Cara Agar Blog Banyak Komentar

Cara Agar Blog Banyak Komentar Banyaknya komentar yang masuk di blog kita mengindikasikan bahwa sudah ada banyak pemirsa blog yang sudah mengunjungi blog kita, meski tidak semua komentator membaca artikel secara keseluruhan. Namun, ada kepuasan tersendiri jika setiap artikel yang kita publish tersebut mendapat respon dari para pengunjung.

Apakah ada webmaster yang tidak suka dengan banyaknya komentar di blog mereka? tentu saja ada, bahkan banyak. Ini terutama terjadi bagi blog/web yang sudah besar dan mempunyai trafik yang tinggi. Mereka malas kalau blog nya banyak komentar, katanya hanya menghabiskan waktu saja untuk menjawabnya, sehingga sering kali komentar yang masuk itu tidak direspon oleh mereka. Jangan kan mau berkunjung balik, menjawab komentarpun mereka tidak mau. Sangat aneh memang, tapi realitanya seperti itu.
Cara Agar Blog Banyak Komentar
Padahal, sebenarnya ada banyak manfaat yang akan kita peroleh jika blog kita memperoleh banyak komentar. Antara lain adalah (i) kita bisa sharing pengalaman tentang topik artikel yang dibahas, (ii) kita bisa memperoleh ilmu baru dari komentator kita, (iii) kita menjadi tahu bahwa artikel kita ada yang salah, sehingga perlu diperbaiki, (iv) ada kepuasan tersendiri karena tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain, (v) komentar yang ditulis dapat menyumbang keyword di mesin pencari sehingga artikel kita mudah terindeks oleh mesin pencari, dan masih banyak lagi manfaatnya (Baca: Mengapa Komentar Blog itu Penting?).

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara supaya web mendapatkan ribuan komentar dari pengunjung. Tips ini ditujukan untuk anda (terutama blogger pemula) yang suka dan ingin memperoleh banyak komentar di blog anda. Bukan untuk anda yang blog nya sudah besar dan enggan memperoleh banyak komentar. Berikut adalah uraiannya.

Cara Agar Blog Banyak Komentar

1. Perbanyak teman
Langkah awal untuk memudahkan anda untuk berkomentar di blog orang lain adalah dengan cara memperbanyak teman. Anda bisa memfollow blog orang lain dan kemudian meminta orang tersebut untuk memfollow blog anda. Kalau orang tersebut tidak mau memfollow balik, lebih baik unfollow saja!!. Ketika anda memfollow blog seseorang, berarti anda sudah bersedia berlanggan update artikel blog orang lain tersebut. Oleh karena itu, hendaknya saling follow, sehingga anda dan dia bisa saling tahu update artikelnya (Baca: Manfaat Blogger Follower).

Setelah anda saling follow, maka hal itu akan memudahkan anda dan orang lain untuk bisa menemukan blog anda dan memberikan komentar satu sama lain. Jangan lupa untuk selalu membiasakan diri apabila ada komentar yang masuk, anda langsung menjawabnya dan langsung berkomentar balik. Ini sebagai bentuk apresiasi bagi sang komentator, sehingga mereka tidak kecewa dan kapok ketika berkomentar di blog anda

2. Blogwalking
(i) Selektif dalam memilih blog untuk diberi komentar anda
Anda diharapkan selektif dalam memilih blog untuk diberi komentar anda, dalam artian anda harus pandai-pandai memilih admin blog mana yang bersedia berkomentar balik. Sehingga komentar anda tidak sia-sia. Dan waktu anda tidak terbuang secara percuma.

(ii) Selektif dalam mem-follow blog seseorang
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa hendaknya anda bisa memilah dan memilih admin blog mana yang mau saling follow. Sehingga dengan begitu, memudahkan anda dan dia untuk saling tahu blog nya. Selain itu, juga memudahkan untuk saling memberi komentar.

