Tips Membaca Cepat di Blog

Tips Membaca Cepat di Blog Adalah sangat penting efisiensi waktu yang kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Hal itu disebabkan kita tidak hanya sibuk untuk mengelola blog saja. Melainkan ada hal-hal lain yang lebih penting di dunia offline yang tidak bisa ditinggalkan. Faktor kecepatan dan ketepatan menjadi penting untuk diperhatikan agar kita tidak melulu berjam-jam duduk berinteraksi dengan komputer.

Padahal, aktivitas blogwalking dalam dunia blogging merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga, mau tidak mau kita harus menyisihkan waktu kita untuk saling sapa kepada sesama webmaster melalui form komentar blog/web. Kita tidak mungkin berkomentar asal-asalan di blog teman, apalagi Out Of Topic (OOT). Sehingga kita diharapkan sebelum berkomentar, harus membaca artikel terlebih dahulu agar komentar yang kita tulis bisa relevan dengan topik artikel yang ditulis. Disinilah skill membaca cepat sangat diperlukan untuk menghemat waktu kita.
Tips Membaca Cepat di Blog
Image by lensaindonesia.com
Beberapa waktu yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara baca cepat di blog atau website. Berikut adalah uraiannya. Silahkan anda perhatikan secara seksama.

Tips Membaca Cepat di Blog

1. Baca dan pahami judul artikel blog
Setiap kita menjumpai sebuah artikel postingan, yang pertama kita baca adalah judulnya. Kalau blog tentang informasi bermanfaat, kita bisa dengan mudah menyerap maksud dari judul tersebut itu apa. Bagaimana dengan blog jurnal atau diary? Itulah masalahnya. Terkadang kita kesulitan jika membaca artikel di blog tersebut. Apalagi jika artikel tersebut berisi curhatan atau pengalaman pribadi atau mungkin perjalanan kehidupan, ini yang membutuhkan kerja ekstra untuk berusaha memahami artikel tersebut.

2. Baca point-point penting dalam artikel
Biasanya kalau artikel tentang tips atau tutorial, kita bisa dengan mudah memahaminya. Karena dalam artikel tersebut sudah terdapat poin-poin penting yang bisa kita baca. Dengan hanya membaca judul dan poin penting tersebut, kita sudah bisa menangkap maksud dari artikel tersebut. Sebaliknya, jika artikel tidak ada poin-poin nya, kita akan kesulitan untuk memahaminya.

3. Perhatikan gambar postingan
Dengan adanya gambar, kita bisa dengan mudah menyerap informasi yang disampaikan dalam tulisan artikel. Apalagi jika kita menjumpai artikel yang membahas tentang tutorial, kita hanya perlu melihat gambarnya saja satu per satu, kita bisa dengan mudah untuk memahaminya.

4. Baca kalimat awal di setiap paragraf
Biasanya inti kalimat dari sebuah artikel itu terdapat di kalimat awal setiap paragraf. Adapun kalimat berikutnya itu merupakan kalimat yang menjelaskan atau berupa keterangan. Ini yang berlaku dalam Bahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan juga berlaku dalam Bahasa Indonesia.

5. Baca secara langsung ke inti artikel
Dalam sebuah artikel biasanya terdapat paragraf pendahuluan, inti, dan penutup. Nah, untuk menghemat waktu anda dalam membaca dan untuk mempercepat aktivitas membaca anda, diharapkan anda langsung menuju ke inti artikel itu maksudnya apa? Dengan begitu anda bisa dengan mudah menyerap artikel tersebut.

6. Membiasakan diri membaca
Minat membaca memang tidak muncul secara tiba-tiba tanpa adanya pembiasaan. Anda tidak mungkin secara tiba-tiba mempunyai skill membaca cepat tanpa ada proses latihan. Ini penting untuk anda perhatikan, mengingat dengan membaca, kita akan lebih pintar dan tahu dibandingkan orang yang tidak suka membaca.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Membaca Cepat di Blog. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga postingan yang lainnya tentang Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog. Atas atensinya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

64 komentar:

Unknown said...

Tipsnya menarik mbak. menurut saya orang lebih tahan lama membaca di depan buku daripada di layar kaca karena kalau kebanyakan membaca di layarkaca bisa bikin mata perih.

