Cara Pasang Iklan AdSense Konten Seluler Versi Mobile di Blog

Cara Meletakkan / Menambahkan Iklan AdSense Versi Mobile di Blog Seperti kita ketahui bersama bahwa iklan Google AdSense tidak bisa muncul di blog versi mobile/hand phone. Alias hanya bisa tampil di blog versi desktop/komputer. Tidak seperti iklan KlikSaya, AdsenseCamp, dll (PPC Indonesia) umumnya mereka bisa tampil baik di blog versi desktop dan versi mobile. Hebat kan orang Indonesia? hehe ^^

Padahal pemirsa blog itu bisa menggunakan perangkat apa saja untuk mengunjungi blog kita. Yakni mereka bisa menggunakan komputer, laptop, Android, BlackBerry, bahkan hand phone jadul sekalipun. Perhatikan screenshot dibawah ini. Gambar tersebut menjelaskan bahwa ada beberapa persen perangkat atau sistem operasi yang digunakan oleh pengunjung blog kita. Tapi memang posisi teratas masih disabet oleh sistem operasi windows komputer.
Statistik Blog Cara Ririn
Statistik Blog Cara Ririn
Nah, apabila anda merupakan Publisher Google AdSense, tidak ada salahnya untuk menampilkan iklan versi hand phone. Karena dengan begitu, besar kemungkinan akan menambah penghasilan anda.

Syarat Pasang Iklan Google AdSense versi Mobile di Blog

1. Anda harus sudah menjadi Publisher Google AdSense. Kalau belum jadi publisher ya nggak bisa memasang iklan adsense di blog anda. Untuk itu, silahkan daftar dulu atau pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftar Google AdSense dari Blogger.

2. Blog anda berplatform Blogspot. Untuk platform lain juga bisa. Tapi dalam tutorial ini akan membahas khusus untuk blog berplatform Blogspot saja.

3. Bahasa yang digunakan dalam blog anda menggunakan Bahasa Inggris (UK/USA), sehingga nantinya di dashboard blogger anda akan muncul menu penghasilan. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menampilkan Menu Earning di Blogger.

4. Jumlah unit iklan konten desktop yang ditampilkan saat ini di blog anda sebaiknya berjumlah 2 saja.

5. Pastikan bahwa blog anda yang berplatform blogspot tersebut sudah terintegrasi dengan akun Google AdSense. Dalam artian, Email yang digunakan untuk log in ke Blogger dan AdSense itu sama.

Apalagi ya syaratnya? Mungkin kurang lebih itu dulu. Nah, apabila kelima syarat tersebut sudah ada lengkapi, kini giliran anda untuk praktek menempatkan iklan mobile di blog anda. Are you ready? Yes, move on ^^

Cara Pasang Iklan AdSense Konten Seluler di Blog

1. Silahkan log in ke akun Blogger anda

2. Silahkan masuk ke Dashboard dan kemudian pilih menu Template
Cara Pasang Iklan AdSense
3. Pada menu template, silahkan klik tombol Gerigi untuk template seluler
AdSense Konten Seluler
4. Tentukan template seluler blog anda seperti berikut ini
Template Versi Mobile di Blog
Keterangan:
Nomor 1 pilih opsi Ya, Tampilkan template seluler diperangkat seluler
Nomor 2 pilih template seluler PT Keren Sekali

Setelah itu klik tombol Simpan

5. Langkah selanjutnya silahkan pilih Menu Tata Letak
Cara meletakkan Iklan AdSense Versi Mobile di blog
6. Pada menu Tata Letak, silahkan klik tulisan Edit pada Blog Posts
Panduan Menambahkan Iklan PPC AdSense Konten Seluler di Web Blogger
7. Silahkan atur seperti berikut ini
Cara Mudah Memasukkan Iklan Google AdSense kedalam Postingan Blog
Keterangan:
Nomor 1 centang tulisan Tampilkan iklan diantara Posting
Nomor 2 silahkan atur ukuran, warna, bentuk iklan anda