(iii) Jangan pelit-pelit saat berkomentar di blog orang lain
Saat anda berkomentar di blog orang lain, hendaknya komentar anda relevan dengan topik artikel yang dibahas, dan jangan pelit-pelit dalam memberikan komentar. Lebih banyak yang anda tulis dalam komentar, itu lebih bagus (Baca: Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog). Admin blog akan merasa senang dengan komentar anda. Selain itu, ternyata cara ini akan memancing komentator lain untuk berkunjung dan berkomentar di blog kita, karena komentar kita tersebut sangat berbobot.

(iv) Hilangkan niat untuk mencari backlink
Anda diharapkan untuk selalu berkomentar dengan menggunakan nama profil anda. Hilangkan niat anda untuk memperoleh backlink, apalagi berkomentar spam. Sungguh hal itu sangat tidak dianjurkan, karena hanya akan menurunkan reputasi anda di mata pemilik blog dan juga orang lain.

3. Respon semua komentar yang masuk di blog anda
Komentar yang masuk di blog kita, sebaiknya dijawab semua. Entah itu komentar "pertamax", komentar berbobot, bahkan komentar spam sekalipun. Komentator akan merasa dihormati dan dihargai bila ternyata komentar nya memperoleh jawaban dari anda. Sehingga bukan tidak mungkin dalam komentar tersebut terjadi diskusi dan sharing yang sangat menarik.

4. Setting form komentar blog anda tanpa moderisasi dan tanpa captcha
Untuk memudahkan para komentator di blog kita, hendaknya kita mengatur opsi komentar. Yakni dengan cara menonaktifkan sistem moderisasi dan sistem captcha. Komentator akan merasa senang jika komentarnya bisa langsung muncul. Mereka juga akan senang jika mereka bisa berkomentar dengan mudah tanpa ada captcha.

Hal yang perlu anda perhatikan
Orang berkomentar itu belum tentu membaca artikel terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya, orang membaca artikel itu belum tentu memberikan komentar

Apabila anda ingin memperoleh banyak komentar, berkomentarlah di blog orang lain

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Agar Blog Banyak Komentar. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari). Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

88 komentar:

Asep Haryono said...

Hal yang sampai saat ini masih merupakan "dosa" buat saya adalah tidak sempat melakukan kunjungan dinas ala blogger alias "blogwalking". Saya malah punya teori jadul kira kira begini ": JUMLAH KOMENTAR = Jumlah blog yang sudah kita kunjungi dan beri komentar terlebih dahulu. Namun teori ini masih bias dan masih perlu dididskusikan kembali

Meutrap said...

hampir dari cara di atas sudah saya pratekkan kak,
dan Alhamdulillah orang yang berkomentar di blog saya sudah mulai ramai ,
terima kasih artikelnya kak.

Anonymous said...

nah itu dia yang perlu di perhatikan, biar rame komentar yah mbak blognya.. seringkali saya mengabaikan tips2 di atas karena biasanya pertanyaan berbobot yang saya utamakan :) hehe terimakasih mbak udah ngingetin..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Asep, semacam hutang begitu ya pak asep kalau kita belum/tidak membalas komentar hehe :) Menarik juga teori anda tersebut. Tapi menurut saya teori tersebut tidak benar. Karena komentator di blog saya tidak hanya berasal dari teman saja, melainkan dari search engine juga. Mungkin teori tersebut hanya berlaku pada blog berniche curhat saja pak :)

Mas Meutrap, bagus kalau begitu mas. Kalau blog nya rame kan jadi semangat ngeblog nya :)

Mas Andes, kadang juga males juga mas kalau untuk menjawab komentar "pertamaz" atau hanya basa-basi saja. Tapi bagaimanapun juga kita perlu memberikan apresiasi kepada mereka (komentator) dengan cara menjawab komentar mereka karena telah mengunjungi blog kita, memberikan komentar, dan juga telah meluangkan waktu.

JIM said...

tips bagus...
tapi itu utk yg banyak waktu...
kalo yg sibuk mah beda lagi ceritanya...

Unknown said...

