Tips Melakukan Blogwalking

Tips Melakukan Blogwalking Di dunia blogging, kita pasti tidak terlepas dari yang namanya blogwalking. What is blogwalking? Adalah salah satu cara untuk menjalin persahabatan antar sesama blogger, yakni dengan cara saling berkomentar di blog masing-masing. Meski terlihat sepele, aktivitas ini diyakini oleh banyak kalangan mempunyai banyak manfaat.

Apa saja manfaatnya? antara lain adalah (i) bisa merampingkan alexa, (ii) bisa mendatangkan pengunjung ke blog kita, (iii) bisa menjalin persaudaraaan antar sesama blogger, (iv) bisa menambah pengetahuan dan pengalaman, (v) bisa menyumbang keyword di search engine, (vi) dan masih banyak lagi manfaatnya.

Jika anda punya blog dan minim jumlah komentar, tidak ada salahnya mengaplikasikan blogwalking. Karena dengan begitu, maka blog anda akan banyak komentarnya. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Agar Blog Banyak Komentar.
Tips Melakukan Blogwalking
Image by intuisiblog.com
Namun, untuk melakukan blogwalking ternyata tidak mudah. Karena kadang kita terkendala oleh suatu hal, misalnya alokasi waktu ngeblog terbatas, tidak ada koneksi internet, koneksi internet yang super lambat, dan masih banyak lagi.

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mudah melakukan blogwalking. Berikut adalah penjelasannya.

Tips Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula

1. Implementasikan Skill Membaca Cepat
Jika alokasi waktu anda untuk ngeblog relatif sedikit, tidak ada salahnya untuk menggunakan skill membaca cepat. Teknik ini diyakini oleh banyak kalangan bisa menghemat waktu saat membaca artikel. Terlebih lagi jika artikel di blog target panjang dan lebar, tentu eksistensi skill ini perlu dipertimbangkan dalam prakteknya. Untuk meningkatkan skill membaca cepat, silahkan pelajari lebih lanjut tentang Tips Membaca Cepat di Blog.

2. Gunakan Koneksi Internet yang Super Cepat
Blog yang satu dengan blog yang lainnya tentu mempunyai beban load yang tidak sama. Ada yang loading nya lambat dan ada juga blog yang loadingnya super cepat. Untuk itu, apabila anda tidak ingin galau karena harus menunggu loading blog, anda perlu menggunakan koneksi internet yang super cepat. Sehingga aktivitas blogwalking bisa nyaman dan tanpa kendala. Berapa kecepatan koneksi internet anda? Bila belum tahu, anda bisa membaca artikel saya terdahulu tentang Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet. Dari situ anda bisa tahu apakah koneksi internet anda lambat ataukah cepat. Kalau ternyata lambat, silahkan ganti provider saja (optional).

3. Prioritaskan Para Komentator Blog dan Sahabat Blogger
Jika blog anda sudah terdapat banyak komentar, anda perlu memprioritaskan blogwalking di blog para komentator. Hal ini dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada para komentator agar mereka tidak kecewa dan kapok sudah berkomentar di blog anda.

Namun, jika blog anda tidak ada atau sedikit komentarnya, anda bisa melakukan blogwalking di blog sahabat Blogger. Sehingga kemungkinan adanya komentar balasan tinggi. Jika ternyata blog anda tidak punya follower atau followernya sedikit anda perlu memperbanyak. Bagaimana caranya? Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat.

4. Tulis Komentar di Notepad Terlebih Dahulu
Mengapa tulisan komentar perlu di ketik di Notepad? Hal itu dikarenakan apabila kita mengetik di kotak komentar secara langsung, maka akan terasa berat keybord komputer kita. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menghindari hilangnya komentar yang sudah kita tulis. Mungkin bisa karena loading blog yang belum selesai ataupun yang lainnya.

5. Gunakan Profil Google atau Name Url untuk Berkomentar
Jika tujuan blogwalking untuk menjalin persahabatan antar sesama blogger dan juga untuk mempercepat proses blogwalking, anda bisa menggunakan Profil Google. Namun, jika motivasi anda blogwalking untuk mendapatkan backlink, anda bisa menggunakan Name/Url atau mungkin OpenID Blogger. Diharapkan anda tidak menggunakan Anonimous.

