Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda

Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda Apabila motivasi ngeblog anda adalah untuk memperoleh penghasilan, pasti anda akan berusaha keras untuk meraihnya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk monetisasi web/blog. Salah satunya adalah dengan cara membuka space iklan. Meski cara ini terlihat sederhana sekali, tapi cukup sulit untuk memperoleh advertiser yang bersedia memasang iklannya di blog kita.

Butuh waktu yang tidak sedikit untuk membuat blog anda bisa sukses dan dibanjiri para advertiser. Oleh karena itu, luruskan niat anda terlebih dahulu. Fokuskan diri anda pada pengelolaan blog sampai mungkin sekitar 1 tahun. Baru kemudian apabila sudah layak, anda bisa membuka space iklan di blog anda.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Mencari Uang di Internet. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mendapatkan banyak iklan / sponsor di website blog anda. Berikut adalah uraiannya. Silahkan anda perhatikan secara seksama.
Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda
Image by odingk.com

Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda

1. Pasang space iklan di blog anda
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang space iklan di blog, baik itu berupa space iklan banner atau iklan teks. Space iklan tersebut menginformasikan bahwa blog anda bersedia sebagian space nya untuk dipasang sponsor/iklan. Jangan lupa, banner tersebut apabila di klik, itu diarahkan ke halaman tertentu, misalnya halaman pasang iklan disini. Silahkan pelajari Cara Membuat Iklan Gambar Sendiri.

2. Berikan informasi blog anda secara detail
(i) Deskripsikan Blog Anda
Anda perlu memberikan penjelasan terkait dengan deskripsi tentang blog anda. Blog anda membahas apa saja dan fokus pada konten yang berupa apa saja. Misalnya blog anda tentang Software Gratis. Jadi anda perlu menjelaskan bahwa blog anda memberikan software atau link download software secara gratis. Dengan begitu maka advertiser bisa menyesuaikan iklan apa yang kira-kira cocok untuk dipasang di blog anda.

(ii) Jumlah Trafik Blog
Tidak ada batasan untuk jumlah trafik blog. Misalkan trafik blog anda 500 pageview per hari, itu sudah bisa dikatakan layak. Kalau jumlah pageview nya masih rendah ya tidak ada advertiser yang bersedia memasang iklan di blog anda. Betul nggak? hehe :) Oleh karena itu, anda jangan terburu-buru memasang lapak iklan di blog anda. Silahkan fokus mengelola blog anda terlebih dahulu untuk meningkatkan trafik. Apabila jumlah trafik blog anda sudah tinggi, silahkan berikan informasi secara rinci terkait dengan trafik blog anda. Bisa dengan memasang gambar histori trafik dalam bentuk grafik atau Google Analytic atau mungkin dari Histats.

(iii) Ranking Blog di Alexa
Ranking blog anda di Alexa setidaknya di bawah 1 juta ditingkat global. Untuk mendapatkan ranking alexa yang ramping, itu dibutuhkan waktu yang lama (Baca: Cara Merampingkan Alexa). Konsistensi ngeblog anda akan diuji disini. Nah, apabila ranking blog anda sudah mendekati angka itu atau mungkin sudah dibawah 500 ribu, silahkan berikan screenshoot informasi dari Alexa pada halamana pasang iklan di blog anda.

(iv) Pagerank blog
Tidak ada batasan untuk pagerank blog. Kalau pun pagerank blog anda masih N/A alias Not Available, saya kira tidak jadi masalah karena disini yang paling penting adalah trafik blog. Misalkan pagerank blog anda 1 atau mungkin lebih, itu malah lebih bagus. Kenapa pagerank perlu diikut sertakan? Biasanya advertiser cenderung tertarik dan lebih suka pada blog yang mempunyai pagerank tinggi dibandingkan yang tidak punya pagerank. Hal itu disebabkan blog/web tersebut mempunyai tingkat kredibilitas yang tinggi di mesin pencari Google apabila mempunyai pagerank. Para advertiser berharap bisa memperoleh backlink berkualitas dari blog anda.

(v) Jumlah follower blog, subscriber dan fans page
Jumlah follower blog, subscriber dan fans page juga perlu dan penting untuk diinformasikan kepada advertiser. Semakin banyak jumlah follower, subscriber dan liker, maka semakin bagus blog/web anda. Karena blog anda sudah mempunyai pelanggan yang banyak dan bersifat tetap. Itu artinya pengunjung blog anda tidak hanya datang dari search engine saja, melainkan dari ketiga media tersebut.

