Manfaat Google Plus untuk Blog

Manfaat Google Plus untuk Blog Google+, cara baru berbagi. Itulah slogan dari jejaring sosial ini. Bagikan hal yang tepat kepada orang yang tepat. Itulah kelebihan dari Google+. Anda bisa share suatu hal kepada orang tertentu tanpa orang lain tahu. Lahirnya Google+ dibelantika dunia maya telah membawa berbagai perubahan di setiap lini. Terutama yang merasakan manfaatnya adalah para webmaster di seluruh penjuru dunia.

Belum punya akun Google+ ya? Kasihan dech loh. Nich baca artikel saya yang berjudul Cara Mendaftar Google Plus. Meski eksistensi Google+ relatif masih baru, tapi perkembangannya sangat bagus. Hal itu karena banyaknya pengguna Blogger yang beralih ke porfil Google+. Sehingga dalam waktu singkat, pengguna Google+ sudah mencapai ratusan juta.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang keuntungan menggunakan social media google plus untuk blog. Ada beragam manfaat yang bisa anda peroleh jika mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial yang satu ini. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah uraiannya. Silahkan disimak baik-baik ya.
Manfaat Google Plus untuk Blog, keuntungan menggunakan social media google plus untuk blog
Image by blog.qnary.com

Manfaat Google Plus untuk Blog

1. Memudahkan share postingan terbaru
Dahulu sebelum ada Google+, artikel yang baru ditulis di blog tidak ada yang baca, kecuali harus bergerilya terlebih dahulu blogwalking kesana kemari. Namun, setelah ada Google+ kita bisa dengan mudah share tulisan kita ke Google+. Malahan kini posting blog bisa di share secara otomatis di Google+ seiring dengan penerbitan artikel terbaru anda. Belum ada 1 hari penuh, posting terbaru tersebut sudah dibaca oleh orang 100 lebih. Namun, itu tergantung dari jumlah teman anda di Google+. Jika teman anda sedikit, ya pemirsa baru nya sedikit, tapi jika teman anda sudah mencapai ribuan, bisa dipastikan artikel terbaru anda laris manis. Teman yang dimaksud disini adalah jumlah lingkaran Google+.

Belum lagi jika posting yang di share di Google+ itu di share ulang oleh orang lain, maka akan semakin luas jangkauan pemirsa blog anda dan akan menambah pemirsa baru tentunya. Selain itu, di jejaring sosial ini juga ada fasilitas Komunitas Google+, yang mana merupakan group berdasarkan minat. Nah, anda bisa share juga postingan anda pada komunitas tersebut. Tentu saja share-nya pada komunitas sesuai dengan niche blog anda.

2. Menampilkan Foto Profil Pemilik Blog di Google Search
Dengan adanya foto profil pemilik blog yang ditampilkan di search engine Google, maka menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengguna internet, dalam hal ini adalah pengunjung. Biasanya pengguna internet lebih suka mengunjungi web/blog yang ada foto profilnya di hasil pencarian Google. Inilah yang kemudian sebagian besar webmaster menjadi ingin menampilkan foto mereka di Google Search. Jika foto anda belum bisa tayang di Google Search, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menampilkan Foto pada Hasil Pencarian Google.

3. Fasilitas Laman Google+
Sama seperti hal nya Fans Page Facebook. Di Google+ juga ada fasilitas fans page, yang mana lebih akrab disebut dengan laman Google+. Dengan adanya laman tersebut, maka anda bisa menjaring pemirsa setia anda untuk bergabung di laman anda. Selain itu, anda juga bisa membagikan posting terbaru anda dengan mudah di laman Google+ tersebut. Tentu saja, untuk menjaring pemirsa setia, anda harus Memasang Widget Laman Google+ di Blog. Dengan begitu, maka mereka akan dengan mudah untuk bergabung dengan laman yang anda kelola.

4. Dapat Meningkatkan Pagerank Blog Anda
Setiap posting blog yang di share ke Google+ akan meningkatkan pagerank blog anda. Kok bisa? hal itu dikarenakan Google+ bersifat dofollow. Sehingga blog anda akan mendapatkan backlink berkualitas dan gratis. Kalau di Facebook dan Twitter, link di media sosial bersifat nofollow. Inilah kelebihan Google+ dibandingkan dengan jejaring sosial yang lain.

5. Membantu Peringakat Blog di SERP Google
Dengan adanya tombol plus (+) Google Plus yang dipasang di setiap postingan blog, akan membantu peringkat blog anda di Search Engine Result Page (SERP) Google. Tentu saja, tombol plus tersebut melalui aktivitas klik oleh pengunjung blog yang berasal dari search engine Google. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bahwa anda hendaknya Memasang Tombol Share di Setiap Postingan. Anda bisa memasang nya di bawah judul posting atau mungkin diakhir postingan blog.

