Daftar Situs Penyedia Blog Gratis

Daftar Situs Penyedia Blog Gratis Dewasa ini banyak terdapat kemajuan di bidang teknologi informasi, terutama di internet. Berbagai informasi bisa kita peroleh dengan mudah dan cepat. Berbagai informasi tersebut dapat kita peroleh dari berbagai situs baik yang berplatform gratis seperti blogger atau mungkin situs berbayar (selfhosted). Dahulu mungkin untuk menulis perjalanan hidup kita, kita selalu menulisnya di buku teks harian, namun kini kita bisa menulisnya di sebuah web/blog. Dan untungnya lagi tulisan yang diterbitkan di blog tersebut itu bisa dibaca oleh orang diseluruh penjuru dunia. Kalau kita menulis di buku diary kita sendiri mungkin tidak ada yang membacanya, kecuali diri kita sendiri.

Mungkin anda sudah sangat familiar dengan yang namanya web/blog, karena mungkin anda sering menjumpainya baik ketika anda mencari informasi ataupun malah sudah memilikinya. Blog/web yang lumayan cukup banyak adalah berplatform Blogger dan WordPress. Namun, tahukah anda bahwa blog tidak hanya dari platform itu saja, melainkan ada banyak sekali baik yang gratis ataupun yang berbayar.
Daftar Situs Penyedia Blog Gratis
Image by superblogpedia.blogspot.com
Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda sekalian tentang daftar situs website untuk membuat blog gratis. Yang mana mungkin bisa dijadikan solusi alternatif untuk anda apabila ingin membuat sebuah blog. Dan yang tak kalah penting adalah situs tersebut memberikan layanan secara gratis. Berikut adalah uraiannya.

Daftar Situs Penyedia Blog Gratis

1. Blogger
Anda pasti sudah sangat familiar dengan situs yang satu ini. Yupz karena sudah banyak masyarakat di seluruh penjuru dunia yang sudah menggunakan situs blogger untuk membuat blog. Selain situs ini gratis, juga sangat mudah untuk dipahami, sekalipun bagi pemula. Karena memang fitur yang tersedia serta pengaturannya cukup mudah untuk dipahami. Saya kurang tahu betul besaran kapasitas yang ada di platform ini. Yang jelas anda bisa membuat blog di blogger dengan mudah. Jika anda tertarik untuk membuat blog di blogger, anda bisa mengunjungi situs ini www.blogger.com atau mungkin bisa baca artikel saya terdahulu tentang Cara Mudah Membuat Blog di Blogger.

2. WordPress
Selain Blogger, situs yang tak kalah terkenalnya adalah WordPress. Situs ini memberikan layanan gratis untuk membuat blog. Kapasitas penyimpanan di WordPress sebesar 3 GB. Anda bisa menyimpan file anda yang berupa dokument, foto, dan lain sebagainya disitus tersebut. Fitur yang ada di situs ini terbilang cukup komplit dan tentunya lebih SEO Friendly. Yang paling saya suka dari blog WordPress adalah adanya emoticonts/smile baik di posting ataupun di form komentar.

Apakah anda sudah mempunyai blog di WordPress? Jika belum, tidak ada salahnya untuk membuat blog disitus tersebut. Karena kita bisa membuat blog pada situs tersebut secara gratis. Anda bisa membuat blog di alamat ini www.wordpress.com atau www.wordpress.org. Untuk panduan lengkap tentang langkah-langkah membuat blog di WordPress, silahkan baca Cara Membuat Blog di WordPress.

3. LiveJournal
Pernahkah anda mendengar tentang situs LiveJournal? saya juga kebetulan baru saja tahu tentang situs ini. Situs ini ternyata menyediakan blog gratis yang bisa anda gunakan untuk sharing informasi dan berbagi cerita dengan semua orang. Situs ini mempunyai slogan "Discover global communities of friends who share your unique passions and interests".

Tampilan dari blog LiveJournal yang interaktif dan performa yang menarik menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengguna internet. Apabila anda tertarik untuk membuat blog di LiveJournal, silahkan kunjungi url ini www.livejournal.com.