(vi) Deskripsikan pemirsa blog anda
Meskipun hal ini terlihat sepele, tapi penting juga untuk diinformasikan kepada advertiser. Siapa saja yang mengunjungi blog anda? umurnya berapa? darimana saja? itu harus jelas. Sehingga advertiser bisa mengetahui kira-kira sponsor apa yang cocok untuk diiklankan pada blog anda.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh halaman pasang iklan di url ini https://cara-ririn.blogspot.com/p/pasang-iklan.html

3. Tentukan tarif iklan yang rasional
Anda dalam menentukan tarif iklan hendaknya yang masuk akal. Tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Silahkan sesuaikan dengan kondisi blog anda baik dari segi trafik blog atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum anda menentukan tarif iklan, sebaiknya anda melakukan observasi terlebih dahulu di blog-blog yang sudah sukses dalam pemasangan iklan.

4. Ketentuan materi iklan
Anda perlu membatasi iklan yang ditayangkan di blog anda. Tujuannya apa? Tujuannya adalah demi kebaikan bersama. Blog anda terjamin dan aman dari banned Google dan juga para pemasang iklan juga tahu diri untuk tidak memasang iklan sembarangan di blog anda. Bila blog anda berplatform Blogspot, anda tidak boleh memasang iklan yang mengandung materi pornografi, perjudian, iklan PTC, dan masih banyak lagi. Karena hal itu melanggar Term Of Service (TOS) Blogger, yang mana berisiko banned dan penghapusan blog. Namun, apabila blog anda berplatform lain, misal selfhosted, sepertinya anda bebas memasang iklan apa saja di blog anda.

5. Contact person yang mudah dihubungi
Untuk memudahkan advertiser untuk mengbungi anda, hendaknya anda mencantumkan alamat Email dan juga nomor hand phone di halaman pasang iklan. Sehingga mereka (advertiser) bisa langsung dengan cepat memperoleh respon dari anda. Mungkin anda bisa juga membuat sebuah formulir online, atau mungkin yang lain nya untuk proses pemasangan iklan.

6. Platform blog anda
Apakah platform yang digunakan untuk ngeblog berpengaruh? Saya kira tidak juga. Platform gratis atau berbayar tidak ada masalah untuk dipasang iklan dengan catatan blog anda sudah memenuhi kriteria diatas. Blog gratis dari Blogger tidak menjadi kendala untuk memperoleh penghasilan dari lapak iklan. Kalau anda tidak percaya, silahkan kunjungi blog Buka Rahasia Blogspot. Blog tersebut sudah sukses dalam hal ini.

Catatan:
Apabila anda sudah melakukan dan melengkapi kriteria diatas, maka ada kemungkinan 20% para advertiser bersedia memasang iklan di blog anda. Hal itu dikarenakan masih ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan, dalam artian masih ada 80% yang musti anda lakukan agar mereka (pengiklan) bersedia pasang iklan di blog anda. Artikel yang menjadi kelanjutan topik ini, insyaAllah akan saya terbitkan pada kesempatan yang akan datang. Oleh karena itu, silahkan follow and like Blog Cara Ririn untuk mengetahui update posting selanjutnya ^^

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel dari saya tentang Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

80 komentar:

Unknown said...

Pertamax gak yah..... hehe..

Blog Kampret said...

Izin pertamax lagi ya mbak wkwkwk biasa tanpa solar :D

Mendapatkan advertiser itu susah-susah gampang. Tapi thanks artikelnya :)

Selamat pagi dan selamat beraktivitas

Mas Marnes said...

Betul sekali mbak Rin memang memerlukan waktu yang tidak sedikit, advertiser bisa saja datang dan memasang iklan pada blog kita manakala blog tersebut sudah top markotop baik dari segi kualitas blog maupun banyaknya visitor yang membanjiri blog tersebut....mungkin kalo blognya dah ramai pengunjung dan memenuhi syarat seperti yang diuraikan di atas besar kemungkinan advertiser juga akan tertarik untuk memasang iklan di blog tersebut :)

Unknown said...

Hal yang sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan untuk medapatkan advertiser. terimakasih mba Ririn informasinya sangat bermanfaat..
Setelah sekian lama akhirnya dapat pertamax juga.. cihuy... hehe

Unknown said...