Setelah itu klik tombol Simpan

8. Selesai

Nah, apabila sudah selesai, silahkan di cek apakah sudah berhasil atau belum. Jika sudah berhasil, maka iklan adsense konten untuk desktop akan tampil 3 buah diantara posting blog. Contoh nya seperti screenshot dibawah ini.
Blog Cara Ririn Versi Desktop Windows Komputer
Untuk blog versi seluler/mobile/hand phone, maka tampilannya akan seperti gamabar dibawah ini. Yakni iklan adsense seluler akan tampil 2 buah yang mana terletak di header dan di footer blog. Silahkan cek untuk blog versi seluler seperti url ini http://cara-ririn.blogspot.com/?m=1
Tampilan Blogspot Cara Ririn Versi Mobile Seluler Hand Phone
Bagaimana? Caranya mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya :)

Demikian tutorial sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Memasukkan / Menaruh Iklan Google AdSense Konten Seluler kedalam Blog. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di blog Cara Ririn tentang Cara Meningkatkan Penghasilan dari Google AdSense. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

75 komentar:

Mas Marnes said...

Artikel yang bermanfaat dengan penjelasan yang mendetail, tentunya ini jadi kabar yang menggembirakan buat sobat blogger yang biasa ngeblog menggunakan mobile...Insya Allah artikel ini sangat membantu sekali :)

Bang day said...

wah mbak ririn bener2 jago nih yang kayak ginian, saya belum pernah daftar adsense mbak, masih nungguin visitor banyak dululah, kalo udah banyak visitor baru daftar, mohon bimbingannya ya mbak, sekarang nyimak saja dululah...

Anonymous said...

ow gitu ya mba baru tahu saya nih, dan cara yang detail membuat saya lebih ngerti memahami cara cara diatas mba'. makasih sharingnya

Unknown said...

Itu sangat bagus rin..
Biar aku juga bisa melihat iklan!!!
Karena aku hanya punya hp

Unknown said...

artikel menarik mba.. Sangat bermanfaat.. Dengan melakukan cara di atas, maka iklan adsense akan tampil di blog versi seluler yah mba..

Trimakasih tutornya mba.. :-)

Admin said...

baik bangat sihhh

Unknown said...

Mantap deh tutornya, mumpung kemarin saya baru daftar google adsense mbak dan diterima hanya dalam waktu sehari lho hehehehehe, pas banget nih momentnya....

Unknown said...

saya bookmark dulu ya,bagus ni infonya..

Blog Kampret said...

Tutorial dari master ririn ini mudah. Tapi sayang nih saya belum kterima google adsense hiks

Unknown said...

Cukup mudah ternyata ya mbk :)

technopart said...

sangat bermanfaat mbak, dan saya baru tahu kalau bisa dari mobile phone

Budiyanto Simo said...

mantep mbak tutornya, .he he ^_^

Anonymous said...

wah asyik nie mbak.. salam kenal aja yee

Anonymous said...

wah bagus nih .. berhubung saya belum punya adsense .. aku bookmark dulu ya... ^_^ , mau belajar buat akun adsense dulu ah ... sangat detil sekali nih panduan dari cara-ririn

Mizz Aiza said...

sangat bermanfaat sharing nya.. melalui mobile phone juga boleh dipasang iklan google adsense.. mungkin tutorial ini boleh saya guna jika permohonan saya untuk google adsense diterima.. hehe..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, iya mas mudah-mudahan saja bisa membantu para blogger yang menjadi publisher adsense ya :)

Uda, sepertinya sih nggak bisa mas. Hehehe :D

Bang Dayat, wah gimana cara bimbingnya mas, saya juga masih bingung tentang seluk beluk adsense ini wkwkwk :D

Awhnymous, iya sama-sama :)

