Cara Pasang Widget Twitter di Blog

Cara Pasang Widget Twitter di Blog Adalah cukup menarik jika blog kita dipasang widget jejaring sosial. Katakanlah misalnya seperti Facebook Like Box, atau mungkin Laman Google+. Dengan begitu maka memungkinkan pemirsa blog kita bisa follow/like. Namun, pernahkah anda mendengar tentang widget Twitter yang terpasang di blog? Mungkin sebagian dari anda sudah sangat familiar dengan widget yang satu ini. Dan mungkin sebagian yang lain masih sangat asing. Saya sendiri rasa-rasanya baru kemarin mendengar widget ini, meski sudah lama telah melihat keberadaannya di blog orang lain.

Pertanyaannya adalah apa sih kegunaan widget Twitter ini untuk blog? tentu saja banyak. Dengan adanya widget tersebut, memungkinkan pengguna internet, dalam hal ini pengunjung, bisa berinteraksi dengan pemilik blog dan mungkin bisa juga memberi twit dan follow. Tentu, ini sangat menguntungkan jika blog ramai pengunjung ribuan per hari. Dan bukan tidak mungkin, akun anda akan memperoleh follower jutaan. Widget Twitter ini akan menampilkan timeline pengguna Twitter yang berisi twit-twit anda, username, dan juga foto anda yang mana dikemas dalam satu box.
Cara Pasang Widget Twitter di Blog
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Pasang Widget Twitter di Blog. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Pasang Widget Twitter di Blog

1. Pastikan bahwa anda sudah mempunyai akun Twitter. Jika belum, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftar Twitter.

2. Silahkan kunjungi Twitter di link ini http://twitter.com/settings/widgets Maka anda menuju laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan sign in ke Twitter.
Cara Memasukkan Widget Twitter ke dalam Blog Website
3. Silahkan klik tombol Create New di pojok kanan atas.
Langkah-langkah menambahkan Widget Twitter ke Blog
4. Silahkan atur ukuran widget, warna, thema, dan lain-lain.
Panduan Menaruh Widget Twitter di website wordpress
Keterangan:
Nomor 1 isi dengan username anda
Nomor 2 silahkan centang saja 2 opsi tersebut
Nomor 3 atur ukuran tinggi widget. Tulis angka, misalnya 400, 500 atau 600
Nomor 4 pilih thema widget apakah light atau dark
Nomor 5 atur warna link apakah biru, kuning, atau yang lainnya
Nomor 6 jangan dicentang

Selanjutnya silahkan klik tombol Create Widget.

5. Silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak
Cara Membuat dan Memasang Widget kotak box timeline Twitter di Blog
6. Langkah selanjutnya adalah pemasangan widget di blog. Silahkan log in ke akun blogger anda.

7. Silakan masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layoout > klik Add Gadget/Tambah Gadget > pilih widget HTML/JavaScript > silahkan paste script yang sudah di copy tadi kedalam kotak > klik Save.

Berikut adalah screenshoot widget Twitter yang sudah pernah saya pasang di blog saya. Cukup menarik kan? Kini anda hanya perlu mencobanya.
Widget Twitter keren dan menarik di Blog Cara Ririn
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Pasang Widget Twitter di Blog. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas atensinya. Salam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

52 komentar:

dunia maya said...

Keren mb , ,,,,
tapi saya g pake twiter ,,,,,
nganggur tuh twitnya,,,kgak pernah dpake,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah sayang sekali ya mbak kalau twitter nya nggak dipakai getu. Padahal cukup asyik loh, karena kita bisa follow langsung idola kita di twitter. Thanks mbak maya sudah singgah kemari :)

Anonymous said...

mangtab.
sangat mudah untuk dipahami. ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas kolong atas apresiasi dan kunjungannya. Salam :)

Kang Ucup said...

sambil ngeblog bisa mantau twitter, ide yang sangat bagus sekali

Mang Lembu said...

jaman dulu pernah pasang widget ini, atas berbagai pertimbangan akhirnya tak lepasin lagi....lagianjarang juga nongkrong di twitter sayah mah.

biar tak simpen ilmunya...kapan kapan bisa dipasang diblogku yang lain.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya kang, jadi kita bisa tahu timeline twitter kita dengan memasang widget twitter di blog. Thanks ya atas kunjungannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Cilembu, wah pengalaman yang menarik pak ci bahwa sudah pernah memasang widget ini di blog. kalau saya sih baru kemarin-kemarin pasang widget twitter ini, dan sudah saya lepas lagi hehehe :D Thanks pak sudah singgah kemari :)

Claresta said...

informasinya sangat lengkap dan jelas. thanks utk mbak Eka,,, saya jadi ingin pasang widget twitter di blog, hehehe ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan mbak dicoba untuk pasang wodget twitter di blog anda. siapa tahu blog nya lebih terlihat cantik dan menarik :D

Asep Haryono said...