Unknown said...

Tapi kadang juga males mbk membaca artikel panjang :D

Anonymous said...

yupz, memang terkadang kita bisa langsung memahami maksud dari sebuah tulisan hanya dengan membaca judul nya saja, seperti tulisan master ini saya bisa memahaminya hanya dengan membaca judul nya dan membaca sedikit dari isinya. ^^

Ilham Nurhamzah said...

tips tambahan, dengan melihat quote-quote dlm artikel.
biasa nya :D

Anonymous said...

Bacanya sih lumayan cepet mbak, tapi koneksi internetnya ini yang lambat banget, hahaha....

Toko Sepeda Majuroyal said...

wow... pas banget
seperti yg sudah aku jalani
blog walking atau yg doyan komen sana sini
penting banget mengikuti saran2 Mba Ririn di Artikel ini
terima kasih

Anonymous said...

Itumah trik saya mba hahaha :D
Keren dah thanks sudah share ya mbak ririn yang cantik :)

Anonymous said...

Nah, dengan tips diatas maka kita bisa berkomentar sesuai topik artikel ya mbak ^_^..

Tips yang bagus untuk pemula seperti saya ^_^

Unknown said...

kadang ada orang gak bca
langsung ke cmment
hehe :D

Claresta said...

Ternyata membaca cepat ada triknya ya mbak,,,
Saya biasanya membacanya lambat sekali, sehingga sering tertidur ketika ditengah2 membaca di depan komputer.

Setelah membaca tips ini akhirnya saya tahu kalau ada cara membaca cepat, jadi selesai membaca kita bisa tidur secepatnya. Tidak tertidur ditengah2 membaca lagi.

Makasih infonya yg bermanfaat bagi orang2 yang membacanya lambat.

dunia maya said...


saya mengeja mb.....
harus bisa belajar membac cepat deh mulai sekarng

Kang Ucup said...

memang perlu adanya latihan dan kebiasaan supaya bisa membaca cepat dan bisa memahami isi suatu artikel. jadi saat berkomentar tidak terkesan asal dan hanya mengharapkan kunjungan balik. contoh " manteb gan artikelnya, jangan lupa kunjungan balik " kelihatan sekali kalau dia tidak membaca artikel lebih dulu.komentar seperti ini hanya menyumbangkan bounchrate. karena hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 detik untuk mem-pastekan-nya ke dalam kotak komentar :D

Intan Sudibjo said...

kalo baca tips biasanya memang langsung jump to topic saja :)

rumah abu abu said...

Artikelnya udah kaya pelajaran bahasa indonesia ya mba, hehe ada cra membaca cepat juga. Salam siang yg panas mba..

Unknown said...

betul sekali mbak....
Apa lagi kalau blognya sudah dikasih tag H1,2,3, dst...kan bisa lebih membantu para pembaca kayak artikel2nya mbak ririn

Senyum syukur said...

Tips ini sangat penting terutama yang sering blogwalking.. makasih..

Unknown said...

thanks y info2@...

Dika said...

mantap mbak, ini sangat penting bagi kita untuk blogwalking, agar lebih efisien dan tidak terlihat asal-asalan dalam berkomnetar, nice tips :) salam blogger..

Mas Marnes said...

Kalo saya idem tuh sama blogditter.com, yang menjadi kendala selama saya blogwalking terkait masalah jaringan internetnya yg kadang lemot banget kayak bekicot makanya butuh jeda waktu yg rada lama kadang untuk bisa memberikan komentar, apa lagi kalo lagi follow2an blog di group FB waduuuuh kadang suka ada perasaan ga enak sama temen yg dah memfollow duluan trus giliran kita follback jaringan inetnya malah lemot hehehe :D

Mas Andes said...

membacanya cukup di batin saja ga perlu keras biar tetangga ga denger ya mbak :) kalo masih batuk juga biar ga sakit tenggorokan :D hehehe..
btw saya juga setuju dengan ulasan di atas mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Faisal, iya benar juga ya mas. Kalau membaca di buku bisa santai karena mata kita tidak kontak langsung dengan cahaya. Tapi kalau membaca di blog itu bersentuhan dengan cahaya, sehingga mata cepat perih. Sehingga dibutuhkan skill membaca cepat ya mas agak kita tidak berlama-lama kontak langsung dengan komputer. Thanks ya :)

