Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal

Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal Beberapa waktu yang lalu saya memperoleh pesan dari seseorang melalui Contact Form di blog saya. Beliau menanyakan tentang bagaimana caranya supaya blog/web bisa muncul dihalaman pertama Google. Beliau tidak menggunakan nama asli, melainkan menggunakan nama bisnis nya, yakni toko online. Saya sendiri sampai saat masih belajar tentang hal itu. Oleh karenanya saya belum bisa memberikan saran apa-apa untuk beliau.

Memang benar bahwa apabila sebuah web/blog yang menduduki peringkat pertama Google itu akan memperoleh banyak visitor. Dan apabila web tersebut merupakan toko online, maka toko tersebut akan kebanjiran konsumen. Alias produknya laku keras. Namun, pengguna internet sangat jarang sekali yang mengetikkan keyword tentang produk toko online atau ingin membeli produk dari toko online melalui mesin pencari Google. Kebanyakan internet user menggunakan mesin pencari untuk memperoleh informasi yang berguna untuk dirinya dan kebanyakan dari mereka menginginkannya secara gratis/free. Oleh karena itu, apabila kita akan membangun sebuah toko online sebagai manifestasi dari Bisnis Online, kita harus mempunyai strategi yang bagus.
Tips dan Strategi Membangun Toko Online
Image by mencariuangdiinter.net
Memang, untuk membuat toko online sangatlah mudah. Bahkan kita tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Misalnya dengan membuat blog/web toko online dengan platform Blogger/Wordpress. Yang tersulit adalah bagaiamana cara memasarkan produk tersebut? Tentu saja apabila modal yang anda punya itu sedikit, anda akan merasa berat jika harus meng-iklankan produk anda di situs pemasaran online, misalnya seperti Google AdWords, Facebook, KlikSaya, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika kita akan membuat web/blog toko online yang mengeluarkan modal sedikit? Silahkan simak ilustrasi sederhana berikut ini.

"Misalkan anda seorang dosen yang mengajar mata kuliah tentang kesehatan. Jumlah mahasiswa anda adalah 100 orang. Kebetulan selain anda aktif mengaar di kampus, anda juga aktif menulis buku teks yang relevan dengan mata kuliah yang anda ampu. Bagiamana caranya agar buku teks yang anda tulis itu bisa laku? Anda tidak perlu menyuruh mahasiswa anda untuk membeli buku anda, tapi anda hanya perlu memberikan informasi kepada mahasiswa bahwa materi ujian akhir semester yang keluar itu semuanya dari buku yang anda tulis. Maka secara otomatis sebagian besar mahasiswa pada hari itu pula akan membeli buku anda. Mungkin tidak semua mahasiswa membeli buku anda. Tapi, paling-tidak 70% dari 100 mahasiswa tersebut akan membeli buku anda".

Sama seperti hal nya ketika anda ingin membangun sebuah toko online. Anda tidak perlu ber-promosi kesana kemari, berkomentar spam dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mencari palanggan yang loyal dan setia. Caranya bagaimana? Ada beberapa tahap yang musti anda lakukan untuk membanguna toko online. Trik ini tidak memerlukan modal yang cukup besar. Tapi butuh waktu, skill khusus, pengetahuan, dan lain sebagainya. Berikut saya jelaskan Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal.

Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal

1. Membuat Blog/Web Niche
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah blog. Blog yang anda bangun diharapkan sesuai dengan minat dan bakat anda masing-masing (Baca: Tips Memilih Niche Blog). Tapi yang terpenting adalah relevan dengan toko online yang anda bangun nantinya. Misalnya anda ingin berjualan Template Blogger Premium buatan anda sendiri. Berarti web/blog yang anda buat ini yakni tentang Tutorial Blogging atau mungkin Web Desain.

Isilah blog anda tersebut dengan konten yang menarik, informatif, dan berguna bagi pemirsa blog anda. Update blog anda secara terstruktur, teratur, dan terorganisir secara sistematis. Silahkan anda fokus terlebih dahulu pada membangunan blog niche. Jangan dulu memikirkan tentang toko online anda. Namun, anda hanya perlu memperbanyak posting artikel anda di blog. Semakin banyak artikel, semakin bagus.

2. Tingkatkan Trafik Blog
Langkah selanjutnya adalah meningkatkan trafik web/blog anda. Caranya bagaimaa? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Misalnya dengan cara blogwalking, mengaplikasikan Teknik SEO secara tepat, menulis artikel berkualitas, dan lain sebagainya. Silahkan pelajari selengkap nya tentang Cara Meningkatkan Trafik Blog. Semakin tinggi trafik blog/web anda, semakin bagus.