6. Baca Tata Tertib / Ketentuan Berkomentar di Blog Target
Setiap blog/web pasti mempunyai aturan atau ketentuan dalam berkomentar. Mungkin ada juga blog yang tidak ada ketentuan berkomentar, tapi itu jumlahnya sedikit. Untuk itu, sebelum anda berkomentar, usahakan anda membaca tata tertib berkomentar di blog target. Tujuannya apa? Supaya anda bisa berkomentar dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan berkomentar di blog tersebut.

7. Usahakan Komentar Anda Bagus dan Relevan
Anda tidak akan pernah bisa berkomentar yang bagus sesuai dengan topik artikel yang dibahas tanpa anda membaca artikel terlebih dahulu dan memahami artikel tersebut. Untuk itu, sebelum anda berkomentar, anda harus baca terlebih dahulu artikel tersebut. Kalau anda sudah paham dengan substansi artikel, anda bisa dengan mudah berkomentar yang relevan dengan topik artikel yang dibahas.

8. Hindari Isi Komentar yang Tidak di Perlukan
Sebaiknya anda tidak berkomentar asal-asalan, dalam artian berkomentar tentang hal-hal yang tidak diperlukan. Apa saja itu? antara lain komentar-komentar pendek seperti good job, pertamax, nice info, nice share, keren, emoticons dan lain-lain. Selain itu, diharapkan anda tidak berkomentar yang bersifat katrok. Misalnya seperti menyisipkan link aktif, membuka lapak iklan, minta kunjungan balik, dan mencantumkan url blog anda. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Ciri-ciri Komentar Spam.

9. Sabar dan Konsisten
Aktivitas blogwalking terkadang membuat kita jenuh. Terlebih lagi jika kita menemukan blog yang admin nya super serius. Tidak ada intermeso sedikitpun dan atau bercanda yang ada di kotak komentar. Ini yang kadang membuat kita galau dan malas untuk melakukan blogwalking. Oleh karena itu, sebaiknya anda sabar dan tetap konsisten untuk blogwalking. Mengingat banyak sekali manfaatnya.

10. Biasakan Diri untuk Blogwalking
Aktivitas blogwalking jika tidak dibiasakan sejak dini memang terasa berat. Kita pasti akan jenuh dan mudah menyerah untuk berkomentar di blog teman. Terlebih lagi jika pemilik blog tidak mau comment back. Ini yang kadang membuat malas untuk berkomentar lagi di blog tersebut. Perlu dicatat bahwa situs Blogger adalah media sosial. Kita bisa memanfaatkan platform tersebut untuk berinteraksi satu sama lain dan juga bisa untuk share apa saja kepada orang lain.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Melakukan Blogwalking. Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa baca juga postingan menarik lainnya di blog saya tentang Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

84 komentar:

Mas Marnes said...

Terimakasih mbak Rin sudah berbagi tipsnya bermanfaat sekali buat saya, kendala yang sering dialami oleh saya yang paling menjengkelkan banget ketika koneksi internet super lambat. Hadeuhhh...bawaannya udah kesel aja tuh :)

Unknown said...

iya mba.. Yang sering saya alami adalah ketika saya mau komentar, sudah menulis komentar cape2, pas load tulsan nya ilang.. Dan saya harus menulis ulang untuk komentar, ini biasanya yang loading blog nya berat.. Apa lagi saya yang ngeblog nya cuma pake hp, tidak ada notepad nya.. Jadi skrng saya sebelum tulisan komentar di load saya coppy dulu tulisan nya, dan klo ilang tinggal tempel ajah, ga perlu nulis lg.. Hehe.. :-D

ternyata di kompi juga kadang begitu yah mba.?

blogger said...

untung speed inet saya super cept.. jdi aman hhhhhh.. tp tipsnya brmanfaat ni. kdang sy gak bca aturan komentnya. asal ceplos aj hehehe.

met hari libur min.. tambah anak tambah rizky hhhhh.. menggila mode on

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
IMAMSHOLEH said...

terimakasih kak atas tipsnya,banyak belajar dari blog ini
rulesnya lumayan ngeri kak.. cape cape ngetik bisa ilang donk kalau salah kata
hehhehe :p

Anonymous said...