Saya sudah memasang wijet twitter diblog saya. Ada salah satu fungsi twitter di blog yang yang saya fungsikan juga sebagai "breaking news". Walaupun cuma 140 karater yang saya posting atau saya kirim via sms ke twitter, namun juga akan "tampil" diblog saya juga.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

nampaknya pak asep sudah sangat berpengalaman dalam hal widget twitter ini. saya malah baru tahu kemarin-kemarin pak hehehe :D
Owh jadi bisa difungsikan seperti itu ya, jadi bisa tampil di twitter dan blog secara bersamaan? wah kayaknya menarik itu pak hehehe :) Thanks pak asep sudah berkenan berkunjung kemari :)

HP Yitno said...

Nggak pernah main twitter sob. Kalau facebook tiap hari. Twitterku nganggur karena nggak ada follower :-(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah sangat sayang mas kalau akun twitter nya dianggurin begitu. Saya kira Twitter nggak kalah menariknya dengan Facebook. Sama-sama bagus. Tapi mungkin di Twitter agak sedikit membingungkan karena kita belum tahu maksudnya apa. Kalau mau dapat follower ya harus follow dulu mas. Nanti lama-kelamaan followernya akan bertambah banyak kok :)

Lelaki said...

sama juga x tahu use twitter...hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas, kita bisa tahu juga pengguna twitter pemilik blog jika mereka pasang widget twitter ini. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Anonymous said...

akun twitter sama facebook punyaku sekarang malah udah nganggur mbak kagak kepake lagi.. dulu juga udah pernah pasang tapi udah saya lepas lagi hehehe.. sama kan sama blog ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah sayang sekali mas akun jejaring sosial nggak dimanfaatkan. padahal banyak sekali manfaatnya. iya benar sekali,widget twitter di blog ini sudah saya copot hhehehe :D

Anonymous said...

saya juga sekarang jarang pake twitter kalau fb sekali-kali masih buka kalau twitter mungkin 2-3 bulan sekali baru buka, enggak tahu kenapa belum bisa memaksimalkan lewat twitter mungkin belum begitu ngerti manfaat twitter, jadi yah twitternya nganggur, tetapi makasih tutorialnya mbak sangat bermanfaat :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kayaknya Mas Anthoni sekarang fokus pada pengelolaan blog ya dibandingkan dengan jejaring sosial hehehe :D
Thanks mas sudah singgah kemari. Salam :)

Rohis Facebook said...

sy blom pny akun tuitter mbk *tuhkan ketik tuitter aja dah salah hehe.. *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe Mas Rohis ini ada-ada aja dech :D
Thanks mas atas kunjungannya :)

Staff Administrator said...

Sy baru pasang widget follownya aja nih mbak..
Belum nyoba yg widget ini
Kapan2 boleh nih..utk di pasang juga :)
Trims ya mbak Eka..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Widget follow juga bagus kok karena tidak banyak memakan space di blog. Tapi kalau widget twitter yang dijelaskan diatas mungkin butuh ruang yang cukup besar.

Iya silahkan pasang widget ini mas kalau suka hehehe :)
Thanks atas kunjungannya :)

yadibarus said...

thanks untuk tutorialnya mbak ririn, kunjungan pertaman nih, salam kenal

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas yadi, salam kenal juga ya :)

Unknown said...

Di jaman sekarang tampaknya sudah menjadi menu wajib mempunyai akun Facebook dan Twitter. Bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan modern yang serba cepat, dukungan teknologi informasi dan komunikasi, efisien, dan efektif. Bila media jejaring sosial dapat dikolaborasikan dengan baik tentu akan didapatkan manfaat yang tak terkira. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu pak. Dengan adanya jejaring sosial di internet, maka dapat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, kerabat, atau teman sekelas. Oleh karena itu mengapa eksistensinya sangat penting untuk menunjangan kelangsungan hidup kita di zaman modern seperti sekarang. Akan sangat disayangkan jika keberadaan Twitter, Facebook, dan Google+ tidak dugunakan secara optimal. Thanks Pak Herdoni sudah mau mampir :)

Unknown said...

komplit dan mudah untuk di pahami, twiter saya cuma saya pakai untuk update blog saja mbak, jadi kalau di pasang widget twitter di blog hasilnya sama saja posting nya sama blog

