Cara Pasang Iklan Berdampingan dengan Artikel Terkait di Akhir Postingan

Cara Pasang Iklan Berdampingan dengan Artikel Terkait di Akhir Postingan Beberapa waktu yang lalu saya jalan-jalan ke blog sahabat (blogwalking) untuk belajar tentang Blogging dan teknik SEO. Saya menemukan tampilan blog nya lumayan cukup bagus. Ini berbeda dan lain dari pada yang lain. Adalah letak iklan dan artikel terkait yakni berdampingan di akhir postingan.

Setelah itu baru kemudian saya mencoba melakukan analis dan uji coba kecil-kecilan dengan cara memadukan beberapa script untuk bisa menjadi tampilan seperti itu. Dari hasil uji coba saya ternyata bisa dan berhasil memasang artikel terkait dengan iklan secara berdampingan. Dari situlah saya memberanikan diri untuk memberikan tutorial untuk anda semua yang tertarik untuk memasang widget tersebut.

Kenapa kedua komponen tersebut perlu di letakkan secara berdampingan? Alasannya sederhana. Yakni supaya tidak mengakibatkan pemborosan space di blog kita. Selain itu juga tampilan yang demikian akan terlihat menarik, karena memang ini lain daripada yang lain. Perhatikan screenshoot berikut ini. Itu adalah contoh layout-nya.
Cara Pasang Iklan Berdampingan dengan Artikel Terkait di Akhir Postingan
Untuk memasang dua komponen tersebut ternyata cukup mudah. Oleh karena itu, silahkan simak langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Pasang Iklan Berdampingan dengan Artikel Terkait di Akhir Postingan

1. Siapkan kode iklan anda yang akan dipasang di blog. Ukuran iklan harus 250x250. Kode iklan berupa HTML/JavaSccript. Anda bisa menggunakan iklan PPC atau iklan buatan sendiri. Silahkan iklan anda tersebut di parse terlebih dahulu di url ini http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

2. Siapkan kode artikel terkait yang akan anda pasang. Berikut adalah kode HTML/JavaScript artikel terkait. Silahkan anda copy saja. Tidak perlu di parse.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><div style='margin-top: 10px;'>
<b>Artikel Terkait</b> <div class='rbbox'>
 <div style='margin:0; padding:10px;height:250px;overflow:auto;border:1px solid #ccc;'>
 <div id='ardi33'/>
 <script type='text/javascript'> var homeUrl3 = "<data:blog.homepageUrl/>"; var maxNumberOfPostsPerLabel = 4; var maxNumberOfLabels = 10; maxNumberOfPostsPerLabel = 10; maxNumberOfLabels = 3; function listEntries10(json) { var ul = document.createElement('ul'); var maxPosts = (json.feed.entry.length <= maxNumberOfPostsPerLabel) ? json.feed.entry.length : maxNumberOfPostsPerLabel; for (var i = 0; i < maxPosts; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; var alturl; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') { alturl = entry.link[k].href; break; } } var li = document.createElement('li'); var a = document.createElement('a'); a.href = alturl; if(a.href!=location.href) { var txt = document.createTextNode(entry.title.$t); a.appendChild(txt); li.appendChild(a); ul.appendChild(li); } } for (var l = 0; l < json.feed.link.length; l++) { if (json.feed.link[l].rel == 'alternate') { var raw = json.feed.link[l].href; var label = raw.substr(homeUrl3.length+13); var k; for (k=0; k<20; k++) label = label.replace("%20", " "); var txt = document.createTextNode(label); var h = document.createElement('b'); h.appendChild(txt); var div1 = document.createElement('div'); div1.appendChild(h); div1.appendChild(ul); document.getElementById('ardi33').appendChild(div1); } } } function search10(query, label) { var script = document.createElement('script'); script.setAttribute('src', query + 'feeds/posts/default/-/' + label + '?alt=json-in-script&callback=listEntries10'); script.setAttribute('type', 'text/javascript'); document.documentElement.firstChild.appendChild(script); } var labelArray = new Array(); var numLabel = 0; <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:loop values='data:post.labels' var='label'> textLabel = "<data:label.name/>"; var test = 0; for (var i = 0; i < labelArray.length; i++) if (labelArray[i] == textLabel) test = 1; if (test == 0) { labelArray.push(textLabel); var maxLabels = (labelArray.length <= maxNumberOfLabels) ? labelArray.length : maxNumberOfLabels; if (numLabel < maxLabels) { search10(homeUrl3, textLabel); numLabel++; } } </b:loop> </b:loop> </script> </div>
<script type='text/javascript'>RelPost();</script><div class='ycdr' style='font-family: arial, sans-serif; font-size: 9px;'>
<a href='' target='_blank' title=''/> <a href='http://kumpulan-informasi-unik.blogspot.com/' target='_blank'/></div>
</div>
</div>
</b:if>

3. Langkah selanjutnya adalah masuk ke Blogger.

4. Masuk ke Dashboard > pilih menu Template > klik Edit Template > silahkan cari kode <data:post.body/> yang ke tiga atau ke dua. Cara mencari kode tersebut, silahkan tekan Ctrl + F pada keyboard anda.