Muya, iya mbak makasih banyak ya atas apresiasinya ^^

Warim, yupz betul sekali itu mas. Seratus untuk mas warim dech :)

Admin, biasa aja kok weeeekkk ^^

Yobert, wah luar biasa itu mas. Salut saya. Bener-bener amazing. Dan cool abiz. Dulu saya daftar nya sampai berbulan-bulan sampai nggak tenang makan dan tidur nya hehehe :D Sukses ya untuk adsense nya ^^

Harum, iya monggo silahkan mas harum :)

Lutfi, iya soalnya mas lutfi usia nya belum memenuhi kualifikasi hehehe :D

Rahmat, yupz ^^

Bayu, ah masak iya sih baru tahu? hehehe :D

Budiynto, good job nggak? hehehe :D

Inblogspot, iya salam kenal juga ya :)

Note, iya silahkan mas di save di kulkas juga boleh kok hehehe ^^

Mizz Aiza, iya silahkan dicoba kapan-kapan aja mizz :)

Unknown said...

ndak banyak komen dah, belum jadi publisher adsense sih T_T

Anonymous said...

wah basah dan dingin dong kalau disave di kulkas ... hahha..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hasby, iya nggak apa-apa mas. Tetep cemungudh ea hehe ^^

Note, wkwkwk biar awet mas :D

Unknown said...

Mba Ririn saya salah satu pengguna Android, apakah blog cara ririn ini menggunakan cara di atas? ( AdSense Konten Seluler Versi Mobile ) maaf soalnya iklanya tidak muncul.. thanks
Artikelnya sangat bermanfaat mungkin suatu saat saya akan menerapkan cara ini setelah semuanya siap dengan GA...

Unknown said...

Berarti di seluler cuma tampil satu saja ya?

Unknown said...

sip sip, tapi saya belum punya akun adsense :D
http://opebaft.blogspot.com/

Unknown said...

Kalo kali ini saya Cuman Izin Nyimak Aja yah Mbakk Soalnya saya Suka iri nihhh kalo yang Dibahas Masalah Iklan Adsense hehe maklum saya Belom Punya Adsense Mbakk Jadi Suka Ngiler Kalo misalkan Baca" Masalah ginian mah {Adsense} :D

lupanama said...

sangat bermanfaat , , ,mudah dimengerti , , ,
sayangnya saya gg punya adsense . . .
makasih info nya mbakk . . .

Anonymous said...

Kayaknya sih sudah tampil otomatis di mobile :)

Aully bukan said...

Pastinya bakalan saya manfaatkan Tutor ini apabila permohonan GA saya di terima....

Claresta said...

Mudah banget ya mbak ternyata caranya, iklan bisa tampil di seluler tanpa kita bersusah payah mengobok obok HTML template, hehehe :)
makasih telah berbagi ^^

MANG YONO said...

mudah banget Master Eka... sayah mau praktekan cara cara pasang iklan adsense konten seluler versi mobile di blog, tapi masih bingung belum punya iklan... apa bisa tampil iklannya?...

Unknown said...

Membuat iklan bisa ditampilkan di website dan perangkat mobile tentu akan lebih meningkatkan peluang pendapatan kita karena penayangan iklan menjadi tidak terbatas hanya di perangkat sejenis komputer saja. Selamat dan sukses bagi mereka yang telah mendapatkan penghasilan dari iklan. Terima kasih tutorialnya tentang cara pasang iklan adsense konten seluler versi mobile di blog. Salam cemerlang!

Unknown said...

hehehe.....selalu itu mbak, tetap semangat dan mengeval blog. Mulai dari konten sampai earningnya

Anonymous said...

Versi seluler ini sepertinya lebih banyak dan optimal Mbak kinerjanya karena sekarang ini sudah banyak orang menggunakan smartphone atau tablet atau versi seluler untuk mengakses web,jadi dengan versi seluler iklan lebih banyak dan mudah klik.

kk ps said...