Yang jadi masalah adalah, ketika kita blogwaking tapi ga di bales :(

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

baca bismillah sebelum blogwalking. ^^

Unknown said...

Itu point ...koneksi super cepat kayaknya bakal jdi masalah buat yg koneksinya pas2an mbak :)

Edo kapengi said...

kalo rutin dilakukan alexa blog jg bisa makin ramping ya mbak?

Anonymous said...

Poin yang paling penting dalam menjalankan tips blogwalking ini adalah sabar dan konsisten, dengan apa yang dilakukan, karena dengan konsisten itulah akan menciptakan hasil yang bisa dibilah memuaskan, happy blogwalking.

Unknown said...

Tulis komentar di notepad terlebih dahulu..

ini yang sering terjadi sama saya mbak, pas udah tulis komentar yang panjangnya seperti artikel, tiba-tiba hilang sekejap gara2 loading.. :(

akibatnya gk jadi komentar..

Mbak, cara buat Google Adsense Custom search itu gmna ya?, saya cari tutorial di Google gk ada yang sesuai

Anonymous said...

blogwalking gan,,,sekedar berkunjung,,,

Anonymous said...

Tips dari mbak hampir sama dengan tips saya ketika melakukan blogwalking dan berkomentar di blog-blog teman,terkadang yang jadi masalahnya mbak, saya membuat komentar diblog teman-teman tersebut dengan baik dan sesuai dengan aturan blogwalkin tapi malah dapat balasan blogwalking dengan komentar "terima kasih infonya mas" "terima kasih atas kunjungan diblog saya" "benar-benar tips bagus mas" dan lain-lain mbak yang justru malah membuat malas blogwalking ke blog teman-teman lainnya.Tapi blogwalking selalu bertujuan baik yakni menjalin silaturahmi antar blogger :)

Anonymous said...

Poin di atas memang bener bener jos banget ya mbak ririn yang cantik. Tapi internet saya kurang cepet karena menggunakan smalt pelen apa lagi pake quota. Thanks banget yah artikelnya sangat bermanfaat nih buat saya, saya akan lakukan semua tips melakukan blogwalking :D

Intan Sudibjo said...

sabar dan konsisten, serta selalu berdo'a semoga blog ini atau blog itu bisa kunjung balik :D

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Betul mbak tips di atas, saya sering mengalami ketika udah sering berkomentar tapi tak hadir kunjungan balik. Padahal dia udah janji tukar komentar tapi nyatanya jadi hutang.

Jadinya malas berkunjung kembali, alih-alih sekarang memilih mana blog yang bisa penuhi janjinya.

Saya juga suka mengatasi blog yang berat dengan menggantinya versi mobile biar loading bisa cepat.

Kalau blog saya sih dijamin cepat meskipun koneksi internet lambat.

Kunjung balik ya mbak?

Claresta said...

Saya yg paling sering adalah pas nulis komentar sdh banyak tiba-tiba tulisan saya hilang lagi karena blognya msh belum selesai loadingnya. Mau nunggu selesai loadingnya tapi gak selesai selesai karena koneksi saya yg lemot banget,,, hmmm.. rasanya sepet banget mbak eka ^_^

makasih nice sharingnya mbak eka, sangat bermanfaat bagi saya :)

Unknown said...

Setuju tipsnya mbak eka,meski terlihat sepele memang blogwalking bisa menambah banyak teman,terkadang juga ada yang tidak peduli atau harus di setujui dulu oleh adminnya,.dan ternyata hal sepele seperti ini juga harus di perhatikan demi persahabatan yang baik...

Mas Marnes said...

@Indri Lidiawati ~ Nah itu sih saya juga sering banget tuh mbak karna koneksi inetnya yg super lemot jadi loading pagenya kelamaan akhirnya komentar yg sudah saya tulis jadi suka ngilang juga deh :)

Dika said...

lengkap nih tips nya mbak ririn, klo saya waktu ngeblog'a yg lumayan terbatas, klo masalah koneksi sih udh jos aja, hehe :)

blogger said...

sebagai top comment saya hadiahkan banner untuk blog ini. silahkan di cek di hekos-soft

Unknown said...

belajar baca cepat kalo menurut saya emang sulit banget mas

Ahmad Zaelani said...

no coment dah mba.. hehe tulisan mba bagus euuy... jadi ngefans, :D :D benar juga yah mba, kita harus bisa sabar dan konsusten, terus bisa berkomentar secara relevan, jangan sampe baca aja belum kelar, ini sudah koment dan akibatnya komennya gak jelas, yah kayak saya ini nih,,, kalau komen suka gaje hahah... .. :D

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Agung Kharisma said...

