Panduan Cara Pasang Widget di Blogspot

Panduan Cara Pasang Widget di Blogspot Pengalaman menyebutkan bahwa ketika kita baru pertama kali membuat blog di blogger, kita bingung ingin menulis tentang apa? Saya kira kebingungan ini tidak hanya saya rasakan sendiri, tapi juga anda pasti mengalaminya. Kebingungan kedua adalah bagaimana sih cara memasukkan widget baru di blog? Ini sering terjadi bagi blogger pemula. Setidaknya dua hal itu merupakan pengalaman penulis ketika kali pertama terjun di dunia blogging.

Sebenarnya untuk mendesain blog tidaklah sulit, apalagi di Blogger. Hal itu dikarenakan tampilan antar muka dan menu serta pengaturan di platform Blogger telah dibuat semudah mungkin oleh Tim Blogger, agar mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna. Namun, sering kali kita kesulitan untuk memahaminya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial sederhana tentang panduan cara menambahkan widget keren di blogger. Tutorial ini dibuat untuk memberikan panduan praktis dan terstruktur secara sistematis untuk menuntun para blogger pemula agar tidak galau dalam mendesain blog nya. Berikut saya jelaskan langkah-langkahnya.

Panduan Cara Pasang Widget di Blogspot

1. Pertama-tama silahkan log in ke akun Blogger anda

2. Setelah anda masuk di Dashboard, silahkan klik nama blog anda
Panduan Cara Pasang Widget di Blogspot
3. Pada menu, silahkan pilih menu Tata Letak/Layout
Cara manambahkan Widget baru di Blogger
4. Pada Tata Letak, silahkan klik tulisan Tambahkan Gadget/Widget
Langkah-langkah menaruh Widget keren di Blog
5. Ada banyak widget yang bisa anda pasang di blog. Sebagai contoh, saya akan pasang widget Entri Populer/Artikel Paling Populer. Silahkan klik tombol Plus (+) disebelah tulisan Entri Populer
Tata Cara Memasukkan Widget unik dan menarik kedalam Blog
6. Silahkan tulis judul widget anda apakah ingin "Artikel Populer" atau mungkin "Posting Terlaris" atau yang lainnya. Setelah itu, silahkan klik tombol Simpan/Save
Cara Mudah Memasang Widget Cantik dan Cute di Blog
7. Sebenarnya sudah tersimpan otomtais terkait dengan pemasangan widget, tapi kalau anda kurang mantep, silahkan klik tombol Simpan Setelan pada Tata Letak/Layout. Dan kemudian lihat hasilnya.
Cara Bikin dan Masukin Widget di Blogger
Berikut adalah screenshoot contoh widget Entri Populer yang sudah pernah saya pasang di blog.
Widget keren dan profesional di Blog Cara Ririn
Caranya sangat mudah kan? Saya kira sudah cukup jelas. Kini anda hanya perlu untuk mempraktekkannya. Demikian informasi sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Panduan Cara Pasang Widget di Blogspot. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

50 komentar:

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

pelajaran dasar untuk nebie nih :)

APRIL said...

Mantap nih bagi kawan-kawan yang igin bergabung dalam dunia blogger :)

APRIL said...
This comment has been removed by the author.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, iya mas, untuk teman-teman kita terutama yang masih galau karena belum bisa pasang widget di blog nya :)

Mas Aprialdi, iya mas, buat para calon blogger dan atau blogger pemula yang ingin terjun di dunia blogging :)

Fadly Rifai said...

master, kalo widget recent posts ada nya disebelah mana yah? kok saya cari gak ketemu sih. thx ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Suyadi, saya nggak percaya kalau anda masih pemula wkwkwkwk :D Soalnya sudah bisa setting domain blogspot ke domain custom sih :)

Mas Fadly, mau tau aja atau mau tau banget? wkwkwkwk :D
Ah master ini pura-pura nggak tau dech. Please donk ach :D

Mizz Aiza said...

bagus sharing nya.. sangat bermanfaat..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasa aja kok mizz, nggak bagus-bagus banget. Hanya ingin menulis tentang pengalaman pribadi aja tentang Pasang Widget di Blog. Soalnya dulu saya kesulitan untuk memasang nya hehehehe :)

Unknown said...

mungkin tutorial selanjutnya akan lebih baik lagi kalau membahas tentang penempatannya, yang sesuai dimana widget itu di tempatkan.
Tapi artikel ini saya suka. hehehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih untuk Saudara Jhonas atas saran dan masukannya :)
Saya kira untuk membahas mengenai hal itu terlalu kompleks.

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa tingkat estetika dan imajinasi setiap orang tidak sama dalam kaitannya dengan mendesain blog/web. Selain itu, template blog juga beranekaragam bentuk, warna, dan ukuran. Ada yang satu kolom, dua, atau mungkin tiga kolom. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada warna merah, putih, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, penempatan sebuah widget itu sepenuhnya tergantung si owner blog tersebut. Kita tidak bisa memberikan saran apa-apa. Apakah widget itu penting atau tidak, kita tidak tahu. Apakah widget tersebut harus dipasang di bagian mana, kita juga tidak tahu baiknya dimana.