Nyimak sob!saya belum nyoba daftar adsense,jd ga ada iklan d blog saya.ntar klo udah pasang bisa d coba versi mobile ya

Anonymous said...

Tampaknya lebih bagus pakai versi seluler ya mbak dibanding desktop untuk tampilan google adsensenya.

dunia maya said...

dapat ilmu baru
klo tmplate responsive mb?
apa perlu d setting gini?

Blog Kampret said...

Hehe mbak tau aja :) saya masih kecil ni mbak belum usia 17 tahun, tapi Google adsense mau daftar di suruh 18 tahun nih :( hmm.

Pertanyaan Mohon di Jawab yah
Contoh saja misalkan blog saya sudah terkenal dan banyak pengunjung. Pastilah keterima Google Adsense 100%.

Terus saya membuat account google yang baru. Dan si account itu saya jadikan menjadi admin serta saya membuat USIA PALSU 19+ apakah akan di terima oleh google adsense?

Maap panjang-panjang nih hehe, saya suka komentar di blog orang panjang-panjang ^_^ biar lebih akrab gitu

Supriadi saragih said...

udah pernah PO ngak Mbak Ririn_nya sama adsense nih...
bagi2 dong ceritanya gimana po nya :)

nice info sob

Ucu nurodin said...

wahh salah satunya saya sis pengguna ponsel jadul hehe,

Meutrap said...

kalau akun adsense kita daftarnya gak langsung dari blog ada cara gak biar bisa buat kayak cara kakak di atas?
misalnya daftarnya melalui youtube.

Suwardi said...

Di buat Responsive thema/templete blognya bisa tampil kok mbak iklan GA-nya walau pakai Perangkat apa saja....

Unknown said...

ikut bantu jawab ya mbak ririn :) @Maya: kalau template responsive, pling iklan adsensenya di buat responsive aja mbak,, walaupun beta hehe..

waduh... mbak ririn.. template mobile saya, saya pilih yg bawaan.. apa cara diatas jga bisa diterapkan mbak?
"Ya,, mana tau.." suatu saat nanti saya punya akun adsense seperti mbak ririn :)

Anonymous said...

Jujur saya belum menerapkan tutorial ini di blog saya
Lumayan ribet kayaknya

Masnady said...

terimakasih mba ririn atas penjelasannya.. untuk sementara saya nyimak dulu, karena belum punya kun adsense..

hebat nih mbak ririn, sepertinya sudah hafal luar dalam nih kalau ngomongin adsense hehehe...

fiu s said...

wah topiknya lg adsense trus nih kyaknya ....hehehehe tp syngny q msh blog baru .... hmmm :(

Rz Bot said...

bener mbak @Eka sekarang malah banyak pengguna dari Mobile, harus di pakai cara ini :D

Unknown said...

Sepertinya mudah mbak tapi kalau sudah masuk kelompok pengiklan masalahnya belum jadi ya di simpan dulu...tidak mudah ngeblok pake hp

Anonymous said...

wah tips trik GA masih di kupas tuntas lebih lengkap lagi nih ama mbak ririn. saya ikut manggut2 dulu yah mbak sementara.. hehe abis belom paham2 dari dulu mau kosek GA

Rohis Facebook said...

lengkap banget atw lengkap sekali sama aja dgn sangat lengkap :D

Anonymous said...

kalau soal adsense-adsensenan mah saya kut menyimak saja tanpa bisa berkomentar lebih jauh mbak hehe, gak ngerti n gak bisa soalnya hehehe

Unknown said...

Bisa melalui setting tampilan Mobile ya Mbak.
Keren tutorialnya Mbak Eka, Salam sukses

Staff Administrator said...

Saya malah..ndak utak atik malah muncul sendiri loh mbak Rin..
Atau sy nya udah lupa kali ya...hehe :)

Staff Administrator said...

