Cara Cek Skor SEO Blog

Bagaiamana Caranya Mengetahui Skor SEO Blog Website Kita? Itulah topik yang akan kita bahas kali ini. Dengan mengetahui skor SEO, maka kita akan jadi tahu apakah blog/web kita mempunyai SEO yang bagus yang pada gilirannya bisa tahu posisi web/blog kita di search engine. Pertanyaannya adalah berapa skor SEO web/blog anda? jika masih jelek, anda bisa memperbaikinya. Silahkan baca artikel saya terdahulu tentang Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO).

Di internet ternyata ada salah satu situs yang menyediakan tools secara free untuk mengetahui skor SEO blog/web kita. Adalah situs Chkme yang menyediakan tools tersebut. Anda bisa menggunakan tools dari Chkme untuk mengetahui berapa skor blog anda dalam hal ini adalah SEO-nya. Hasil dari analisis tools Chkme yakni berupa skor antara 0% sampai 100%. Jika skor SEO blog anda mendekati 100%, maka SEO blog anda bagus. Namun, jika skor blog anda mendekati 0% maka skor SEO blog anda jelek.

Selain hasil analasis diatas, juga ada beberapa informasi tambahan yang diberikan dari hasil analisis yakni berupa H1, H2, dan H3. Selain itu, juga ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh situs Chkme terkait dengan bagaimana caranya untuk meningkatkan skor SEO blog/web kita.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata Cara Cek Skor SEO Blog. Silahkan anda simak baik-baik ya agar tidak salah dalam mempraktekkannya.

Cara Cek Skor SEO Blog

1. Pertama-tama silahkan kunjungi situs www.chkme.com Nanti akan menuju laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan masukkan alamat url blog/web anda pada kolom yang sudah disediakan. Dan kemdian silahkan klik tombol Check SEO Score!
Cara Cek Skor SEO Blog
2. Berikut adalah hasil analisis dari tools Chkme untuk blog saya Cara Ririn.
Cara Mengetahui Skor SEO Blog/Web
Keterangan:
H1 blog saya bagus
H2 blog saya bagus
H3 blog saya bagus

3. Berikut adalah hasil analisis yang menunjukkan skor SEO blog saya, yakni hanya mempunyai skor 46%. Itu artinya skor SEO blog saya termasuk jelek hehehe :D
berapa nilai SEO blog website saya
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Cek Skor SEO Blog. Semoga dapat bermanfaat. Apabila terdapat kekeliruan dalam hal tata tulis ataupun substansi, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

86 komentar:

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

cuma 48 % mbak, really bad katanya, haha

17Nima said...

What 48% dan saya cumaaaa...engggg >.<
keren mbaaa *4 thumbs*

Anonymous said...

alamak blog saya cuma 78%, menurun dari sebelumnya.
Thx master.

Kang Ucup said...

waduh, tidak ditemukan h1 :(

Unknown said...

Cuma 80% punyaku mbak

Unknown said...

punya saya cuma 57%

Ahmad Zaelani said...


blog saya cuma 57 % tapi lumaynlah.. heheh

Unknown said...

sudah lama gak cek Score SEO.. saya cek dulu mbak. terakir lihat sich %80

Kang Ucup : Coba di HTML nya H2 ganti dengan H1, terus dicek lagi.. :D semoga membantu,

Ahmad Zaelani said...

oh ya mba pas saya cek ada tulisan kayak gini
Images: 33 images and 32 missing descriptions maksudnya apa yah ? apa itu artinya gambarnya rusak ? atau apa ?

Kang Ucup said...

@Daniel : Berhasil gan, terima kasih sarannya :)

Unknown said...

SEO Score for my blog is 36 %. Masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan nilainya. Terima kasih infonya yang menarik. Salam cemerlang!

Anonymous said...

saya malah udah lama gak pernah cek skor SEO mbak..
saran saya kalo mau di tingkatin lagi cukup mudah kok mbak, seluruh link yang ada di menu blog sama footer di kasih title. selanjutnya setiap posting juga begitu jika terdapat link saat mengarahkan ke halaman lain, begitu juga dengan gambar :)

Anonymous said...

