Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste

Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste Apakah anda pernah mendengar tentang Auto Blog Copy Paste? Adalah blog yang di dalamnya terdapat konten hasil copy paste dari blog orang lain yang di buat secara otomatis. Blog tersebut biasanya dibuat oleh oknum blogger yang malas menulis dan ingin memperoleh keuntungan sepihak dengan mengorbankan pihak sumber aslinya. Ini merupakan pelanggaran berat karena sangat merugikan orang lain. Biasanya blog yang menjadi korban adalah blog yang trafiknya tinggi dan sudah mempunyai ranking yang bagus di Alexa Rank dan Google Pagerank.

Anda tentu akan sangat keberatan jika ternyata tulisan anda (yang dibuat dengan susah payah) itu di copy paste oleh orang lain dan di publikasikan di blog mereka secara otomatis. Bisa dikatakan anda adalah seorang penulis gratisan untuk orang lain.

Jika hal itu tidak ingin terjadi pada blog anda, anda bisa mencegahnya. Minimal sebagai tameng, supaya blog anda tidak menjadi sasaran empuk dari oknum blogger tersebut. Yakni dengan cara memendekkan/menyingkat feed/umpan yang di copy paste oleh mereka. Sehingga yang tadinya auto blog tersebut meng-copy paste 100% artikel anda, dengan menggunakan cara ini, maka mereka hanya bisa menayangkan satu paragraf saja di blog mereka.

Berikut saya jelaskan tata cara mengatasi dan menanggulangi auto blog copy paste. Silahkan disimak baik-baik ya, agar anda tidak keliru dalam mempraktekkannya.

Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste

1. Silahkan log in ke Blogger anda dengan menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing

2. Selanjutnya silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Setelan/Setting > pilih sub menu Lainnya/Other
Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste
3. Pada sub menu other tersebut, silahkan Atur Umpan Situs
Cara Mengatasi dan Menghapus Auto Blog Copas
Keterangan:
Nomor 1 pilih khsus
Nomor 2 pilih singkat
Nomor 3 pilih penuh
Nomor 4 pilih penuh

Setelah itu, silahkan klik tombol Simpan Setelan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste. Semoga dapat membantu anda yang sedang galau karena blog anda menjadi korban auto blog copy paste. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

68 komentar:

dunia maya said...

makasih ilmunya sist

Anonymous said...

halo master saya korban auto blog copy paste nih, saya juga sudah pernah menggunakan cara yang diatas yaitu dengan memendekkan feed, tapi kok tiba-tiba visitor dan page view nya menurun drastis ya?? kira-kira ada hubungan nya gak master memperpendek feed dengan perayapan di google??
Makasih.

Kang Ucup said...

langsung saya pake mbak tips di atas
terima kasih :)

Unknown said...

Sangat bermanfaat mbk tipsnya....

Unknown said...

Hanya sedikit menambah penjelasan dari tips diatas.
Tips yang disampaikan di atas memang benar adanya, dengan mempersingkat umpan feed kita dapat mencegak auto blog copy paste, nemun terlepas dari semua itu tentu ada nilai plus minus nya juga, dengan mempersingkat feed pada umpan blog kita, halini akan membuat trafik blog kita menurun, itu semua dikarenakan terjadinya pembatasan perayapan pada mesin-mesin search, terlepas darisemua itu keputusan mutlak di tangan anda, untuk sis admin terikasih atas info mencegah auto blog copy paste nya, semoga bermanfaat bagi sobat blogger semua

Anonymous said...

Makasiii Mbakk Tipsnya sangatt Bermanfattt Saya Izin Coba Yahhh Mbakk :D

Unknown said...

Kalau menggunakan cara ini sebaiknya jangan menggunakn widget berlanggan melalui email, karena kasian pengunjung yang berlanggan cuma dapat paragraf utamanya aja..

dari komentar nya mas arie itu ada benarnya jg

Anonymous said...

yang lebih ngeselin kalo situs pelaku malah muncul di page one dengan deskripsi awal paragraf konten namun kalo di klik halamannya eror cuma muncul kode template dasar yang buat plagiat doang. pingin nyubit deh jadinya :)

eh malah curhat.. oke nih tipsnya mbak buat cegah si pelaku auto plagiat.