5. Setelah kode <data:post.body/> sudah ketemu, silahkan letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <data:post.body/> yang kedua atau ketiga.

<table border='0' bordercolor='#336699' cellpadding='0' cellspacing='0'><tbody>
<tr> <td>



Kode iklan yang sudah di parse (ukuran 250x250)



</td><td>

</td><td>



Kode Artikel Terkait



</td> </tr>
</tbody></table>

Keterangan:
Silahkan ganti tulisan kode iklan ukuran 250x250 yang sudah diparse dengan kode iklan
Silahkan ganti tulisan kode artikel terkait dengan kode yang terdapat pada langkah nomor 2 diatas

6. Langkah selanjutnya adalah klik Save dan lihat hasilnya. Bila anda berhasil dalam mempraktekkannya, maka iklan dan artikel terkait akan tayang seperti gambar berikut ini.
cara menambahkan iklan adsense secara otomatis di website
Image by belajaritsaja.com
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Pasang Iklan Berdampingan dengan Artikel Terkait di Akhir Postingan. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

41 komentar:

Unknown said...

Penempatan yang 'cantik' dan 'pas'. Penempatan iklan memang harus dipertimbangakn dengan bijak oleh Admin. Terima kasih tutorial cara pasang iklan berdampingan dengan artikel terkait di akhir postingan. Salam cemerlang!

Unknown said...

bermanfaat sekali mbak, jadi gak boros space dan enak diliatnya karena lebih rapi.

Anonymous said...

iklan nya jadi lebih terlihat indah dan tidak berantakan yah??

Unknown said...

kalau dipasang disitu juga bisa mendatangkan klik,

tapi CTR nya bisa naik gak mbak ??

Nandar said...

Kalau berdampingan gitu kemungkinan diklik juga makin besar. thanks infonya

Claresta said...

sangat bermanfaat bagi saya,,, suatu saat nanti akan saya coba di blog saya :)
makasih infonya mbak,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Herdoni, betul itu pak. Letak iklan memang sangat mempengaruhi pendapatan hehehehe :D Kalau iklan terlihat cantik dan menarik, bukan-tidak mungkin para pengunjung akan meng-klik nantinya. Thanks pak sudah mampir :)

Mbak Elsa, iya benar itu mbak. Nggak banyak makan tempat apabila space iklan di sandingkan dengan widget artikel terkait :)

Mas Kolong, sepertinya begitu mas wkwkwkwk :D

Mas Daniel, wah saya kurang tahu mas apakah CTR bisa naik atau tidak hehehe :D

Mas Nandar, iya mas sepertinya juga begitu, tapi saya belum pernah nyoba sih hehehe :D

Mbak Indri, silahkan dicoba mbak. Thanks sudah singgah kemari :)

Update Campuran said...

ikut nyimak aja.

Kang Ucup said...

saya cuma bisa bookmark :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Update, silahkan disimak baik-baik ya. Jangan sambil ngelamu lho wkwkwkwk :D

Kang Ucup, ok silahkan kang di bookmark biar nggak lupa :D

dunia maya said...

izin nyimak jga mb

Anonymous said...

Hmm .. Ternyata Mudah juga yahh hehe
Tpi saya Masihh Bingung Gan cara Pasang Iklannya Ginama yahh ???
Apa dari Iklan Tsb Kita bisa dapetin Uang ?? :D

Oh iyaa mbakk Ditunggu lhoo Kdatengannya Di Blog baru saya Hehe dan Ditunggu juga Follbacknya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Maya, iya silahkan disimak baik-baik ya. Jangan sambil ngantuk lho. apalagi tidur disini wkwkwk :D

Mas Zgas, iya bisa dapat uang donk kalau iklan tersebut iklan PPC atau mungkin iklan buatan sendiri. Iya nanti saya meluncur kesana :)

Unknown said...

keren mbak...saya BM dulu, soalnya belum jadi publisher. Masih pusing cari visitor sama BL
heheheheh.......