Bagus Hermawan said...

mantep mbak :), aq juga pasang widget itu, biar ada ya follow hihihi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe iya juga ya mas. Tapi kan nggak ada salahnya jika kita pasang widget twitter ini di blog, agar blog terlihat cantik dan menarik. Selain itu juga bisa menjaring follower baru dari blog yang kita pasang widget ini. Thanks ya sudah mampir :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Heqris, wah bagus mas widget nya. Saya sudah lihat blog anda ada widget twitter ini. Sangat menarik. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Rawins said...

ini juga mantap
tapi aku lebih suka blog yang minimalis. kalo bisa mah sebersih mungkin sampe tulisan juga ga ada...
*sambit panci

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau blog terlalu bersih dan tanpa ada postingan ya kurang menarik pak hehehe :D
Kan blog akan terlihat bagus kalau ada isinya, tentu isi yang berkualitas. Thanks pak atas kunjungannya :)

Kharis A. Arief said...

Mba Wahyu Eka Prasetiyarini, kenapa ya di blog saya cuma muncul FOLLOW TWITTER aja, tapi gak lengkap sama hasil twittnya ya... Dari kemarin belum berhasil ne, saya coba lagi dah, semoga script cocok, makasi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba lagi mas. Silahkan ikuti tutorial diatas secara runtut agar berhasil. Kemarin saya sudah mempraktekkannya. Dan alhamdulillah berhasil. :)

Mizz Aiza said...

saya belum mendaftar akaun twitter.. terima kasih sharing tutorial ini.. :D

Unknown said...

Berat loading nambah 20% kalau pakai Widget ini. langsung ane copot iklan nya..

Oh ya Mbak, IKlan yang di dalam Postingan kog di copot?, mangkanya kog ada yang beda.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, silahkan daftar miss di Twitter. Siapa tahu bisa bermanfaat untuk anda :)

Mas Daniel, iya benar mas bahwa widget twitter ini lumayan mempengaruhui loading blog, sehingga loading nya menjadi agak berat hehehe :D
Iya benar mas sudah saya copot, karena kemarin saya memperoleh saran, masukan, dan kritikan dari pengunjung :)

Anonymous said...

Jarang aktif ditwitter jadi widgetnya saya simpan dulu :).Tapi buat teman-teman yang punya banyak followernya bisa share pakai widget twitter ini.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan disimpan mas Widget Twitter nya, siapa tahu suatu saat nanti diperlukan. Karena twitter cukup efektif untuk menjaring pemirsa blog kita. Oleh karena itu mengapa keberadaan widget ini yang dipasang di blog cukup memberikan manfaat untuk menambah follower akun twitter kita. Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

saya belum begitu ngerti keuntungan kita mengoptimalkan twitter mbak, mungkin bisa kasih penjelasan sedikit, makasih sebelumnya :)

Rawins said...

ga tau tuh seleraku katrok kalo
ga seneng aja liat blog kebanyakan tempelan
berasa di pasar loak :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, misal anda mempunyai followe ribuan di Twitter, anda bisa share postingan blog anda kepada follower anda. Dengan begitu maka akan meningkatkan pageview blog :)

Pak Rawins, nek rak seneng yo wes ora popo hehehe :D :P

Anonymous said...

saya juga pernah pasnag widged twitter, tpi sepertinya masih kalah pamor dengan fan page facebook, rata2 blog ada widget fan pagenya. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas. Banyak teman-teman blogger menggunakan Facebook Like Box untuk dipasang di blog nya. Kalau widget Twitter memang agak jarang dipasang di blog. Tapi kalau ingin mempercantik tampilan blog, widget ini cukup menarik untuk dipasang di blog :)

Anonymous said...

Antosias,..ikutan nyimak lagi nih Mbak Rin..
Cakep deh artikel nya,.. belajar pasang di blog saya
Terima kasih atas artikel nya Mbaka Rin..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama mas karis. Thanks ya atas kunjungannya :)

Mas Marnes said...

Nah sekarang giliran tutorial yg ini nie yg blom saya coba, ta' cobain dulu ah...
makasi mbak udah mo berbagi tutorialnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan mas marnes dicoba untuk dipasang di blog anda. Good luck ya :)

Unknown said...

kebetulan ne mbak, mau pasang widget twitter di blog saya.. semoga saja berhasil, thanks ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Good luck ea mas. Saya do'akan semoga berhasil. Nanti kalau ada kendala, kita diskusikan bersama-sama ea :)

Post a Comment