4. TypePad
Situs ini mempunyai slogan "Share your passions with the Worlds". Anda bisa membuat blog/web disitus TypePad secara mudah dan tentunya gratis. Ada banyak thema pilihan yang bisa anda aplikasikan diblog anda jika menggunakan layanan dari TypePad. Untuk membuat blog di situs ini, anda bisa mengunjungi websitenya di www.typepad.com.

5. BlogDetik
Situs ini merupakan situs asli Indonesia yang menyediakan layanan gratis sebuah blog dengan subdomain blogdetik.com. Situs ini digawangi oleh media massa online ternama di Indonesia, yakni Detik.com. Fitur dan fasilitas yang disediakan dalam situs ini tidak kalah menariknya dari WordPress dan Blogger. Lumayan cukup komplit dan tentunya gratis. Adapun kapasitas penyimpanan di BlogDetik sebesar 100 Mb. Sebenarnya sudah banyak masyarakat Indonesia yang sudah menikmati layanan gratis blog di situs ini. Kini giliran anda yang belum punya blog disitus tersebut. Anda bisa mengunjungi alamat ini www.blogdetik.com untuk pembuatan blog baru atau baca Cara Membuat Blog di Blogdetik.

6. www.123Website.co.id
Situs ini relatif baru membentangkan sayapnya dibelantika dunia maya. Meski eksistensinya masih baru, tapi situs ini sudah cukup terkenal tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di negara-negara tetangga sudah cukup dipandang. Situs 123Website menyediakan layanan blog gratis yang cukup menarik dan thema blog nya juga cukup variatif. Anda bisa membuat blog pada situs ini di alamat www.123website.co.id.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Daftar Situs Penyedia Blog Gratis. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas atensinya. Wassalam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

51 komentar:

Kang Yusup said...

u/ yg gratisan saya lebih suka blogger dan blogdetik. Blogger hostingnya unlimitted. Dan blogdetik kesempatan u/ dikunjungi lebih besar lagi,

Unknown said...

daftar penyedia blog gratisan banyak banget, kalau di jabarkan semua mungkin bisa bosen yang baca, selain yang diatas saya juga pernah coba Webly..

Iklan di bawah posting nya sudah saya tambahkan script penutup mbak, kemarin gagal karena gak ada tag penutup nya,.:D hehehhe maap mbak..

Unknown said...

udah lama nih saya gak buka2 lagi wordpress sama blogdetik. thanks ya mbak sudah mengingatkan ^^

Anonymous said...

kalau saya masih kepincut sama bloger... belum bisa berpaling ke lain hati... mang yono poreper hehehe... begitu master

Anonymous said...

tetap, blogger pilihan utama, terutama di mata mesin pencari Google hehe

Anonymous said...

aduh saya sehati deh sama mang yono :) hehe ngikutin jejak senior blogger..

Anonymous said...

ada satu lagi mbak yang ketinggalan, yaitu mywapblog.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Yusup, iya saya kebetulan juga suka kang sama blogspot. Kalau blogdetik malah biasa aja sih hehehe :D Yang penting gratis aja sudah bagus :D

Mas Daniel, iya benar mas banyak banget hehehe :D List situs diatas hanya beberapa saja.Yakni sesuai dengan yang saya tahu. Kalau webly malah saya belum tahu mas hehehe :D
Ok Thanks tutorial iklannya mas. Nanti akan saya coba lagi :)

Mbak Elsa, hehehe bisa aja nich mbak elsa. Padahal niat nya nggak mengingatkan lho, tapi asli mau posting tentang daftar blog gratis aja hehehe :D

Mang Yono, ada ada aja nich Mang Yono. Emang cintanya seberapa besar dengan Blogger? Kok sampai kepincut begitu hehehe :D

Mas Jocker, iya setiap orang mempunyai pilihan yang tidak sama. Ada yang suka Blogger, ada juga WordPress, bahkan ada yang suka semuanya. Semua orang berhak menentukan pilihannya masing-masing.