Kalau yang lagi sibuk coba pakai cara ini :

- Buat Blog nya Do Follow
- Tunjukan kalau blog benar-benar Do Folow
- Aktifkan Komentar melalui Name/URL
- Daftarkan blog ke Komunitas Blog Do Follow
- Tunggu kurang lebih 5 Bulan, saya yakin banyak komentar di blog anda hingga ratusan komentar Spam dari penjual Obat Online.. :D hehehhe

saya gk terlalu mementingkan banyaknya jumlah komentar, walaupun jumlah komentar sedikit tapi bermanfaat, itu yang saya harapkan :D, dari pada Ribuan komentar tapi Spam semua

Anonymous said...

Akhirnya artikel yang saya Tunggu-tunggu muncul juga
Nih Mbak Rin..? Kapan yah visitor saya kaya blog nya
Mbak Rin ini..? blog nya enakan teduh adem ayem
Cantik lagi, pokok na Fresh semua deh..
Izin nyimak dan belajar nih Mbak, kalai aja ketularan ..traffick hhh

Hariyanto Wijoyo said...

blogwalking, itu salah satu yang saya lakukan, selain memperbanyak kawan,,,juga buat mempopulerkan artikel blog-ku.....salam :-)

Unknown said...

iya mba bener banget.. Tapi bagi saya ga terlalu pengen banyakin komentar mba.. Tapi syukur2 sih klo ada yang komentar, bagi saya Yang penting itu jumlah pengunjung di blog kita mba.. Makasih infonya..

Unknown said...

Dalam memberikan komentar yang berbobot itu yang terkadang sangat sulit, kita harus memahami dulu titik poin dari artikel tersebut, hingga tidak timbul komen yang terbilang basa basi saja yang hanya sekedar ngucapin nice, thks , keren, dan apalah namanya :hehe

Reusam Endatu said...

mantap mbak artikel-nya
senang banget kalau habis tulis postingan blog langsung ada orang yang berkomentar mbak

HP Yitno said...

Yang terpenting bagiku, jangan ada moderasi atau captcha. Paling sebel kalau di moderasi. Mending captcha aja lah.

Intan Sudibjo said...

blogwalking memang cara yang paling jitu dan terbukti mutakhir, :D

Mbak Iis said...

betul mabka, kalau mau banyak komentar ya komentar ke tempat blog lain..

Unknown said...

Menurut saya blogwalking adalah cara terbaik :)

Staff Administrator said...

Utk soal menunggu komen balik...memang perlu satu kesabaran ya mbak..byk hal terkadang yg bisa jd penyebabnya..
Selain dari keterbatasan waktu karna urusan dunianyata,blm lg koneksi internet yg memang kurang bersahabt..

Sy setuju dengan pointnya...dengan "Orang yg membaca artikel kita,belum tentu memberikan komentr.."

Adhy Suryadi said...

Sampai saat ini trik-trik di atas terbukti sangat jitu untuk mendatangkan komentar di postingan kita sekaligus merampingkan Alexa. Namun sekarang ini kita juga sangat perlu pengunjung yang datang dari hasil pencarian dan tentunya lebih bagus lagi kalau mereka memberikan komentarnya bukan sekedar dari hasil blogwalking saja. Dan saya sangat setuju pada poin Blogwalking option keempat. Masih banyak yang berkomentar "Nice share gan, ditunggu kumbalnya" dan banyak lagi hadeueuehh... Komentar seperti itu malah menurut saya semakin menaikan nilai bounce blog kita, karena mereka hanya singgah beberapa detik untuk nulis itu saja tanpa membaca artikelnya.

Anonymous said...

Bener Juga Mbakk Kebanyakan Blog yang Traffiknya Udah Gede Pasti Merasa Enggan Untuk Memblas Komentar Dari Pengunjung Dengan Alasan Membuang Buang Waktu saja :( Padaahalkan Merurut saya Memberi dan Membalas Komentar Itu sangatt Penting Guna Menjalin Silaturahmi Antar Blogger hehe Betul Tidak Mbakk Wahyu ?? :D

Mizz Aiza said...

saya bersetuju dengan semua cara dalam artikel ini.. respon komentar saya sudah lama tidak lakukan.. kecuali komentar yang mempunyai persoalan pasti saya akan respon..

Claresta said...

Info yg bagus buat mendatangkan komentar mbak,,, tapi tiap admin berbeda prinsip dalam menyikapi komentar di blog. Tentunya berdasarkan pengalamannya masing2...