Sehingga saya tidak bisa membuat artikel seperti itu. Maaf ya :)

dunia maya said...

sangat bermanfaat tuk saya yg belum pasang ni,,,
makasih mb

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

pasang apa hayo mbak maya? hehehe :D

Anonymous said...

ini sangat berguna sekali bagi para pemula seperti saya , thanks :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pemula, tapi pemain lama ya mas. Berarti sudah master donk hehehe :D

Claresta said...

ternyata mudah sekali ya mbak,,, cara pasang widget di blogger. dulu saya tahu cara pasang widget aja nunggu berbulan2,,, hehehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mbak, lumayan mudah kalau kita sudah tahu. Tapi kalau belum tahu ya sulit hehehe :D

Unknown said...

maksudnya berbagi pengalaman saja gitu, oh ternyata kalau saya pasang widget ini disini jadi bla-bla-bla begitu hahahaha :p :p

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tepat sekali mas. Apalagi jumlah widget banyak sekali. Belum tentu widget yang ini cocok untuk dipasang di blog yang itu. Dan orang ini belum tentu juga suka dengan widget itu. Jadi, untuk membuat tips seperti itu sangat kompleks mas :)

Anonymous said...

info yang sangat berguna bagi blogger n00b seperti saya mbabero :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah master ini bisa aja dech, suka nya getu wkwkwk :D

Unknown said...

Saya juga belum lama mbk bisa tambah widget di blogspot karena saya dulu pakai wordpress :D

Staff Administrator said...

Bener mbak Rin...sy sepakat sama dua hal yg di rasakan..waktu kita pertama kali terjun di blog...
Salah satunya seperti kesulitan gimana cara memasang widget :)

blogger said...

hehehe pembelajarn buat yg newbie :D
buat yg master mna mbak :D wkwkwkwkw..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Arifin, saya kira malah lebih sulit wordpress mas dibandingkan dengan blogger. Jadi kemungkinan besar, kalau sudah bisa wordpress, pasti akan mudah mengelola blog di blogspot :)

Mas Budi, hehehe pengalaman yang sangat menarik ya mas :)

Anonymous said...

panduan ini sangat bermanfaat terntunya buat kawan-kawan yang ingin endalami dunia blongging khususnya bagi yang masih pemula. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, wah saya aja masih pemula mas. Belum berani buat tutorial blogging untuk para master hehehe :D

Mas Rizky, iya mas mudah-mudahan begitu. Thanks ya sudah mampir :)

Sigli Cyber said...

tutorialnya bgus nih buat pemula

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas mudah-mudah bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih ya atas apresiasinya :)

Kang Ucup said...

kalau saya jarang pasang widget sendiri karena biasanya sudah satu paket sama template-nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah asyik ya kang kalau sudah satu paket getu :)

MANG YONO said...

Nah ini yang saya cari, ikut di belog sudah hampir 9 bulan dan bentar lagi lahiran, saya baru tau tentang ini, tapi nanti deh saya praktekan sekarang saya lagi di perjalanan pulang kampung. Ini juga pake hp jadul.

Anonymous said...

Terimakasih master.. Hehe tadi lupa gak ngucapin

Unknown said...

jangan lupa hapus <b:include name='quickedit'/> setiap kali selesai menambah widget supaya blog kita tetap valid HTML5

Anonymous said...

iya saya pertama nyoba ngeblog sempet bingung juga caranya pasang widget, tapi sekarang udah lumayan paham jadi nggak bingung-bingung amat hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mang Yono, saya nggak percaya kalau Master Yono nggak tahu cara pasang widget wkwkwk :D P

Mas Arie,nggak paham saya mas soal HTML5 hehehe :D Pokoknya saya ucapkan terimakasih karena sudah menambahkan kekurangan dari artikel diatas :)

Mas Anthonie, hehehe berarti kita sama mas :D

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

mantap artikelnya.. Saya sudah follow blog ini.. Saya tunggu folbacknya.. http://warim.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Artikelnya bisa aja kok mas, nggak mantep-mantep banget :D
Thanks ya sudah follow. Segera follow back :D

Masnady said...

sip deh mbak master... sangat di butuhkan buat para pemula mbak.. hmm pasti rame banget nih para pemula yang membutuhkan penjelasan yang detail seperti ini mbak.. heehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkw master apaan mas? saya masih pemula kok :D
Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya mas untuk temen-temen yang masih baru di dunia blogging :)

Staff Administrator said...

Sy malahan sempet loncat2 kegirangan loh mbak..
Di waktu pertama kali berhasil masang sebuah widget di blog...

Berhasil...berhasil...hore...hehe :)

Anonymous said...

saya dulu juga gitu, inget pertama kali blogging sampe halaman blognya penuh widget :)

Nurul Imam said...

Saya lagi2 bernostalgia membaca artikel tentang blogspot, semoga aja sangat membantu buat yang masih baru didunia blogger/blogspot

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, wkwkwkwk ada-ada aja mas budi ini :D

Mas Andes, berarti sama mas, saya dulu juga begitu. Widget apa aja saya pasang di blog. Sampai loading nya berat banget :D

Mas Nurul, iya mas mudah-mudahan begitu bisa bermanfaat :)

Anonymous said...

mantap2 buat para newbie,.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mas, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua yang sedang belajar ngeblog :)

Anonymous said...

Tutorial,.. yang lengkap dan komplit Mbak..
Nyimak Mbak terima kasih atas ilmu dan
Berbaginya, di tunggu artikel selanjutnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah mas karis sukanya getu dech. ini kan tutorial sederhana mas. saya yakin anda pasti sudah hafal tutorial ini hehe :)

akang sam said...

rame blognya sob, hehe gak kayak blog ku sepiiiiii banget, hehe
titip link ja deh moga rame kayak blog ririn heheh

http://obatmenyehatkan.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah kang, trafik blog lumayan meningkat dari sebelumnya. Ini semua berkat teman-teman yang sudah berpartisipasi meramaikan blog ini. Sukses ya untuk Akang Budi, semoga blog nya tambah rame pengunjung dan banyak komentar :)

Post a Comment