Mas Rahmat, kalau artikel yang menarik, saya kira nggak masalah kalau panjang lebar artikelnya. Tapi kalau artikel yang tidak menarik, pasti kita jenuh hehe :D

Mas Fadly, wkwkwk berarti master nggak baca semua artikel saya nich. Payah master ini wkwkwk Thanks master atas kunjungannya ya :)

Mas Ilham, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Tapi itu hanya berlaku pada artikel yang ada quote nya. Kalau yang tidak ada, mungkin tidak bisa diterapkan ya :)

Mas Ditter, iya juga sih. Kadang koneksi internet yang lambat sangat mengganggu kenyamanan membaca ya mas. Seratus dech untuk mas ditter :)

Mas Maju, wah bisa aja nich mas maju. Thanks ya mas sudah singgah kemari :)

Mas Lutfi, wah genit juga nich wkwkwk :D Yang penting dibiasakan membaca ya. Jadi komentarnya nggak asal-asalan :)

Mas Manarul, saya kok nggak percaya tuh kalau mas manarul adalah blogger pemula wkwkwk :D Iya betul itu mas. Jadi sebelum kita berkomentar, alangkah baiknya jika kita sudah membaca artikel secara keseluruhan ya mas. Jadi antara topik artikel yang dibahas dengan substansi komentar kita, itu bisa sinkron :)

Mas Zacky, tidak hanya kadang, tapi sering wkwkwk :D

Mbak Indri, iya mbak. Trik membaca cepat memang ada. Bahkan di mata pelajaran Bahasa Indonesia juga dibahas tentang kompetensi ini. Silahkan dicoba mbak tips nya. Good luck ya :)

Mbak Maya, iya mbak. Untuk menghemat waktu kita tentunya :)

Kang Ucup, seratus untuk kang ucup. Dengan latihan dan membiasakan diri, maka lama kelamaan jadi akan terbiasa membaca cepat ya kang. Jadi diharapkan kita tidak berkomentar asal-asalan yang terkesan hanya mengharapkan komentar balik. Ide yang bagus kang. Thanks ya :)

Mas Intan, hehehe betul itu mas. Yang penting jangan sampai jumping-jumpingan ya. Soalnya bahaya hehe :D

Mas Dadang, iya mas. Tips untuk mengingatkan kita akan pelajaran Bahasa Indonesia. Materi tentang membaca cepat dibahas dalam pelajaran tersebut pada Sekolah Menengah Atas (SMA) hehe :D

Mas Hasby, owh begitu yah. Saya malah baru tahu nich kalau ternyata artikel saya ada H1 H2 H3 nya hehe :D Jadi lebih mudah ya mas untuk dibaca dan dipahami :)

Mas Senyum, iya penting untuk dipraktekkan tentunya ya mas :)

Mas Fahmi, you're welcome :)

Mas Dika, iya betul mas. Jadi dengan mempraktekkan trik ini, diharapkan kita bisa hemat waktu dan juga tidak komentar sembarangan di blog orang lain ya mas :)

Mas Marnes, wah pengalaman yang sangat menarik mas. Memang benar, masalah teknis terkait dengan koneksi internet yang lambat memang menjadi kendala dalam blogging. Yang penting tetap semangat dan sabar aja ya mas :)

Mas Andes, iya bener tuh mas. Kalau baca nya keras-keras, malah nanti dikira sedang belajar membaca ya mas hehe :D Kan malu juga kalau kedengaran sama tetangga hehe :D

Unknown said...

Terkadang memang membaca cepat itu perlu jika waktu sedang mendesak. :)
Artikel yang inovatif.

Mbak Iis said...

mksh tipsnya mbak, saya banget tuch, seringnya baca dng cepat krn males juga kalai tulisannya panjang banget

Masnady said...

sip deh mbak tips membaca cepatnya... saya juga sering melakukan hal hal yang sudah mbak eka sebutkan di atas...

yang jelas kita harus membaca judulnya ya mbak, biar nggak kesasar heheiheheiheheii..

saya pernah bikin postingan jebakan lho mbak.. dan hasilnya cukup banyak yang terjebak.. hehehehe banyak yang hanya membaca judulnya saja tanpa membaca intinya hehehehe

Mang Lembu said...

semoga saya dan semua komunitas kpk melakukan dan menerapkan tips ini...maklum komunitas yang paling keren sedunia ini sudah tidak melakukan tips diatas,soalnya kadang kpk mah, antara judul dan isi sukangga nyambung....gimana tuh kalau yang begitu...;o)

Anonymous said...

jadi membaca artikel orang juga ada tehniknya yah, jadi diambil poin penting-pentingnya saja, jadi bisa lebih cepat, makasih mbak Ririn, keren nih :)

Unknown said...

di editor post kan sudah dimudahkan mbak, tinggal pilih heading, sub heading atau minor...jadi enak menentukan pokok-pokok artikelnya

Anonymous said...

sering kali saya fast read mb' kalau baca postingan blog saat blogwalking, tapi sekalipun saya fast read saya tetap berusaha komentar saya tidak OOT atau out of topic, soalnya kan saya ngenet di warnet yang dengan keterbatasan waktu, jadi mengejar waktu biat saya kalau BW sesuai target, blogwalking tanpa OOT dalam berkomentar. #Rizkyzone.com

Anonymous said...

biasanya kalo membaca cepat itu terjadi karena adanya "the power of kepepet" ^__^

Mas Andes said...

iya mbak.. soalnya kalo bisik2 kadang ada tetangga lewat ntar malah curiga :) hehehe

Anonymous said...

saya juga suka mbak dengan point nomor 3 itu, bwt setelah saya terapkan kok cantik juga ya mbak gambar yang ada di postingan itu :D

Unknown said...

Biasanya saya cuma baca Point-point penting aja mbak, soalnya biar cepet dan untuk komentar Pun mudah. :D

Update Campuran said...

lama saya ga absen dimari buk, absen dulu ah :)

Anonymous said...

wah , ini perlu di coba ,........
trima kasih ya mbak atas tutorialnya .........

Angga Kusuma Nugraha said...

kk, saya beberapa kali berkunjung ke blog ini
tapi mau komen bingung pilih account
klo bisa di tambahi "Name and URL"
soalnya klo google account kurang sreg

Staff Administrator said...

Kalo sy justru lebih nyaman dalam membaca dan memberi komentar posting lewat hp ketimbang via pc mbak...

Alasannya lebih fokus saat ngebaca dan bisa di bawa santai posisinya...
mungkin kendalanya terkadang kalo nemuin blog yg tampilan mobile ndak di pasang..atau adanya captcha ...

Soal tekhnik yg udah di sebutin lewat tips di atas...memang di rasa perlu...ya mbak :)
Idealnya ndak asal cuma cepet tanpa dapet point nya... :)
Matur suwun ya mbak Rin :)

Kang Ucup said...

kalau blog saya gimana mas Budi, ada kesulitan nggak waktu diakses lewat hape :)

Unknown said...

wah ada juga tipnya cara cepat baca artikel di blog...klu saya tergantung ama koneksinya mbak bisa baca cepat, akhir2 ini internet dit4 saya lg down, jd ga bisa berkunjung ke smua blog

Walidin said...

ini nih artikel yang saya cari, biar baca update blog bisa cepat..
thanks ya mba

Unknown said...

Karna ini teknik cepat membaca di blog, maka lngsung sya peratekin di sini. Saya baca aja yg bergaris tebal2nya itu dan judulnya haha.. :D

Unknown said...

pada poin biasakan membaca itu yang menarik untuk di laksanakan, jadi jangan hanya membaca judulnya aja, lalu memberi komen yang gak nyambung blas, seperti komen saya ini hehehehehe

Nurul Imam said...

Cara cepet berkomentar, buka artikel langsung lompat ke kotak komentar dan ketik nice info :D

Agung Kharisma said...

saya tertarik dengan poin terakhir dimana seorang blogger diharuskan terbiasa untuk membiasakan dirinya untuk membaca. awalnya sulit memang, namun bila sudah biasa, maka akan terasa ringan. :)
http://dailybloggerpro.blogspot.com/

Mizz Aiza said...

saya sangat bersetuju.. tajuk (judul) artikel penting untuk kita memahami secara keseluruhan (overall) artikel..

