Tips Belajar dan Berlatih Menulis Artikel

Tips Belajar dan Berlatih Menulis Artikel Skill menulis memang tidak dimiliki oleh setiap orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menulis. Mereka adalah orang yang mau belajar dan berlatih menulis secara terus-menerus dan serius.

Mungkin tulisan anda menurut anda sudah bagus. Bisa jadi menurut orang lain belum baik, karena mungkin tulisan anda masih kacau. Memang sih, tulisan di blog tidak ada aturan tata tulis. Tapi alangkah baiknya jika kita menulis artikel sesuai dengan bahasa yang baik dan benar. Yakni sesuai dengan standar Bahasa Indoensia dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Harapannya, selain tulisan kita bisa bagus, juga mudah dipahami oleh orang lain.

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Cara Membuat Artikel SEO Friendly. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melatih skill menulis yang baik agar kualitas tulisan kita bagus dan mudah dipahami orang lain. Berikut adalah point-point penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan skill menulis anda.
Tips Belajar dan Berlatih Menulis Artikel
Image by footage.shutterstock.com

Tips Belajar dan Berlatih Menulis Artikel

1. Perbanyak Aktivitas Membaca
Aktivitas membaca mempunyai manfaat yang besar. Selain anda bisa menambah wawasan dan pengetahuan baru, dengan memperbanyak aktivitas membaca maka anda akan mempunyai kosa kata baru. Untuk itu, sabaiknya aktivitas ini perlu anda pupuk sejak dini, dan juga perlu anda biasakan. Sehingga anda akan terasa ringan untuk membaca berbagai tulisan.

2. Menulis di Blog
Salah satu cara yang paling mudah untuk meningkatkan skill menulis artikel adalah dengan menulis di blog. Apabila anda terbiasa menulis, maka tulisan anda akan semakin bagu. Coba saja anda bandingkan antara posting lama dengan posting terbaru. Pasti terlihat jelas sekali perbedaanya. Mungkin posting lama masih berupa tulisan hasil copas hehe :D

Kelemahan dari point ini adalah jarang sekali orang yang mau mengoreksi atau mengkritisi tulisan anda. Karena, umumnya internet user bersifat konsumtif. Selama saya ngeblog, orang yang pernah mengoreksi tulisan saya hanya Saudari Indri Lidiawati (Owener Blog Juragan Cipir) dan Saudara Adjie Umbara (Owner Blogger Pemula).

3. Menjadi Guest Blogger
Pernah mendengar istilah guest blogger? Kalau belum, saya akan menjelaskannya. Jadi, guest bloger adalah penulis tamu yang mengirimkan artikelnya di blog orang lain. Mungkin anda bisa mencoba menjadi penulis tamu. Karena ada beragam manfaat dari hal ini. Manfaat yang paling menonjol adalah tulisan anda akan dikoreksi apakah layak ataukah tidak untuk diterbitkan di blog tersebut. Jika layak, berarti tulisan anda sudah bagus.

4. Kirim Artikel ke Koran/Media Massa/Surat Kabar
Point ini yang paling sulit. Saya kebetulan juga pernah mencobanya. Sudah lebih dari 100 artikel saya buat dan saya kirimkan ke beberapa surat kabar baik nasional maupun internasional, tapi yang diterbitkan hanya 5 artikel saja. Nah, apabila anda ingin menguji atau ingin mengetahui kualitas artikel anda, anda bisa mencoba mengirimkan artikel anda di media massa. Apabila tulisan anda dimuat, berarti tulisan anda sudah bagus.

Demikian informasi yang dapat saya share untuk anda tentang Tips Belajar dan Berlatih Menulis Artikel. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di blog saya tentang Tips Membaca Cepat di Blog. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

57 komentar:

Mas Marnes said...

Salah satunya saya yang kurang pandai dalam menulis nie mbak, membuat sebuah artikel yang saya ingin posting diblog saja butuh waktu berjam-jam untuk bisa terealisasikan bahkan bisa berhari-hari hehehe :D

Kuncinya adalah harus terus banyak berlatih menulis secara terus menerus ya mbak, disamping memperbanyak aktivitas membaca yang tentunya membuat suatu tulisan tersebut akan berkembang karna banyaknya kosa kata baru yang bisa kita dapat dari kegiatan membaca tersebut.

