Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain

Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain Pernahkah artikel yang di publikasikan di blog anda itu di copy paste oleh orang lain? Kalau pernah, berarti sama dengan yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Rasanya kesal sekali kalau artikel yang ditulis dengan susah payah itu di copy paste begitu saja tanpa adanya proses editing sedikitpun. Tentu saja hal itu sangat merugikan pihak sumber asalinya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa karya tulis yang berupa artikel itu mahal harganya. Kita menulis itu mengorbankan waktu, tenaga, fikiran, serta finansial. Surat kabar/koran sangat menghargai karya tulis seseorang. Coba saja kalau anda menulis artikel opini di koran, pasti tulisan anda tersebut akan dihargai ratusan ribu rupiah per artikel nya.

Selain alasan tersebut diatas, ide penulisan artikel ini muncul setelah memperoleh pertanyaan dari teman Blogger Malaysia melalui kolom komentar di blog ini yang menanyakan tentang bagaimana caranya mendeteksi atau mengetahui artikel kita yang di copy paste. Berikut adalah screenshoot percakapan kami.
Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain
Untuk mendeteksi artikel yang di copy paste caranya cukup sederhana. Silahkan simak baik-baik tutorial yang akan jelaskan berikut ini.

Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain

1. Pertama-tama silahkan cari artikel postingan anda yang paling populer, dalam artian artikel yang banyak dikunjungi/dibaca oleh pemirsa blog anda.

2. Berikutnya, silahkan copy sebagian kalimat dalam artikel tersebut. Usahakan kalimat yang anda copy itu tidak lebih dari 32 kata.
cara mengetahui postingan yang dicopas oleh blogger lain
3. Silahkan paste kalimat yang sudah anda copy tadi ke dalam mesin pencari Google. Jangan lupa untuk di tambah 2 tanda kutip diantara kalimat tersebut. Contohnya seperti screenshoot berikut ini.
cara mudah melacak dan menemukan blogger copas
4. Berikut laman hasil penelusuran Google yang memberikan informasi bahwa ada 2 blog yang sudah meng-copy paste artikel di blog saya.
cara minta bantuan mbah google untuk cek blog yang copas artikel dari blog kita
Caranya cukup mudah kan? Kini anda hanya perlu mempraktekkannya untuk mengetahui apakah artikel blog anda itu ada yang di copy paste atau tidak. Nah, apabila anda merasa dirugikan dari praktek plagiarisme tersebut, silahkan laporkan ke DMCA. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain. Terimakasih banyak atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

76 komentar:

Unknown said...

Cara nya simple banget mbak?, biasanya tukang copas hanya mengcopy artikel yang ada di Populer Post doank.. mankanya gak saya pasang..

Yang paling kurangajar mereka yang mencopas malah mengalahkan Posisi Blog kita di SERP Google.. kalau seperti itu laporin aja mbak, walaupun dia pasang sumber info nya.. :D

Unknown said...

benar yang dikatakan sobat Daniel, komentar hasil copas malah jauh di atas posting aslinya di SEARCH , simpel cara pengecekan nya sob, bisa di tes juga ni untuk mengecek bol saya, thks infonya sob, sangat berguna

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, iya mas lumayan sederhana trik ini. Iya betul sekali bahwa kebanyakan mereka (copaser) sering kali meng-copy paste artikel kita yang lagi naik daun hehehe :D Pengalaman yang sangat menarik kawan. Biasanya memang begitu bahwa sering kali artikel hasil copy paste malah menduduki peringkat yang bagus di Search Engine Result Page (SERP) Google. Sehingga mau tidak mau kita hanya bisa merasakan geram yang luar biasa. Ok terimakasih banyak atas sarannya mas. Blog mereka sudah saya laporkan kepada DMCA kok. Kini tinggal menunggu hasilnya saja :)

Mas Arie, iya cukup lumayan simple mas untuk mengetahui artikel postingan blog yag di copy paste. Silahkan di cek blog anda apakah artikel nya ada yang di copy paste ataukah tidak. Hehehe Terimakasih mas atas kunjungannya :)

wongcrewchild said...

langsung cobain mba dg triknya, trims

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak, silahkan langsung di praktekkan saja. Nggak perlu sunkan-sunkan hehehe :)

hayardin said...

waah ternyata simpel banget yaa caranya Mba Ririn...nanti deh saya praktekkan Tipsnya karena saya juga sudah GALAU sudah banyak sekali Artikel saya yang di Copy Paste...saya sich biasanya langsung aduin ke DMCA...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Benar Mas Hayardin, sangat simpel sekali trik diatas. Silahkan dipraktekkan agar anda tidak galau terus karena artikelnya dicuri oleh orang hehehe :D Dengan cara melaporkan kepada DMCA adalah solusi yang tepat jika jumlah copaser sudah banyak. Terimakasih mas sudah mau sharing pengalaman yang sangat menarik :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

wah, finally ketahuan, beberapa tulisan saya di copas, whahahha.... sebaiknya diapakan ya mbak? dituntut?

lang lang blog said...

terima kasih mbak sudah membaca ini, langsung mempraktekkan ini

Unknown said...