Klo Skor Saya 61 Mbakk Hehe Makasii yahh Infonyaa sangat Bermanfatt (Y)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, hehehe nggak apa-apa mas nyante saja. Itu kan hanya skor saja. Yang terpenting blog nya rame aja sudah bagus :D

Mbak Nima, wah lumayan mbak skor nya. Lebih bagus dari skor blog saya. Blog saya cuma dapat 46% wkwkwk :D

Mas Kolong, wah master software ini bisa aja. Skor SEO nya bagus banget :)

Kang Ucup, sekarang h1 nya sudah beres kan? hehehe Nggak perlu panik kang wkwkwkwk :D Nyante saja :D

Mas Hasby, wah keren mas skor SEO blog anda, 80%. Berarti sedikit lagi perfect tuh :)

Mbak Nasution, wah berarti sebelas dua belas sama skor seo blog saya mbak. Hehehe :D

Mas Zaelani, iya lumayan mas, dinikmati saja skor nya :D

Pak Herdoni, wah kok skor SEO blog anda bisa 36% ya pak. Wah berarti harus ada banyak yang dibenahi pak. Padahal blog anda sudah bagus di search engine Google. Mungkin penilaian dari Ckhme subyektif kali ya pak hehehe :D

Mas Andes, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau link internal itu sangat penting untuk SEO. Terimakasih atas sarannya ya :)

Mas Zgas, wah lumayan tuh skor nya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, wah skornya bagus 80%. Pantas saja blog nya selalu muncul di Google :D
Thanks ya sudah menambahkan untuk Kang Ucup :)

Mas Zaelani, wah saya kurang tahu untuk bagian itu mas. Nampaknya berkaitan dengan gambar yang disisipkan dalam postingan blog anda. Silahkan dicek lagi gambarnya untuk memastikan apakah rusaka atau tidak. Sekalian beri ALT Tag pada gambar :)

Anonymous said...

alhamdulillah 100% didapatkan heheh..
semangat gannn... :D

Kang Ucup said...

haha..tadi memang sempat panik mbak, untung ada Mas Daniel, setelah h1 muncul, skornya jadi 95% :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Jocker, nggak percaya saya kalau skor nya sampai 100% getu wkwkwk :D

Kang Ucup, wah selamat kang dapat skor cumloude wkwkwkwk :D

Anonymous said...

Blog saya Seo nya 85 mbak. . Kurang 15 ya.. Tadinya 87 tapi sempat error pas utak atik daleman belog. Dulunya waktu awal pertama pakai templat ini malahan seo nya 64 .. Ndak tau saxa waktu itu nambahin apa gitu, dah lupa, maklum lagi belajar hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah keren pak skor nya. Pantas saja trafik nya tinggi getu, ternyata SEO nya sangat bagus. Selamat ya pak :)

Staff Administrator said...

Wah ndak pernah cek cekan gini mbak...sebelumnya..hehe
Tapi penasaran juga sih..sekedar pingin tau..
Nanti nyoba deh..soale msh di tengah perjalanan nih :)
Thx ya mbak Rin..infonya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe itu hanya tools saja mas yang bisa digunakan untuk Mengetahui Skor SEO Blog kita. Saya juga baru tahu kemarin-kemarin kok hehehe :D Thanks ya sudah mampir :)

Claresta said...

informasinya sangat jelas mbak Eka,,,
terima kasih, sekarang saya jadi tahu cara cek skor seo blog saya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama mbak. Thanks atas kunjungannya :)

Anonymous said...

saya kok bisa 100% hehe bingung juga kok bisa dapet segitu....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah iya mas benar blog anda skor nya 100% wkwkwwkk :D
Congratulations!!! :D

NAUFAL SYAUQI said...

klo dibandingkan dg punya mbak ririn sih blogq gk ada apa2nya..,situssejati.blogspot.com very-very-very Baddd... hehehe... thank ya mbak ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah mas naufal ini bisa aja. Skor SEO Blog saya juga jelek kok mas. Cuma dapat 46% hehehe :D Thanks ya sudah mampir :)

Mizz Aiza said...

thanks informasi ini.. sudah dicuba.. H1 saya zero.. percentage hanya 17%..

Rasito Rasta said...

Infonya sangat menarik. Ternyata penggunaan iframe berpengaruh besar. Sebelumnya skor blog saya 57% dengan 1 buah iframe. Setelah iframe (Facebook FansPage) saya buang, skornya menjadi 78%.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, wah kok skor nya kecil sekali ya mizz. Keep spirit ya :)

Mas Rasito, wah berarti banyaknya widget juga mempengaruhi skor SEO ya mas. Pantas saja skor SEO Blog saya jelek hehehe :D Thanks sudah mampir :)

Arham Alpian said...

yah..,,tingkat blog punyaku hanya mencapai 40% ..

deskripsinya:
h1 really bad
h2 good
h3 good

hmm.... jadi pusing dengan seo... coz trik seo kebanyakan tidak lagi up to date seiring dengan perubahan alogaritmanya om google search engine.... apa lagi untuk platform blogger punyanya om google... itu sebabnya saya memilih menggunakan template standard alias deafult blogger template jadi ketika om google mau merubah alogaritmanya lagi suatu saat.. tidak perlu lagi ubah ini dan itu... masukkan script ini dan itu, semuanya otomatis mengikuti perubahan. itu menurutku! bagaimana menurut kalian?