Meutrap said...

sering saya praktekkan seperti tips di atas,
sangat membantu .

Unknown said...

mantab Nih mbak Eka Tipsnya :D akan langsung saya Praktekan dahh dalam Menghafal Pelajaran hehe #Mumpung lagi Uts

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Baskoro, iya betul mas. Lebih baik hal itu dibiasakan agar penggunaan waktu kita bisa hemat dan bisa untuk kegiatan yang lain :)

Mbak lis, kalau tulisan kapnjangan memang cukup membuat galau ya mbak. Apalagi jika topik yang dibahas tidak menarik, bisa bikin galau tingkat tinggi. Namun, kalau topiknya bagus, pasti kita akan betah baca tulisan yang panjang :)

Mas Nady, wah bahaya juga nich kalau mas nady bikin artikel jebakan hehe :D Jadi kalau blogwalking di blog nya mas nady, harus baca artikel secara keseluruhan ya mas, biar nggak terjebak hehe :D

Pak Cilembu, iya nggak apa-apa pak. Itu malah lebih asyik karena bisa sambil becanda antara komentator yang satu dengan komentator yang lain. Jadi ngeblog nya nggak jenuh dan bisa bikin awet muda hehe :D

Mas Anthonie, seratus untuk mas anthonie. Kalau artikelnya ada poin-poin penting, itu malah enak mas. Tapi masalahnya, tidak semua artikel ada poin-poin nya. Ini yang sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus baca artikel secara keseluruhan :)

Mas Hasby, owh begitu ya. Terimakasih ya mas. Nanti akan saya praktekkan :)

Mas Rizky, kalau ngeblog di warnet memang harus membaca cepat mas karena per jam nya bayar hehe :D Tapi kalau ngeblog nya di rumah pakai modem sih nggak masalah mau berlama-lama. Atau mungkin ngeblog via hand phone, malah lebih enak, yakni bisa sambil tiduran hehe :D

Mas Hidayat, kalau itu mah tergesa-gesa namanya. Tapi sebenarnya, membaca cepat itu sangat penting untuk diaplikasikan. Karena dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sendiri, teknik tersebut sangat dianjurkan hehe :D

Mas Andes, curiga kalau nggosipin orang ya mas hehe :D

Mas Potret, wkwkwk itu mah gambar ilustrasi mas. Saya ngambil dari Google hehe :D

Mas Daniel, kalau bisa berkomentar cepet kan nanti bisa berkomentar di blog yang lain ya mas. Ide bagus tuh hehe :D

Mas Update, kemana aja nich nggak pernah kelihatan? hehe :)

Mas Ahmad, silahkan dicoba mas. Good luck ya :)

Mas Angga, terimakasih banyak ya mas atas saran dan masukkannya. Setelah saya pertimbangkan, sepertinya saya tidak bisa untuk membuka komentar Name and Url, karena ada berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Antara lain adalah (i) untuk menghindari komentar anonim, (ii) untuk mencegah komentar spam, misal jualan obat, dll (iii) dan masih banyak lagi. Saya mohon maaf ya mas. Mohon bisa dimaklumi :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, kalau blogwalking via hand phone memang enak mas. Bisa baca postingan sambil tiduran hehe :D Iya memang membaca cepat sangat diperlukan mas. Memang tujuan awal tidak hanya mengharapkan kecepatan saja, tapi juga ketepatan. Sehingga dari aktivitas membaca cepat tersebut, selain bisa hemat waktu, juga bisa menangkap maksud secara keseluruhan makna dan maksud yang terkandung dalam artikel tersebut. Teknik ini tidak hanya berlaku untuk blogging saja, karena memang dalam pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah ada materi tentang "membaca cepat". Jadi mungkin dulu kita nggak paham, dan sekarang sudah lupa hehe :D

Kang Ucup, sepertinya blog wisam kreatif ok ok aja kang, nggak ada masalah kok :)

