Google Sitelinks itu Apa?

Google Sitelinks itu Apa? Pernahkah anda mendengar istilah Google Sitelinks? Jika belum, berarti sama dengan saya. Saya baru tahu istilah tersebut saat berdiskusi dengan teman melalui kolom komentar di blog ini. Ada teman Blogger yang menyampaikan bahwa blog saya Cara Ririn kini sudah mempunyai Google Sitelinks. Saya pun tidak tahu maksudnya apa hehehe :D Maklum masih pemula.

Baru kemudian setelah itu saya mencari tahu dengan membaca berbagai referensi, mulai dari artikel yang direkomendasikan oleh teman saya, di Google Webmaster, dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya saya bisa menyimpulkan bahwa Google Sitelinks merupakan ringkasan laman web/blog yang terdapat pada laman hasil pencarian Google, yang mana terdiri dari hasil pencarian utama dan tautan situs (sitelinks). Atau dengan kata lain Google Sitelinks adalah hadiah yang diberikan oleh Google atas suatu web/blog pada search engine result page (SERP) Google.
Google Sitelinks itu Apa?
Image by support.google.com
Google Sitelinks ini hanya terdapat pada mesin pencari Google saja. Dari namanya saja sudah jelas, ada embel-embel Google. Kalau di situs mesin pencari yang lain itu tidak ada sitelink pada laman hasil pencariannya. Misalnya di Yahoo, Bing, atau yang lainnya.
Yahoo Search Tidak Punya Sitelinks
Kenapa blog/web kita bisa memperoleh Google Sitelink? Menurut Google Webmaster (https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=en) bahwa sistem Google telah menganalisis struktur link dari situs anda untuk menemukan jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna internet (pengunjung) dan memungkinkan mereka untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari.
blog cara ririn dulu mendapatkan sitelinks, nggak tahu sekarang dapat lagi atau nggak
Google Sitelinks yang sudah diberikan kepada web/blog kita tersebut ternyata bisa diubah-ubah dan juga bisa di non aktifkan eksistensinya jika ternyata sitelinks yang diberikan Google itu tidak tepat. Pertanyaannya sekarang apakah web/blog anda sudah mempunyai Google Sitelinks? jika belum silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendapatkan Google Sitelinks. Karena ada beragam manfaat yang akan anda peroleh jika blog/web anda sudah mempunyai Google Sitelink (Baca: Manfaat Google Sitelink bagi Blog)

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Google Sitelink itu Apa?. Baca juga artikel yang relevan tentang Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

55 komentar:

Mas Marnes said...

Selamat pagi dan selamat beraktifitas mba' ririn, semoga sukses dalam menjalankan tugas kesehariannya. Amiin...
Kalau saya mah belum tahu mba' apa itu google stielink? Setelah baca manfaat google sitelink bagi blog, ternyata banyak juga ya manfaatnya. Saya harus mempelajarinya nih biar blog saya juga dapat google sitelink. Terimakasih mba' udah share informasinya Insya Allah bermanfaat :)

Intan Sudibjo said...

wah gagal pertamax lagi :D , ngomongin sitelink selamat ya mba, blog ber-niche memang mudah mendapatkan site link, tak seperti blog saya yang amburadul :D

Unknown said...

Saya pernah mendapatkan goole sitelink tapi tiba2 hilang kenapa ya sisit????

Unknown said...

Waduh saya kok belum dapat" ya

Dika said...

wah, mantap tuh dapat sitelink mbak, enak dilihat jadinya yah, hehe.
saya plajari dulu deh mbak cara mendapatkan sitelink nya, thanks sharingnya mbak ^_^

Asep Haryono said...

Ini dia artikel yang sudah lama saya cari cari. Akhirnya jumpa juga di sini. Masih dipelajari dulu nih soalnya masih bingung sama SITE MAP.

Anonymous said...

wah selamat ya mbak atas google sitelinknya :)
bahkan google saja sudah mengakui kekerenan blog mbak ini, apalagi kita2 :D

Senyum syukur said...

saya juga baru tahu.. hehe

Unknown said...

Sampai detik ini saya belum dapat site link...hehehehe
Untuk optimasi agar sitelink itu tepat lebih baik buat sebuah halaman statis yang membahas sub-menu di dalam blog....
Karena bagaimana pun, halaman label pada platfrom blogger tidak diindeks

Unknown said...

Blog saya Yang Dulu Udah Dapet Mbak tapi Kalo Yang Sekarang Kayaknya Belom Deh hehe Maklum Masi Baru hihi

Unknown said...

saya ucapkan selamat karena mbak eka mendapatkan penghargaan berupa sitelink,saya nyimak dulu tapi selalu mempelajarinya karena belum memahaminya

Kang Ucup said...

harus lebih giat lagi nih supaya blog mendapatkan sitelinks :)

Mas Andes said...

udah tidak asing lagi ya mbak mengenai google sitelink.. kalo yahoo ato bing apa ada sitelinknya juga mbak, ato cuma google aja yang ngasih sitelink :) kan seru kayaknya kalo dapet sitelink rame2 :D

Anonymous said...

Pengen banget dapat sitelink dari mbah google. Tapi saya jarang update karena pusing belum ada template yang pas hehe. Oh iyah mbak ririn kok di tanya facebooknya kabur mulu sih :( , aku pengen nanya-nanya banyak seputar blog

Unknown said...

saya belum dapet google site link mba.. Hehe

Unknown said...

masih belum bisa mendapatkan sitelink... hehe
makasih ya atas informasinya..

Anonymous said...

kadang saya sering bingung site link yang kadang muncul, kadang juga tidak.. gk terlalu mikir site link , gara2 di copas site link saya jadi hilang. :(

semoga teman2 yang komentar diatas bisa cepet dapat sitelink. :D

Stiker Jalingkut said...

trmksih banyak atas infonya. jadi tau mas begituan.

AbdurahmanBW said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, semoga aja Marnes's Blog segera mendapatkan Google Sitelinks ya mas, biar lebih keren tampilannya di search engine Google :)

Mas Intan, thanks mas intan atas ucapan nya. Memang benar bahwa blog niche lebih mudah untuk dapat sitelinks, tapi blog non niche juga bisa kok mendapatkan sitelinks, tapi mungkin butuh waktu yang lama mas. Jadi sabar aja kali ya hehe :D

Mas Adjie, mungkin sitelinks nya udah diambil kang ucup mas hehe :D

Mas Rahmat, iya sabar aja mas, nanti 1 tahun lagi pasti dapat kok hehehe :D Asalkan ngeblog nya konsisten :)

Mas Dika, iya silahkan dicoba mas. Mudah-mudahan blog anda juga bisa secepatnya dapat sitelink ya :)

Pak Asep, wah Sitemap sama Sitelink berbeda pak asep, hehehe :D

Mas Wewengkon, yang pasti admin nya nggak kalah keren sama blog nya hehee LD

Mas Senyum, macak sih? hehe :D

Mas Hasby, wah terimakasih banyak mas hasby atas tambahannya. Ini bisa dijadikan referensi tambahan yang berguna untuk kita semua :)

Mas Ainul, mungkin perlu sabar kali mas hehe :)

Mbak Jenk Indah, wah thanks jenk atas ucapannya. Silahkan disimak baik-baik ya. Jangan sambil melamun lho wkwkwk :D

Kang Ucup, iya kang, sukses ya untuk Blog Wisma Kreatif :)

Mas Andes, untuk sementara ini hanya Google aja mas yang ada sitelinks nya. Atau mungkin mas andes mau buat sendiri. Pasti keren hehe :D

Mas Lutfi, mohon maaf mas, saya hanya bisa add facebook orang yang saya kenal aja di dunia nyata. Mohon maaf ya. Thanks atas pengertiannya. Kalau ingin menghubungi saya secara langsung, anda bisa mengontak saya lewat Contact Form. Nanti pasti tak balas dengan cepat :)

Mas Warim, iya sabara aja ya. Yang penting tetap semangat :)

Mas Aben, keep spirit brother. Pasti besok atau kapan blog anda bisa dapet sitelinks kok. Yang penting ngeblog nya konsisten :)

Mas Sebilas, wah menyedihkan juga ya kalau sitelinks nya bisa hilang gara-gara ada blog yang copas artikel kita. Keep spirit kawan :)

Mas Brebes, iya sama-sama mas. Thanks sudah singgah kemari :)

Mas Wahid, thanks ya atas kunjungannya :)

Unknown said...

sampai saat ini blog saya belum mendapatkan siteliks mbak he.......m

Unknown said...