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya nyante aja mas. Nggak perlu pusing segitunya kali. Dinikmati saja blogging nya. Nanti lama kelamaan akan dapat hasilnya. Hasil blogging, tidak selalu materi, tapi bisa juga ilmu dan pengalaman yang mana tidak diperoleh oleh orang lain yang tidak suka nge-blog :)

Anonymous said...

waw mantap banget nih mbak, efektif dan hemat space..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasa aja kok, nggak mantap-mantap banget :D

Unknown said...

Mantap gan :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok thanks mas Febrian atas kunjungannya :)

Staff Administrator said...

Mbak Rin emang paling top deh..ndak kehabisan ide ide bagus buat di bagi in ke kita2...
Sepertinya patut di coba nih mbak...
Trims ya :)

Btw knapa ndak pasang thread comen nih mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah bisa aja mas budi ini. Sukanya ngalem nggak jelas getu. Bikin ge-er saja wkwkwkwk :D

Btw apa itu thread comen mas? nggak paham saya. Mohon penjelasannya :)

Mas Andes said...

komentar yang ada tombol balasnya mbak :) katanya mas budi kalo bercakap cakap biar lebih enak hehehe..

Jery Yanuarlan said...

wah keren mbak...bookmark dulu ah siapa tau nanti butuh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andes, owh getu ya mas. Saya malah baru tahu. Template yang saya gunakan ini memang tidak ada tombol reply nya. Sehingga harus pasang secara manual dengan cara edit template. Sebenarnya mau pasang sih, cuma takut kalau eror lagi seperti kemarin. Kemarin saya sudah pasang kode klik di tab baru pada komentator blog. Sempat eror berkali-kali. Ya udah nanti saya pertimbangkan lagi. Terimakasih banyak atas saran dan masukannya :)

Mas Wewengkon, silahkan mas di bookmark. Jangan sunkan-sunkan :D

Anonymous said...

bener banget, ini bisa memaksimalkan space blog, jadi terlihat lebih menarik :)

Mizz Aiza said...

bagus sharingnya.. supaya mudah dilihat oleh visitor yang berkunjung ke blog kita..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Jocker, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata widget seperti itu bisa terlihat lebih menarik :D

Mizz Aiza, iya betul itu mizz. Kalau iklan dipasang disidebar, pasti hanya dilirik saja. Namun, kalau iklan diletakkan di bawah postingan blog, maka akan selalu dilihat. :)

HP Yitno said...

Dulu pernah pasang model kayak gini. Sekarang saya rubah atas dan bawah

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah ternyata Mas Yitno sudah berpengalaman ya. Jadi ingin berguru dech sama Mas Yitno :)

Unknown said...

@Ririn : Mantap kata-katanya,,suka (y) sekarang berprofesi sebagai motivator blogger juga ya :)

Djangkaru Bumi said...

dengan cara seperti itu memang akan lebih menghemat tempat.

Djangkaru Bumi said...

untuk tombol replay sebenarnya tinggal mengganti kode di coment templatenya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, wkwkwkwk nggak juga mas :D Ya untuk memberi support aja untuk sesama Blogger supaya tidak mudah menyerah :D

Pak Djangkaru, betul itu pak. Iklan yang dipasang secara berdampingan dengan artikel terkait tersebut memang dapat menghemat tempat dan tentunya lebih menarik. Terkait soal thread comment, masih saya pertimbangkan pak. Thanks ya atas masukannya :)

Anonymous said...

@Mbak Ririn : Owhh Bisa Dpett uang toh hehe asikk Nanti deh kapan kapan saya Coba Makasii yah mbak atas Info + Follbknya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya donk. Iya silahkan dicoba mas. Siapa tahu dapat uang banyak dari blog anda hehehe :D

Ok sama-sama mas :)

Anonymous said...

Kalau misal kolom iklannya mau ditaruh disebelah kanan bisa juga kan mbak, keren banget boleh juga nih dicoba hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iklannya bisa diletakkan dimana saja mas, kanan atau kiri Ok Silahkan dicoba mas :D

Anonymous said...

keren mbak, mau coba praktek, tapi sayang saya ndak punya iklan, belum ngerti masalah begituan, tapi terimakasih ya infohnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah Pak Mang Yono suka begitu dech. Pura-pura nggak tahu hehehehehe :D

akang sam said...

kok saya gak berhasil ya sob

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin kode script iklan belum di parse kang, jadinya nggak berhasil :)

Post a Comment