Ahmad Zaelani said...

pernah baca di blog sebelah... tapi caranya agak muter - muter gituh, ya mungkin karena saya yang kurang cerdas jadi kagak paham, tapi pas baca di blog punya mba ririn saya jadi ngerti dan ternyata mudah di praktekkan.....,
nice post, terimakasih

Anonymous said...

wah pas banget mbak...3 hari kebelakang saaya mnemukan blog WS di auto copas...tak pantengin terus deh itu blog jadinya coz bikin dongkol, pas kita bikin postingan baru nah di blog dia juga langsung muncul....bakal langsung dipraktekin ni, terima kasih

Anonymous said...

Wah bagus juga nih tipsnya untuk mengatasi copas autoblog, tapi setelah baca komen diatas ternyata ada kekurangannya juga yah kalau menggunakan cara ini, jadi ragu-ragu deh hehe...

afada said...

Blog Mbk Ririn sudah saya masukan ke dalam daftar LINK REKOMENDASI di blog Saya :D :D :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Maya, iya sama-sama jenk. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Mas Fadly Rifai, wah pengalaman yang sangat bagus master bahwa anda sudah pernah mengaplikasikan cara diatas. Memang kalau kita memendekkan feed, ada pengaruh pada search engine Google. Sehingga konsekuensinya trafik bisa juga menurun. Tapi saya kira hal itu tidak masalah. Saya kira hal itu lebih baik daripada artikel yang kita buat dengan susah payah di copy paste oleh orang lain dengan cara yang sangat merugikan.

Kang Ucup, ok kang silahkan dicoba. Thanks atas kunjungannya :)

Mas Rahmat, biasa aja donk mas wkwkwk :D

Mas Arie, wah terimakasih banyak master sudah menambahkan kekurangan atas artikel diatas. Jadi kesimpulannya itu semua tergantung dari kita apakah ingin menerapkan trik ini ataukah tidak. Karena trik ini mempunyai koneskuensi yang pada gilirannya dapat mempengaruhi angka lalu lintas blog. Namun, alangkah baik nya jika kita mencegah auto blog copy paste karena hal itu merugikan kita. :)

Mas Zgas, iya silahkan dipraktekkan mas. Semoga trik diatas bisa membantu anda supaya nggak galau :)

Mas Daniel, iya benar mas. Widget berlangganan artikel kurang begitu berfungsi jika kita menerapkan trik ini :)

Mas Andes, wah sepertinya master sudah sangat berpangalaman ya. Sukses dech buat master Andes :)

Mas Zaelani, wah terimakasih banyak mas atas apresiasinya. Hehehe :) Mudah-mudahan trik sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua :)

Mas Wewengkon, wah jangan ganas-ganas mas. Biasa aja donk hehehe :) Orang sabar, disayang tuhan lho hehehe :D

Mas Anthonie, sebelum mempraktekkan trik ini, silahkan dipikir-pikir dulu mas, supaya nggak nyesel :)

Mas Raja, wah terimakasih banyak mas sudah berkenan memasukkan url saya dengan suka rela di blog anda hehehe :D

Albab Alpachino said...

baca komen-komen diatas sepertinya dengan menggunakan tips ini beresiko ya
tapi overall terima kasih banyak tipsnya, baru tahu ada settingan beginian :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mas, memang pilihan yang cukup sulit. Tapi kita mau bagaimana lagi jika artikel yang kita buat dengan susah payah, itu di copy paste begitu saja. Oleh karena itu, trik ini bisa dijadikan solusi alternatif yang tepat untuk mencegah auto blog copy paste yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab :)

Staff Administrator said...

Wah..dapat tips bagus lagi nih dari mbak Rin..di tambahin sama pencerahan lewat komentar dari para Master di sini...ilmu banget pokoke.. :)

Anonymous said...

ternyata lewat setting feed di blogger, thanks sob :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, ah mas budi bisa aja dech :) Yang keren bukan tips nya mas, tapi yang koment-koment. Semuanya komentarnya berbobot. Terutama Mas Andes :)

Mas Intan, iya mas. Silahkan dicoba untuk Mencegah Auto Blog Copy Paste, supaya artikel anda tidak dicuri oleh orang lain. :)

blogger said...

sudah pada master.. yang newbie nyimak aja dah sambil itung kancing baju..
terapin apa kagak ya hehehehe

salam knal aja dr admin hekos-soft.blogspot.com

Asep Haryono said...