6. Dapat Meningkatkan Trafik Blog anda
Pada akhirnya dengan mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial Google+ maka akan meningkatkan trafik blog/web anda. Karena Google+ memudahkan penggunanya untuk sharing apa saja yang menarik kepada pengguna lain. Anda bisa mempelajari tata Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Google+ yang sudah saya jelaskan beberap waktu yang lalu. Dari situ anda bisa tahu hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan trafik ke situs anda.

Demikian informasi yang dapat saya share kepada anda sekalian tentang Manfaat Google Plus untuk Blog. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

45 komentar:

Masnady said...

wah bener banget mbak.. dan semoga saja kedepannya google + makin ramai. jadi ada kemungkinan artikel yang kita share di lihat oleh banyak orang mbak....

Masnady said...

Jebreet.. Jebret..Jebreeett.. Ow Ow Ow... ternyata saya dapet pertamaxxx hehehehehe

blogger said...

blognya dipending dulu mbak waktunya kencan hahahaha.. :D

Anonymous said...

manfaat nya sangat bermanfaat. ^^

Unknown said...

Setuju mbk apalagi kalau artikel kita di share ke google plus pasti akan lebih banyak di baca orang :D

Unknown said...

sangat bermanfaat mba.. Apalagi buat saya yang masih pemula.. Hehe.. Makasih infonya mba..

Unknown said...

Yah pertamax saya di ambil orang jahat :(

Afrid Fransisco said...

Menurut saya

Google+ kebanyakan yg pake orang untuk berbisnis nyari duit atau buat ningkatin jumlah traffic

Nah, kalau Facebook buat pacaran. kalau menurut saya masih suka ama FB he he...,

Anonymous said...

banyak juga yah mbak manfaat google+ bisa buat update status juga :) hehe

Unknown said...

ternyata banyak juga ya manfaat dari google + ini,

Claresta said...

Dulu saya mengabaikan google+,,, ternyata sekarang banyak manfaatnya. Hmmm... tapi blm terlambat ya mbak Eka?

Uswah said...

aku masih setia pake profil blog :)

Anonymous said...

Itulah dia masalahnya mbak saya dari dulu memang kurang suka dengan google plus jadi kurang memanfaatkannya pada blog.

Anonymous said...

Wuihhh... nggak nyangka, ternyata manfaatnya luar biasaaaaa.... Saya kayaknya punya deh Google + , cuma nggak keurus. Coba cek dulu aaaah.... :D

Anonymous said...

ternyata banyak juga yah mbak manfaatnya, bisa untuk meningkatkan trafik dan juga serp, makasih buat infonya :)

Kang Ucup said...

manfaatnya ternyata besar buat perkembangan blog ya mbak :)

blogger said...

adminya lg kencan bro.. komen+blog disampingn dl wkkkkkk

Reusam Endatu said...

info yang sangat bermanfaat mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, semoga saja begitu mas. Karena kalau Google+ ramai dan menjadi jejaring sosial nomor 1 di dunia, kita (pengguna Blogger) akan memperoleh banyak manfaat dari Google+ :)

Mas Hekos, hehehe bisa aja nich Mas Hekos. Kebetulan penerbitan posting sudah saya jadwal mas, sehingga nyante banget untuk menengok blog ini hehe :)

Mas Fadly, maksudnya bagaimana master? hehe aneh dech master ini :)

Mas Rahmat, sepakat sama komentarnya Mas Rahmat. Memang benar bahwa kalau posting di share ke Google+ itu bisa meningkatkan trafik blog. Dengan catatan jumlah lingkaran kita banyak :)

Mas Warim, sama-sama :)

Mas Lutfi, kalau mau dapat pertamax di blog saya, harus datang pagi-pagi mas yakni jam 7 pagi. hehe :)

Mas Afrid, itu kan menurut pendapat mas Afrid kan? jadi masih ada kemungkinan-kemungkinan yang lain yang belum kita ketahui. Ya nggak? hehe :)

Mas Andes, betul mas, jadi Google+ selain bisa dimanfaatkan untuk update status, bisa juga dimanfaatkan untuk share posting blog :)

Mas Arie, ya getu dech :)

Mbak Indri, belum telat kok mbak. Masih ada banyak waktu untuk mengejarnya hehe :)

Mbak Uswah, itu kan sebuah pilihan mbak. Karena minat setiap orang tidak sama. So, enjoy aja lagi ^_+

Mas Info, ya nggak apa-apa mas, nama nya juga sebuah pilihan. Kita bebas memilih apa saja yang kita sukai. Ya nggak? hehe :)

Mas Blog, silahkan di tengok mas akun Google+ nya. Sayang sekali kalau sudah punya akun Google+ malah nggak pernah digunakan :)

Mas Anthonie, sama-sama mas :)

Kang Ucup, hu'um kang. Lumayan banyak manfaat Google+ untuk Blog dan SEO :)

