Cara Pasang Scroll pada Widget Arsip Blog

Bagaimana Cara Pasang Scroll pada Widget Arsip Blog? dan kenapa widget tersebut perlu dipasang scroll? Jawabannya sederhana, yakni supaya widget tersebut terlihat rapi saja dan tidak terlalu memakan space yang cukup besar di blog. Pertanyaannya, apakah kini widget arsip sudah dipasang di blog anda? Jika belum, silahkan segera dipasang, karena ada banyak sekali manfaatnya. Terutama bisa meningkatkan kualitas SEO di blog anda.

Sebelum saya berbicara lebih jauh, apakah anda tau scroll? Atau mungkin pernah melihatnya? Scroll adalah tombol gulir naik turun yang berwarna putih dan bentuknya seperti tongkat. Saya yakin pasti anda pernah melihatnya. Hanya saja belum tahu namanya. Ya kan? heheehe :D Soalnya saya juga dulu nggak tahu apa itu scroll. Nama kok unik sekali hehee :D Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan screenshoot berikut ini. Itu adalah gambar widget archieve yang ada scroll nya. Keren kan?
Cara Pasang Scroll pada Widget Arsip Blog
Image by juragancipir.blogspot.com
Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Memasang Tombol Share di Setiap Postingan. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menambah scroll pada widget arsip blogger/blogspot. Berikut adalah langkah-langkahnya. Silahkan anda perhatikan baik-baik ya.

Note: Sebelum anda mempraktekkan trik ini, silahkan pasang widget Arsip terlebih dahulu di blog kesayangan anda.

Cara Pasang Scroll pada Widget Arsip Blog

1. Langkah pertama silahkan sign in ke Akun Blogger anda

2. Silahkan masuk ke Dashboard dan pilih menu Template

3. Pada menu Template, silahkan klik tombol Edit Template

4. Pada Edit Template silahkan cari kode ]]></b:skin>. Untuk mempermudah proses pencarian, silahkan tekan Ctrl + F pada keyboard komputer anda

5. Kalau kode ]]></b:skin> sudah anda temukan, silahkan letakkan kode berikut ini diatas kode ]]></b:skin>

#BlogArchive1 .widget-content{
height:100px;
width:auto;
overflow:auto;
}

Keterangan:
BlogArchive adalah ID dari widget BlogArchive1
height:100px; adalah tinggi scroll

6. Setelah itu, silahkan klik tombol Save/Simpan dan lihat hasilnya.

Apabila berhasil, saya ucapkan selamat!! Kini widget arsip blog anda sudah terlihat cantik dan menarik, serta tidak terlalu memakan ruang yang cukup besar. Saya kira anda sudah paham. Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya!!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Pasang Scroll pada Widget Arsip Blog. Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Memasang Widget Burung Twitter Terbang di Blogger. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

57 komentar:

Unknown said...

pertamax dulu ah... wah dengan begini pengunjung makin betah ya mbak dan juga bagus untuk memaksimalkan pageviews

Anonymous said...

Punyaku entar tak terapin ah secrol pada arsip blog yang kayak tongkat bisa naik turun gituh biar belog tambah rapi nga panjang bener kolom arsip blognya. Tapi ga mau jadi cantik bagus saja jadinya kalau sayah cantik entar gina..
Nais inpo.

Unknown said...

Saya sudah berpikir hari ini pasti mbak Ririn bikin tutor ini soalnya widgetnya baru, ntar juga saya mau pasang mbak :)

Unknown said...

heheheh bru di scroll juga nih kyak xa ni blog :D tambah mantap

Unknown said...

Kalau menggunakan scroll tampilannya bisalebih simpel ya mbk

Intan Sudibjo said...

padahal saya pengen ngakak waktu pertama tau kalo kode scroll itu sebanyak gitu haha

Unknown said...

scroll lebih simple di tampilan blog gan

Masnady said...

wah mbak ririn.. pasti ide membuat posting ini ada hubungannya dengan widget yang saya contek kemarin deh.. hehehehehe..

dengan menggunakan scrol pada arsive blog atau pada widget lainnya yang panjang kebawah, ini sangat perlu untuk menghemat ruang blog ya mbak...

Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali :)

Fitriyana [Gardens Tips] said...

kalo saya lebih suka widget arsip yg pake drop down mbak...
Oiya, saya mau komplen nih, masa saya dipanggil mas sih, saya kan cewek mbak...

mbak Ririn gak baca nama diprofil saya ya?

Unknown said...

hmm
ternyata kalau sudah jdi master blogger keq kakak ini
comment di blog sendii gak di balas lgi ya
hehe
:)

Unknown said...

Hehe pagi rin..
Sepertinya mudah.. Tapi aku nggak bisa edit templet eeel ee...
Keterlaluan bukan???

Unknown said...

wah makasih mba' kebetulan punya saya belum saya pasang,,,

Unknown said...

Di blog saya tadi nya ada widget arsip tapi saya copot dengan alasan tertentu
Coba saya pasang lagi dengan trik nya Mbak Ririn ini semoga trik ini
Yang saya inginkan, dan bisa melengkapi alasan tertentu itu makasih Mbak Rin

Anonymous said...

Lho tadi saya bacanya kurang seksama maaf nih setelah saya simak
Lebih dalam koq kode nya sdikit dan tidak ada tutorial pemasang pada
widget arsip nya mohon pencerahanya terima kasih

Unknown said...

dengan nemambah id overflow:auto kit bisa lebih menghemat tempat ya mbak, karena hasil dari overflow:auto itu akan membuat widget arsip kita menjadi bisa di scroll, suatu alternatif ni buat yang ingin menghemat halaman blognya

Unknown said...

kok saya main pake buang ya mbak sama blog archive sebab belum tau pentingnya mbak kemarin saya pasang lagi yang bawaan dari blog..coba saya praktekan punya mbak eka deh siapa tau lebih rapi..

Mizz Aiza said...

sangat bermanfaat sharing tutorial ini.. dulu saya juga tercari-cari cara untuk memasang scroll bar pada widget blog archive.. syukur saya menjumpai tutorialnya melalui carian dalam google..

Anonymous said...

sangat membantu :) kunbalnya yakkkk

Claresta said...

scroll blog archive bisa memperindah tampilan blog karena ringkas ya mbak, selain itu bisa menghemat ruang di sidebar :)
bermanfaat sekali sharingnya ^^

Unknown said...

scroll ini emng sangt mmbantu bgt mbak, apa lagi bsa mnghemat ruang biar gk terlalu ke bwh hehe :-d

Blog Kampret said...

Saya tidak memasang arsip blog nih mbak hehe :) tapi bagus juga. Jika kita memasang Scroll pada widget akan terlihat lebih simpel dan arsipnya tidak kebawah yah hehe

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Betul bermanfaat mbak, tapi untuk saat ini belum bisa saya terapkan.
Memang secara logika ini bisa mempercepat loading blog mbak.

Oya, mbak saya malah sebaliknya mau nanya nih gimana caranya ya biar arsip blog itu ketika diklik bisa buka tab baru soalnya itu menjadi peningkat pageview (jumlah kunjungan).

Belum ustadz pecahkan masalah ini.

Oya nama mbak ada dalam Puisi Bayangan Manis Wajahmu dikomentari ya nanti puisinya hehe.

Anonymous said...

kapan2 saya coba mbk, bgus jg kyaknya

Unknown said...

mbaa.... kenapa gak share ini dari dulu-dulu, aku nggak ngerti gimana cara pasang papan scroll bar kyk gitu di arsip blogku, waktu dulu dibantuin teman, hihiii....

Budiyanto Simo said...

kalo buat scrool, kode yg harus ada yaitu height:bla bla bla; sama overflow:auto; he he . . kalo kode width kayaknya gx perlu deh, . ^_^

Anonymous said...

Maaf Terburu-buru.
Nice Share!

Anonymous said...

Tinggal menambahkan kode tersebut di atas kode skin scroll langsung jadi mbak,saya pernah pasang dulu sekarang masih ada tutorialnya ya mbak :)

Rohis Facebook said...

aq gk pasang, soalx agak memberatkan blog *smile

rumah abu abu said...

