Cara Agar Postingan Lama Bisa Muncul Kembali di Homepage Blog

Cara Agar Postingan Lama Bisa Muncul Kembali di Homepage Blog Ketika kita sedang galau dan tidak mempunyai ide untuk menulis artikel, bisa dipastikan blog kita tidak update. Hal ini saya kira merupakan suatu masalah yang wajar yang dialami oleh kita di dunia blogging. Selain itu, mungkin bisa juga karena aktivitas di dunia offline sangat padat atau mungkin karena ide benar-benar buntu.

Namun, hati kecil kita ingin sekali bisa update artikel di blog kita agar blog kita bisa terlihat bagus dan juga terawat. Caranya bagaimana? Ada salah satu trik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Yakni dengan cara memunculkan kembali postingan lama di homepage blog. Cara ini cukup efektif dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Menampilkan Foto pada Hasil Pencarian Google. Dalam kesempatan kali ini saya jelaskan tentang cara agar postingan lama bisa update kembali di beranda website blog. Silahkan disimak baik-baik ya agar tidak salah dalam mempraktekkannya.

Cara Agar Postingan Lama Bisa Muncul Kembali di Homepage Blog

1. Silahkan log in ke Blogger dengan menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing

2. Silahkan masuk ke Dashboard dan kemudian pilih menu Post
Cara Agar Postingan Lama Bisa Muncul di Homepage Blog
3. Pilih postingan lama yang ingin anda munculkan kembali di homepgae blog anda. Setelah ketemu, silahkan klik Edit posting tersebut. Contoh nya seperti screenshoot dibawah ini.
cara supaya artikel lama di blog bisa bermanfaat kembali
4. Setelah postingan anda terbuka, silahkan pilih Pengaturan Posting dan kemudian klik menu Diterbitkan pada/Publihsed on.
cara meningkatkan traffic blog dengan cara meng update posting lama di website
5. Untuk nomor 1 silahkan pilih otomatis, dan nomor 2 silahkan klik tombol Lakukan/Done. Setelah itu, silahkan klik tombol Update.
cara refresh dan memperbaharui artikel jadul di blogger blogspot agar optimal
Maka postingan lama anda tersebut akan muncul kembali di halaman utama blog anda. Caranya cukup mudahkan? Kini anda hanya perlu mempraktekkannya. Selamat mencobanya!!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Agar Postingan Lama Bisa Muncul Kembali di Homepage Blog. Semoga dapat bermanfaat. Bacar juga postingan saya terdahulu tentang Cara Membuat Halaman Daftar Isi di Blogspot. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

65 komentar:

Unknown said...

keren mba.. Jadi kita masih bisa menampilkan postingan yang lama di homepage yah mba..? Oh saya baru tau.. :-D
thankz yah mba sharingnya.. :-)

Unknown said...

Sangat bermanfaat mbk :)
thanks ya

Asep Haryono said...

aHAAA ya ya ini yang saya cari heihehiehieee. Thanks sudah mengingatkan. Jadi mau bebenarh artikel lama nih hiehiheiheee

Anonymous said...

wah seru juga nih cara nya, potingan alternatif kalo lagi gak punya ide. ^^

IndraShare said...

tutorial blogspot nya bagus juga nih, kebetulan lagi belajar pake blogspot..salam.

Rohis Facebook said...

itu cara yg paling sering aq pake.. *smile

plagiart said...

wahhhh...ini bisa membuat postingan yang jadul kembali sundul..hehehehhe

Uswah SyauQie said...

iya ya betul, kebetulan blogku ebberapa taun ke belakang sepi pengunjung, karna belom kenal BW kale.. jadi postingan lama ga kebaca deh sm temen2 blogger, bermanpaat kalo pas lagi miskin ide tapi pengen posting :D langsung coba aaah :D

Unknown said...

sangat2 manfangati ni :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Warim, iya betul itu mas. Misal anda ingin menampilkan posting lama yang belum ada komentar. Ini bisa dijadikan solusinya :)

Mas Intan, wah saya kurang tahu mas apakah tanggal, bulan, tahun itu bisa di ubah atau nggak. Tapi waktu dulu, saya pernah coba pakai cara ini, tapi url posting (permanent link) masih tetep kok mas :)

Mas Rahmat, sama-sama mas :)

Pak Asep, wah mau bongkar-bongkar artikel lama nich pak asep hehe :)

Mas Fadly, hu'um master. Posting jadul bisa dimunculkan lagi di homepage biar ada banyak komentarnya. Keren kan? hehe :)

Mas Deindra, saya juga masih belajar mas :)