Maaf sahabat M. Luthfi sahabat terlambat sepersekian detik dari saya... hehe

Unknown said...

Kayaknya masih jauh mbak perjalanan blogku untuk sampai titik ini, tapi saya yakin kok pasti bisa :)

Unknown said...

Selamat pagi Mbak Rin, ijin nyimak artikel yang bermanfaat ini Mbak,
Tentunya artikel ini sangat penting buat sobat yang memerlukanya
Selamat beraktivitas, salam hormat buat Mbak Ririn dan sobat semua :)

Anonymous said...

@Adjie Umbara
Haha iya mas :D kebanyakan ngetik tadi jadi engga pertamax *sedih

Unknown said...

Kalau utk satu ini saya masih jauh ketinggalan mbak.. perlu bnyak blajar dari para master.. contohnya mbak ririn ini hehe :D

Unknown said...

wah saya blm berfikir ke situ mba.. Hehe.. Tpi klo pageview sih sudah lebih dri 500 perhari mba.. Tpi selain itu masih banyak kekurangan nya..

fiu s said...

wah saya belum mencukupi semua itu karenanya sy mash newbie, dan harus fokus ngeblog dulu ...hehehehe

dita said...

wah berarti harus berfikir dua kali :)
Saya maa belum berani soalnya blog saya masih labil, hehe

Anonymous said...

waw banyak banget ya kriteria yang harus dipenuhi...jadi ciut ini nyali hehe..
terima kasih mbak ririn, saya akan coba pelajari dan terapkan satu persatu sebelum pasang space iklan...mudah2an nanti ada advertiser yang nyangkut hehe

Anonymous said...

blog saya sepertinya belum bisa nih mbak untuk dikasih iklan...hehe

Afrid Fransisco said...

pengen ikutan juga, tapi susah mba, ngga da yg pengen beriklan diblog aq ni

:-(

Intan Sudibjo said...

makin hebat aja nih master, trims buat pembelajarannya ya :)

Budiyanto Simo said...

ehm ,.alexa saya belum ramping mbak,.mungkin 2 bulan lagi, .he he

kk ps said...

Padat&jelas ,trimakasih penjelasan nya mbak!

Anonymous said...

Memang untuk mendapatkan advertiser diblog butuh waktu dan proses,seperti yang telah dijelaskan Mbak ririn diatas secara lengkapnya :)

Unknown said...

Terimakasih mbk eka tipsnya bisa buat referensi buat saya dan blogger lain untuk membuka space iklan di blog,jujur saya lebih termotivasi ngeblog setelah setiap hari berkunjung kesini :)

Unknown said...

Berati klau blog ku nggak bisa di pasang iklan donk rin... Hehee..
Karena tidak tentang apa apaa

Ucu nurodin said...

yang terpenting utamakn dlu traffic sama rank abis itu bukan kita yan cari advertise, tapi sebalikna

Unknown said...

infonya boleh juga nih..ginana untuk masalah follower blog ada pengaruhnya nggak...kalau yang mau pasang iklan pastinya dia melihat blog kita dari semua sisi kan mbak...saya coba pelajari lebih menyeluruh lagi..makasih mbak sharingnya

akang sam said...

wah wah, nice share. banyak yg pasang iklan ya sob di blog sobat, hehe ayo capa yang mau pasang iklan di blog ku? hehee

Admin said...

baik bangat info nih

Claresta said...

bermanfaat sekali tipsnya mbak,,, tapi sayangnya hanya bisa menarik advertiser sekuat 20% saja, dan yg 80% gak dijelaskan, hmmm :)
mungkin dijelaskan pada episode berikutnya ya mbak? hehehe :)
makasih telah berbagi info bermanfaat ^^

Mus Jono said...

tips yang sangat bermanfaat, dalam mendapat penghasilan dari ngeblog memang tidak semudah membalikkan telapak tangan dan butuh ierja keras tentunya.

Anonymous said...

sip mantab ... kalau blog saya masih jauh dari itu, karena tujuannya cuma buat mencatat dan belajar biar gak lupa ... tapi kalau kiranya sudah pantas buat advertiser juga itu bonus.. hehe , sukses selalu buat cara ririn

sopyan nc said...

klo blog nya mbak ririn sepertinya sudah masuk kriteria :)
mudah"an blog saya kedepannya seperti blognya mbak ririn hehehe

hayardin said...