Point ini memerlukan waktu yang cukup lama agar blog/web anda mempunyai trafik yang tinggi. Bisa 6 bulan, 1 tahun, atau mungkin bertahu-tahun. Itu semua tergantung dari anda bagaimana caranya mengelola blog dengan baik dan benar.

3. Perbanyak Pengunjung Setia dan Loyal
Ada banyak cara untuk memperoleh pengunjung loyal blog anda. Misalnya dengan memanfaatkan jejaring sosial. Atau kalau di Blogger, yakni menggunakan Blogger Follower. Kalau di Facebook ada Fans Page. Kalau di Google+ ada Laman Google+, dan masih banyak lagi.

Ketika anda sudah mempunyai pembaca setia, anda tidak perlu khawatir untuk mencari pemirsa blog kesana kemari. Melainkan anda hanya perlu menyajikan artikel yang berguna untuk mereka secara terus-menerus dan jangan lupa untuk selalu men-share artikel anda di jejaring sosial tersebut. Dan bukan tidak mungkin bahwa pemirsa blog/web anda akan selalu bertambah.

4. Membuat Toko Online Sesuai dengan Niche Blog Anda
Setelah blog/web anda sudah mempunya trafik yang tinggi dan sudah mempunyai pengunjuung loyal. Kini saat nya anda membuat blog/web baru tentang toko online anda. Usahakan produk yang anda jual pada toko online tersebut itu sesuai dengan niche blog anda. Bagaimana jika tidak sesuai? Kalau kedua hal tersebut tidak relevan, maka produk anda jarang yang akan membelinya.

5. Promosikan Produk Anda pada Blog Anda Sendiri
Setelah web/blog toko online sudah anda buat, dan trafik blog anda sudah tinggi, misalnya 5000 pageview per hri, kini saatnya anda mempromossikan toko online anda di blog anda sendiri. Anda bisa mempromosikan produk anda melalui iklan banner yang dipasang di sidebar blog atau mungkin membuat artikel yang mengarah kepada pembelian produk anda.

Jika blog anda mempunyai pengunjung setia, bukan tidak mungkin sebagain besar dari mereka akan membeli dagangan anda. Karena anda dan blog anda sudah dipercaya oleh mereka.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal. Atas atensinya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

33 komentar:

Unknown said...

yang agak sulit di jalani pada poin 2 sob, byasanya perasaan jenuh sudah mulai menghampiri pada tahap ini

Rohis Facebook said...

ulasanx lengkap jg ni mbk.., smg bs jd referensi bg para pebisnis dumay.., makasih..

http://rohis-facebook.blogspot.com/2012/05/sebelum-berbisnis-di-dunia-maya.html

Anonymous said...

makasih mba ririn, pencerahan yg berguna bagi yg ingin membuka toko online :)

Yanuar Catur said...

Cocok nih mbak buat para perintis bisnis nih.. mantapppp

Walidin said...

tambah satu lagi boleh ga mba eka..
-affiliate-
karena dengan affiliate meski website kita tidak masuk ke google fisrt page ga masalah. karena produk kita akan dikenal banyak orang melalui para affiliater. ini biasanya lebih efektif.
yang penting dalam affiliasi jujur dan sportif.
di dunia maya: sebuah web dapat hancur brandnya dalam hitungan menit.

Hariyanto Wijoyo said...

masih suasana lebaran khan,
jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

Update Campuran said...

absen :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Arie, memang benar apa yang anda sampaikan. Point nomor 2 memang agak sulit untuk diperoleh. Butuh waktu yang lama untuk meningkatkan trafik blog dan memperoleh pengunjung setia. Pada tahap ini memerlukan kesabaran dan konsistensi dari kita masing-masing. Bila tahap ini bisa sukses, ke depan bisa dipastikan toko online yang akan kita bangun pasti akan berjalan dengan lancar :)

Mas Rohis, mudah-mudahan tips yang dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk siapa saja yang ingin membangun sebuah toko online. Thanks mas rohis atas sharing nya :)

Mas Jocker, iya sama-sama mas. Semoga informasi yang diuraikan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua yang ingin terjun di bisnis online. Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Mas Yanuar, iya mas, mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi para perintis bisnis online. Sehingga usaha yang akan mereka jalankan bisa sukses. Ma kasih ya sudah singgah kemari :)

Pak Walidin, terimakasih banyak pak sudah menambahkan informasi yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Terkait dengan afiliate, saya malah kurang tahu betul hehehehe :) Meskipun begitu, saya ucapkan terimakasih karena anda sudah berkenan memperlengkap artikel yang dijelaskan diatas :)

Pak Hariyanto, iya sama-sama pak. Mohon maaf lahir dan batin juga ya :)

Mas Update, nice comment

afada said...

content yang menarik, yg punya blog ini seorang enterpreneur yah ????