Mas Rohis, wah sepertinya mas rohis sudah sangat berpengalaman nich hehe :)

Mas Plagiart, hu'um mas betul itu. Keren kan? hehe :)

Mbak Uswah, bener itu mbak. Kebanyakan diantara kita memang kalau awal-awal ngeblog itu jarang ada komentarnya soalnya kita sendiri nggak pernah blogwalking hehe :) Jadi mungkin posting-posting jadul bisa di keluarkan lagi biar ada yang kasih komentar hehe :)

Kang Zeer, thanks kang :)

Unknown said...

di saat Galau melanda saat ide postingan mampet.. Jutsu ini yang saya gunakan.. :D

Unknown said...

Oh ya, blog mbak kena Auto Blog juga ya??..

memang ngeselin mbak, saya sudah menemukan sekitar 4 blog yang ngambil ratusan artikel saya. tapi saya biarin aja, biar Google Panda yang menghajar mereka.

Saya yakin kalau auto blog mereka gak bisa kalahin SEO blog mbak.. :D

Unknown said...

wah dikasih ilmu lagi nih sama mbk ririn..
mkch yak, sangat bermanfaat dah ilmunya :)

Mizz Aiza said...

sangat bermanfaat cara ini.. tarikhnya berubah atau tidak?

dunia maya said...

sudah pernah saya coba mb,,,,,,
hehehehe,,,,makasih dah berbagi

Anonymous said...

hehe biar konten yang lama tidak layu ya mbak, bisa di munculkan kembali biar tetep fresh :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, iya mas saya kemarin menemukan 1 blog yang meng-copas posting blog ini. Tak tanggung-tanggung, 200 artikel di copas nya. Heran kok bisa ya dia kalau meng-copas. Mudah-mudahan saja begitu mas. Dan semoga saja blog tersebut di hapus oleh Google secepatnya :)

Mas Stumugi, iya sama-sama mas :)

Mizz Aiza, tarikh/tanggal nya berubah mizz. Hehehe :D Tapi url/permanent link nya masih tetap :) Silahkan bisa dicoba mizz :)

Mbak Maya, wah ternyata mbak maya sudah berpengalaman ya :)

Mas Andes, iya betul itu mas. Selain itu juga untuk mendapatkan komentar lagi dari pengunjung hehehe :) Soalnya kebanyakan posting jadul itu komentar nya sedikit sih hehe :D

Unknown said...

gitu ya, jadi post kita yang terdahulu dan dirasa perlu, bisa di terbitkan kembali ya sob,ok bagus infonya sob, sangat bermanfaat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, kurang lebih nya seperti itu. Jadi bisa juga trik ini digunakan untuk memperbanyak jumlah komentar. Pasti posting jadul itu komentar nya sedikit. Nah melalui trik ini, bisa juga untuk itu. Tapi sebenarnya trik ini sangat cocok untuk mengatasi kalau kita tidak punya ide untuk menulis saja :)

Claresta said...

Info yang bermanfaat...
perlu dicoba nich utk memperbarui artikel2 saya yang basi, hehehe :)
makasih infonya mbak Eka...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dicoba mbak indri :)

Mas Andes said...

kayak adminnya dong mbak, selalu fresh :) hoho

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk ada-ada aja nich mas andes :P

Unknown said...

Blog ririn ini sangat bermanfaat buat saya :)
saya tidak pernah bosan mengunjungi blog ini :*

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bermanfaat sih bermanfaat, tapi nggak pakai emoticon kiss juga kale wkwkwk :P

Unknown said...

Bermanfaat nih master

Anonymous said...

Info yang membantu buat postingan blog
Enakan yah Mbak dengan cara ini postingan kita
Yang sudah Layu, dan kusut bisa segar dan cantik
Kembali, yah setidak nya, masih bisa bermanfaat
Untuk saling berbagi. terima kasih Mbak Rin atas Artikelnya.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Rizkyzone.com said...

ini hanya soal pengaturan tanggal post yh mb' ririn yang di ubah ke tanggal skarang, wih mantab ini khususnya postingan yang tak banyak di kunjungin selain itu buat solusi kebuntuan ide postingan. #Rizkyzone.com

JIM said...

cara sederhana nih...
pernah juga sih melakukannya...

Staff Administrator said...

Mbak Ririn tau aja deh...saya kan jadi malu...hehe :)

Staff Administrator said...