Alhamdulilah saya sudah terbiasa blogwalking sekarang dan sudah menjadi rutinitas keseharian saya dalam menekuni aktifitas blogging. :)

zigzoor said...

Sipp mbk, semua itu memang trik yang jitu, salam.

Anonymous said...

bagus juga mbak tipsnya, memang point-point di atas sangat perlu kita perhatikan saat kita blogwalking, makasih mbak Ririn :)

Djangkaru Bumi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

terimakasih mba atas tipsnya, akan tetapi masih saja banyak yang tidak sesuai aturan jika berkomentar padahal sudah diberi tata tertib :)

Mas Andes said...

btw itu banyak banget komentar yang di hapus mbak.
menurut saya kalo sekedar mau blogwalking lebih baik meninggalkan jejak di bukut tamu saja dari pada di kolom komentar. karena karakter setiap orang berbeda, kadang kalo sekedar mau bilang kunjungan balik,visit back, dll malah kadang bikin risih yang punya blog

Masnady said...

wih banyak banget penjelasannya mbak.. dan manyuus semua... kalau saya sih biasanya kendala yang sering menghalangi saya untuk blog walking ya waktu dan gangguan jaringan mbak.... kalau sudah jaringan internet yang error.. sudah nggak berkutik lagi saya.. hehehehe

oya di atas kok banyak komentar yang di hapus mbak.... ada apa gerangan..??

Anonymous said...

usahakan juga untuk mengunjungi blog yang prioritasnya lebih tinggi, untuk meningkatkan backlink juga lebih cepet

AbdurahmanBW said...

info yang bermanfaat mbak. emang bener, kita sebagai blogger harus melakukan blokwalking..o ya..sudah pada tahu info tentang Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Jogja kan? dateng yuk..

Rz Bot said...

iya bener mbak eka untuk masalah koneksi sangat mengganggu,, kecepatan saja cuma 10kbps,, :(

Jery Yanuarlan said...

waw lengkap sekali penjelasannya mbak :)

koneksi internet yg lemot memang menjadi kendala ketika blogwalking, saya sering mengalami komentar hilang karena proses loading, haduh tepok jidat deh jadinya padahal sudah nulis komentar panjang2.

setuju sekali, kadang suka kesal juga kalau ada yg menaruh linknya segala, dia berkomentar dengan profil blogger tapi menyisipkan link dikomentarnya dan minta kunjungan balik...kenapa tidak menggunakan url atau openID saja ya, lebih simpel dan pasti kita kunjungi juga...kalau sudah begitu malah jadi malas untuk mmelakukan kunjungan balik

Staff Administrator said...

Untuk pengetikan dan penulisan buat komen..suka sy alami mbak... :)

Memang bikin keki..pas udah nulis panjang koneksi putus..tulisan ilang semua..

Ya terpaksa hrs ngulang deh..meski dpt mengulang..tapi Feel nya ga dapet ya mbak.. :)

Unknown said...

Saya selalu blogwalking mbk dan saya sangat merasakan manfaatnya pd situs saya :)

Asep Haryono said...

Kalau saya pribadi sih suka malas kalau kotak komentarnya dilengkapi dengan Catcha atau capcai. Maksudnya sih baik untuk mengetes ini SPAM atau BOTS namun kita yang benar benar manusia (human) yang mengisi komentar. Begitu ketik panjang eh kena capcai, saya pernah sampai 3 kali baru berhasil menuliskan kode capcainya.

Kang Ucup said...

ngomongin soal blogwalking akhir-akhir ini saya suka telat untuk berkunjung ke blog teman-teman karena salah satu faktor yang disebutkan di atas. yaitu masalah koneksi internet saya yang lagi super lemot...dan juga ada sedikit kesibukan di alam nyata :D
maaf ya mbak kalau komentar saya berisi curhatan :D

Nurul Imam said...