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak kok mas hehehe :D
Saya hanya orang biasa aja kok yang selalu ingin tahu tentang hal-hal baru di dunia maya. Apa yang saya tulis di blog ini berasal dari sumber-sumber bonafide dan juga berasal dari pengalaman pribadi. Terimakasih bayak ya sudah berkunjung di blog saya :)

afada said...

biasas nya, yang berilmu justru yang merendah.
senang bisa berkomentar di blog berkualitas seperti ini.

salam kenal dan salam hangat
DAVID RAJA
www.DavidRaja.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah Mas David ini bisa aja dech hehehe :)
Terimakasih banyak ya atas feedback positif yang telah anda berikan. Mudah-mudahan blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua. :)

afada said...

Amiiiin, oh iya, saya biasa di panggil nama belakang. RAJA, senang bila bisa bertukar follow, agar dapat saling memberi manfaat sesama manusia, sesama anak bangsa, dan sesama blogger positif.
MARI KITA BUDAYAKAN INTERNET POSITIF DAN BLOGGER POSITIF.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh begitu ya hehehe maaf Mas Raja saya nggak tahu kalau nickname anda "Raja" hehehe :D
Iya mas, mari kita bersama-sama membudayakan memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain dan tentunya yang bersifat positif. Thanks ya sudah mau sharing :)

afada said...

oke sama sama . . . .

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan anda tidak bosan untuk berkunjung di blog saya hehehe :)

afada said...

selama content di blog ini bermanfaat dan penuh ilmu, saya rasaya kata 'BOSAN' tidak akan pernah SINGGAH DI PIKIRAN SAYA mbk Ririn.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas Raja atas statement nya yang sangat luar biasa. Saya menjadi termotivasi untuk terus menyajikan konten yang bisa bermanfaat untuk orang lain :)

afada said...

sama-sama mb Ririn.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas Raja sudah meluangkan waktunya untuk berdiskusi di blog saya :)

Anonymous said...

Tapi sebenarnya kan kalau membuat toko online pakai modal juga termasuk modal uang dan waktu :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar sekali Pak Infosaja. Memang, secara eksplisit kita juga mengeluarkan modal uang (untuk koneksi internet atau yang lainnya), dan juga modal waktu, tenaga, dan fikiran. Uraian yang dijelaskan diatas lebih kepada seseorang yang memiliki modal yang sedikit atau dengan kata lain modal yang ia punya terbatas. Sehingga mau tidak mau ia harus membanting setir untuk berusaha memaksimalkan segala potensi yang dimiliki agar modal kecil yag ia punya tersebut bisa digunakan secara optimal. Terimakasih banyak pak atas masukannya :)

Mizz Aiza said...

dengan blogspot boleh membangunkan toko online secara free.. tapi susah juga untuk tingkatkan trafik blog..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mizz bahwa kita bisa menggunakan domain bawaan blogger untuk dijadikan sebuah toko online. Terkait dengan trafik memang agak sedikit sulit karena tingginya tingkat persaingan di mesin pencari. Oleh karena itu mengapa diharapkan kita membuat blog terlebih dahulu yang bukan toko online. Baru kemudian kalau blog tersebut sudah mempunyai trafik yang memadai, lalu kita membuat toko online. Kita iklan kan toko online tersebut pada blog kita sendiri. Terimakasih atas kunjungannya :)

akang sam said...

keren sob, saya tertarik dengan membuat toko online, tapi saya lom punya modal, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin anda bisa coba tips diatas. Karena hanya perlu modal yang sedikit :)

Muhammad Ibnu Idris said...

Dan satu yang mungkin bisa saya sampaikan untuk penegasan. Semua itu bisa diwujudkan dan butuh waktu yang tidak instan. So jika mau sukses, kuncinya cuman 2, Sabar dan Pantang Menyerah.

Lanjuuut....!!!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar itu mas. Untuk memperoleh penghasilan melalui media internet butuh adanya kesabaran dan juga ketelatenan (usaha keras secara kontinyu). Terimakasih banyak mas sudah menambahkan atas kekurangan dalam artikel diatas :)

Anonymous said...

pengen juga sih punya toko online, cuman masih belum tahu mau jualan apa, tapi saya udah punya dasar lewat tips mbak Wahyu diatas jadi saat nanti mau bikin udah ada panduannya biar lebih terarah, makasih mbak sangat bermanfaat :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe kalau saya melihat, nampaknya anda cocok buka toko online tentang kesehatan, solanya blog anda sudah mempunyai niche kesehatan, jumlah trafik juga sudah layak. Good luck aja mas :)

Unknown said...

waw....rinci banget penjelasannya....
mbak kyaknya punya bisnis online jga ya....hee

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya nggak punya bisnis online sendiri kok mas. Saya hanya blogger biasa yang ikut program PPC saja :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment