Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus

Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus Pada tanggal 11 September 2013 yang lalu, Google+ mengeluarkan fitur terbarunya. Yakni kita bisa share postingan blog secara otomatis di Google+ bersamaan dengan penerbitan postingan di blog. Tentu saja fitur ini disambut gembira oleh para pengguna Blogger di seluruh penjuru dunia. Karena hal itu sangat memudahkan kita untuk share ke Google+ tanpa harus menunggu loading cukup lama.

Sebelumnya, kita bisa share postingan kita secara manual di Google+ setelah selesai kita publish artikel di blog, yang mana cukup memperberat loading blog. Apabila anda sudah beralih dari profil Blogger ke Google+, pasti ketika anda membuka blog akan muncul pemberitahuan seperti screenshoot di bawah ini. Yang berbunyi "Share your posts to Google+ automatically".
Notifikasi Dari Google Plus
Notifikasi dari Google+
Akan sangat disayangkan apabila anda kini tidak beralih ke profil Google+, mengingat banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh dari migrasi profil tersebut. Untuk proses pendaftaran Google+, silahkan baca Cara Mendaftar Google Plus.
Tata Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus
Fitur sebelumnya yakni share secara manual di Google+
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara share link postingan secara otomatis di google plus. Berikut adalah langkah-langkahnya. Silahkan anda simak dengan baik.

Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus

1. Pertama-tama silahkan log in ke akun Blogger anda dengan menggunakan username dan pasword anda masing-masing

2. Silahkan masuk ke Dashboard > dan kemudian silahkan pilih menu Google+
Cara Setting Share Postingan secara Otomatis di Google Plus
3. Pada menu Google+, silahkan centang Bagikan secara otomatis setelah mengeposkan
Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus
Maka, ketika anda menerbitkan artikel di blog anda, artikel tersebut akan secara otomatis di share juga ke Google+

Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini anda hanya perlu mempraktekkannya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

61 komentar:

Unknown said...

kemarin malam pas login saya juga dapat notifikasi itu mbak,
tapi masih belum saya terapkan..

mumpung masih baru, saya buat artikel nya juga.. :D
Thanks sudah mengingatkan

Anonymous said...

jadinya lebih praktis dan saya sudah merasakannya sendiri.

Unknown said...

hmm....saya sudah memakai fitur ini sejak awal nulis di 3office mbak.. Mungkin teman-teman blogger lebih suka membuka menu earning dari pada googlenya.. Jadi pada bolak-balik ke beranda G+ untuk share artikel
Tapi bagaimanapun juga, nice post dah (y)

Kang Ucup said...

sebenarnya saya lebih suka cara manual mbak, karena bisa memilih mana yang perlu dibagikan dan mana yang tidak :D

Pangandaranlife said...

alhamdulillah sudah nyoba.... :D

Anonymous said...

kemarin tanggal 11 saya udah praktekan... kan ada gambar spekernya hehee

Anonymous said...

saya juga udah setting kayak gitu mbak, jadi kalo abis mempublikasikan post langsung muncul otomatis. tapi kalo post yang udah di jadwalkan yah manual harus klik berbagi dulu :)

HP Yitno said...

Kalau saya tetap senang dengan profil yang lama dan nggak mau pindah ke google plus meskipun ada fitur baru tersebut. Kecuali google plus sudah bisa diadaptasikan dengan operamini

Claresta said...

makasih infonya mbak,,, sekarang saya jadi tahu cara share ke google+ yg lebih mudah setelah baca tips ini,,,

Anonymous said...

Keren Mbakk Tipsnya saya Juga Udah Pake Tuhh ehehe :)

Anonymous said...

wah boleh juga nih mbak share postingan secara otomatis di blog dan caranya juga sangat mudah, saya pasti coba deh, makasih mbak :)

Unknown said...

saya justru kembali beralih ke profil lama blogger sob, soalnya profil google plus, lumayan berat di bukanya, kasihan para sobat bloger jika ingin membalas komen dan harus merujuk ke profil Gplus, sebagai alternatif saya menggunakan fitur share untuk membagikan postingan ke profil google plus

afada said...

Alhamdulilah Saya sudah pakai layanan ini sejak pertama kali launching DavidRaja.com
thanks atas share nya mbk Ririn, semoga bermanfaat bagi mereka yang belum memakai layanan ini :)

Anonymous said...

Biasanya cara ini default bawaan , Ane udah pakai. Kalau ada tutorial share FB otomatis,share mbak.

Mizz Aiza said...

dulu saya gunakan profil google+ profile.. jika connection internet slow, lambat loadingnya.. jadi saya bertukar kepada blogger profile..

Unknown said...

Sudah saya aplikasikan di Blog mba,hem!

Gak perlu repot lg,sekalipun posting via mobile.

Thx.

Arham Alpian said...

yeap... sudah di terapkan thanks...

Anonymous said...

Saya malah baru tau mbk thanks ya infonya ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, owh begitu ya mas. Sayang donk kalau belum diterapkan hehehe :) Soalnya hal itu bisa memudahkan kita untuk sharing ke Google+ :)
Iya silahkan buat artikel tentang Google+, karena trik ini masih relatif baru, sehingga belum banyak diperbincangkan di belantika dunia maya :D

Mas Kolong, wah pengalaman yang sangat menarik mas. Semoga saja teman-teman yang lain bisa menyusul menggunakan fitur terbaru Google+ ini. Thanks ya atas kunjungannya :)

Mas Hasby, saya kira fitur ini masih baru mas. Karena baru kemarin saya memperoleh notifikasi dari pihak Google+. Yang intinya kita bisa share postingan blog secara otomatis ke Google+ bersamaan dengan penerbitan postingan di blog. Kalau share secara manual di Google+ mah sudah lama. Saya sendiri sudah sering menggunakannya :)

Kang Ucup, setiap orang pasti mempunya interest yang berbeda-beda. Dari perbedaan itulah hidup kita menjadi indah hehehe :D Namun, paling-tidak dengan adanya fitur baru Google+ ini akan memberikan kemudahan untuk kita dalam hal men-share artikel ke jejaring sosial Google+. Kalau tertarik ya silahkan dicoba. Tapi kalau nggak, juga tidak apa-apa :)

Mas Zaelani, wah bagus itu mas :)

Pak Mang Yono, iya betul pak, kemarin di dashboard blog saya juga ada gambar speaker nya hehehe :D

Mas Andes, iya betul itu mas. Untuk posting yang di jadwal penerbitannya, memang tidak bisa menggunakan fitur ini. Solusinya ya kita harus share ke Google+ secara manual :) Betul apa yang anda sampaikan tersebut :)

Mas Yitno, owh begitu ya mas. Saya malah kurang tahu kalau ternyata Google+ belum adaptasi dengan operamini. Hehehe :) Thanks dech atas sharing nya :)

Mbak Indri, iya mbak sama-sama. Thanks ya atas kunjungannya :)

Mas Zygas, wah biasa aja kok mas. Nggak keren-keren banget wkwkwkwk :D Wah bagus kalau anda sudah mempraktekkannya :)

Mas Anthonie, iya silahkan dicoba mas. Caranya sangat mudah kok. Hanya sekali klik di menu Google+ di dashboard Blogger. Dengan menggunakan fitur ini, paling-tidak dapat memudahkan kita untuk share ke Google+ :)

Mas Arie, wah sangat disayangkan ya mas kalau malah migrasi ulang ke porfil Blogger. Sebenarnya jejaring sosial ini tidak terlalu berat kok. Thanks ya atas komentarnya :)

Mas Raja, wah pengalaman yang sangat bagus pak. Bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua bahwa Google+ mempunyai peran yang bagus untuk kemajuan blog kita. :)

Mas Putra, iya benar sekali mas. Trik ini memang sudah default bawaan dari Blogger. Kalau share ke Facebook secara otomatis, malah saya kurang tahu mas. :)

Mizz Aiza, iya kalau koneksi internet lambat ya memang berat untuk membuka web/blog mizz hehee :D

Mas Muting, wah bagus itu mas. Lanjutkan dech :)

Mas Arham, sipp mas :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rafin, iya mas sama-sama. Ma kasih ya atas kunjungannya :)

Rohis Facebook said...

waduh sy baru tau ni mbk..,Serius! soalx jarang2 sy buka g+ berat banget soalx.., makasih... *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Silahkan dicoba mas untuk menambah jangkauan pemirsa blog anda dengan menggunakan fitur terbaru dari Google+ ini :)

Staff Administrator said...

Saya simpen dulu ya mbak Rin....tutornya
Karna sy masih pakai tampilan profil bawaan blogger hehe :)

kalo swaktu2 pingin ganti dan ngeshare ke G+...Jd udah tau caranya..
Terima ksh ya :)

Anonymous said...

paadahal ini yang saya cari mb' tapi sayangnya kok ya untuk blogspot hehhehe, lagi nyari yang untuk wordpress. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, iya silahkan di save mas dulu mas, siapa tahu besok atau kapan anda mau bermigrasi dari profil blogger ke profil google plus hehehe :D

Mas Rizky, wah kalau untuk wordpress saya malah nggak tahu mas hehehe :D

TS Frima said...

oh gitu caranya...
baru tau saya (y)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mas, untuk share postingan ke Google+ sangat mudah dan bisa otomatis. silahkan dicoba :)

Unknown said...

Saya sampai sekarang sudah tidak dapat notifikasi dari google mbak, saya juga ngga tahu kenapa bisa langsung share di G+ dulunya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

owh begitu ya. Berarti mungkin ada perhatian khusus dari pihak Google+ untuk anda mas. Soalnya lain daripada yang lain sich hehehe :D

Mas Andes said...

mas budi abis beli kulkas baru tuh katanya mbak buat nyimpen segala macem :) mau nyrempet mas hasby ah.. itu karena sudah dari awal memang menggunakan fitur profil G+ mas, sama seperti saya. jadinya yah gak dapet notofikasi ini, kan dari awal memang udah otomatis kalo abis posting langsung muncul popup share ke G+ :) hehe

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

@ Putra Atiaqsa, untuk share ke facebook secara otomatis, bisa melalui twitter sob, pada Pengaturan =>Profil , nanti akan ada pilihan hubungkan ke facebook

Nurul Imam said...

Klo buat di WordPress gimana yah ?

Yanuar Catur said...

Nah, ini nih yang dicari.. thanks yah mbakk

Djangkaru Bumi said...

tapi aku paling tidak suka, jika google plus isinya hanya sharing blog. Jadi terasa kurang bisa berinteraksi antara sesema teman G plus.

Mas Andes said...

kok malah tidak suka sih pak @djangkaru bumi, kan malah bagus kalo yang di share bisa bermanfaat buat orang laen. daripada yang di share ke G+ foto2 ato video porno :D
heuheuheu.. piss pakkkk ____kaburrr dulu ah :)

Anonymous said...

Para pengguna Blogspot dimanjakan nih ah. .. :)

Mba settingan komenternya kenapa gak ada yang untuk blog berdomain iiih. .. Sebel. Hahahahaa

Indra Kusuma Sejati said...

Ulasannya ringan dan mudah di mengerti nih. Thanks ya.

Salam wisata

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

kurang suka dengan google +, agak berat dan teman plus pun cuma sedikit

Anonymous said...

saya share postingan dengan google+ eh saya lihat google+ udah nongol di halaman pertama google search, sedangkan postingan saya malah jauh di halaman belakan google search, apa yang lain juga begitu yah?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andez, iya saya juga berfikiran seperti itu mas bahwa Mas Budi habis beli lemari es baru. Jadi nya pengen nyimpen file apa saja wkwkwkw :D Kasihan banget ya nggak dapat notifikasi. Sepertianya kalian berdua di anak tirikan oleh Google+ wkwkwkwk :D

Mas Arie, wah terimakasih banyak mas sudah menambahkan penjelasan terkait dengan share otomatis di Facebook. Jujur, saya nggak paham soal itu hehehe Thanks ya :)

Mas Nurul, saya belum tahu mas untuk platform WordPress. Soalnya ini fitur bawaan dari Blogger :)

Mas Yanuar, ah masak sih mas. Biasa aja donk wkwkwkwk :D

Pak Djangkaru, owh begitu ya pak. Saya kira tidak masalah apabila jejaring sosial diisi dengan sharing blog/web. Saya kira sebagian besar media sosial juga seperti itu yakni dimanfaatkan untuk share link. Di Facebook atau di Twitter lebih-lebih, banyak sekali orang yang sudah memanfaatkan share link ke jejaring sosial tersebut. Kalau ingin interaksi yang benar-benar berinteraksi yang mungkin buat situs jejaring sosial sendiri pak :D

Mas Andes, terimakasih banyak mas sudah menambahkan :D

Mbak Idah, iya donk jenk. Blogspot getu loch wkwkwkwk :D Mohon maaf mbak, setting form komentar nya belum saya ubah. Mohon sabar ya soalnya saya pikir-pikir terlebih dahulu :)

Saudara Ejawantah, terimakasih kawan atas apresiasinya. Salam :)

Mas Sabda, kalau teman masih sedikit ya harus memperbanyak teman dengan menambahkan sendiri. Saya kira situs Google+ tidak begitu berat kok. Kalau kita pakai koneksi internet lelet ya memang berat :)

Mas Anthonie, wah saya kurang tahu mas soal itu. Tapi menurut pengalaman saya ketika share posting ke Google+ itu bisa memperoleh banyak pemirsa baru. Sehingga sering kali belum ada 1 hari penuh saya share ke Google+, iposting tersebut sudah dibaca oleh 100 orang lebih :)