Terimakasih mbak udah berbagi tips-tipsnya, mudah-mudahan dengan sering banyaknya berlatih menulis dan memperbanyak kegiatan membaca membuat suatu artikel di blog saya jadi lebih baik lagi untuk ke depannya :)

Anonymous said...

Pertamax nya di ambil marnes mulu nih :(

Oh begitu yah teteh ririn belajar dan menulis artikel hehe, tapi saya kurang pinter membuatnya nih engga seperti master ririn ^^ udah pinter jadi nulis lagi :D

Unknown said...

Saya selalu belajar menulis mbk dan tentunya artikel orisinil walapun cukup sederhana :)

Asep Haryono said...

banyak wartawan kita yang berlatar belakang bukan dari dunia wartawan. Banyak dari kawan kawan wartawan yang berasal dari disiplin ilmu yang malah jauh dari dunia Jurnalistik. Ada yang alumni pertambangan, kedokteran dan pertanian. Istilahnya lompat pagar tidak ada masalah. Dunia tulis menulis bisa dipelajari oleh siapa saja tanpa harus BERBAKAT atau TIDAK ADA BAKAT dalam skill menulis. Tinggal masalahnya adalah ketertarikan atau Minat. Jika orang tersebut tidak tertarik atau tidak punya MINAT dalam tulis menulis, mungkin agak sulit untuk diajak menulis

Asep Haryono said...

Untuk tulisan yang dikirim ke media massa seperti koran seperti yang ditulis di sini memang benar. Saya setuju. Untuk menguji kemampuan menulis salah satu parameternya adalah "melarikannya" ke berbagai surat kabar dalam dan luar negeri. Jika dimuat berarti keren sekali. Sudah memenui kaidah kaidah atau ketentuan yang diberlakukan oleh media yang bersangkutan sehingga tulisannya diterbitkan dalam koran

Di Pontianak Post - Jawa Pos News Network selalu menerima kiriman tulisan dari pembacanya. Ada tulisan dari Mahasiswa. Ada tulisan dari DOsen Perguruan TInggi negeri/Swasta. Ada tulisan dari Pejabat setempat setingkat Walikota dan sekitarnya. Bahkan pelajar SMA pun ada yang mengirimkan artikel atau OPINI. Semuanya kita tampung dan kita seleksi.

Bagus bagus tulisannya, dan semuanya harus ANTRI untuk dimuat. Tentu saja ada HONOR yang lumayan jika artikel (OPINI) nya di muat,. Uang HONOR Tulisan mungkin tidak seberapa kalau diliat dari nilai rupiahnya. Namun kebanggaan tulisan di muat di koran itu luar biasa sensasinya

Anonymous said...

cie tapi template blog sebelah tidak berantakan lho :p kok sekarang artikelnya jadi motivasi-motivasi blogger sih?

Mbak Iis said...

sebenarnya saya gak hoby menulis mbak, tapi bikin blog hanya tuk corat-coret aja karena bahanyapun juga amburadul. semoga dengan belajar sama temen2x blog semua bisa menulis dengan baik.

Anonymous said...

Benar sekali mbak apalagi kalau jadi blogger sering update pasti terlatih dan semakin baik untuk menulis diblog,mudahan semakin belajar maka semakin baik tulisan yang diposting.

Anonymous said...

wah, kalo saya punya penyakit males mbak he he ,.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, iya nggak apa-apa mas. Nanti lama kelamaan pasti tulisan mas marnes akan bagus. Dengan catatan mau berlatih dan membiasakan diri menulis di blog. Sukses ya :)

Lutfi, saya juga belum pinter kok mas, alias masih belajar sampai sekarang. Sebaiknya kita sama-sama belajar mas, biar bisa naik kelas hehe ^^

Rahmat, nggak apa-apa mas, yang penting tulisan hasil karya sendiri. Meskipun sekarang masih jelek, nanti lama-lama juga akan bagus :)