Mas Hekos lagi, hehehe tau aja nich Mas Hekos :D

Mas Rizal, thanks ya :)

Meutrap said...

jadi tau ni apa manfaat google plus kak,
terima kasih artikelnya kak ,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

You're welcome :)

Unknown said...

sharing yang bagus dan tema ini pernah ku angkat di blog ku

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus dech kalau begitu hehe Thanks ya atas kunjungannya :)

Rizkyzone.com said...

kalau berkomentar pakai ikun google gini backlinknya bisa mengarah ke blog langsung nggak mb' ririn. @Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sepertinya kita nggak dapat backlink dari blog yang diberi komentar kita apabila kita berkomentar degan menggunakan profil Google. Tapi kita akan memperoleh backlink dari Profil Google :)

Staff Administrator said...

Waduh mbak admin dan rata2 yg komen di sini..pastinya udah gunain prifil G+ semua ya... :)
Di lihat dari manfaatnya...memang elegance bgt ya mbak Rin... :)

Rizkyzone.com said...

berarti kalau submid link ke google plus bisa dapat backlink gugel yah mb' ririn

Unknown said...

iya mas Budi kebanyakan sih yang komen di blognya mbak Wahyu udah pada punya G+, jadi tinggal nikmatin manfaatnya aja...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, iya donk hehehe :) Soalnya Google+ manfaatnya banyak sekali untuk perkembangan web/blog kita. :)

Mas Rizky, kemungkinan seperti itu mas. Silahkan saja dicoba untuk share posting blog ke Google+

Mas Anthonie, hehehe betul mas bud. Termasuk Mas anthonie juga sudah bermigrasi dari Profil Blogger ke Profil Google+ hehe :)

Mizz Aiza said...

saya tidak suka menggunakan profile google+ kerana jika connection internet saya slow pasti tidak dapat membukanya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mizz. Sayang sekali ya kalau beralih ke Profil Blogger lagi. Padahal Profil Google+ sangat bagus lho untuk membantu meningkatkan trafik blog kita. Tapi kalau alasan koneksi internet memang saya akui bahwa untuk mengakses Google+ cukup berat :)

afada said...

saya sudah pakai layanan ini sejak pertama kali DavidRaja.com di luncurkan, hanya saja memang total kontributor dalam kolom komentar sangat sedikit :'(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin jumlah lingkaran (pertemanan) anda di Google+ masih sedikit mas. Jadi hasilnya belum bisa optimal dalam meningkatkan trafik Website David Raja :)

Unknown said...

Lama-lama asyik juga pake Google+, soalnya banyak manfaatnya seperti yang dibilang mbak Wahyu Eka :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lebih asyik lagi kalau jumlah temannya sudah mencapai ribuan mas. Jadi tinggal share aja ke Google+, para pengunjung datang dengan sendirinya di blog kita hehe ^_+

K.A.A said...

Hi mba Wahyu Eka Prasetiyarini, saya berat rasanya beranjak ke G+, entah kenapa, kemudahan yg ditawarkan tak membuat saya berpaling bgitu saja, mengumpulkan ribuan teman itu sesuatu yang membosankan, lebih suka ketemu teman di dunia nyata hehehehe.....

makasi pencerahhannnya mba Wahyu Eka Prasetiyarini

Anonymous said...

kalau ini sayah sudah tau sejak sembilan bulan yang lalu, dari google plus ini saya mengenal blog... tadinya bingung cara membuat blog... tapi sekarang juga masih bingung hehehe.... terimakasih master sudah berbagi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, kan itu sebuah pilihan mas. Kita bebas menentukan pilihan sesuai dengan hati kecil kita. Nggak ada sebuah paksaan harus pakai Profil Google+ atau nggak. Thanks ya atas kunjungannya :)

Pak Mang, wkwkwk dari bingung kembali bingung lagi ya master wkwkwk ada-ada aja master ini. Saya nggak percaya kalau master nggak bisa menggunakan Google Plus hehe :D

Unknown said...

wah gampang-gampang susah mau dapetin ribuan teman di google+, apa ada cara yang mudah mbak biar cepat mempunyai teman banyak di Google+ :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau cara mudah dan cepat saya kira tidak ada mas. Hehehehe :D Saya juga dulu lama banget untuk memperoleh banyak teman di Google+ hehe :)

Unknown said...

berarti temennya mbak Ririn di google+ udah ribuan yah, wow hebat mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, jumlah circles saya di Google+ sudah nyampe 5 ribuan nich hehe :D

Anonymous said...

Mantap Nih Infonya. Sangat Bermanfaat Bagi Saya Blogger pemula.
Ditunggu Kunjungannya Di blog Sederhana Saya ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar mas, karena saya juga masih pemula kok :)

Vertical Design ID said...

mantap sist post nya
tadinya mau beralih ke profil blogger tapi gak jadi setelah baca ini

Post a Comment