Kopi paste adalah momok sekaligus hantu bagi dunia perbloggingan. Mereka yang konon tidak sempat menulis banyak kadang melakukan tindakan demikian dengan cara mengambil karya orang lain. Kopi paste adalah hal yang biasa buat oknom blogger yang malas menulis panjang panjang. Yang lebih luar biasa lagi kalau kepergok atau ketangkap basa sama yang punya ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, saya juga masih pemula mas. Jadi masih belajar tentang hal ini :)

Pak Asep, iya betul itu pak. Mari kita berantas tindakan plagiarisme di dunia blogging. :)

JIM said...

saya juga pernah menemukan sebuah blog yg isi artikel2nya full copas dari artikel2 saya..
rasanya memang begitu menjengkelkan ketika mengetahui itu...
terima kasih nih utk infonya...
tapi btw, apa fungsi dari nomer 1, 2, 3, dan 4, kenapa harus di setting seperti itu? bisa kasih penjelasan gak?
(hehe.. maklum belum nyoba ini tips, coba dulu deh, ntar juga taw ndiri :p)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Itu maksudnya untuk menyingkat feed/umpan blog kita mas. hehehe :D

Jadi kalau umpan blog di persingkat, nanti blog auto copy paste tidak menampilkan artikel kita secara keseluruhan. Malainkan hanya akan menampilkan 1 paragraf saja. Begitu mas JIM :)

Thanks sudah berbagi cerita dan pengalaman yang sangat menarik terkait dengan copy paste artikel blog. Salam :)

Uswah said...

nah, paling sebel kalo ada blog tutorial yang mencantumkan kode2 html tapi malah pake tutorial ini, kan ga bisa dikopas, hiks.. tapi penting juga untuk artikel yang bener2 dari ide kita dan kita ngetik dengan susah payah :) suwun sudah berbagi :)

Uswah said...

ciiin, maafin akuh baru berkunjung sekarang hiks hiks hiks.. blogku eror mulu soalnya..

Uswah said...

sudah aku follow :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya dunk jenk. Masak kita susah-susah nulis artikel malah di copy paste. Kan rugi getu loch. Sudah banyak yang kita korban kan untuk menulis artikel. Misalnya waktu, tenaga, fikiran, dan bahkan finansial (koneksi internet) hehehe :D

Iya nggak apa-apa jenk. Nyante aja lagi. Ma kasih ya sudah mau follow blog saya ya :)

Anonymous said...

berhubung belog saya banyak yang copas saya cek ada 6 blog yang copas seluruh artikel saya entah itu pakai auto atau xml saya ndak tahu dan akhirnya saya pernah pakai Cara ini beberapa minggu yang lalu karena saya kasihan kalau saya laporkan ke mbah google , tapi efeksampingnya dapat menimbulkan mengantuk, dan kerusakan pada pungsi hati blog hehehehehe... maksud saya visitor berkurang, trafic blog menurun, global rank menurun, 7 hari pakai cara ini saja ranknya turun 20 ribuan, begitu yang saya alami... sekarang saya kembalikan ke umpan penuh semua.. pikir saya terserah deh mau di copas blog saya, saya iklas, karena tujuan awal saya bikin belog cuma ingin belajar menulis di internet saja.. daripada bikin setatus di fb yang isinya cuma... cemangat ea... cemangat ea... co cweet... hehehe

Anonymous said...

cara lama tapi masih efektif yah :)

MANG YONO said...

kalau ada belog yang auto coplas... yang penting di tiap artikel atau postingan sisipkan link external saja apa internal ya, saya ndak paham masalah ex dan in hehe... itu tuh link yang tertuju pada belog kita atau postingan kita... begitu yang saya lakukan akhir akhir ini karena saya baru tahu dari master.... begitu master... terimakasih atas tipsnya master

Unknown said...

Iya susah juga kayaknya perlu dipikir-pikir lagi kalau mau menggunakan cara ini yah hehe...