Asep, iya betul pak. Minat menulis ini yang harus dipupuk sejak dini apabila kita ingin bisa dan pandai menulis. Kalau nggak punya minat, memang susah ya pak untuk diajak menulis. Wah sepertinya pak asep sudah sangat berpengalaman nich dalam hal menyeleksi artikel kiriman pembaca setia koran Pontianak Post. Boleh dunk kapan-kapan ngirim artikel/opini di redaksi bapak hehe ^^

Ikerenki, iya soalnya blog sebelah bagus banget tampilan template nya. Kalau blog ini sih berantakan wkwkwk :D Iya mas soalnya lagi ingin menulis motivasi aja, soalnya bosen nulis tentang tutorial wkwkwk :D

Mbak Iis, iya semoga aja kita semua bisa menulis dengan baik ya mbak :)

Infosaja, iya betul itu mas. Yang penting rajin-rajin nulis aja ya supaya tulisannya bisa lebih bagus lagi :)

Shizenku, ya penyakitnya harus di obati dunk hehe ^^

Ucu nurodin said...

salah satunya saya yang sangat keterbatasan menulis artikel hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin bisa sering-sering latihan aja mas, biar bisa pandai dalam menulis artikel :)

Asep Haryono said...

Oh ya silahkan kirim ke Redaksi Pontianak Post ya. Informasi mengenai syarat Jenis Huruf, Berapa minimal halaman, dan SPASI nya bisa ditanyakan langsung ke Pontianak Post dengan alamat emal : redaksi@pontianakpost.com

Jika sudah diketahui syarat syarat penulisannya dari Redaksi silahkan kirim artikel atau OPININYA. Jangan lupa cantumkan nomor rekening BANK nya untuk transfer HONORARIUM nya. Jangan tanya berapa ya. Soalnya bukan kapasitas saya menjawabnya hieiheiheiheiheieee. Ditunggu loh. Selain di muat di Korannya, juga akan dimuat di portal Pontianak Post. Kebetulan dalam portal Pontianak Post itu saya sendiri ADMIN nya

Meutrap said...

ini yang masih kurang saya kak,
sering terhambat saya kalau tidak saya terapkan tips yang kakak share, mungkin dengan membaca tips di atas dapat membantu.
:D

Unknown said...

Wdooh jadi malu nih nama saya disebut pada artikel mba Ririn... :)
saya sangat sependapat dengan poin Perbanyak Aktivitas Membaca, karena dengan membaca kita jadi tahu bagaimana menulis dengan baik dengan penyampain bahasa yang mudah difahami, tidak jarang lho kita membaca tapi tidak mengerti maksudnya.....

Unknown said...

benar mba, soal nulis menulis memang harus di pelajari, hehe,, agar postingan blog kita akan semakin bagus :-)

Claresta said...

penting sekali nich tipsnya terntang belajar menulis mbak Eka,,, kebetulan hobby saya membaca dan menulis, jadi keduanya masuk dalam tips ini ya,,, hehehe :)
makasih sharingnya ^_^

Anonymous said...

Iya memang keren kan blog sebelah?

Anonymous said...

wah saya harus banyak belajar lagi nih cara berlatih menulis artikel karena masih berantakan sekali, makasih mbak Ririn buat tipsnya :)

Anonymous said...

ikutan nyimak dan belajar ah ... kalau saya malah kebalikan nih .. jadi content writer di media dulu baru jadi guest blogger terus tertarik sama dunia blogger lagi ... hehe ... menarik nih blognya cek ririn .. update dan bagus2 artikelnya .... ^_^

Anonymous said...

menulis artikel memang sulit sekali ya ternyata, apalagi yang sesuai EYD...terbukti tulisan saya sendiri di blog juga berantakan. Setuju sekali dengan mbak, saya pernah membuka artikel yang sudah lama di blog...wah ternyata berantakan sekali bahasanya hehe, sekarang walaupun masih berantakan ya sudah agak lumayan lah hehe.

dan Alhamdulillah blog saya juga ada yang mengkritisi dalam soal tulisannya jadi bisa diperbaiki...memang kebanyakan hanya membaca tanpa mau mengkritisi ya mbak (ada yang memang cuek tapi ada juga yang takut menyinggung sang owner), padahal justru kita senang kalau diberi kritik yang membangun

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Asep, wah terimakasih banyak pak atas informasinya. Nanti kapan-kapan ingsaallah akan saya coba hehe :)