Tips praktis untuk melacak artikel yang dicopypaste oleh orang lain. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang buat Wahyu Eka Prasetiyarini.

Ketika saya entry di search engine Google kata "Para pekerja di rumah jin yang kaya itu katanya dahulu semasa hidupnya di dunia minta 'pesugihan' pada jin tersebut, agar bisa kaya raya dengan jalan pintas dan mudah"

Muncul di halaman pertama hasil pencarian Google yaitu blog saya, dan situs dengan alamat misteri.lintas.me; boyzforum.com; dan alvaroachmad.blogspot.com isinya sama 'Pengalaman Berkelana di Alam Ghaib'. Artikel tersebut dicopypaste oleh mereka dan saya check tidak menyebutkan sumber atau menyertakan linknya (Kamis, 22 Agustus 2013 pk 15:04 WIB).

Artikel 'Pengalaman Berkelana di Alam Ghaib' ini memang bukan karya orisinil saya sendiri, namun saya kutip dari sebuah buku dan telah meminta izin langsung dengan penulisnya yang bertempat tinggal di Magetan. Disamping itu sumber berupa nama buku, pengarang, penerbit dan halamannya saya kutip secara lengkap.

Artikel ini di posting pada hari Senin, 17 Oktober 2011 dan telah dikunjungi sebanyak 57.942 kali.

Ahmad Zaelani said...

kalau gak ketauan sih gak apa - apa ... hihi tapi kalau ketahuan langsung dimaki - maki... kalau saya suka pake cara lain untuk mengetahui apakah tulisan saya d copas atau tidak, biasanya memakai jasa website yang bisa mendeteksi tulisan yang sama dengan blog kita... makasih infonya...

Rohis Facebook said...

simple sangat.., makasih mbk *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, wah kalau sudah ketahuan begitu kalau saya sih langsung laporkan saja kepada pihak yang berwajib mas, dalam hal ini adalah DMCA. Saya orang nya nggak suka repot-repot harus memberi peringatan segala kepada copaser tersebut. Thanks atas sharing nya kawan :)

Pak Thanjawa, silahkan dipraktekkan pak biar lebih paham hehehe Kita sama-sama belajar nge-blog :)

Pak Herdoni, wah pengalaman yang sangat menarik pak. Ternyata ada banyak orang yang meng-copy paste artikel bapak. Saya sudah melihatnya sendiri, yakni copaser sudah mencapai angka puluhan. Kalau saran saya, silahkan laporkan saja pak kepada DMCA, supaya blog-blog tersebut diberi sanksi oleh Google. Kalau dibiarkan begitu saja ya nanti mereka jadi keterlaluan. Tapi itu saran saya sih. Hehehe :) Thanks pak sudah sharing pengalaman :)

Mas Zaelani, wah keren juga cara anda untuk mencari tahu artikel yang di copy paste. Ini bisa ditiru trik nya mas agar kita bisa cepat dan tepat untuk mencari tahu siapa saja orang-orang yang telah mencuri artikel kita. Terimakasih banyak mas sudah berbagi trik yang sangat menarik :)

Mas Rohis, iya mas sangat simple sekali. Terimakasih juga sudah berkunjung di blog saya :)

dunia maya said...

ikhlaskan mb,,,,
itung" beramal ilmu,,,
hehejehehe,,,,,
berarti kalau ada yg copas artikel kita keren dunk,,,


makasih mb,,,,tipsnya sangat mudah,,,
nanti saya coba,,,,

blog saya jga gtu",,,, g ada yg lirik

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Maya, setiap orang mempunyai prinsip yang tidak sama mbak dalam kaitannya dengan artikelnya yang di copy paste. Ada yang merasa keberatan, ada yang malah senang, dan ada juga yang cuek saja. Saya termasuk orang yang keberatan mbak kalau artikel saya di copas begitu saja, mengingat proses pembuatannya tidak mudah. Terimakasih banyak mbak sudah berkenan mengunjungi blog saya :)

dedetea66 said...

wahhhh inimah kudu dicoba atuh siapatau artikel saya ada yang kopas,Terimakasih mbak untuk info yang satu ini

Anonymous said...

terimakasih infohnya, betul sekali info di atas, saya sudah praktekan ... malah bikin jengkel heheh, yang di copas artikel ataupostingan saya bukan satu dua postingan saja sampai puluhan... mumet rasanya

Anonymous said...

kalau saya biasanya pakai copyscape untuk ncek artikel copas. tp nggak masalah sih di copas itung2 nambahin trafik. rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Dede, iya silahkan pak langsung dicoba. Siapa tahu artikel yang ada di blog bapak ternyata sudah banyak yang di copas hehehe :D Terimakasih sudah hadir menyapa blog saya :)

Pak Mang Yono, wah pengalaman yang sangat mengejutkan di dunia persilatan pak hehehe :D Ternyata banyak juga ya artikel bapak yang sudah di copy paste hmmm Perlu adanya tindakan yang tegas pak agar para pelaku plagiarisme tersebut bisa jera. Harus dikasih pelajaran pak hehehe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Rizky, owh ternyata selain cara yang di jelaskan pada artikel diatas, dan juga cara yang dijelaskan oleh Mas Zaelani, ternyata ada cara lain ya yang bisa digunakan untuk mendeteksi artikel kita yang di copy paste, yakni dengan menggunakan copyscape. Wah nampaknya bisa dicoba pak cara tersebut.

Masak dengan adanya orang yang copy paste itu bisa menambah trafik blog? Apa nggak salah itu pak? hmmm sangat aneh deh. Pengalaman saya menunjukkan bahwa ketika artikel kita di jiplak oleh orang lain itu malah bisa menurunkan trafik pak. Yang tadinya pageview nya ribuan per hari, menjadi puluhan per hari. Itu pengalaman saya.

Thanks Pak Rizky sudah mau singgah di blog saya dan sudah mau berbagi pengalaman yang sangat menarik dan penuh tanda tanya hehehe :)

Anonymous said...

sekalipun artikel do copas, toh kita juga nggak akan kehilangan trafik, trafik bisa di dapat dengan banyak cara, nggak selalu / jangan terlalu mengandalakan SE, yang penting sudah punya brand, orang copas dengan / tanpa mencantumkan sumber, be positive thinking saja, artikel di copas tandanya artikel tersebut di sukai, kalau nggak disukai kan nggak mungkin di copas, walaupun artikel di protek sekalipun copaser g akan kehilangan cara untuk mendapat artikel yang di inginkan, di copas itu resiko, ndak siap dengan resiko y gsah bikin artikel / bikin blog, maaf kalau terllu kasar

Anonymous said...

Bisa dicoba ini mau lihat apa adakah artikel kena copas,susah memang kalau artikel kalau sudah kena copas.

Lembar kehidupan wieka said...

blogku masih baru mbak, kira-kira ada yang copy paste nggak ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Rizky, iya ada benar nya juga apa yang telah anda sampaikan tersebut. Trafik blog bisa diperoleh dari mana saja, tidak hanya dari mesin pencari. Tapi masalahnya adalah tidak setiap blog itu mempunya brand pak. Jadi kita akan mengalami kendala pada hal itu. Memang benar bahwa nge-blog itu penuh dengan resiko. Oleh karena itu mengapa kita harus selalu siap dengan segala resikonya, termasuk adanya copy paste. Terimakasih banyak Pak Rizky atas sharing nya yang sangat luar biasa. Ini bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua, khususnya saya yang masih baru (pemula) di dunia blogging. Salam :)

Pak Info, silahkan dicoba pak. Jangan ragu-ragu. Ada banyak cara untuk mengatasi apabila artikel kita sudah terlanjur banyak di copy paste. Adalah dengan cara melaporkan kepada DMCA. Terimakasih atas kunjungannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Wieka, kalau blog yang masih baru itu kemungkinan kecil adanya copy paste mbak. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya artikel yang di copy paste adalah artikel yang sering dikunjungi atau pengunjung nya sudah banyak, misalnya sudah mencapai ribuan dan sering muncul dihalaman mesin pencari. Mungkin seperti itu mbak. By the way terimakasih ya sudah singgah di blog saya :)

Claresta said...

Tipsnya sangat simpel mbak,,, biasanya saya paka copyscape.

