Cara Membuat Template Sendiri

Cara Membuat Template Sendiri Dunia blogging memang penuh dengan kreativitas. Diharapkan kita bisa mendayagunakan segala kemampuan kita untuk membuat sesuatu yang kita belum bisa. Kita mungkin hingga kini masih menjadi konsumtif saja. Misalnya hanya sebagai pemasang widget atau template karya orang lain demi membuat performa blog pribadi kita menjadi lebih indah. Pertanyaannya, pernahkah kita membuat kode-kode HTML atau mungkin template? yang mana bisa bermanfaat untuk orang lain. Mungkin dari sekian banyak blogger di seluruh penjuru dunia hanya ada beberapa yang mengorbankan waktunya untuk membuat sesuatu yang baru.

Kita juga mungkin sering ganti-ganti template di blog kita dengan template yang sudah ada. Kadang template tersebut masih saja ada yang kurang dan tidak sesuai dengan selera kita. Kita mungkin tidak bisa merubahnya seperti yang kita inginkan karena memang hal itu sulit dilakukan. Oleh karena itu, dari pada kita hanya sebagai pengguna template saja, lebih baik membuat template sendiri saja.

Anda bisa membuat template blog keren sesuai dengan selera anda. Mungkin anda ingin yang ukuran templatenya lebar atau mungkin ingin warnanya terang atau yang lain. Anda bisa membuatnya sendiri karena diinternet ada sebuah situs yang menyediakan layanan tersebut dan itu 100% gratis. Adalah situs doTemplate yang menyediakan layanan tersebut.

Di situs tersebut sudah ada beberapa template yang sudah jadi. Anda hanya perlu meng-edit template tersebut sesaui dengan selera anda. Berikut lankah-langkah membuat template sendiri pada situs doTemplate.

Cara Membuat Template Sendiri Gratis 5 Menit

1. Silahkan kunjungi situs doTemplate di url http://www.dotemplate.com/. Maka akan muncul laman seperti dibawah ini.
Cara Membuat Template Sendiri
2. Di laman tersebut ada beberapa template yang sudah siap untuk di-edit. Silahkan klik tulisan Browse All Templates untuk mencari template yang pas dengan selera anda.
Cara Bikin Template Keren Blog Sendiri
3. Dalam tutorial ini saya akan memilih template yang headernya berwarna hijau. Silahkan template tersebut di klik.
Tutorial Pembuatan Template Gratisan
4. Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Customize and Download.
template gratis seo friendly untuk di download keren
5. Pada tahap ini anda bisa meng-edit sesuai dengan keinginan anda baik itu ukuran, warna, tulisan, gambar, dan lain sebagainya. Untuk meng-edit, silahkan arahkan bagian mana yang akan diedit dan kemudian silahkan di klik.
cara buat template blogspot responsive 5 menit
6. Setelah template anda sudah selesai dibuat sesuai dengan selera anda, langkah berikutnya silahkan klik gambar download di bagian pojok kiri atas. Maka akan muncul pilihan apakah Blogger, WordPress, ataukah XHTML Template. Silahkan pilih Blogger apabila anda pengguna Blogger.
langkah-langkah membuat template untuk toko online yang rapi
7. Langkah selanjutnya silahkan klik tulisan Download Your Template untuk mengunduh template buatan anda.
template gratisan untuk blog pribadi para blogger indonesia
Selamat!!! anda sudah berhasil membuat sebuah template. Berikut adalah gambar template buatan saya. Silahkan download apabila anda suka dengan template buatan saya.
belajar cara bikin template sendiri pakai situs do template
Demo - Download
Untuk memasang template buatan anda tersebut di blog, silahkan pelajari selangkapnya tentang tata Cara Mengganti Template di Blogger.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Template Blog Sendiri. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

15 komentar:

Masnady said...

wah boleh juga nih sob. sepertinya bagus bagus juga template nya.. ini kira kira seo apa nggak ya template hasil buatannya.. ijin simpan dulu dech linknya sob.. terimakasih... salam manis juga buat adminnya hehehehhehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas template nya lumayan bagus-bagus dari segi tampilannya. Kita bisa membuat template sesuai dengan keinginan kita. Saya kurang tahu pasti apakah template tersebut SEO Friendly atau tidak, karena saya belum mencoba memasang template tersebut di blog saya.

Silahkan mas jangan sunkan-sunkan untuk menyimpan link situs pembuatan template. Kita sama-sama berbagi pengetahuan. By the way terimakasih banyak ya atas kunjungannya :)

Salam manis juga :D

Mbak Iis said...

kalau otak-atik templet saya bukan ahlinya dan paling gak bisa...mending terima jadi aja.

mksh infonya mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

memang membuat template sendiri lumayan susah mbak. Tapi ketika kita berhasil membuat-nya, pasti ada kepuasan tersendiri.

kalau template buatan orang lain sich bagus-bagus tapi kadang ada yang kurang sreg dengan hati kita hehehe :D

iya mbk lis sama-sama :)

Djangkaru Bumi said...

menuju ke tkp biar bisa langsung praktek, Terimakasih atas sharingnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Djangkaru Bumi, iya pak langsung praktek aja biar tidak penasaran cara membuatnya hehehe :)

Unknown said...

Aduh ketemu lagi pada sesi "Cara membuat template sendiri" disini. heemm di coba lagi ah ,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe silahkan dicoba pak. Ini trik untuk membuat template sendiri. Anda bisa membuat template sesuai dengan selera anda. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Unknown said...

Tp koq mba blog yang saya buat yang mba pernah singgah di judul lovely pada ilang ya foto & kata-katanya, itu kenapa ya. mohon dong mba Ririn yang baik sarannya.. aku jadi ga jadi buat template, akhirnya aku hapus aja blog,nya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya Pak. Wah sangat sayang kalau blog yang sudah dibuat dengan susah payah, dihapus begitu saja pak.

Jujur saja, meskipun saya sudah pernah membuat template sendiri seperti tutorial diatas, tapi saya belum pernah mengaplikasikan template buatan saya tersebut untuk dipasang di blog saya pak. Jadi, saya tidak tahu betul kenapa posting artikel itu bisa hilang semua.

Saran saya, blog nya jangan di hapus dulu pak, tapi template nya dikembalikan lagi ke template semula. Dengan begitu, besar kemungkinan posting artikel bisa kembali lagi seperti semula pak. Thanks pak sudah singgah lagi :)

Unknown said...

iya mba podo-podo ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Pak sudah mau berdiskusi di blog saya :)

Unknown said...

iya mba ririn yang manis sama sama, terimakasih jg udah mau berbagi dengan kita kita ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Pak Deep sama-sama, mari kita belajar blogging bersama-sama. Saya juga masih pemula kok :)

Unknown said...

kalau kita bisa membuat template sendiri rasanya mempunyai nilai tersendiri walau dibilang 'jelek' sama orang lain,
tapi setidaknya kita punya rasa kepuasan dari hasil sendiri ya mbak,
hehehe :-D

Post a Comment