Bener banget...kalo udah di rasa buntu dan super kepepet...sy suka gunain trik ini....selain ndak begitu sulit caranya...bisa keliatan elegance lagi kan post lama kita...hehe :)

Kang Ucup said...

oh...begitu ya mbak. mungkin cara ini bisa saya terapkan bila konten di blog saya sudah banyak.

Masnady said...

wah kalau pake hp gimana caranya mbak.. soalnya saya pake hp.. jadi nggak bisa buka dasboar selengkap itu..

blogger said...

baca artikelnya panjang" spa yg mau bacain hahahaha.. liat komennya aja ah :D
inet adalah sumber bajakan,, gak bisa luput dari copas. untung sy blm prnh nyuri artikel scra lgkap plg cuma skripnya doang (membela diri)

Toko Sepeda Majuroyal said...

ide yang baik sekali Mba Ririn
Benar... permalink nya gak berubah ya Mba
Aku juga sudah coba beberapa kali
Perubahan tampilan di Beranda bikin FRESH
thank you

Nurul Imam said...

Klo di WordPress biasanya saya sticky biar nampil di homepage

Anonymous said...

kadang perlu juga sih menampilkan postingan lama agar muncul kembali di home page, tapi nggak ada kekeurangannya kan mbak kalau postingan lama dimunculkan kembali, makasih mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Faisal, thanks master atas kunjungannya :)

Mas Karis, sama-sama mas :)

Saudara Agiel, mohon maaf mas komentar anda terpaksa saya hapus. Mudah-mudahan anda bisa mengerti ya :)

Mas Rizky, iya betul itu mas. Tanggal posting jadi berubah menjadi sekarang. Tapi url posting masih tetap. Trik ini bisa dijadikan solusi apabila kita lagi malas untuk membuat artikel hehe :D

Mas JIM, wah ternyata sudah berpengalaman ya mas JIM. Sipp dech kalau begitu :)

Mas Budi, hehehe iya betul mas. Ini bisa kita lakukan kalau bener-bener kepepet nggak punya ide menulis. Jadi dengan cara memunculkan posting lama ke homepage blog, sehingga biar bisa fresh lagi posting jadul tersebut. Thanks mas bud :)

Kang Ucup, iya nggak apa-apa kang, ini cuma trik sederhana saja :)

Mas Nady, wah saya kurang tahu mas kalau pakai hand phone hehe :)

Mas Hekos, ya begitulah kurang lebih nya mas fenomena yang ada di dunia maya :)

Mas Fritz, thanks ya mas. Saya mohon maaf ya mas kalau saya nggak bisa komentar balik, soalnya blog anda nggak ada kolom komentarnya sih hehe :)

Mas Nurul, owh bagitu ya, saya malah kurang tahu soal sticky hehehe soalnya ngga begitu paham sama WordPress saya mas hehe :)

Mas Anthonie, sepertinya nggak ada kekurangannya kok mas. Malah itu bagus karena kita bisa merefresh posting jadul supaya bisa dibaca oleh para pemirsa blog kita :)

Reusam Endatu said...

keren mbak artikel-nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasa aja kok, nggak keren-keren banget :)

Meutrap said...

jadi mantap ni bisa buat postingan lama muncul kembali, terima kasih caranya kak.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

sama-sama :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

hehehe... gpp mba... thanks
oh ya kok mba masih panggil aku Mas Fritz sih...
kan sudah aku ganti jadi "maju royal" ???????
apakah masih kelihatan sebagai Fritz ???

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya masih kelihatan banget kok mas hehehe :)
Meskipun nama profilnya diganti, tapi kalau tulisannya masih sama ya masih kelihatan hehe :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

thanks Mba Ririrn... kalau mau komen di Fanpage aku juga bisa kan Mba... :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok dech kalau begitu. Rasa-rasanya saya punya hutang kalau belum komentar balik sama seseorang yang sudah meluangkan waktunya untuk berkomentar di blog saya. Thanks ya mas. Nanti segera meluncur ke Fans Page Maju Royal :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Mba... Aku mau nanya dong... Kalau isi blog kami berupa Review atau Ulasan yg kita copas dari Web org lain secara UTUH (ini semacam SHARE di FB)
Boleh Gak Yah...?
Kalau Mba Ngerti... coba deh bikin Artikel nya Mba..., Bolekah kita SHARE artikel org lain ke Blog kita ?
1 Bolehkah kita meng Copas Artikel org lain se utuh nya ?
2 Apa dampak nya terhadap Blog kita ?
3 Apakah itu melanggar Undang2 ?
4 dan lain lain
thank you

Unknown said...