Punya saya jg banyak yg dicopas, memang terkadang sy kesel banget klu ingat nulisnya berhari2 kemudian dicopas hanya dlm wktu 1 menit. Apalagi artikel kita lgsg hilang dr SERP gara-gara kalah peringkat dengan blog copasan :) .

Solusi terbaik adalah kita tdk usah memeriksa artikel kita yg dicopas agar tdk sepet melihatnya :) .

Makasih sharenya yg praktis n bermanfaat mbak,,,

Pantun Cinta said...

artikelku banyak yang di copy paste tanpa ijin saya dan tanpa pasang by anisayu dan tanpa sumber, aq tahunya dari kata kunci artikelku paling populer di halaman pertama google bahkan di no. 1 , langsung ku damprat dan kalau ga mau pasang namaku aku laporkan ke google saja dan ga lama yang bandel itu musnah blognya ..

hhe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Indri, Pengalaman yang sangat menyedihkan ya mbak kalau artikel kita di copy paste begitu. Mengingat proses pembuatannya cukup sulit. Tapi kok unik juga ya solusi yang anda berikan, yakni dengan cara tidak usah melihatnya hehehe :D Terimakasih banyak mbak atas kunjungannya :)

Mbak Pantun, memang sangat menjengkelkan ya mbak kalau kita tahu bahwa tulisan kita di copy paste tanpa proses editing dan juga tanpa mencantumkan sumber asal. Pengalaman anda sangat menarik sekali. Menginspirasi kita semua. Terimakasih sudah singgah kemari mbak :)

JIM said...

wah... info bermanfaat...
postingan saya juga pernah tuh difull copas...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik pak bahwa anda juga pernah mengalami hal yang sama dengan saya. Semoga dibalik peristiwa tersebut ada hikmahnya. Terimakasih sudah mampir di blog saya :)

Ririn Widiya said...

Terimakasih sudah berkunjung yaa.. Ternyata nama panggilan kita sama "Ririn" hihihi ^^

Tetamu Istimewa said...

Satu perkongsian yang baik. Terima kasih.

Hariyanto Wijoyo said...

kalau ada artikelku yang di copi paste, entah disebutkan sumber aslintya atau tidak...aku hanya bisa mengikhlaskan saja...,
soalnya repot kalau urusin komplain dan segalanya...habis waktu terbuang...mending dibawah happy sajalah....keep happy blogging always :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Ririn, iya mbak betul mbak nickname kita sama. Heehehe Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Pak Tetamu, terimakasih atas apresiasinya. Semoga bermanfaat :)

Pak Hariyanto, iya memang agak sedikit repot juga pak dan tentunya sangat menghabiskan waktu kita untuk mengurusi/melaporkan kepada DMCA. Tapi hal itu ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Beda hal nya jika kita membuat satu artikel dan dipublikasikannya di blog. Itu tentu butuh waktu yang lebih lama pak. Selain itu juga butuh tenaga, fikiran, uang, waktu, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan apabila artikel yang kita tulis dengan susah payah, itu dijiplak begitu saja. Mungkin itu pendapat saya pak. Kalau pendapat anda berbeda, itu tidak jadi masalah. Salam :)

Fajar said...

nice info mbak, bagus sekali.
ini yang pingin saya tau.
:)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Fajar, iya sama-sama mas. Senang bisa sharing informasi yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Thanks sudah mau mampir di blog saya :)

Yanuar Catur said...

Misal kalo rewrite gitu kebaca kopipes gk yah?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau ditulis ulang tanpa adanya perubahan itu termasuk kategori copy paste mas. Cobalah jadi diri sendiri. Misal anda suka dengan artikel orang lain, silahkan tulis ulang artikel tersebut dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri. Meskipun pada intinya sama, tapi dalam hal penyampaian dan kata yang digunakan bisa dipastikan akan berbeda. Thanks sudah mampir :)

Mizz Aiza said...

terima kasih berkongsi informasi ini.. sangat bermanfaat.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama Mizz. Terimakasih juga atas inspirasinya, sehingga tulisan artikel ini bisa terwujud. Salam :)

Masnady said...

wah sip deh mbak.. sangat mudah ya caranya mbak.. tapi artikel ku kira-kira ada yang copas apa nggak ya mbak.. kayaknya nggak ada deh.. lawong artikelku amburadul semua gitu hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya saya juga nggak tahu Mas hehehe Coba saja dicek artikel blog anda, terutama artikel yang paling populer. Saya kira konten blog anda tidak ada yang tidak baik kok. Semuanya bagus-bagus, soalnya saya sering baca hehehe :) Thanks mas atas sharing nya :)

Unknown said...