Djangkaru Bumi said...

74 lumayan, walau sebenarnya saya sudah sering ke ngecek ke http://chkme.com dan saya sendiri kurang yakin akan keakuratannya. tapi lumayan untuk bahan koreksi.

Unknown said...

Salam Bro,,

Rajin Banget nih Updatednya..!

Iya Yah Saya cek Punyaku yang mutingpost.blogspot.com awalnya cuma 41 tapi sekarang jadi jadi 93% Nih,,Tapi saya masih kurang yakin untuk ceking Validator Markup di BING,

Di bing mengatakan masih kurang banyak,,tapi di Chkme sudah 93%.

Begitu pula Blogku logistikjurnal.blogspot.com

awal 51% aku edit,,cuma mampu hingga 72% saja.

Satu Hal Bahwa Skor ini tidak mendukung 90% Artikel Kita SEO,atau dalam Lomba Kontes Seo Misalnya,Belum Tentu bisa menjamin Kita Menang Di SERP. meski Blog saya memiliki Score hingga 93%.

Thx Udah berbagi!!

Melani Suwandi said...

Thanks for sharing
Baru kali ini cek skor SEO, dapet 70% .. lumayan yaa hahaha

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Arham, wah skor blog kita hampir sama ya mas, tapi masih tinggi punya saya sedikit hehehe :D Memang benar mas, kalau kita mikirin SEO terus itu nggaka ada habis nya. Kalau ilmu SEO selalu berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kita harus selalu mengikuti perkembangan tersebut.

Pak Djangkaru, wah ternyata persepsi kita hampir sama ya pak, saya juga sebenarnya nggak terlalu yakin dengan skor yang diberikan oleh Chkme. Tapi ya itu tadi, buat bahan evaluasi blog saja.Thanks ya sudah mampir :)

Mas Muting, wah bagus-bagus ya skor SEO blog anda. Iya mungkin ada benarnya juga mas apa yang anda sampaikan. Skor yang diberikan oleh situs Chkme itu kurang berpengaruh terhadap SERP Google. Dan keakurasian skor tersebut masih perlu dipertanyaakan. Tapi kalau untuk gaya-gayaan, seperti nya cukup bagus mas heheehe :D

Mbak Melani, wah lumayan itu mbak dapat 70%. Skor blog saya malah jelek hehe :D Thanks sudah mampir ya :)

Ahmad Zaelani said...

makasih atas sarannya mba...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ok sama-sama mas :)

akang sam said...

semakin lama semakin ramai ja ne blog, good luck deh sob. hehee
oia, berbicara mengenai cek seo, banyak sekali alat/ tool untuk mengecek seo blog kita, diantaranya checkmeseo, seoanalyzer.net dll, tapi mereka berbeda hasilnya sob, kira-kira yang mana yang akurat ya?

http://dasarbahasainggris.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kang, alhamdulillah pengunjungnya agak meningkat sedikit hehehe :D

Betul sekali itu kang, ada banyak situs yang menyediakan tools yang bisa digunakan Mengetahui Skor SEO Blog kita. Seperti yang telah anda sebutkan tadi.

Saya juga heran kenapa skor nya bisa berbeda-beda getu ya hehehe :D

afada said...

wah, pas saya baca tulisan ini, saya langsung check skor saya sebelum berkomentar di sini, ternyata skor saya 51% :D
dan sudah saya pasang di blog saya juga :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

lumayan juga ya mas Skor SEO Blog anda. Jadi perlu ditingkatkan lagi update artikel nya nich biar skor nya bisa naik :D

afada said...

Amiin, apalagi sekarang sekarang ini lagi sibuk ngembangin bisnis saya di Industri ASURANSI, jadi mungkin rada jarang jarang update Blog
semoga tetap berkenan di hati para pembaca :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sukses selalu mas bisnis nya :)
Yang penting pekerjaan utama nya yang diprioritaskan. Kalau blog kan bisa sambil jalan :)

ViralBanget said...