Kalau saya jika sedang tertarik dgn suatu artikel di blog milik siapapun, maka saya akan berkomentar tanpa pandang bulu dan tdk mengharap kunjungan balik. Komentar di blog milik siapapun bagi saya tdk sia-sia karena itu adalah apresiasi saya untuk artikel tersebut.

Setiap ada komentar di blog saya pasti saya tanggapi, tapi jika tdk sesuai dgn kebijakan saya pasti langsung saya hapus tanpa basa basi.

Kunjungan balik saya lakukan jika sempat dan sekiranya perlu, tapi jika tdk sempat ya kapan2 saja kalau uda sempat. Jika tdk perlu ya tdk saya kunjungi balik.


Saya tidak menjadikan kolom komentar sebagai kewajiban yg memaksa, melainkan sukarela yg timbul dari keikhlasan hati saya dan juga keikhlasan hati teman yg berkomentar.

Jumlah komentar bagi saya tdk menjadi masalah, yg penting persahabatan dgn sesama blogger tetap terpelihara meskipun tdk harus menunjukkan dengan cara berkomentar.

Semakin banyak komentar suatu blog akan lebih baik daripada blog yg komentarnya sedikit, asalkan komentar tersebut datang secara alami atau datang dari search engine. Dan juga bukan blog dofollow. Karena itu adalah pertanda bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca, sehingga mereka berterima kasih atau bertanya di kolom komentar.

Makasih nice sharingnya mbak Eka... salam sahabat dan salam sukses!

binkbenk said...

paling top blogwalking kayaknya ya..
tips yang mantep

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas JIM, mungkin semacam kondisional ya mas, dalam artian kita bisa menyesuaikan situasi dan kondisi kita masing-masing :)

Mas Daniel, Thanks mas sudah berpartisipasi merespon komentar Mas JIM. Setiap orang pasti mempunyai minat yang berbeda mas. Ada yang suka blog nya banyak komentar, dan ada juga yang tidak. It's no problem :)

Mas Karis, hehehe ada-ada aja nich Mas Karis. Thanks atas kunjungannya ya :)

Pak Har, pengalaman yang sangat menarik pak :)

Mas Warim, semakin banyak jumlah pengunjung, semakin bagus ya mas :)

Mas Arie, iya betul itu mas. Cukup sulit untuk memberikan komentar yang relevan dengan topik artikel yang dibahas. Butuh waktu yang lama untuk memahami substansi artikel supaya komentar kita tidak melenceng jauh. Tapi ya itu tadi, komentator sering kali tidak membaca artikel terlebih dahulu. Biasanya yang dibaca hanya judulnya saja hehe :)

Mas Reusam, iya mas, ada kepuasan tersendiri jika artikel yang kita tulis memperoleh komentar dari pembaca :)

Mas Yitno, ya begitulah mas fenomena blogger di tanah air Indonesia. Ada yang terlalu over protektif dan ada yang demokrasi. Ya, kita kembalikan lagi kepada si pemilik blog. Karena hak dan wewenang kan yang memegang adalah pemilik blog. Kita hanya bisa memberikan saran saja ya mas :)

Mas Intan, betul itu mas :)

Mbak lis, statement yang bagus mbak. Memang seperti itu kalau blog/web kita ingin mendapatkan banyak komentar :)

Mas Rahmat, sippp sepakat saya :)

Mas Budi, iya mas. Butuh adanya kesabaran untuk memperoleh komentar balik karena kita tidak kondisi mereka yang kita beri komentar. Mungkin ada alasan teknis yang tidak bisa dijelaskan. Thanks ya mas bud :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Kompi, memang benar mas bahwa komentar pendek cukup meresahkan dunia blogging. Tapi apa boleh buat karena memang karakteristik setiap komentator tidak sama. Ada yang hanya komentar nice info, dan ada juga yang komentar berbobot. Semua itu saya kira sangat wajar, karena pengalaman setiap orang tidak sama. Selain itu juga usia para blogger berbeda, dalam artian ada yang masih remaja dan ada juga yang sudah dewasa. Menurut saya dinikmati saja mas hehe :)