Meutrap, iya mudah-mudahan bisa membantu ya :)

Adjie, hehehe iya betul mas. Soalnya artikel di blog antara yang satu dengan yang lain juga beda-beda tulisan nya. Sehingga ada yang mudah dipahami dan ada juga yang sulit untuk dipahami hehe :)

Warim, yupz silahkan dipelajari mas :)

Indri, wah bagus kalau begitu mbak. Jadi mbak indri sudah pinter dunk hehe :)

Ikerenki, iya blog sebelah memang keren, tapi masih kalah keren sama admin blog ini wkwkwk :D

Anthonie, iya mas sama-sama ya :)

Note, wah hebat dunk mas note. Luar biasa ya bisa jadi content writer di media massa :)

Wewengkon, wah pengalaman yang bagus mas. Jadi ngeblog bisa meningkatkan skill menulis ya. Asalkan kita mau berusaha belajar dan berlatih menulis secara intensif. Sukses untuk mas wewengkon sumedang :)

Anonymous said...

wah ini tips yang sangat bermanfaat nih, soalnya tulisan yang saya posting juga masih copas dan mau nulis sendiri tulisannya masih belepotan, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah harus dihilangkan tuh kebiasaan buruk tersebut,. Kalau dibiasakan kurang bagus dalam dunia blogging hmmm :)

Unknown said...

saya belum pernah mencoba tips yang keempat dan kelima mbak.
Mungkin masih canggung dan takut, mengingat kemampuan tulis menulisku masih payah

Rohis Facebook said...

sy gk pny bakat nulis, klo bisa paling2 hny 1 atw 2 paragraf.., makasih *smile

Anonymous said...

Menarik perlu di praktekin nih Mbak Rin,
Yah perlu belajar lagi saya nih untuk lebih baik, membuat artikel
Agar pembaca artikel saya, gak puyeng dan gak muter-muter
Kaya Obat nyamuk, terima kasih atas Tips nya Mbak Rin.? :)

Unknown said...

Cara terakhir paling saya takuti mbak.. ntar banyak yg ngefans sama tulisan saya hahahahaha

Anonymous said...

Betul kata mbak ririn, bahwa point terakhir adalah point yang paling sulit, karena saya sendiri pun belum pernah melakukannya :D

Unknown said...

Betul sekali mbak eka...karena keduanya saling berhubungan antara menulis dan membaca,
kalau cuma hoby nulis tapi emang nggak di coba dalam dunia luas kita nggak akan tau seberapa hebatnya tulisan kita

AbdurahmanBW said...

koreksi mbak.
ada kata yang salah pada artikel di atas.
kata Indoensia mungkin maksudnya Indonesia.
kata bagu mungkin maksudnya bagus..
Berarti saya Abdurahman (Pemilik Blog Maktabah IMU) menjadi korektor ke 3 di blog ini...hehehe...

Anonymous said...

saya paling suka point pertama "perbanyak aktivitas membaca", benar2 berpengaruh. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hasby, iya dicoba aja dulu mas. Kan lumayan bisa tambah greget untuk latihan tulis menulis hehe :D

Rohis, wah sudah lumayan bagus untuk mas. Mungkin perlu ditingkatkan lagi :)

Karis, iya sama-samas mas karis :)

Agri, wkwkwkwk bisa aja nich mas agri :D

Mestiqui, silahkan dicoba mas. Lumayan kalau bisa lolos dan dimuat. Ada kepuasan tersendiri lho hehe :D Selain itu juga akan terkenal dan dapat honor :)

Jenk Indah, iya mbak. Memang sulit untuk bisa menulis kalau nggak dibiasakan sejak dini :) Sehingga dibutuhkan suatu latihan yang intensif :)

Wahid, wah terimakasih banyak mas atas koreksinya ya hehe ^^

Kolongtulis, wah bagus itu master. Lanjutkan ya ^^

Unknown said...

membaca juga merupakan bagian dari skill menulis, karena untuk menjadi blogger atau penulis kita harus banyak membaca.. dan mengenai point yang terakhir itu, saya tertarik untuk memulainya mbak :D

technopart said...