80% >,<

Unknown said...

59% lumyn.. coz bru puny.. heee...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Rio, dapat skor 80% kan malah bagus sob. Kok malah cemberut? kan aneh wkwkwkwk :D

Mas Iswanto, wah luamayan itu mas. Berarti harus ditingkatkan lagi SEO nya untuk blog :)

Unknown said...

Iy ka'... tpi q blom pham benr nich... hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ya belajar sambil jalan mas. nanti lama kelamaan pasti bisa dengan sendirinya. kuncinya ya harus banyak-banyak membaca :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Iy ka'... mksih ya tas infony...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ok sama-sama :)

Unknown said...

Mksiii...°○°

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya sama-sama mas :D

Anonymous said...

Alhamdulillah
SEO Score for http://rizkyzone.com
95 % - Congratulations!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah selamat ya mas Skor SEO nya perfect banget :)

Anonymous said...

Wah nice sharing mbak :) saya baru tahu malahan ada juga tool kayak gitu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok mas sama-sama :) Thanks sudah mampir :)

blogger said...

wuh masa sih mbak cuma segitu ??

walau saya masih belajar tapi alhamdulilah score 100% hehehe..

di tunggu kunbalnya ya http://hekos-soft.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya nich nggak tahu kenapa Skor SEO Blog saya kok jelek getu ya hikz hikz :)

Wah selamat ya skor nya perfect banget :)

Iya nanti saya pasti kumbal. Don't worry be happy Ok ;)

Unknown said...

blog saya yang dulu skornya 100% tapi tidak terlalu ramai, tetap sekarang yang penting nampaknya jangan labil di konten =D =D itu kebanyakan yang bikin skornya turun karena imagesnya ndak di kasih title and alt bla bla bla nice share. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus itu mas kalau dapat Skor SEO 100% :) Iya kalau gambar postingan memang harus di beri Alt Tag biar bisa lebih SEO Friendly :)

Meutrap said...

Ini yang belum saya coba mbak,
langsung saja ke TKP untuk mempraktekkannya .
terima kasih infonya mbak.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dicoba mas untuk mengetahui skor SEO blog anda :)

Rizal Fahmi said...

cuma dapat 59
thank sudah berbagi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah lumayan itu mas. Sukses ya blog nya :)

Anonymous said...

Ilmu baru lagi nih Mbak Buat saya
Izin belajar, cek seo blog saya Mbak
Terima kasih atas, ilmu dan berbaginya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Skor seo blog nya mas karis pasti bagus, soalnya sudah seo friendly blog nya :)

Unknown said...

Waduuuuh....... >.<
Parah deh paraaah.. >_<
skor aq cuman 40% nih.. :(
Harus di benerin nih..

Makasih ya mbak, udh bagi-bagi tips yg bermanfaat. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas. Silahkan diperbaiki lagi blog nya supaya Skor SEO Blog anda bisa lebih bagus lagi :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebaiknya jangan menyisipkan link aktif dalam kotak komentar, karena pasti akan saya hapus komentar semacam itu... Mohon maaf ya :)

Unknown said...

alhamdulillah, skor aq nambah jadi 50% nih :)
sehari kmaren 40%... skarang jdi 50% :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah selamat ya mas. Widget yang kurang bagus untuk SEO itu adalah ifreme. Coba widget ifreme dicopot, pasti bakal naik lagi Skor SEO Blog anda :)

Iampsh said...

nice post bro kunjungan balik ya

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Padli, segera meluncur ke TKP :)

Kang Iwan, thanks atas kunjungannya ya :)

Unknown said...

punya saya cuma 100% kok gak lebih....
cek aja di www.bacawebster.com

Zona Nyaman said...

Baru buat blog 3bln skorx cm 61%...bgus pa ndak ya.. www.nehandnews.com

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

terimakasih gan atas info buat ngcheck seo nya.


penemuanharian.blogspot.com

Karyakuw Adalah Hidupku said...

wew,.segitu tp traffict dan uv mantab,.ak aja score 95% tp traffic dan uv jelek beudh,..bisikin donk mastah caranya,.hehehehe

mangtato said...

check me seo memang bagus , kalau saya dapat 100% cuman nggak dapet semua page 1 ! kalau cari 100 % itu gampang !

Mas Jack said...

mbak ririn, blog saya mengejutkan, :D score nya 100%,
taapi kok hanya beberapa yang ada di page 1 google yaah? :( :D

Unknown said...

Saya 100% mbak
hehe

Post a Comment