Mas Andes, wah sepertinya Mas Andes sehidup semati (sehati) sama Mang Yono ya hehehe :D

Mas Fadly Rifa'i, wah terimakasih banyak master sudah menambahkan list situs penyedia blog gratis :)

MANG YONO said...

aslinya saya belum paham tentang blog geratisan yang lain...

tuh kan master saya juga mas andes sehidup sepenanggungan dengan saya... ngomong - ngomong mbak rini kepincut yang mana ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya sebenarnya suka blog yang berdomain TLD dan menggunakan Selfhosted pak. Tapi belum punya uang untuk menyewanya hehehe :D

Kalau blog gratis sih, biasa aja kok :)

Unknown said...

setuju dengan apa yang di bilang mas Daniel Erick, kalau sempat di jabarkan semua bisa satu halaman url nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe iya kali ya mas. Soalnya ada banyak sekali situs yang menyediakan blog gratis. Dari sekian banyak itu, saya hanya tahu beberapa saja hehehe :D

agusbg said...

saya baru nyoba blogger dan wordpress aja, jadi kepingin juga nyoba disana blogdetik

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dicoba mas kalau tertarik dengan BlogDetik. Hampir mirip dengan WordPress kok :)

Staff Administrator said...

Saya sepakat sama mbak Rin..dlm menempatkan blogger di urutan pertama dari sekian byk situs yg di tawarkan...

daN saya masih belum bisa pindah ke lain hati... hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah kalau soal urutan, itu cuma kebetulan aja mas bud. Saya nggak bermaksud untuk memberi peringkat antara situs yang satu dengan yang lain.

Sepertinya anda sudah cocok ya dengan Blogger hehehe :D

Anonymous said...

sebenarnya wordpress sendiri ada 2 macam, wordpress dot com dan wordpress dot org atau self hosting, saya menggunakan yg self hosting tapi jarang di update sekarang :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. WordPress ada 2 macam. Wah sayang sekali ya kalau sudah sewa selfhosting, tidak dikelola blog nya :)

Unknown said...

wah banyak juga yak mbk ternyata,
kalau q msh suka yg gratisan aja mbk.. :)

http://ceritaberkah.blogspot.com/

blogger said...

kalau saya hanya blogger yang saya cermati, krna itu yang saya bisa hehehehe..

sudah join tuh mbak..

kalau mau pake "back to top" silahkan klik url dbwh.. klau gak mempan alias error bisa beritau saya nanti saya perbaiki

http://hekos-soft.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-back-to-top.html

Unknown said...

Selama ini saya cuma familiar dengan nama Blogger dan WordPress. Thanks sharenya mbak ririn, pertanyaan saya "mana yg lebih mudah untuk dioptimasi di mesin telusur ?"

Anonymous said...

yang saya pernah nyoba sih bloger dan wordpres, yang lainnya saya belum pernah nyoba, soalnya nggak ada waktu juga :)

Yanuar Catur said...

Bagi saya, blogspot numero uno mbak :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Tsumugi, iya lumayan banyak mas situs yang menyediakan fasilitas blog gratis. Kita tinggal mau pilih yang mana karena setiap situs mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing :)

Mas Hekos, blogger juga bagus. Karena mudah untuk digunakan, baik untuk pemula sekalipun. Untuk sementara ini saya belum berminat untuk menambah widget di blog saya. Karena takut akan memperberat loading blog :)

Mas Hasby, baik WordPress atau Blogger, sama-sama mempunyai SEO yang bagus. Tinggal bagaimana kita untuk mengelolanya. Karena sebenarnya, SEO itu ada pada faktor pengelolaan. Percuma saja kita punya template SEO Friendly misalnya, tapi kalau nggak dikelola dengan baik ya percuma saja :)

Mas Anthonie, kalau ada waktu berarti bisa dicoba ya mas hehehe :D

Mas Yanuar, setiap orang mempunyai interest yang berbeda-beda :)

Mizz Aiza said...

wordpress itu domain berbayar ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wordpress itu gratis mizz. tapi anda tidak boleh pasang iklan di blog wordpress karena melanggar TOS wordpress :)

Anonymous said...

Yang paling saya kenal cuma blogger.com dan wordpress.com, lainnya masih awam ^_^...

Follow blog ini sucksees ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hohohoho harus coba kalau begitu mas. Situs yang lain, nggak kalah menarik nya lho dengan wordpress dan blogspot :)

Anonymous said...

Blogger dan wordpress yang pernah selalu saya pakai yang lainnya belum :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin bisa nyoba membuat blog di situs yang lainnya mas. siapa tahu suka hehehe :D

Unknown said...

Kalau ada waktu sih mungkin saya mau nyoba yang blogdetik dulu mbak, kapan yah?

Catatan Harian Irfan said...