Mas Ainul, betul mas, dan saya sendiri juga malas untuk berkomentar di blog besar karena hanya membuang-buang waktu saya saja. Lebih baik waktu saya untuk menulis artikel dan juga blogwalking di blog sahabat. Sepertinya mas ainul sedang curhat nich wkwkwkwk :) Thanks ya atas kunjungannya :)

Mizz Aiza, saya sudah tahu kok mizz. Karena anda mempunyai keterbatasan waktu untuk merespon komentar di blog anda. Ya kan? heheehe Thanks ya sudah singgah kemari :)

Mbak Indri, tepat seperti yang anda sampaikan mbak. Setiap orang mempunyai prinsip yang berbeda. Termasuk prinsip anda juga dalam menyikapi fenomena komentar blogger. Saya kira tidak jadi masalah karena motivasi ngeblog kan juga berbeda-beda. So, Enjoy saja lagi ^_+

Mas Bink, thanks ya mas :)

blogger said...

beda orang beda sifat dan tata kramanya :D itulah yang menurut saya menjadi asik. mungkin bagi yg mencari uang lwt blog akan memberi komentar yg mantap + berbobot. tp kalau yg ngeblog hanya untuk senang" (seperti saya) mungkin komentarnya akan sedikit OOT (out of topic) karena disini kita mencari kesenanga (biar bisa ketawa).
jadi mnurut saya komen apapun itu hak pengunjung, dngan mmbalas mereka pasti mereka akn merasa senang dn akan sering menunjungi blog anda.
ingat tidak semua orang mencari informasi yang anda beri. banyak orang yang hanya ingin bersenang - senang dan mncari teman ngobrol.

( disurruh admin komen jangan pelit wkakakaka..)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya idem aja dech sama Master Hekos. Petuah nya sangat mantep wkwkwk :)

Unknown said...

Tipsnya memang Mantep nih Master
terima ksih master atas infonya & juga atas kunjungan di blog saya

afada said...

saya sudah banyak baca mengenai tips semacam ini, tapi tetap saya tidak mendapatkan komentator yang banyak seperti di blog mbk ririn ini :( salut deh buat mbk ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Faisal, hehehe ada-ada aja nich Master Faisal. Thanks ya mas atas kunjungannya :)

Mas Raja, mungkin jumlah follower Website David Raja masih sedikit mas. Jadi perlu ditingkatkan lagi jumlah follower nya untuk memudahkan saling berkomentar satu sama lain :)

Anonymous said...

Itu dia mbak jalan-jalan blogwalking agar komentar di blog banyak.

Mas Marnes said...

Setelah saya membaca artikel di atas lalu merenung selama 3 hari 3 malam 3 jam lewat 3 menit, apa yg diuraikan mbak eka ternyata banyak benernya, hal ini juga yg saya alami. Jadi kalo kita rajin blogwalking dan berkomentar pada blog orang lain Insya Allah mereka juga akan melakukan hal yg sama, kembali mengunjungi dan berkomentar di blog kita, walaupun ga semua orang melakukan seperti apa yg kita lakukan. Tapi paling kaga pasti lah ada dari sekian banyaknya sahabat blogger yg bersedia membalasnya.

Selain blogwalking juga ada baiknya kita banyak bergabung dengan komunitas2 blogger yg bertebaran di dunia maya, kalo saya gabung di beberapa group FB, biasanya di group tersebut suka banyak yg saling follow dan saling komentar, walaupun kadang ada juga sebagian kecil orang di grup tersebut yg ga fair, misalnya kita dah follow dan berkomentar diblognya orang tsb tapi dia sendiri ga membalasnya...cuma kalo saya sekarang mengambil ksesimpulan bahwa semua kembali ke pribadi kita masing2...Kalo kita dah melakukan seperti yg diuraikan di atas, Insya Allah pasti lah ada sebagian yg memberikan feedback ke blog kita...yg penting kita dah berusaha....