Mas Virlyz, tingkat kecepatan koneksi internet memang cukup mempengaruhi ya mas untuk blogwalking. Jadi kalau bisa jangan lemot, tapi ngebut supaya kita bisa cepat untuk blogwalking hehe :D

Pak Walidin, iya pak, biar kita bisa cepat blogwalking dan juga bisa hemat waktu. Sehingga kita bisa mengalokasikan waktu untuk kegiatan yang lain. Good comment pak :)

Mas Agri, hehehe seratus untuk mas agri :)

Mas Arie, betul itu mas. Jadi untuk bisa mendapatkan skill membaca, kita perlu membiasakan diri yakni dengan cara sering berlatih dan belajar membaca. Kalau aktivitas membaca sudah lanca, baru kemudian dilanjutkan dengan membaca cepat dan tepat :)

Mas Nurul, wkwkwkwk mas nurul suka nya main lompat-lompatan nich :D

Mas Agung, iya betul itu mas. Jadi kalau kita tidak suka dan tidak punya skill membaca, kita harus berlatih membiasakan diri membaca. Dengan begitu maka, ketika kita menjumpai sebuah tulisan artikel postingan blog, kita akan dengan mudah dan nyaman membaca dan memahaminya. Thanks ya mas :)

Mizz Aiza, thanks ya mizz :)

Mas Meutrap, wah bagus kalau begitu mas :)

Mas Ainul, wah lagi uts tow hehe :D Belajar belajar!! kok malah negblog aja nich,. Ntar nilai nya jelek lho hehe :D

Anonymous said...

Ilmu baru buat saya. nih Mbak ijin belajar saya Mbak
Super mantep deh artikelnya Mbak Rin selalu Mendidik
Buat saya, yang masih Newbie di blogging. terima kasih ya Mbak

Anonymous said...

Kalau saya mbak ambil manfaat penting untuk perkembangan informasi kedepannya,terutama saat ini banyak informasi yang sangat penting diketahui dan dipahami.

Unknown said...

iya kalau yang kaya cerita susah juga mau ambil intinya, kita harus baca sampai selesai itu juga kalau buru-buru malah nggak ngerti isinya hehe...

Nurul Imam said...

Iya donk mbak biar cepet :p

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, saya kok nggak percaya kalau mas karis ini blogger pemula hehe :D

Mas Abed Siragih, iya mas kalau artikel tersebut bermanfaat sih ok ok saja. Tapi kalau artiekl curhat dan tentang perjalanan hidup, pasti malas juga bacanya karena nggak bermanfaat untuk kita :)

Mas Anthonie, kalau artikel tentang cerita kehidupan memang harus dibaca secara keseluruhan mas biar paham. Kan nggak enak juga kalau komentar kita asal-asalan hehe :D

Mas Nurul, iya sih bener biar cepet, tapi kelihatan banget katrok nya hehe :D

Indra Kusuma Sejati said...

Biasanya dengan membaca judul pada konten setiap artikel kita akan menemukan titik dari maksud yang penulis tersebut akan sampaikan dalam hal memberikan penjabarannya dalam setiap artikel, namun photo atau pun gambar dalam sebuah postingan pun dapat menjadi gamabr yang dapat mengisahkan apa yang menjadi tujuan dari artikel yang sedang di bahasnya. Terimakasih ya Mba atas informasinya ini.

Salam,

stonkids said...

Info yang bagus mba ririn.,
sukses selalu buat blognya yah.,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Indra, seratus untuk mas indra, memang dengan melakukan hal seperti itu kita akan mudah menangkap maksud dari artikel tersebut :)

Mas Kevin, terimakasihh atas support nya ya :)

Unknown said...

@Mbak eka : hahaha kalo saya kagak Ngeblog nanti malah kagak Konsen utsnya mbakk karena kepikiran trafick turun hihi :D tapi makasii yah mbak atas Sarannya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh getu ya. Tapi jangan sampai lupa sama belajar ya :) Jangan ngeblog terus hehe :)

Unknown said...

@Mbakk Eka : Okeee Okee siap mbakk Bos :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sippp lanjutkan hehe ^^

Anonymous said...

oke ikut nyimak gan!!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan disimak baik-baik ya. Jangan sambil melamum lho wkwkwk :D

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas exo atas kunjungannya ya :)

Post a Comment