Selamat Sore Mba Ririn...Traffic yang tinggi merupakan salah satu Unsur yang sangat di perhatikan oleh calon Advertiser, selain Traffic yang tinggi, Niche blog Publisher dengan Produk yang akan akan di pasang oleh Adverrtiser tentunya harus sama karena percuma Traffic yang tinggi kalau Produk yang akan di promosikan oleh calon Advertiser tidak se niche dengan Blog Publisher.

DuniaUnik said...

wah banyak juga yah syaratnya, blog saya belum masuk kriteria kayanya hehe...

Djangkaru Bumi said...

Iklan GA baru dapat 4 dolar. Lama naiknya, pengunjung dah 800 lebih,tapi yang mengeklik kok sedikit :D

Awam Store said...

persyaratan membuka jasa pemasangan iklan (advertiser) di blog ternyata banyak juga ya mbak, harus lebih giat lagi nih saya dalam mengelola blog agar advertiser yg pesan banyak di blog saya, hehehe
terimakasih banyak mbak udah share cara mendapatkan advertiser, jadi tau nih persyaratan apa saja yang harus saya siapkan agar mendapatkan Advertiser. . . .

Unknown said...

memang banyak ya mbak persyaratan untuk memperoleh sponsore ...
keren mbak artikelnya . trima kasih

Anonymous said...

Oleh karena itu follow dan subcrise blog saya, hampir mirip dengan blog sebelah.

MANG YONO said...

terimakasih ilmunya mbak master... kalau blog sayah gak bakalan menarik advertiser, orang blognya odong - odong hehe

kk ps said...

Met malam mbak!mampir lagi nh..

Unknown said...

mau jadi advertiser tapi masih bingung nentuin syaratnya, hehe
tapi setelah memahami isi artikel ini jadi lebih paham soal advertising,

makasih mba

Unknown said...

sama ama mang yono, blog saya juga masih terbilang unyu mbak, jadi belum berani juga untuk berpromosi sebagai publiser

Unknown said...

waaahh.. Yang punya hajat kemana nih.. Hehe..

Fadly Rifai said...

Luar biasa, penjelasannya sangat lengkap sekali master. ^_^

Unknown said...

ternyta harus sabar dan telaten ya untuk mendapatkan advertiser.. terimakasih sudah berbagi

Unknown said...

harus bekerja extra keras mbak

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Kalau saya sih mbak masih berusaha buat itu, tapi untuk sementara iklan pribadi aja dulu. Selain GA.

Oya mbak mampir ya ada postingan terbaru.

Unknown said...

hmm nice info mbak ririn yg cantik :)

Anonymous said...

banyak juga ya kk syaratnya -_-,kapan blog ane bisa optimal :D

nice info ,sukses buat blognya,n sama kkanya :D

Staff Administrator said...

Kayaknya mesti baca berulang2 nih...ndak cukup sekali... :)
Soale saya ndak bisa baca cepet langsung nangkep...hehe

Kalo blog nya mbak Ririn.. Kayaknya udah masuk ya..

Ahlun Nazar said...

Terimakasih atas penjelasannya mba ... :)

Mizz Aiza said...

sangat lengkap penjelasannya.. blog saya tidak layak untuk dipasang iklan dari advertiser kerana page view per hari masih tidak konsisten..

Mang Lembu said...

setuju...kembali dan fokus dengan motivasi apa awalnya kita ng'blog, kalau cari dollar, tentulah harus lebih giat lagi ng'blognya dan seringlah mampir ke sini soalnya disini mah kian lengkap artikel soal panduan mencari dollarnya...

dunia maya said...

nyimak dulu mb

Unknown said...

seepp dah mbak ririn, resepnya udah tokcerr...tinggal saya yg akan memakai resepnya ini bisa konsisten atau ngga ..hehe

Lirik lagu said...

ILMU baru buat malem ini :)

Anonymous said...

Wah, uraian yg bermanfaat!

Tapi kira-kira ada nggak ya yg mau pasang iklan di blog saya. Isinya nggak jelas gitu, hahaha....

Anonymous said...

mantap..luar biasa artikelnya, yang sering saya lupakan adalah bagian kelima mengenai fanspage dan followers,sering males pasangnya gak tahunya berpengaruh juga di blog mungkin semakin banyak like fanspage dan followers artinya blog kita terkenal juga yah..thans infonya..