Saya heran dengan mbak ririn yang baru kenal dengan istilah google sitelinks dan menyatakan dirinya sebagai Pemula! Selamat hari sumpah pemuda!

Anonymous said...

Biasanya kalau sudah dapat sitelink menandakan bahwa kualitas blog kita bagus di serp dan juga lebih suka pencarian google.

Staff Administrator said...

Semoga bisa jadi penyemangat dalam terus berkarya ya mbak Rin... :)

jaga dan terus pertahankan prestasinya :)

Staff Administrator said...

Dan mudah2an yang sering berkunjung ke blog ini pun..jadi tertular mendapatkannya :)

Unknown said...

nggak sambil melamun kok ....disimak kalau yang pas di pakai yang belum disimpan...kan ini juga tambahan ilmu bermanfaat bagi blog masing2

Masnady said...

wah karena blog gado gado susah mendapatkan sitelink seperti yang pernah mbak eka katakan. jadi saya tidak berharap banyak untuk mendapatkannya mbak... hehehehe...

wah ternyata bisa di non aktifkan ya mbak.. tapi kayaknya sayang deh kalau di non aktifkan.. lawong untuk mendapatkan saja susah, masak iya setelah dapat mau di non aktifkan hehehehehe

Nurul Imam said...

Kayaknya artikel tentang sitelink di blog ini banyak banget, lagi optimasi inbound link yah mbak wkwkwk

Anonymous said...

google sitelinks ternyata begitu ya mbak master... kalau mesin pencari lain seperti yahoo kok ndak pakai sitelink mungkin dengan nama lain ya ...

berhubung saya gak punya sitelink lagi, padahal sering naik pesawat sitelink yang pramugarinya suka berbalas pantun... ya sudah lah karena katanya sitelink itu datang tak diundang pergi tak diantar heheheh

Unknown said...

Blog saya belum mendapatkan 'kado istimewa' berupa Google Sitelinks ini. Masih banyak hal yang harus dilakukan dan diperbaiki sehingga blog saya 'sehat', baik, dan sesuai kaidah SEO. Selamat dan sukses bagi sobat blogger yang telah mendapatkan Google Sitelinks. Terima kasih motivasi dan tutorialnya yang menarik dan komunikatif. Salam cemerlang!

Intan Sudibjo said...

mba Eka, sebenarnya saya tak mengharapkan site link, tapi kalo Google berbaik hati memberi saya pasti menerimanya haha :D

Anonymous said...

Samapai hari ini saya, masih mencoba dan berusaha
Untuk merelevankan sitelink untuk blog saya, namun walau Hasil
Nya belum yang saya harapkan, tapi saya tidak putus asa
Yang penting ada usaha, yang lebih penting nya juga saya masih
Tetap saling Berbagi, pada sobat sesama Blogging. salam sukses Mbak Rin

blogger said...

site link saya sudah muncul hahahaha.. sibuk dengan dunia nyata blognya disampingkn dulu

Aditya Nugroho said...

Mungkin rada aneh juga kalau ada yang sampai berbulan - bulan tidak juga dapat sitelink dari google, sedang blog baru macam punya satu baru satu bulan sudah dapat tu sitelink. Entahlah hanya Tuhan dan Google yang tahu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Arie, iya nggak apa-apa mas. Yang penting ngeblog nya tetap semangat aja :)

Mas Baskoro, wkwkwkwk :D Sebenarnya posting ini harus nya di terbitkan 2 bulan yang lalu mas. Tapi karena ada hal teknis, jadi baru diterbitkan sekarang :D Iya saya memang masih pemula, jadi masih harus banyak belajar getu ;)

Mas Abed Saragih, iya mungkin bisa juga seperti itu mas. Berarti ada semacam perhatian khusus getu ya hehe :D

Mas Budi, iya harapannya semua nya para blogger bisa mendapatkan Google Sitelinks ya mas :)

Jenk Indah, jangan lupa di save juga ya mbak hehe :D

Mas Nady, iya mas lumayan sayang juga ya kalau sitelinks yang diberikan oleh Google malah di non aktifkan hehehe :D

Mas Nurul, optimasi inbound link itu apa mas? nggak paham saya wkwkwk :D

Mang Yono, iya betul itu master. Google Sitelinks datang tak dijemput dan pulang tak diantar hehehe :D

Pak Herdoni, iya tidak apa-apa pak. Yang penting happy blogging :)

Mas Intan, wkwkwk pura-pura nggak mau dapat sitelinks, tapi ternyata sangat amat mengharapkan wkwkwk :D

Mas Karis, iya betul itu mas karis. Jadi yang penting kita berusaha terlebih dahulu, baru kemudian kita serahkan saja pada pihak Google yang memutuskan nya apakah blog kita akan diberi sitelinks ataukah tidak :)

Mas Hekos, wah mantap mas wkwkwk :D

Mas Aditya, kita harus menyadari bahwa antara orang yang satu dengan orang yang lainnya mempunyai kompetensi blogging tidak sama. Saya kira hal itu merupakan suatu hal yang wajar dan nggak ada masalah apabila blog yang dikelola berbulan-bulan tidak mendapatkan sitelinks.

afada said...

Alhamdulillah Blog Saya DavidRaja.com sudah memiliki 8 SiteLink, dan hingga komentar ini saya post, masih tetap utuh.

afada said...

eh enggak deh, sudah bertambah menjadi 10 SiteLinks

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah-wah selamat ya mas raja bahwa blog DavidRaja.com sudah mendapatkan sitelinks 10. Kurang 1 sitelinks lagi, pasti dapat bonus piring mas hehe :D

afada said...

mau tanya donk, kok di tata tertib komentar ada kata gini
"Gunakan kata "Saya" jangan gunakan kata "Aku"
itu kenapa yahhh
hehehehehehe pengen tau aja gituuuuuuuuuuuuuuu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mau tau aja atau mau tau banget? hehehe :D

Soalnya kata "aku" nggak enak dibaca mas. Jadi kalau ada kata "aku" di dalam komentar pengunjung, pasti tak hapus :)

Mizz Aiza said...

setakat ini blog saya tidak pernah mendapat google sitelinks.. beruntung kepada blogger yang mempunyai banyak google sitelinks..

Anonymous said...

sampai saat ini belum dapet juga sitelinknya hehe...
Sabar.... sabar....

Unknown said...

Blog yang udah punya sitelink jadi kaya web profesional ya mbak..karena disitu udah disediakan penelusuran yang mengarah ke semua artikel yg kita posting

Reusam Endatu said...

Makin maju saya ne blog mbak ririn
dtunggu postingan yang lebih menarik lagi mbak
saya belajar banyak dari blog-nya mbak
hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, mungkin anda bisa memperbanyak link internal mizz di dalam postingan blog. Sehingga antara posting yang satu dengan posting yang lama bisa saling berkaitan, sehingga pada akhirnya blog anda akan mendapatkan sitelinks :)

Mas Anthonie, iya mungkin harus bersabar kali ya mas hehe :)

Mas Virlyz, wah betul itu mas, seratus untuk mas virlyz hehe :)

Mas Reusam, iya kita sama-sama belajar mas, soalnya saya juga masih pemula kok :)

Rizkyzone.com said...

Alhamdulillah blog saya juga sudah dapat sitelink mb', cuma saya coba mau pamhkas tampilan sitelinknya ikutin cara mb' ririn kok tetap banyak yah mb' seperti gambar di atas

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah sitelinks blog saya juga kadang ada banyak dan kadang ada sedikit mas. Nggak pasti berjumlah 6 terus hehe :D

Anonymous said...

Oh begitu yah mbak ririn :'( ya sudah tidak apa apa :'( , izin membaca cara mendapatkan sitelink dulu ya :')

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan mas lutfi :)

Anonymous said...

manfaatnya apa kk?
maklum masih newbie

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kan di dalam artikel sudah ada manfaat nya mas :)

Anonymous said...

agak membingungkan mbak, hehe maklumsaya nubi :)

Unknown said...

Bak saya mau tanya.. bak ini nulis blognya pakai html,php dll apa gak??

kaNg WAWAN said...

apakah sitelink bisa difokuskan untuk web,, atau untuk apa ya mba ririn...

dan apakah sitelink bisa membantu web kita supaya bisa masuk ke halaman pertama google search..

hatur nuhun
salam hormat
http://kangwawanonline.com

Japan Kita said...

patut dicoba terima kasih infonya,

https://padang23.blogspot.com/

Post a Comment