Tips nakal dari saya => Buka notepad => Ketik "Nice Info, Kunjungan balik yah" => CTRL + A => CTRL C => Buka 10 blog sekaligus => Scroll ke kolom komentar => CTRL V => Kirim :D

Zefy Arlinda said...

makasih mbak infonya, saya baru belajar blogwalking yang benar nih. selama ini jarang sekali yang namanya blogwalking, maklumlah sok sibuk sendiri hehhhehehee

Bang Sastro said...

kalau ane pasti ninggalin komen setiap blog/ web yang baru saja saya kunjungi kalau ada URLnya saya kasih alamatblog saya.kalau gak ada ya terpaksa just meramaikan postinga. :D
Mantap sob. ditunggu kunbalnya. . .

Senyum syukur said...

makasih Mbak, sedang di praktekan..

Nandar said...

Saya senang blogwalking.. Senengnya lagi bsia dapat teman abru dan saling tukar pengalaman dengan membaca blog masing-masing..

Anonymous said...

saya kendalanya dari koneksi yang super lambat. maka dari itu saya jarang blogwalking sekarang, jangankan BW, update postingan saja jarang banget. nggak seperti dulu yang masih punya koneksi lumayan cepat..hohoho

Admin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Tips dan info yang sangat memberi pengetahuan buat semua
Blogging, tentang blogwalking, perlu di coba nih ijin mencoba
yah Mbak Rin,

Anonymous said...

Duh maaf sampai lupa gak ngucapin terima kasih
maaf yah Mbak Rin.? terima kasih atas info dan artikel nya

dear anies said...

saya akui, ketika mula2 kenal blog ni, saya tak tahu apa itu blogwalking. once da tahu, susah pula nak berhenti. tapi ada 2 masalah bila blogwalking. WORD VERYFICATION + LINE INTERNET YANG SLOWWWWWWWW banget!

p/s ririn, up entry tentang word verification...biar bloggers baru faham ;-)

Unknown said...

Tipsnya Lengkap Bner Nihhh Mbakk Dan Saya Izin Gunain Tips yang Menulis Dulu Komentar Di Note pad Yah Mbakk Soalnya Saya Sering Kejadian Gini mbakk
Ketika Saya Menulis Komentar Di Blogg Tiba Tiba Ngerefres Sendiri Dan Akibatnya Komentar Yang saya Masukan Di Kolom Komentar Pun Ilang :D hihi
makasii yahh makasii

Mang Lembu said...

wah kalau gituh saya mah jauh banget dari tips diatas, ke'nya selalu masuk kategori spam semua komentar saya ya....banyak becanda dan oot nya dari pada benernya...gimana coba kalau gituh?

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Semakin hari tips yang diberikan mbak Eka semakin berbobot ya, dan patut untuk di garisbawahi,
Sayang sekali koneksi inet ditempat saya tergolong lola, bahkan belakangan ini sering error, jangankan untuk update blog, sekedar berkunjung ke blog para sahabat saja sampai tidat bisa, mudah2 an koneksi di daerah saya cepat segera di perbaiki, dan kembali normal seperti sedia kala

Rizkyzone.com said...

dan seperti biasa saya blogwalking, dalam blogwalking saya mentarget, misalnya 20 blog atau lebih, saya juga mengutamakan terlebih dahulu blogwalking ke blog2 yang sudah berkomentar di blog saya, saya menjadikan komentator di blog saya sebagai list blogwalking saya, sembari juga berkunjung ke blog2 yang belum pernah saya kunjungi, saya juga berusaha komentar semaksimal mungkin untuk tak junk comment, bagi saya pribadi daripada saya junk comment mending saya jd silent reader saja atau mencari postingan lain dari blog yang saya kunjungi manakala posting terbaru blog yang saya kunjungi saya bingung buat berkomentar.

Meutrap said...

Ini yang perlu saya perhatikan kak.
Sangat membantu.

Ucu nurodin said...

!Nfo bagus sis selain buat kemajuan blog tapi sekalian buat bersosialisasi jga diibaratkan nyelem minum air tuhhh kembung deh heheee
by: http://1heart.tk

Nurul Imam said...

Tumben nih belum ada balesan :D

Unknown said...

