Pengertian dan Fungsi SEO

Pengertian dan Fungsi SEO - SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Optimasi Mesin Pencari. SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan volume lalu lintas (trafik) kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut (Wikipedia.org 2/5/2013). Definisi SEO tersebut dapat diinferensikan sebagai upaya untuk memaksimalkan jumlah kunjungan visitor ke suatu web/situs dengan cara memanfaatkan cara kerja mesin pencari itu sendiri.

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan visitor web/blog berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Sehingga perlu adanya suatu pengoptimalan agar blog/web kita bisa menduduki halaman pertama pada hasil pencarian mereka. Apabila web/blog menduduki peringkat pertama, bukan tidak mungkin blog/web kita akan ramai dikunjungi oleh visitor blog. Semakin mudah web/blog terindeks oleh mesin pencari, semakin besar pula angka trafik blog/web kita.
Pengertian dan Fungsi SEO
Image by topseopicks.com
Pada prinsipnya ada 2 jenis visitor blog/web yakni visitor organik dan visitor an organik. Visitor organik adalah visitor yang berasal dari mesin pencari yang mana mereka telah mengetikkan keyword tertentu pada mesin pencari dan telah menemukan web/blog kita. Sedangkan visitor an orgnaik adalah visitor yang berasal dari link yang terdapat di blog/web orang lain.

Pengertian dan Fungsi SEO

Sebenarnya apa tujuan dari SEO? Tujuan SEO adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan (Wikipedia.org 2/5/2013). Oleh karena itu secara logika apabila situs web sudah menempati posisi teratas pada hasil pencarian, maka akan memiliki peluang besar untuk memperoleh visitor.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan SEO juga semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan banyak berbagai perusahaan yang memanfaatkan jaringan internet untuk digunakan sebagai media bisnis mereka. Oleh karena itu sebuah situs bisnis yang bisa berada pada posisi teratas hasil mesin pencari, besar kemungkinan mereka akan mendapatkan pelanggan baru. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk menawarkan jasa SEO bagi perusahaan yang mempunyai usaha berbasis di internet.

Bagi anda yang mempunyai usaha yang berbasis internet, misalnya Bisnis Online, memutuskan untuk menyerahkan situs web anda kepada jasa SEO adalah suatu keharusan. Karena selain dapat meningkatkan trafik situs web anda, juga dapat menghemat waktu. Di internet ada berbagai lembaga dan perusahaan jasa SEO yang bisa membantu anda dalam mengoptimalkan usaha anda. Menurut Google.com (27/05/2013) mereka, dalam hal ini adalah jasa SEO, bisa membantu situs anda dalam hal:
(i) Memberikan ulasan konten situs anda atau struktur situs
(ii) Memberikan saran teknis tentang pengembangan website: misalnya, hosting, pengalihan, kesalahan halaman, dan penggunaan JavaScript
(iii) Mengembangkan konten
(iv) Manajemen kampanye (pemasaran) dan pengembangan bisnis online
(v) Penelitian kata kunci (keyword)
(vi) Memberikan pelatihan SEO
(vii) Keahlian di pasar spesifik dan geografi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian dan Fungsi SEO. Semoga dapat memberikan pencerahan baru tentang apa makna SEO sebenarnya. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

0 komentar:

Post a Comment