Laporkan ke DMCA saja mbak, lumayan kalau artikel copy cat nya dihapus google. Artikel asli akan sangat rugi, saya yakin itu.

lang lang blog said...

sudah di follow bag blognya kok mbak

Unknown said...

Nice Idea.

Sayapun pada awal buat blog sering Copas,Selain merugikan orang lain,juga merusak reputasi blog kita sendiri,terutama citra buruk dari google.

Ini pernah saya alami mendapat email dari team google,bahwa konten saya bukan original,dan minta saya segera memperbaikinya.

Dan Artikelpun akan jauh dari Serp Google.

Terima kasih untukmu Eka yg cantik,karena Artikelnya sangat membantu.

My Blog http://logistikjurnal.blogspot.com

Update Campuran said...

ternyata mudah juga.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, iya sudah saya laporkan kemarin mas. Sekarang sedang di proses. Tinggal menunggu hasilnya saja. Thanks ya atas sarannya :)

Mas Thanjawa, ok terimakasih sudah mem-follow blog saya mas :)

Mas Muting, wah pengalaman yang sangat menarik Mas Muting. Memang benar, pelaku copy paste sebagian besar adalah mereka yang masih pemula, dalam artian baru bergabung dengan blogger. Sehingga mereka belum mempunyai skill menulis. E-mail peringatan yang disampaikan oleh Team Google sudah tepat, agar orang tersebut bisa sadar. Untung saja masih peringatan, kalau blog sampai dihapus oleh Google itu kita bisa rugi mas hehehe :) Terimakasih sudah mampir di blog saya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Update, iya mas lumayan mudah trik diatas. Silahkan langsung dipraktekkan hehehe :)

Unknown said...

Wahhhh Keren Bangett Kka Artikelnya sangatt Bermanfaat dahhh hehe
Saya Izin Coba yahhh :D
Salam Kenall Dari kuya028

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba Mas Fatahilah. Salam kenal juga ya :)

Unknown said...

Barusan saya coba (Tapi komen nya kemaren) hehhehe...

Ternyata manjur mbak, dari cara ini saya menemukan artikel baru saya ada di 2 Auto Blogg Copas yang mengcopy.. tapi Feed saya sudah saya pendekan jadi artikel yang tercopy cuma paragraf pertama doank.. wakakakakakak

untung nya blog saya masih diatas mereka.. Thanks buat trik nya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas saya sudah melihatnya bahwa ada 2 blog auto copy paste di blog anda. Ternyata begitu ya caranya untuk mencegah blog auto post, yakni dengan cara memendekkan feed/umpan, sehingga mereka tidak menjiplak 100% artikel kita, melainkan hanya menjiplak satu paragraf saja. Trik anda sepertinya bisa dicoba untuk meminimalisasi/mencegah adanya auto blog copy paste tersebut. Terimakasih Mas Daniel sudah berbagi pengalaman yang sangat menarik :)

Kang Ucup said...

setelah saya ikuti cara di atas, ternyata ada salah satu artikel di blog saya yang dicopas oleh "bla-bla-bla.web.id". hanya pada bagian judul saja yang dirubah belakangnya menjadi terkini. wow,..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasanya sih seperti itu mas. Sering kali orang yang menjiplak artikel kita, itu hanya merubah judul nya saja, tapi isinya sama persis 100%. Tanpa edit sedikitpun. Terimakasih sudah berbagi pengalaman yang sangat menarik :)

MANG YONO said...

tap setelah saya pikir - pikir kasihan juga tuh orang yang copas kita laporkan, artikel yang di copas mungkin artikel yang disukai, biarkan saja ah, namanya juga kan bikin tulisan ditempat umum, sama jaja dengan menaruh dompet di pinggir jalan heheheh...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Memang benar bahwa kebanyakan artikel yang di copy paste adalah artikel yang disukai oleh copaser. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa mereka mempunyai alasan lain. Itu yang tidak kita tahu.

Apapun alasannya, tindakan plagiarisme tidak pernah dibenarkan baik di dunia nyata atau di dunia maya. Karena hal itu jelas melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Saya kira tindakan plagiarisme tidak sama dengan ilustrasi yang bapak sampaikan. Meskipun demikian, saya sangat menghargai pendapat anda. Karena setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda. Terimakasih Pak Mang Yono atas kunjungannya. Salam :)

Djangkaru Bumi said...