Sigli Cyber said...

mkasi nih buat tutornya,,
langsung dicoba

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Mang Yono, wah ternyata anda sangat baik hati sekali ya pak. Boleh donk kapan-kapan saya copy paste blog anda hehehe (bercanda pak) :D Saya kira untuk setting umpan/feed blog itu terserah si pemilik blog itu sendiri. Tidak ada larangan atau keharusan harus setting seperti trik diatas. Trik diatas diperuntukkan untuk orang-orang, termasuk saya, yang tidak suka atau merasa keberatan jika artikel di blog itu di copy paste oleh orang lain. Mengingat untuk membuat sebuah artikel tersebut sangatlah sulit dan juga cukup mengorbankan berbagai hal. Setiap orang mempunyai tujuan nge-blog yang tidak sama. Oleh karena itu, mari kita saling menghormati satu sama lain, dan mendukung tujuan tersebut. Salam Pak :)

Mas Hery, iya betul mas :)

Pak Yono lagi, tambahan yang sangat menarik pak. Dengan memasang link internal di setiap artikel juga perlu untuk kita lakukan, untuk meminimalisasi tindakan copy paste auto blog. Thanks master sudah menambahkan :)

Mas Anthonie, iya silahkan dipikir-pikir lagi mas kalau ingin mempraktekkan cara ini. :)

Mas Sigli, iya sama-sama mas. Silahkan di coba :)

Arham Alpian said...

dealing with copas... oh G... kasihan sekali penulis blog yang menyenangi kebiasaan itu.... punya kemampuan menulis tapi tidak bisa berbuat apa-apa... bisa membangun blog tapi tetap tidak bisa berbuat apa-apa.... mau jalan instant layaknya magician... ya kalau memang demikian jangan jadi penulis blog, jadi magician saja sekalian.....hmmmmm.



Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Saya sepakat dengan komentar anda hehehe :D
Kalau malas menulis, mending nggak perlu buat blog aja :)

Unknown said...

iya saya juga heran kok hobi ngeblognya nggak diapresiasikan dengan karya sendiri, malah copas secara utuh tanpa ada yang dirubah sama-sekali udah gitu tidak menyertakan linknya juga, beber-bener nggak kreatif banget dan pemalas :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

sudah dipraktekkan mbak thanks ya;..

oh ya, saya punya sedikit kendala, tulisan mbak nggak bisa di copas ya? pernah saya kesulitan meng kopi script, alhasil ngga jadi deh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, namanya juga orang mas. Pasti punya tujuan yang berbeda dalam nge-blog. Bisa jadi orang tersebut pengen cara cepat untuk mencari trafi, yang pada gilirannya mengorbankan orang lain. Disitulah jeleknya. Yakni daya kreativitas orang tersebut menjadi mandeg :) Mudah-mudahan orang tersebut bisa lekas sadar ya bahwa apa yang mereka lakukan itu tidak benar dan sangat merugikan orang lain :)

Mas Sabda, iya mas tulisan saya nggak bisa di copy paste karena sudah saya pasang script anti copas. Iya nanti akan saya perbaiki artikel yang terdapat script, biar script tersebut bisa di copy paste. Thanks mas sudah mengingatkan :)

Mizz Aiza said...

terima kasih sahring informasi ini.. saya baru ubah setting nya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya sama-sama miss. Trik diatas bertujuan untuk Mencegah Adanya Copy Paste yang di buat secara otomatis oleh blog seseorang. Apabila kita mengaplikasikan tutorial diatas, insyaAllah kita akan terhindar dari pencurian artikel :)

blogger said...

pemula kok yang koment segudang :d

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Soalnya rajin blogwalking mas. Hehehe :D
Kalau nggak pernah blogwalking ya yang koment sedikit :D

Mas Marnes said...

Terimakasih mbak Eka udah share infonya! postingannya bermanfaat banget nie...ta' coba praktekin dulu nie :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dicoba mas. Mudah-mudahan berhasil ya :)

Catatan Harian Irfan said...

Mantap gak perlu edit html nya heheheee

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kebetulan trik diatas tidak menggunakan kode HTML mas. Jadi untuk men-setting nya relatif mudah :)

Anonymous said...

membatasi feed ini yah mb', saya setuju saya juga pernah main auto blog dan ternyata blog target saya membatasinya dengan cara mensetting nggak full. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah sepertinya Mas Rizky sudah sangat berpengalaman nich :)
Jadi ingin belajar banyak nih sama Mas Rizky :)

hgunawan said...