Albab Alpachino said...

wah saya justru menemukan masalah nih mbak dengan google+, kayanya ada yang gak beres sama template saya
mbak bisa bantu gak ? disini http://albabalpachino.blogspot.com/2013/09/ada-yang-bisa-bantu-masalah-blog-albab-alpachino.html

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saudara Rian Ra-Kun, sorry saya nggak bisa berkunjung di blog anda. Karena konten blog anda tertutup oleh pop up yang mengharuskan pengunjung like dan share blog anda. Sorry ya. Silahkan di perbaiki lagi blog anda. Jangan sampai tidak ada orang yang mengunjungi blog anda gara-gara hal itu. Karena hal itu sebuah pemaksaan.

Mas Albab, ok mas nanti atau besok akan saya lihat dan cek blog anda. Thanks ya sudah mampir :)

Unknown said...

oh jadi kalau share di google+ juga dapat meningkatkan trafik juga yah...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya donk. Karena posting yang di share ke jejaring sosial Google+ akan di klik oleh pengguna Google+. Dengan catatan, jumlah lingkaran (teman) kita banyak. Selain itu, judul posting yang di share itu menarik untuk dibaca :)

Anonymous said...

detail banget nih mbak infonya ..
i like it ..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Perasaan biasa aja sih, nggak detail-detail banget. Wong cuma 1 lembar halaman saja :)

Unknown said...

thanks, sangat bermanfaat skali buat newbie sperti saya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Faried :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

thank you banget ya Mba Ririn...
saya juga baru saja melakukannya
mampir dan lihat Maju Royal di Google+ ya :D
kami tunggu Sharing nya Mba Ririn di sana ya... trims

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hi Mas Fritz, saya kemarin sempat mampir di Blog Maju Royal lho, tapi nggak ada form komentar nya. Jadi malas mau kesitu lagi hehehe :D

Rizal Fahmi said...

info yang sangat bermnafaat ne jadi kita tdak hrus buka kembali G+
tapi yang ingin saya tanyakan dikit ne Mbak
bagaimana cara koment agar yang nampak profil blog saya , bukan profil G+

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin maksud nya adalah Profil Blogger ya mas? Bukan profil Google+ kan? Kalau memang benar begitu. Anda hanya perlu beralih dari profil Google+ ke profil Blogger. Nanti yang kelihatan saat anda berkomentar adalah profil blogger nya.

Namun, apabila maksud anda adalah penggunaan OpenID, yakni link komentator yang mengarah di home blog anda. Anda harus melakukan aktivasi atau verifikasi OpenID terlebih dahulu. Baru kemudian anda baru bisa menggunakan fitur OpenID.

Kira-kira yang mana mas letak kebingungannya? kalau boleh tahu :)

Anonymous said...

Tadinya blog saya kalau expose artikel baru memang
Share otomatic ke google + tapi aneh sekarang kok gak
Lagi yah Mbak.. ada apa Rupanya Dirimu Google ++ ku
kaya nya ada Sesuatu yang perlu di Ralat yah Mbak..?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin anda terlalu sering share posting blog ke Google+ mas, sehingga fitur share otomatis di non aktifkan oleh pihak Google+. Saran saya, jangan terlalu sering share setiap hari. Atau mungkin jangan sering share posting blog ke sebuah Komunitas Google+ karena cukup berbahaya :)

Mas Marnes said...

Oya mba' sebenernya lebih baik yg mana nie antara pake yg google+ dengan profil google yang lama

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tentu lebih bagus pakai Profil Google+ mas. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, antara lain (i) bisa meningkatkan trafik blog kita, (ii) bisa mendapatkan backlink gratis apabila kita share postingan ke Google+ karena Google+ adalah jajaring sosial dofollow, (iii) bisa menambah teman, (iv) dan lain-lain :)

Hendrik said...

Saya ketemu artikel ini dari search di google karena saya lupa gimana caranya share posting ke google plus. Saya lihat google plus saya masih laman yang lama.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak pak hendrik atas kunjungannya :) Untuk share posting blog ke Google+ secara otomatis, anda hanya perlu mencentang pada Share Automatically to Google+ di menu Google+ blog anda. Nanti setiap kali anda menerbitkan artikel, itu sudah sekalian di share ke Google+. Jadi lebih mudah dan cepat.

Kalau soal widget laman Google+, anda bisa mengubahnya ke widget laman yang terbaru di Developer Google+. Ini url nya http://developers.google.com/+/‎

Unknown said...

numpang ya gan

http://beritasebolapertama.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas peyot atas kunjungannya ya :)

Post a Comment