Cara yang sederhana untuk mengetahui seberapa artikel kita menarik bagi orang yang mengopas :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe iya betul juga pak djangkaru. Biasanya orang yang copy paste cenderung suka dengan artikel kita. Tapi kadang ada juga motif yang lain :)

Asep Haryono said...

Hadirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr hiehihehehiee

Isu copy paste ini memang sudah lama terjadi di Indonesia dan mungkin juga di luar negeri. Ada blogger yang cuek cuek saja artikelnya di "ambil" orang sambil berharap orang yang copy paste itu diampuni oleh ALLAH SWT hiehiehihee.

Ada juga blogger yang menggunakan script tertentu sehingga tidak bisa di copy paste. Bagi saya pribadi tentu saja merasa kesal jika artikel saya yang saya tulis sendiri diambil begitu saja. Tetapi apa daya mau menuntut bagaimana? Namanya juga internet sudah menjadi public domain, semua orang bisa ambil. Saya harap mereka mau mencantumkan URL atau sumber aseli artikel tersebut diambil. I hope so and I know so.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar pak, permasalahan copy paste ini memang sudah menjadi momok tersendiri di dunia maya. Banyak orang kurang bisa menghargai karya orang lain, sehingga terjadi tindakan tidak terpuji tersebut.

Memang, agak sulit untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kita hanya bisa berharap, semoag mereka (para pelaku copy paste) bisa sadar dan khilaf akan perbuatannya.

Namun, bukan berarti kita hanya bisa pasrah, melainkan ada usaha yang bisa kita lakukan untuk mencegah/meminimalisasi tindakan copy paste tersebut. Mengingat, kita membuat artikel itu tidak mudah.

Terimakasih banyak pak sudah singgah di blog saya :)

Walidin said...

terima kasih mba, masukan baru buat saya. semoga bisa ngeblog sehat, tanpa kopi paste.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Pak Walidin sama-sama. Kita sama-sama belajar bersama untuk menghindari tindakan tersebut, karena hal itu melanggar hak cipta. Lebih baik karya sendiri, meskipun jelek, daripada meng-copy paste karya orang lain. Thanks atas kunjungannya :)

Bagus Hermawan said...

mantep mbak caranya sangat sederhana, saya juga biasanya begitu, tapi karena saking banyaknya artikel, lama-kelamaan bosan juga nyari dan negur yang copas, jadi saya ikhlaskan saja, yang penting sudah saya pasang DMCA :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas benar juga bahwa kalau pelaku copy paste sudah banyak seperti itu, kita jadi kesulitan sendiri untuk mengatasinya. Malah hal itu bisa menghabiskan waktu kita. Thanks atas sharing nya mas :)

Unknown said...

nah ini yang sy cari,...sipp...makasih y :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama kang :)

Muhammad Ibnu Idris said...

That's very simple. Good article mbak bro.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas. Caranya sangat simple dan tentunya mudah untuk dipraktekkan :)

Anonymous said...

wah dapet ilmu baru nih dari mbak Wahyu, saya mau coba siapa aja yang udah copas artikel saya, makasih banyak mbak artikelnya sangat bermanfaat...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas silahkan dicoba :)

Unknown said...

mending di iklasin aja deh ,kalo artikel kita di copas berarti tulisan kita sangat menarik ,,bangga gitu :D

http://serba-ada49.mywapblog.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Setiap orang mempunyai perspektif dan prinsip yang berbeda mas. Ada yang ikhlas artikel nya di copas dan ada juga yang nggak ikhlas. Karena diantara kita tidak sama. Itulah indahnya perbedaan. Jangan jadikan perbedaan sebagai pemisah, tapi jadikan perbedaan sebagai pemersatu.

Kalau orang yang tidak ikhlas artikelnya di copas, ya biarin aja. Begitu juga sebaliknya. So, jangan mengajak untuk mengikhlaskan ya. Lebih baik pegang teguh prinsip kita masing-masing :)

Anonymous said...

Sangat bermanfaat nih Mbak Rin infonya, perlu di coba buat
Pembelajaran saya, karena belum tau tentang artikel yang di copy paste

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, mudah-mudahan tutorial sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua :)

MitraBibit.com said...

cara yg sangat sederhana dan mudah, tapi tak pernah terpikirkan. tapi kalau udah ketahuan di copas y mau diapain lagi.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau udah ketahuan ya di laporkan saja ke DMCA mas biar kapok copaser nya hehe :D

Post a Comment