Artikel2nya enak dibaca dan bermanfaat. Bisa dirangkum jadi buku untuk diterbitkan nich.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah kalau dibuat buku sepertinya kurang cocok mas, soalnya ada banyak sekali kode-kode HTML yang harus di copy paste. Kalau kode tersebut ditulis di buku, nanti pembaca akan kesulitan untuk mempraktekkannya :)

Unknown said...

Selamat siang mba Eka
wah untung blog ku belum jdi korban
hehehehe langsung praktek. makacih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dipraktekkan mas. Mudah-mudahan bisa mencegah auto blog copy paste :)

Meutrap said...

wah mantap ni artikelnya,
sangat membantu saya,
Alhamdulillah saya sudah berhasil mencoba dengan cara di atas.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas. Mudah-mudahan dengan mempraktekkan cara diatas, bisa meminimalisasi adanya blog auto copy paste :)

Meutrap said...

iya mbak,
Mudah-mudahan saja ,
:D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sukses buat blog nya ya :)

Anonymous said...

Siit suitt ...boleh juga artikel nya Mbak.. tapi disini
Kalau saya bahas,..kaya nya gak etis sebab memang
Apa yang di terangkan koment sebelumnya diatas,
Perihal copy paste,. sebetul nya kalau di bicarakan lebih
detail takutnya pro dan contra,. ambil simpel nya saja,
Bener apa yang di kataakan Mbak Rin,.. semua terserah kita
Tapi prinsip saya tetap niat dari awal, hanya saling berbagi.
Dengan niat tulus dan IKHLAS. Copy Paste itu sebuah
Romantika seorang Blogging,. apa lagi seperti saya yang
Belum tau apa2 tentang dunia blogging salam Mbak thx artikelnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Memang begitu lah mas fenomena blogging tanah air Indonesia. Sangat kompleks dan penuh dengan risiko. Tapi dengan melakukan trik ini, mudah-mudaha bisa meminimalisasi tindakan copy paste ya mas. :)

Unknown said...

Saya juga pernah mba pasang kaya gitu.. Tapi saya agak trauma saat ada pengunjung yang coba2 mau coppy paste artikel saya.. Pengunjung malah komentarnya ga enak banget.. Nie komentarnya masih ada mba..
http://warim.blogspot.com/2013/02/cara-merubahmengganti-bahasa-facebook.html?m=1

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ini bukan trik untuk anti copas manual mas. Tapi trik untuk mencegah Auto Blog Copy Paste yang ingin menyadap seluruh artikel terbaru di blog kita. Kalau menggunakan script anti copas, itu memang benar bahwa blog kita tidak bisa dicopy paste secara manual karena sistem block dan klik kanan sudah di non aktfikan :)

You Know Me said...

sudah saya terapkan mba, setelah saya mencobanya sendiri ternyata berhasil.. :D

terima kasih ya mba atas ilmunya yang sangat bermanfaat.. sukses selalu.. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus mas kalau begitu. Jadi sekarang blog nya aman dech ^^

prasojojoo said...

sangat membantu mbak,, trimakasihhhh :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya sama-sama mas prasojo :)

Mohammad Rifqi Sucahyo said...

Mbak, kalau misalkan blog tersebut sudah terkena serangan auto paste gitu cara nya ngebalikin trafiknya bagaimana ya.
tlong kasih tau gan..??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lumayan agak sulit mas. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Jika blog anda terkena auto blog copy paste, anda bisa mempraktekkan trik ini. Baru kemudian anda bisa meng-update secara teratur blog anda. Jangan lupa, setiap posting, harus disisipi link internal :)

Anonymous said...

saya coba dulu mbak

Unknown said...

ada yang tau nggk sebenernya cara kerja blog auto copas,
Apakah tidak bisa di antisipasi dengan anti copas, krna sy pernh coba mengcopy suatu artikel blog tapi ktk sy paste kan selalu ada link sumbernya apa ini juga salah satu anti copas atau kebenern saja link sumbernya selalu ke bwa pas di pastekan

Post a Comment