Saya malah..ndak utak atik malah muncul sendiri loh mbak Rin..
Atau sy nya udah lupa kali ya...hehe :)

kk ps said...

Malam sob!numpang duduk ,sekedar untuk melepas lelah

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn,,waah saya belum bisa mengikuti tutorialnya Mba karena saya belum di approve jadi publisher google adsense...

Deni Demian Renovtri said...

wahahha..mantap..triknya..coba ah..namun mengihlangkan verifikasi kata pada post dan komentar template saya tak ada..mohon bantuan

Unknown said...

Kalau lihat artikel tentang Adsense saya hanya melongo sambil
Pegang dengkul Mbak Rin? Soale saya belum di approve juga
Belajar dari Gajah ampe ni Tahun Mbakne.. nyimak aja yah Mbak
Kali aja sering-sering belajar dimari mah, jadi nambah pinter

Anonymous said...

Duh Maaf Mbak Rin Tahun Gajahe ora kebawa,hhh saking semanget yakin
Terima kasih atas info dan ilmu Mbak Rin akan saya pelajari dengan baik.

Unknown said...

kapan saya coba deh mbak rin, klo udah diuprove ama si mbah...hehe

Anonymous said...

waahhh... cocok banget ni infonya bagi saya yang pemula niii...
tp smpe skrg blm di approve adsense ni blogg saya... apakah CARA RIRIN bisa membantu saya...??? bagaiman cara nya supaya cepat di approve adsense..? maju terus cara-ririn.
thanxs... salam kenal all, salam blogger

Revrine said...

Wah, ternyata ada cara seperti ni ya, bisa di coba neh.

Oh iya, kan blog ku belum di approve (lupa). hehehe

ngikut aja deh, .smoga cpet aprove,.. ..meski berantakan punya q

Anonymous said...

punya saya nggak saya aktifkan iklan versi selulernya.

Anonymous said...

bagus juga sih kalau iklan adsensenya mendukung versi mobile, bisa menambah peluang pendapatan yah mbak :)

artiirhamna said...

Sekarang memang sudah bisa integrasi dengan mobile :)

Unknown said...

Kapan ya bisa update lagi, haha

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Kalau blog saya dinon-aktifkan versi mobilenya mbak, soalnya rawan copypaste.
Tapi makasih mbak ulasannya.

Afrid Fransisco said...

baru tahu nih ada cara yg mudah kayak gini

artikel ini sangat bermanfaat buat aq

makasih ya mba

Staff Administrator said...

Tampilan versi mobile nya ndak di pasang..skrng ya mbak :)

Anonymous said...

ga punya akun AdSense :(

Anonymous said...

Salut saya dengan mbak Ririn,, kayak'nya saya mesti belajar banyak nih dengan mbak Ririn.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Adjie, iya mas kemarin saya menggunakan cara di atas, tapi sekarang sudah saya ubah lagi ke desktop saja hehe :D

Baskoro, di seluler tampil 2 iklan adsense mas :)

Opex, iya tidak apa-apa mas :)

Ainul, hehhe yang penting jangan ngiler sembarangan ye hehehe :D

Lupa, iya sama-sama mas lupa nama :)

Manarul, oh tidak otomatis mas kalau tidak diaktifkan :)

Aully, sipp mas :)

Indri, iya betul mbak. Thanks atas ilmu nya ya hehehe :D

Yono, iya tidak bisa tampil master iklannya, soalnya master yono belum jadi publisher adsense hehehe :D

Herdoni, iya sama-sama pak. Thanks atas support nya ya :)

Hasby, terimakasih mas atas dukungannya ya :D

Remaja, tepat sekali mas. Kita memang harus bisa mengaktifkan semuanya baik iklan desktop ataupun iklan mobile karena pengunjung bisa datang dari perangkat apa saja. Thanks mas remaja :)

Agus, iya silahkan sob :)