Unknown said...

setuju deh kadang ada yang cuma pengen berkunjung balik aja

Kang Ucup said...

buat blogger pemula seperti saya, mendapatkan banyak komentar bisa menambah semangat untuk tetap eksis dalam mengelola blog. tapi kadang saya berkomentar karena menginginkan jawaban atas pertanyaan saya. kalau adminnya mau berkunjung dan mau meninggalkan komentar saya senang sekali :D

Kang Ucup said...
This comment has been removed by the author.
blogger said...

petuah kaya dukun aja (dies)

mbak saya sudah posting tu cara membuat tv streamingnya mudah - mudahan gak error ( kaya admin hekos-soft.blogspot.com) wkakakaka...

Masnady said...

kalau menurut saya sih ya BW mbak yang bisa memperbanyak komentar, karena komentar di tinggalkan oleh sesama blogger saja..

kalau nonblogger yang kebetulan nyasar di blog kita, ya cuma lihat2 aja tanpa meninggalkan komentar, setelah selesai yang dia cari langsung kabur..

kalau sesama blogger pasti meninggalkan komentar mbak.. hehehehe

Djangkaru Bumi said...

berkomentar hanya disuruh follow blog dia tapi dianya tak mau follow kan bikin neg juga, ada lo yang begitu. Ada juga yang koment hanya meninggalkan link hidup sampai 7 link dlm satu komentar. Pusing aku dibuatnya.

MitraBibit.com said...

Mau nambahin masukan::
kadang komen juga bisa buat hiburan... karena sering jg saya baca komentar2 yg bikin ngakak... :D

Reusam Endatu said...

Sepi blog tanpa ada komentar
setelah tadi membaca artikel
sekarang pengen lihat2 komentar di blog mbak
siapa tau dapat ilmu baru ntar

maslasno said...

Masih mencoba blogwalking yang baik
Salam

Anonymous said...

wah saya harus banyak belajar nih sama mbak Wahyu, akhir-akhir ini saya keteteran banget,maklum sibuk banget jadi membalas yang bener-bener penting , makasih mbak udah mengingatkan hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Info, sepakat sama mas info :)

Mas Marnes, blogwalking hanya sebagai salah satu usaha saja mas untuk memperoleh komentar balik di blog kita. Syukur-syukur mereka mau berkomentar di blog kita. Kalau nggak mau juga nggak apa-apa. Jadi mungkin itu komentar kita yang terakhir di blog tersebut hehehe :D Owh ternyata di Facebook juga ada semacam komunitas juga ya, hehehe saya malah baru tahu mas. Ya itu tadi, memang sulit untuk berhubungan sosial ya mas. Karena setiap orang sifatnya beda-beda. Jadi yang penting sudah berusaha secara maksimal ya mas :) Thanks ya Mas Marnes atas sharing pengalamannya :)

Mbak Vina, iya mbak. Biasanya orang yang model seperti itu, itu pelit kalau ngasih komentar hehehe :)

Mbak/Mas Risma, mudah-mudahan galau nya cepat hilang ya :)

Kang Ucup, pengalaman yang sangat menarik kang, sekaligus curhat hehe :D Saya sendiri juga suka kalau ada komentar di blog saya. Jadi ada teman yang bisa diajak ngobrol ^_+

Mas Hekos, wah terimakasih banyak ya mas sudah mau posting tutorial streaming tv. Segera meluncur ke blog hekos soft ^_+

Mas Nady, iya betul itu mas. Biasaya yang suka meninggalkan komentar itu sama-sama blogger. Komentar yang diberikan dari teman blogger dengan yang datang dari search engine itu lebih banyak yang dari teman. Malahan komentar dari search engine itu sering kali membuat galau, karena banyak yang menyisipkan link aktif. Hmmm :)

Pak Djangkaru, pengalaman yang cukup menggelitik pak hehehe :D Ya itulah fenomena blogging di tanah air Indonesia hehehe :) Mending dibuat nyantai saja pak. Nanti lama-lama orang tersebut juga bosan sendiri hehehe :)

Mas Bibit, iya betul itu mas. Banyak komentar yang lucu-lucu dari pemirsa blog yang bisa menghibur kita. Jadi kita nggak bosen kalau berkomentar di blog tersebut :)

Mas Reusam, silahkan :)

Mas Lasno, good luck ya :)

Mas Anthonie, sulit ya mas kalau kita sibuk di dunia offline. Jadi kita harus bisa mengorganisasi waktu sebaik mungkin untuk ngeblog. Merespon komentar-komentar yang penting-penting saja saya kira sudah bagus kok mas, daripada yang nggak sama sekali :)

Anonymous said...