Meutrap said...

Kunjungan tengah malam,
wah mantap ni bisa kayak blog kakak yang banyak iklannya kalau ikut instruksi di atas.

Anonymous said...

Semakin bagus dan menarik blog maka semakin dekat para advertiser yang ingin memasang iklannya diblog kita.

Masnady said...

wah sebelumnya saya ucapan terimakasih ya mbak atas penjelasannya. namun saya belum berani pasang space iklan di blog saya.soalnya siapa yang mau memasang ikllan di blog amuradu seperti blog saya hee

Unknown said...

Wah detail sekali mbak informasinya..makasih udah berbagi tipsnya, klu urusan ini kayaknya masih belum kepikiran deh soalnya wktu blogging aja udah terbatas banget..bisa update posting aja udah syukur banget hehehehe

Anonymous said...

saya jd ngerti kenapa blogg saya tidak di approve adesense setelah membaca artikel ini, lagi2 saya berterima kasih buat cara-ririn... hehehe.... izin praktek yoo mbak eka...

Nurul Imam said...

Ciyeee yang udah punya pengiklan pribadi :D

Anonymous said...

wah ternyata blog nya Cara Ririn sudah sukses buat menarik para advertiser, kalau saya harus banyak belajar lagi nih hehe...

Agung Kharisma said...

Untuk blog ini rupanya sudah berhasil menggaet pemasang iklan nih. Berarti monetisasi blog ini bukan lagi hanya dari ppc melainkan dari direct ads juga. semoga semakin maju blognya mba. :)

Unknown said...

Datang lagi Mbak di artikel yang bermanfaat Ini
biasa bangun pagi langsung belajar cara mendapatkan
Advertiser muga muga saya bisa nih trima kasih Mbak Rin

Putra said...

Ada gak hal yang Mbak Rin g tau ya ? :|

Anonymous said...

Tipsnya bagus, saya juga lagi nyari advertise.

artiirhamna said...

sudah saya lakukan loh, pernah dilirik pengiklan, dan dapat juga, tapi sekarang kosong lagi, jadi berusaha lagi mencari para pengiklan :)

Mang Lembu said...

mampir pagi disela-sela kesibukan, mau sekalian minta kopi....ada ngga?

Unknown said...

Blog Cara Ririn ini menjadi contoh yang baik bagi blogger yang lainnya. Walau blog masih 'berusia muda karena belum ada satu tahun' namun telah mempunyai trafik yang tinggi terbukti nilai Alexanya 43.218 (global) dan 521 (Indonesia). Telah masuk dalam 'lingkaran elit Google AdSense' dan ada pemasang iklannya. Selamat dan sukses buat sobat Blogger yang telah mencapai taraf seperti itu. Terima kasih sharing dan motivasinya. Salam cemerlang!

Unknown said...

coba ah, siapa tau dapet :D

Harun Ar said...

Saya fokus baca ttg diskripsi blog..., makasih banget infonya mbak..........

Anonymous said...

bener sekali. harus benerin dulu blognya sebelum pasang space iklan, supaya para advertiser mau.

mantap nih tipsnya..

Unknown said...

supaya dapat menarik banyak advertiser tentunya harus memenuhi beberapa kriteria seperti yang disebutkan di atas yah mbak, makasih buat tipsnya :)

Unknown said...

akhirnya di posting juga, Keren mbak.. pakai cara diatas paling tidak bisa menarik minat para pemasang IKlan.. :D

yang penting perbanyak trafick blog dulu,

Anonymous said...

saya pengen dapet adsense, cuman sayang, blognya baru berumur 3 minggu sedih ooooooooooooooohhhhhhh, sedih.........., kapan saya bisa jadi publiser kaya blog ini

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

Masalahnya 1: mau nggak pengunjung ngeklik bannernya? Itu dia. Di Indonesia, orang masih enggan klik banner. Beda sama di AS, mbak. -_-

Anonymous said...

ternyata gitu ya,
maksi infonya mbak

Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali :)

Bang Rahman said...

Sangat bermanfaat mba', masih yang harus dilakukan berarti ini mba', soalnya traffik blog masih sedikit, Tetap semangat.
Kunjugan Balik dari webberbagi.blogspot.com

Anonymous said...

Terimakasih neng atas kunjungan dan saranya tentang tata letak iklan di blog saya...

Post a Comment