Sip :) Sampai saat ini aku belum sadar ternyata scrol untuk arsip blog memang perlu dipasang, tapi entahlah.. masih sibuk sama kuliah mba ririn :) hehe

Unknown said...

oh ternyata cara membuat scrollnya dengan memanfaatkan css ya mbak , aku sih dengan cara lain , tapi hasilnya sama kok heheheh :)

Gunawan said...

Mmmm... ternyata gampang bangat caranya ya sob. Hehehe...
Maaf soalnya bingung mau nulis apa sebagai komentar saya atas informasi di atas. O iya, saya ingat apa yang mau saya tulis sob. Cara di atas menurut saya cukup simpel dan nggak ribet untuk dipraktekkan tapi saya biasanya nggak pake cara di atas tapi langsung tambahin di kode html-nya.

Anonymous said...

Dulu saya pernah bikin di blog saya, tapi untuk blogroll atau link teman-teman saya. Sekarang sudah saya hapus, soalnya update link-nya agak repot, hehe....

Properti Niaga said...

Keren, pengaturan di cssnya, nambah lagi pengetahuan kami disini. Makasih

Mas Jack said...

wah mantap langsung terapkan ke blog saya nih mbak rin. makasih,
kunjungan baliknya di tunggu :D
belajar-be.blogspot.com

Unknown said...

saya masih belum pake, karena masih sedikit :)

Unknown said...

Mampir lagi ni mbak, wah makin rame aja yg beri komentar hehe :-bd
kalau scroll ini bsa di rubah jga gk tampilannya mbak?

Unknown said...

Punya ane html mbak buka pakai css, bisa di cobain pakai css nih...

Ahlun Nazar said...

Jadi lebih menghemat space sidebar yah .. :D

Djangkaru Bumi said...

Dengan scroll widget tampak lebih rapi.

Rz Bot said...

Lebih rapi dan mnghemat sidebar dan footer :D

Anonymous said...

Codingnya memang simple, dan saya sudah lama menggunakan scroll pada widget arsip blog saya.

Unknown said...

setelah saya coba berhasil mbak di blog ku,thank's ya mbak atas tutorialnya

Unknown said...

Wah makasih infonya mbak..bisa buat referensi ntar btw makin keren nih blognya mbak pakai iklan hehehe

Anonymous said...

setelah dikasih scroll kek gitu jadi kelihatan ginama gitu...*menarik pastinya..huhehe

Lirik lagu said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Bang Sastro said...

wah bagus nih gan.
sayangnya blog ane sudah terlalu ramai templatenya. Jadi ijin bookmark dulu aja deh :D

Anonymous said...

saya sudah pasang mbak
dan hasilnya itu sangat memuaskan

Unknown said...

Betul juga yah mbak kalau pasang scroll pada widget arsip blog jadi lebih simple dan rapi, nanti akan saya coba, mudah-mudahan berhasil yah :)

hayardin said...

selamat Pagi Mba Ririn...dengan adanya fungsi scroll yang dipasang maka Tampilan Arsip Blog kelihatan lebih Rapi ya Mba...kalau saat ini saya baru menggunakan fungsi scroll untuk label atau kategori pada blog saya, kapan kapan mungkin saya juga akan pasang fungsi scroll pada Arsip blog saya juga....

Ucu nurodin said...

wahh harus di coba nih di wp saya, thx infonya sis

Unknown said...

setelah saya lihat ternyata blog saya nggak pasang widget arsip blog hehe... lupa saya :)

Anonymous said...

scroll widget arsip sangat berguna sekali, karena tampilan blog jadi rapih, gak berderet kebawah..... betul?

berhubung saya pemula di blog jadi sayah masih bingung master, kenapa sayah belum praktekan ini kok udah terpasang di blog sayah...

Meutrap said...

Ini yang selalu saya cari kak,
oya kak untuk widget lain bisa ga dibuat macam ni?

acad said...

Makasih ya,dah terpasang..baguss

Staff Administrator said...

Jd ndak memakan space sama lebih terlihat rapijh ya mbak :)

Staff Administrator said...

Tumben blm ada post baru mbak :)

Post a Comment