Oooh begitu ya master.. baru tahu saya, kirain blog biar banyak komentar, setiap kita berkomentar menulis catatan " ditunggu kunjungan baliknya gan" hehehe.. ternyata begitu.. tapi kebanyakan komentar bingung balasnya Master... terimakasih sudah berbagi ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau itu terlalu katrok master kalau minta kunjungan balik ditulis juga di kotak komentar wkwkwk :D

Iya juga sih benar kata Master Mang, terlalu banyak komentar juga bingung cara balas nya hehe :) Mungkin jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit kali master hehe Yang sedang-sedang saja hehe :)

Anonymous said...

Waduhh...kayak nya kotak komentar ini harus pasang tombol Replay neh, biar enak jawab komentar yang masuk... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih atas saran nya Mas Siba. Kemarin saya sudah mencoba untuk Pasang Thread Comment (tombol reply di kotak komentar) diblog ini. Tapi nggak berfungsi. Akhirnya saya kembalikan lagi ke kotak komentar biasa. Ya, memang agak sedikit menyulitkan sih. Tapi nggak apa-apa kok karena memang sudah terbiasa seperti ini :)

Unknown said...

iya kemarin sudah saya coba membalas komentar temen-temen, wah cape juga yah hehe...

Update Campuran said...

sebenarnya itu cara yang mudah ya mbak, tapi waktu mengejar kita :(

Nurul Imam said...

Dulu saya cuma berkomentar ama blog yang berniche sama sekalian cari backlink dan visitor, tapi sekarang semua niche di komentarin biar punya banyak temen dan silaturrahim antar blogger

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya lumayan capek mas hehee :D Ya dinikmatin saja untuk hiburan. Kan ngeblog untuk fun, bukan untuk beban tugas hehe :D

Mas Update, ya lumayan mudah mas. Memang dari segi waktu yang cukup lama. Oleh karena itu kita harus bisa pandai-pandai ketika mengorganisasi waktu kita :)

Mas Nurul, memperbanyak teman dan silaturohim dengan cara saling berkomentar satu sama lain itu adalah sebuah keharusan di dunia blogging. Sudah tidak jamannya lagi saat ini untuk mencari backlink hehe :D

Unknown said...

iya yah mbak Ririrn kita harus nikmatin, soalnya kemaren saya coba membalas komentar temen yang belum terbalas selama beberapa hari, tapi sekarang sudah normal dan terkendali mbak hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya donk hehehe :D Kalau ngeblog dijadikan tugas ya terasa berat mas hehehe :D

Unknown said...

oooh... jadi begini ya :)
Blog mbak ririn udah aq follow.. :)
jika mbaknya gak keberatan, tlong di follback ya
http://fahrurrozi18.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Anonymous said...

waw Komennya banyak banget Mbaaa,.. Ajari Newbi ini dong

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar mas. Saya juga masih pemula kok :)

Unknown said...

nice info,,,
dinantikan kunjungan balik ya,,,machmudanlubis.blogspot.com

eko said...

sip...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Lubis, thanks ya sudah singgah kemari :)

Mas Eko, makasih atas apresiasinya :)

Alfy Maghfira said...

saya senang dengan authornya, super aktif menjawab komentar :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak ya sist atas apresiasinya :)

Unknown said...

wah mantap" euy si teteh yg 1 ini info nya ...
makasih banget info nya sangat bermanfaat buat para blogger newbie seperti saya ini...
jangan lupa nyimpang ke sini ya teteh -> felixsindorei.blogspot.com
kalo banyak yg kurang tolong pencerahan nya teteh :D
terima kasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas. Kita sama-sama belajar ya karena saya juga masih pemula banget di dunia blogging. Jadi mungkin apa yang saya tulis tidak sepenuhnya benar dan masih membutuhkan adanya koreksi. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Netizen said...