@ maju royal: Paling tidak harus menyertakan link sumbernya, tapi walau bagaimanapun yang namanya copas pasti merugikan, seperti yang pernah mbak Wahyu Eka bilang, kita rugi tenaga, rugi waktu, rugi biaya kita pake listrik ataupun internet, menurunnya serp di google search dan banyak lainnya sedangkan yang copas nggak ada 10 menit udah jadi tuh artikel hasil copas.

Maaf nih udah lancang mbak hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Fritz, mudah-mudahan pertanyaan anda tulus dari dalam hati, bukan untuk nge-test saya hehehe :D Sepertinya pertanyaan anda sudah dijawab sama Mas Anthonie. Tapi nggak apa-apa dech nanti InsyaAllah dalam waktu dekat akan saya buatkan artikel tentang hal itu. Thanks ya mas ^_+

Mas Anthonie, wah terimakasih banyak mas sudah ikut berpartisipasi merespon komentar di blog ini. Hehehe :) Saya kira nggak lancang kok, tapi malah sangat membantu saya hehehe :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Beneran saya baru mau nyoba Mba Ririn dan Mas Anthoni...
Kalau boleh Curhat, Mba dan Mas boleh lihat nih...
saya copas sebuah review product sram xx1 dari pinkbike menjadi sebuah artikel groupsetmu.blogspot.com/2013/09/sram-xx1-review-from-pinkbike.html
blog tersebut rencana nya akan saya jadikan salah satu "blog nakal" pembawa traffic untuk majuroyal.blogspot.com
GIMANA ? Minta pendapat nya ya Mba Ririn... plis....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau bisa sih jangan membuat blog seperti itu. Kasihan juga yang menulis artikel, yakni sumber aslinya. Apalagi tulisan nya sama persis dengan sumber aslinya, yakni menggunakan Bahasa Inggris.

Orang luar negeri (bule) sangat menghargai karya tulis yang asli dibandingkan dengan yang hasil copy paste. Jadi usaha Mas Fritz saya kira akan sia-sia. Malah bisa-bisa akan memperjelek citra Toko Online Maju Royal :)

Lebih baik menulis dengan tangan sendiri dan hasil dari buah pemikiran sendiri, itu malah lebih bagus. Kalau ingin menggunakan Bahasa Inggris, tinggal minta bantuan Google Translate :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

waduh... jadi galau nih...
baiklah sy pertimbangkan lagi Mba...
terimakasih masukkannya ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama mas. Good luck ya :)

Anonymous said...

Ide yang bagus....eheheh
Tapi bagaimana dengan link yang sudah ada ???
Misal : http://cara-ririn.blogspot.com/2013/06/bla-bla-bla.html
itukan postingan bulan 06, kalau di setting lagi ke bulan sekarang, LINK nya jadi berubah juga ga..???

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Link url posting nya nggak berubah mas, alias masih tetap. Tapi yang berubah adalah tanggal posting nya saja. Kalau blog anda ada tanggal nya disetiap postingan, pasti berubah tanggal penerbitannya jadi sekarang, meskipun posting tersebut sudah diterbitkan tahun 2012 :)

Mas Marnes said...

Wah ternyata caranya cukup simpel ya mbak tinggal kembali update lagi aja postingan lama tersebut.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, trik nya sangat sederhana sekali. Dari pada penasaran dan malah nggak bisa tidur, mending dicoba aja mas trik nya hhehehe :D

You Know Me said...

wah kereen mba ririn.. trik triknya menarik sekali.. kalau begitu ga usah capek capek buat postingan ya mba, kalau sedang sibuk di dunia offline.. hehehe.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas. Trik ini bisa dijadikan solusi alternatif yang tepat apabila kita tidak punya ide untuk membuat posting baru di blog kita. Yakni kita bisa memunculkan kembali postingan yang lama ke homepage blog kita :)

Anonymous said...

Kalau untuk menampilkan recent post di homepage gmana gan?
Punya ane klu di single link muncul, namun untuk halaman utama tidak

thk's

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah gimana ya mas. Terus terang saya nggak tahu untuk menampilkan recent post di homepage. Kalau widget recent post punya blog saya ini kebetulan sudah tampil di homepage dengan sendiri nya sih hmmm :)

NinjaFar said...

keren euy cw jago maen blog biasanya cwe itu ga suka yg ribet2 dna ga mau tau ilmu beginian krn ribet, tpai ini cw jago wkwk. sip
salam kenal lah.
share ilmu

Erickb4nd said...

Thanks bro!!! :)

You Know Me said...

wih keren dah blog nya mba.. tambah ramai saja semakin harinya..sukses selalu deh... ^^

Post a Comment