tutorialnya, judul dan url blog memang menjadi pembuka jalan bagi kepentingan SEO.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kurnia Tuhadi, iya pak benar sekali. Relevansi antara judul dan alamat blog memang sangat penting. Selain itu, judul blog yang unik juga menentukan posisi SEO. Oleh karena itu mengapa hal itu sangat penting untuk diperhatikan. Terutama bagi Blogger pemula, agar tidak salah dalam memberi judul dan memilih alamat blog. Terimakasih banyak Pak Kurnia Tuhadi atas kesediaannya berkunjung di blog saya :)

Seni Art said...

Sangat menarik,

Admin OI said...

Tambahin dong infonya mbak

Admin OI said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kira-kira info apa mas yang perlu ditambahkan? :)

Staff Administrator said...

Iya nih mbak...seperti blog sy yg gado gado...
Pinginnya sih punya niche yg sesuai dg diskripsi blog...cuma ya itu..udah kadong terlanjur...jd sekrng di nikmati aja deh ..hehe
Tapi mudah mudahan dlm waktu dekat..pingin jg buat blog baru..yg lebih fresh..hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak apa-apa kok mas dengan blog gado-gado. Lebih baik dipertahankan saja, karena kan blog anda sudah besar, dan sudah terkenal. Menurut saya kalau ingin membuat blog baru, itu malah akan menambah pekerjaan kita lagi, sehingga malah nanti blog yang baru malah tidak ke urus yang pada gilirannya bisa terbengkalai :)

Anonymous said...

Mba,,mau nanya nih,,saya kan punya toko online urlnya www(dot)tokokemejapria(dot)com, kira2 judul yang baik gimana ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau url web nya seperti itu, sebaiknya judul/nama web nya Toko Kemeja Pria :)

Fathiah Utari said...

mbk kalau judul blog diganti disesuaikan dengan url supaya relavan, apakah berpengaruh terhadap Serp nantinya?
blog saya www.marmer-granit.com
terimakasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Berpengaruh mbak. Tapi kalau posting artikel yang terindeks tidak berpengaruh. Kalau nama blog/judul blog ada pengaruhnya. Tapi memang lebih baik harus relevan antara judul dan url blog :)

Coba anda perhatikan situs besar, misalnya Yahoo, Google, Facebook, Merdeka, Kompas dll pasti antara Nama Situs dan Url nya sama :)

Arief Ay said...
This comment has been removed by the author.
Arief Ay said...

bagus nih artikelnya, bermanfaat banget wat pemula, ane langsung ganti dah url nya, sama kaya punya mba ririn, gpp ya mba heheh

Unknown said...

mabak coba berkunjung ke blog saya di alamt : kangnday.blogspot.com,
saya baru membuat blog ini dan designnya sengaja saya buat gado2 dgn maksud supaya lebih mudah mengelolanya,kira2 itu bagus ga ya ?...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Nday, saya sudah berkunjung ke blog anda. Bagus-bagus isi nya ;)

aa.dankz priatna said...

terima kasih inponya nih

Post a Comment