Ternyata harus berkomentar di blog lain ya mbak agar blog saya banyak komentarnya. oke deh, akan saya laksanakan tipsnya mulai sekarang. tapi saya sering sibuk kerja juga, jadi tekadang mungkin gak bisa berkomentar sana sini selama beberapa hari.
terima kasih ilmunya mbak ):

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pada prinsipnya kita hanya manusia biasa yang selalu mengharapkan timbal balik. Jadi apabila blog kita ingin banyak komentar, kita harus banyak-banyak berkomentar di blog orang lain.

Apabila anda sibuk di dunia offline. Anda bisa menyiasatinya. Yakni dengan cara setelah selesai menerbitkan artikel di blog, dilanjutkan dengan berkomentar di blog sahabat blogger. Nanti pasti jumlah komentar di blog anda akan meningkat menjadi banyak :)

Netizen said...

Pantesan blog ini banyak sekali komentarnya karena mbak wahyu ramah dengan blogger lain dan rajin bersilaturahmi ke blog teman. Terima kasih penjelasannya mbak, saya akan belajar seperti itu :P

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas sama-sama ya. Thanks sudah singgah di blog saya :)

Iampsh said...

Nice post bro, kunjungannya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok terimakasih banyak mas padli atas kunjungannya ya :)

Moeclazh Favian said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Revrine said...

sering saya blogwalking ksalian komentar minta oetunjuk untuk blog saya, tapi sering kali pula diabaikan, .. :( ..

ingin sekali membangun relasi blogwalking, jadi bisa saling support, biar kedepannya bisa jauh lebih baik,.. .

seringkali pengunjung hanya numpang lewat (dikira warung kopi kali ya :D)

boleh dong kita saling follow mbak, :) ,..saling support (komentar). ..

kunjungi juga ya blog q, .. .. (beri komentar yang membangun utk blog q)

biar cetar sperti blognya mbak ririn ne, ..:D :D :D

thankz mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan follow blog saya terlebih dahulu. Nanti akan saya follow back :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

cara follow gmana mbak? follow sma share sama ga..baru ni mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Follow maknanya mengikuti, sedangkan share maknanya membagikan. Dua kata tersebut berbeda mas nizal :)

Unknown said...

mantap ..


visit back yea
http://deanara16.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih mas danang sudah singgah di blog saya :)

fiu s said...

hehehe, bener banget gan, sy aj kadang komentar dulu bru baca atau kadang sebaliknya. intinya semua fitur biar memanjakan pengujung betah .... :) http://choppie88.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah pengalaman yang menarik mas hehe :D
Setiap individu dalam hal ini seorang blogger masing-masing mempunyai keunikan dan karakteristik sendiri-sendiri, termasuk blog nya juga :)

Unknown said...

kadang membuat blog baru butuh kesabaran, ditunggu kunjungan baliknya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas harus sabar dan bekerja keras agar blog kita bisa ramai pengunjung dan banyak komentar :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
You Know Me said...

saya lebih suka untuk memfollow blog lain mba ririn namun saya juga tak lupa jika berkunjung ke blog orang lain untuk berkomentar, tidak terpikir blog tersebut follback atau tidak, yang pasti mah saya senang saja untuk memperbanyak teman di sosial media seperti blog ini,.. hehehe.. *curhat ^^

informasi yang sangat bermanfaat mba.. ^^

Unknown said...

wah sangat bermanfaat,

✽fauzi Rahman✽ said...

kunjungi juga y blog aku kita satukan blogger nusantara

Unknown said...

Terima Kasih Tipsnya semoga manfaat..,,,http://geraiplakat.blogspot.com/ http://plakatpatung.blogspot.com/ http://gudangplakat.blogspot.com/

Unknown said...

nice posttt

Bawang said...

makasi infonya
blog saya masih sepi aja ni, jadi bingung apa penyebabnya, dari sekian post, cuma 1 atau 2 orang saja yang coment
bisa minta saran?

Post a Comment