Beberapa hari ini saya udah jarang untuk keluar dari rumah coz lagi sibuk perbaiki rumah sendiri supaya tampilannya jadi responsive apa lagi mau sering2 berkunjung di blognya sobat ini malah jarang juga saya lakukan yang penting udah meluangkan waktu kan untuk berkunjung hari ini daripada tidak sama sekali.. :-)

Unknown said...

sebisa mungkin komentarnya harus bersifat membangun, biar gak asal mejeng di blog orang ya :D

Mizz Aiza said...

sangat bersetuju dengan semua tips di atas.. ada di antaranya saya praktikkan ketika blogwalking ke blog rakan-rakan blogger.. namun connection internet yang slow kadang kala membataskan aktiviti blogwalking saya..

Anonymous said...

Wah... baru kali ini saya baca artikel tentang blogwalking, ternyata begitu penting ya.. nanti akan di coba untuk blogwalking ke tetangga terdekat dulu.... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, mungkin harus sabar kalai mas kalau koneksinya lambat detu :) Yang penting tetap semangat :)

Warim, wah pengalaman yang sangat menarik mas. Bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua :)

Hekos, wah hebat koneksinya ngebut getu. Jadi bisa kebut-kebutan ya mas kalau ngeblog wkwkwk :D

Imama Sholeh, iya sama-sama Mas imam :)

Naufal, iya sabar aja mas. Memang, karakter orang berbeda-beda :)

Fadly Rifa'i, seratus untuk mas fadly ^^

Virlyz, hehehe iya mas. Tapi ya itu pilihan sih. Jadi lebih baik gunakan koneksi yang cepat untuk mempercepat dan mempermudah aktivitas blogwalking :)

Edo, iya mas. Blogwalking cukup berpengaruh terhadap angka alexa :)

Baskoro, iya betul itu mas. Seratus untuk mas baskoro :)

Daniel, untuk membuat dan memasang widget Google Custom Search (CSE), anda bisa mengunjungi blogpedas.blogspot.com :)

Abed Saragih, karakter blogger antara satu dengan yang lainnya tidak sama mas. Saya kira hal tersebut sangat wajar. Oleh karena itu, sebaiknya kita membalas komentar mereka sesuai dengan ketika mereka berkomentar di blog kita :)

Lutfi, silahkan dicoba mas lutfi. Good luck ya :)

Intan, wkwkwk thanks mas atas tambahannya :D

Adam Hussein, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Jadi kita bisa mengubah blog yang loadingnya lambat menjadi versi mobile. Ide yang sangat bagus mas. Ini bisa dipraktekkan untuk kita semua :)

Indri, pengalaman kita ternyata sama ya mbak hehe :)

Jenk Indah, iya betul itu mbak. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas blogwalking :)

Marnes, keep spirit mas :)

Dika, wah hebat mas kalau koneksinya cepat :)

Hekos, wah thanks banyak mas hekos. Jadi terharu saya hehe :D

Vina, iya nggak apa-apa mbak. Belajar sedikit demi sedikit. Nanti lama-lama pasti bisa :)

Ahmad Zaelani, iya memang harus sabar mas kalau blogwalking :)

Agung, sippp kalau begitu mas. Lanjutkan :)

Azie, terimakasih :)

Anthonie, iya sama-sama mas anthonie :)

Firman, iya karena memang sifat orang macem-macem. Ada yang nakal dan ada yang tidak nakal. Jadi ya harus sabar aja :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Andes, iya begitu mas fenomena blogger tanah air Indonesia hehe :D Memang tidak sama sifat dan karakter antara blogger yang satu dengan yang lain. Yang penting kita jangan ikut-ikutan mereka yang berkomentar seperti itu ya mas, karena cukup meresahkan :)

Mas Nady, iya memang koneksi internet sangat memengaruhi aktivitas ngeblog ya mas. Jadi harus sabar. Komentar diatas yang sudah di hapus karena komentar nya nggak enak dibaca mas hehe :D

Andes, thanks atas tambahannya mas :)

Baharudin, mohon maaf mas saya nggak bisa ikutan event tersebut hehe :)

Ma wan, keep spirit mas :)

Wewengkon Sumedang, pengalaman yang sangat menarik mas. Memang begitulah fenomena blogger. Ya kita sabar aja soalnya sifat para blogger tidak sama mas :)