masih dalam tahap belajar nih mbak walaupun sering liat referensi dari orang lain

Unknown said...

wah saya sekolah aja cuma lulusan SD mbak, jadi nulis juga alakadarnya, dan O besar kalau masalah masalah beginian mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Elsawati, wah bagus mbak kalau tertarik. Silahkan dicoba mbak untuk kirim artikel ke surat kabar. Tapi memang seleksinya ketat banget. Mending artikelnya dikirim ke tempat kerja nya pak asep saja, soalnya sudah saling kenal hehe :D

Bayu, iya kita sama-sama belajar mas hehe :D

Arie, wah mas arie sukanya merendah dech hehe :)

Intan Sudibjo said...

ngomongin EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) jadi keinget waktu SMP hahay..
btw tulisan saya pun masih berantakan yah heu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pelajaran Bahasa Indonesia ya mas :D Dulu nggak paham, sekarang lupa wkwwk :D

Ahmad Zaelani said...

kayaknya perlu dicoba nih mba.... coba - coba kirim tulisan ke koran,,, hehe, thanks mba...
maaf nih mba OOT
mba bahas lagi tentang site link donk,,,, kayaknya kalau blog bisa dapet site link jadi lebih kelihatan profesional... heheh yang artikel kemaren saya kurang ngerti,, maklumlah iq rendah heheh

Ucu nurodin said...

Masih dalm proses sis, maklum newbie :)

Mizz Aiza said...

setelah melihat tips di atas, masih banyak yang perlu saya pelajari dan perbaiki.. memang sukar untuk menjadi penulis yang baik..

Unknown said...

saya belum pernah nyoba kirim artikel ke media/surat khabar mbak soalnya nggak ngerti mau nulis apa hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Zaelani, wah gimana ya mas. Saya soalnya sudah membuat artikel posting tentang Google Sitelinks itu sudah banyak banget. Mulai dari Pengertian, Manfaat, Cara mendapatkannya, dan Cara Menghapus nya. Saya rasa sudah lebih dari cukup deh topik tentang Google Sitelinks :) Mending dipelajari lagi artikel saya terdahulu. Nanti kalau ada yang belum paham, kita diskusikan bersama-sama :)

Asgar, keep spirit ya mas asgar :)

Mizz Aiza, iya betul mizz. Harus banyak-banyak latihan ya :)

Anthonie, iya silahkan dicoba-coba mas. Nulis aja tentang kesehatan. Pasti di muat di koran hehe :)

Unknown said...

pas suruh belajar bahasa malah asik main klereng hehehehehehe

Unknown said...

ok sangat akan kirim Artikel saya ke media massa. .
semoga dapat dimuat ea mbak.
thanks infonya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Arie, wah berarti dulu siswa bandel nich mas arie hehe :D

Pudan, iya silahkan dicoba mas. Good luck ya :)

Nurul Imam said...

Cara mengirim ke surat kabar gimana mbak ?

diky said...

susah banget nulis artikel ane bisa berhari-hari mbak,,.
itu pun klo jadi.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nurul, ngirim nya bisa via Email mas. Tapi kalau kantor redaksinya dekat sih bisa langsung datang aja ke kantor nya :)

Dizk, iya nggak apa-apa mas. Memang sulit menulis artikel. Untuk itu, sebaiknya harus dibiasakan untuk belajar dan berlatih menulis secara kontinyu :)

Unknown said...

Kalau aku menulis asal"an ajja.. Soalnya aku nggk tau bagaimana teori menulis dengan baik he he he

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya nanti lama-kelamaan pasti bisa menulis dengan sendiri nya kok mbak. Asalkan kita mau belajar :)

Unknown said...

infonya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya thanks mas gus nando atas kunjungannya ya :)

Unknown said...

cara terakhir yg blm sy coba,kira2 kirim ke koran mana ya,yg lebih pas?

Nursyam Septiadi said...

Kalau menurut saya, salah satu hal terpenting agar artikel berkualitas yaitu penulis harus kaya akan kosa kata.

Wahyu said...

Berat,bagi pemula yang tidak mau berusaha.
tapi mungkin kalau terus belajar seperti kata mbak pasti bisa..
Cemunguth

Post a Comment