Infosaja, iya lumayan mas, jadi lebih keren tampilannya :)

Maya, kalau template responsive tidak perlu pasang mbak maya :)

Lutfi, sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi konsekuensinya mas lutfi nanti nggak bisa mencairkan penghasilan adsense, soalnya untuk mencairkan pendapatan menggunakan foto kopi KTP mas hehehe :D

Supriyadi, kebetulan saya belum pernah payout adsense mas. Tapi kalau dapat duit dari blog sih sudah pernah hehehe :D dari pemasang iklan hehehe :D

Ucu, wkwkwkwk ada-ada aja ya pakai hape jadul :D

Meutrap, bisa mas. Silahkan dicoba untuk blog mas meutrap :)

Mardianus, iya betul itu mas. Tapi untuk membuat template responsive itu yang sulit mas hehehe :D

Agri, iya bisa mas. Mas agri bisa pasang iklan seluler dengan cara diatas. Terbukti work mas :)

Didi, sepertinya biasa aja kok hehehe :D

Mas Nady, wah saya belum hapal mas. Ini tutorial saja dari sahabat saya mbak indri hehehe saya hanya menulis ulang saja :)

Fiu, iya tidak apa-apa mas. Sambil belajar nanti lama-kelamaan pasti bisa di approve sama adsense :)

Mawan. sippp mas. Lanjutkan :)

Jenk Indah, iya silahkan di save di kulkas mbak biar awet hehehe :D

Mas Andes, wkwkwkw silahkan mas andes. Dicoba aja hehehe :D

Rohis, wkwkwk seratus untuk mas rohis :D

Wewengkon, hehehe nggak apa-apa mas :)

Laurencius, iya salam sukses juga ya :)

Budi, wah bagus kalau begitu mas bud hehehe :D

Agus, iya silahkan mas :)

Hayardin, mungkin kalau sudah di approve bisa mengikuti mas :)

Deni, untuk menghilangkan kode verifikasi kata/captcha di kotak komentar, silahkan masuk ke blogger > pilih pengaturan > pilih post dan komentar > pada opsi Tampilkan verifikasi kata silahkan pilih Tidak. Thanks ya atas pertanyaannya :)

Karis, terimakasih banyak mas karis atas kunjungannya. Salam hormat dari kita semuanya untuk mas karis :)

Aan, iya silahkan mas aan :)

Baho, cara nya dengan mendaftar adsense melalui youtube mas untuk mempercepat di approve adsense :)

Rain, iya semoga aja blog nya mas rain cepet di approve ya sama adsense :)

Nakusan, iya tidak apa-apa mas :)

Anthonie, iya betul mas. Seratus untuk mas anthonie hehehe :D

Artiirhamma, owh getu ya mas. Sipp deh :)

Baskoro, kapan-kapan mas wkwkwk :D

Adam, owh getu ya mas. Ternyata bahaya juga ya blog versi mobile hmmmm :)

Afrid, iya sama-sama mas afrid :)

Budi, iya mas sekarang tampilan mobile sedang di non aktifkan untuk sementara waktu :)

Naufal, keep spirit mas :)

Andy, ah bisa aja nih mas andy hmmm :D

Unknown said...

hahaha Okeee Okeee siapp Mbakkk
#Sambil Bawa Ember :D

Unknown said...

saya kira iklan adsense sudah bisa muncul di HP, ternyata harus di seting dulu,

SOFYAN ANWAR said...

Artikel sangat bermanfaat dan membantu, semoga blog ririn sukses selalu, dan menjadi nomor 1 digoogle.

salam
hostingkita.com

Kang Ucup said...

muncul pesan "harap perbaiki kesalahan pada form ini" mbak.

Kang Ucup said...

akhirnya berhasil juga mbak. sekali lagi terima kasih mbak :)

Unknown said...

Kalau cara biar iklan GA tampil di Opera Mini bagaimana mbak?

Post a Comment