Budi, kalau tulisan komentar hilang seperti itu memang membuat kesel mas hehe Bawaannya esmosi hehe :)

Rahmat, sip lanjutkan :)

Asep, iya betul itu pak. Saya juga malas kalau berkomentar di blog yang ada captcha nya. Admin blog nya nggak pengertian banget ya hmmm :)

Kang ucup, iya nggak apa-apa kang :) Yang penting tetap semangat ya kang :)

Nurul Imam, wkwkwk ide yang super gila itu mas :D

Zefy, iya mbak sama-sama ya :)

Spectrevers, wah bagus itu mas. Jadi perlu dilestarikan kebiasaan tersebut :)

Senyum, good luck ya :)

Nandar, lanjutkan mas nandar. Blogwalking memang mempunyai banyak manfaat :)

Nakusan, keep spirit mas :)

Karis, silahkan mas :)

Khairin, ok mizz ntar kapan-kapan akan saya buat kan posting tentang verifikasi kata / captcha :)

Ainul, yang penting tetap semangat ya mas :)

Cilembu, nggak apa-apa pak. Yang penting bisa happy blogging ^^

Arie, yang penting tetap sabar dan semangat ya mas. Koneksi internet memang menjadi kendala saat ngeblog. Jadi kita harus sabar saja :)

Rizkyzone, ide dan pengalaman yang bagus itu mas. Lanjutkan :)

Meutrap, iya sama-sama :)

Bocah, iya mas. Banyak sekali manfaat dari blogwalking :)

Nurul Imam, hehehe ini lagi di balas mas komentarnya hehe :D

Agung, iya nggak apa-apa mas. Rumah kita juga perlu untuk diperbaiki agar performanya bisa lebih bagus dan bisa membuat nyaman pengunjung :)

Elsawati, sippp seratus untuk mbak elsa hehe :)

Mizz Aiza, keep spirit mizz. Koneksi internet memang sangat mengganggu apabila lambat :)

Akriko, silahkan dicoba mas :)

Unknown said...

mantap mbak ..

visit back yea
http://deanara16.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas dede atas kunjungannya ya :)

Anonymous said...

nice infoh mbak rin,, akan saya jadikan pedoman nih dalam berblogwalking heheh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan mas :)

Radja Fashion said...

Mantap mbak , . . makasih pengetahuannya . !!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas raja. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Anonymous said...

Saya kok masih bingung ya, cuman koment dan titip alamat url, lalu bisa menaikkan trafik ?? apakah ada yang bisa menjelaskan ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Komentar blog bisa berpengaruh terhadap SEO mas, sehingga bisa meningkatkan trafik blog :)

Anonymous said...

salam kenal buat semua, saya baru tahu kalou ngasih komen di blog lain bisa meningkatkan trapik, terimakasih atas infonya

di tunggu kunjung balik + komennya maklum baru kenal sama bloger
http://ubuntu-gnome.blogspot.com/

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

wah bermafaat gan. ditunggu kunjungannya :)

Anonymous said...

Akhirnya terjun ke artikel ini juga, info yang lagi saya butuh :D

Rafi muhammad said...

wah agak sengaja menu artikiel blogwalking postingan mbak ririn di google :D

teman sendiri tenyata hehe

Unknown said...

Blog walking banyak manfaatnya ternyata ya,thanks mbak rin,infonya sangat bermanfaat..

Anonymous said...

Lengkap banget mbak ririn, jadi nambah pengetahuan tentang blogwalking. Thanks..

Unknown said...

Sangat membantu..
Kunjungan balik+saran+koment menjadi sangat penting
.http://setiawan4belaz.blogspot.com

Unknown said...

mantap nih...
tambah ilmu lagi nih tentang blogwalking....
http://kopjacil.com

Aldi Rahman said...

Keren infonya, sangat menarik, membaca dengan cepat dan koneksi internet yang terpenting :)

Unknown said...

Tips blogwalking yang paling lengkap dari tips-tips lain yang pernah saya baca dan saya tulis juga.. Menarik dan sangat bermanfaat, teknik membaca cepat merupakan skill yang harus ditingkatkan sedangkan faktor pendukung paling penting tentu saja ada pada poin kecepatan koneksi internet.

Post a Comment