Dulu aku juge pernah bikin di Tumblr,,,, iseng iseng si tapi lupa pasword nya -__-

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, kalau belum ada waktu mending jangan membuat blog lagi mas, karena akan mendapat masalah baru hehehe :D Mending fokus blog yang ada dulu. :)

Mas Irfan. wah saya malah nggak tahu situs Tumblr mas hehehe :D

Anonymous said...

Wahhh Banyak Juga yahh Ternyata Penyedia Layanan Web/Blogg Gratisss hehe Baruuu Tahu Sayaaa Kirain Cuma Blogger + Wordpress Ajeee :D
Mkasiii yahh Mbakkk Infonyaa sangattt Bermanfatt dan Menambah Wawasan saya Di Bidang Blogging ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya donk. Artikel diatas mah hanya beberapa situs saja. Sebenarnya masih banyak lagi situs yang menyediakan blog gratis. Tapi saya kurang tahu betul situs tersebut :)

Anonymous said...

masih banyak lagi sih platform2 blog baik yang bayar maupun yang free, saya udah pernah coba pakai blogdetik, wordpress.com tp saya kurang tertarik karena tidak bisa berkreasi, saya coba pakai blogspot, ini yang paling menarik buat saya, selain ini blog punyanya google, penggnanyapun juga bisa lebih kreative membuat tampilan / mendesain blognya sesuai selera, hanya d butuhkan css dan html, java script optional saja, tp sejak blog saya blogspot saya di hack saya beralih pakai wordpress self host, lebih menantang karena nggak cuma css dan html saja tp code PHP juga, live jurnal saya jadikan sharing saja buat cari backlink, lumayan livejurnal PRnya 8, typepad belum pernah coba.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas bahwa masih ada banyak lagi situs yang menyediakan blog gratis di dunia maya ini. Blogger memang cukup menarik dari segi tampilan, penggunanya, ataupun yang lainnya. Karena alasan kemudahan akses.

Wah sayang sekali ya mas kalau blog anda di blogger bisa di hack begitu.

Kalau selfthosted malah saya kurang tahu mas. Nampaknya cukup sulit kalau sudah ber-urusan dengan PHP hmmmm :)

Indra Kusuma Sejati said...

Ada banyak keuntungan juga bagi para penydia blog gratis, minimal di mesin jaringan pencariny banyak bergerak. Makanya mereka berlomba -loba untuk menyediakan fasilitas gratis untuk digunakan masyakat umum. Jadi banyak piliha untuk dpat di gunakan, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namanya juga gratis. He,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu mas. Setiap situs mempunyai kelebihan dan kelemahan dalam memberikan layanan blog gratis. Tinggal kita aja kira-kira mau pilih yang mana :)

Anonymous said...

Woow Menarik nih artikel nya.Mbak Ririn..?
Kebetulan yang saya punya hanya Blogger
Sama wordpress saja, kapan2 pengen nyoba
Blog Detik sama yang lainya,, biar dapat dapat
Masalah baru hhhh, terima kasih atas infonya Mbak?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk ada-ada aja :D Masalah kok dicari to mas :D
Iya silahkan coba membuat blog di blogdetik mas. Siapa tahu cocok :)

Adhy Suryadi said...

Saya baru 3 nyobain bikin blog, blogger, wordpres, dan 123website, yang lainnya belum pernah saya coba... hehehe... :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus itu mas. Berarti sama donk dengan saya. Saya juga kebetulan baru nyobain membuat blog 3, yakni di WodPress, Blogger, dan Blogdetik hehe :D

Unknown said...

nice gan.... mwb juga kan ????
new update gan "cara meningkatkan serp" di alfasemua.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya atas kunjungannya :)

Unknown said...

nih daftar bog lainnya selain yang di atas.....

-xtgem.com
-mywapblog.com
-wapka.mobi
-sextgem.com
-weebly.com
-tumblr.com

tapi yang saya sebutin lain jurusan dengan mbah google.... (hahaha.. kaya angkot aja beda jurusan)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak mas rangga atas tambahannya. Sangat bermanfaat untuk kita semua :)

AbdurahmanBW said...

aku punya di Blogspot, Blogdetik, Wordpress, Weebly..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah ternyata blog nya mas wahid lumayan banyak juga ya hmmmm :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment