Cara Membuat Screenshot untuk Gambar Postingan Blog

Cara Membuat Screenshot untuk Gambar Postingan Blog Apabila niche blog anda tentang Tutorial, bisa dipastikan dalam postingan blog anda selalu terdapat screenshot. Ya, tentu saja dengan adanya screenshot tersebut akan memudahkan para pembaca untuk memahami tutorial yang anda sajikan. Langkah demi langkah dapat dijelaskan dengan screenshot dan sedikit deskripsi pada postingan anda.

Selain itu, ternyata dengan adanya gambar yang disisipkan dalam postingan, maka artikel yang ditulis akan terlihat menarik dan tentunya lebih interaktif. Bayangkan saja misalnya anda membaca artikel tanpa gambar? Pasti anda akan merasa jenuh untuk membacanya. Dan satu hal yang lagi yang menurut saya penting adalah dengan adanya gambar, maka ide penulisan bisa muncul dengan mudah. Karena kita hanya menjelaskan gambar saja yakni step by step.

Sayangnya, untuk membuat screenshot tidaklah semudah membalikkan kedua telapak tangan. Butuh adanya proses yang lama dan tentunya melatih kesabaran kita. Bayangkan saja, misalnya kita ingin membuat tutorial tentang Cara Mendaftar Google AdSense dari Blogger. Pasti memerlukan waktu yang tidak sedikit. Mungkin bisa berjam-jam. Namun, setelah tutorial ini selesai kita garap, ada kepuasan tersendiri lho.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Membuat Template Sendiri. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara bikin screenshot keren untuk gambar postingan blog. Berikut adalah langkah-langkahnya. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Membuat Screenshot untuk Gambar Postingan Blog

1. Pastikan dalam komputer anda sudah ter-install software PhotoShop atau CorelDraw. Dalam hal ini saya akan menggunakan software CorelDraw. Kenapa saya memilih software ini? Alasannya sederhana, karena saya tidak punya software PhotoShop.

2. Sebagai contoh, saya akan membuat screenshot Yahoo! Search. Silahkan kunjungi situs Yahoo! Search di url http://search.yahoo.com/

3. Saat anda berada di laman Yahoo! Search, silahkan tekan tombol Fn dan PrtSc SysRq secara bersamaan pada keybord komputer anda.

4. Setelah itu, silahkan buka software CorelDraw dan kemudian paste kan ke dalam software tersebut, atau tekan tombol Ctrl dan huruf V secara bersamaan pada keyboard komputer anda.
Cara Membuat Screenshoot untuk Gambar Postingan Blog
5. Silahkan edit ukuran gambar, beri tanda panah, dan lain sebagainya.

6. Setelah proses editing selesai, silahkan eksport file. Yakni dengan cara klik menu File dan kemudian klik sub menu Export.
Screenshoot keren Gambar Posting Blog
7. Selanjutnya silahkan tulis nama file gambar anda yang akan di eksport. Dan kemudian klik tombol Export.
Cara bikin Screenshoot interaktif dan menarik
8. Lalu klik tombol Ok
Screenshoot Gambar blogger blogspot wordpress blogdetik website
9. Silahkan klik tombol Ok lagi
bikin foto keren untuk artikel Postingan di Blog
10. Selamat!!! anda sudah berhasil membuat screenshot. Berikut adalah screenshot Yahoo! Search
Gambar Yahoo Search
Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Screenshot untuk Gambar Postingan Blog. Semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Memasang Alt Tag pada Gambar Postingan Blog. By the way, terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

65 komentar:

Nurul Imam said...

Wih sampe pake trik optimize segala di hajar di Corel :D

Unknown said...

bener mba.. Dengan ada nya screenshoot di postingan, akan lembih mudah untuk di pahami..

Unknown said...

screenshoot memang penting khususnya buat blog tutorial, thanks sist sudah share sangat bermanfaat..

Mas Marnes said...

Bener mba' dengan ditampilkannya beberapa screenshot di postingan blog selain membantu memudahkan untuk memahami apa yg kita sampaikan, juga mempercantik isi dari postingan blog tersebut sehingga pengunjung juga akan tertarik untuk membacanya...
Kalo saya untuk membuat screenshot paling pake sotoshop hehehe :D

Toko Sepeda Majuroyal said...

Mantaffff nih Info nya buat Pemula kayak saya...
Ikut kasih masukkan ya Mba...
pakai Program Paint.... juga bisa dan cepet banget loh
Program Paint... tsb adalah bawaan Windows , kayaknya ada di setiap perangkat kompi yg make Windows deh... :D
Terima kasih Mba Ririn...

Claresta said...

Bermanfaat sekali infonya mbak Eka,,, Ternyata kita hrs punya photoshop atau coreldraw dulu jika ingin mengambil screenshot yaa...
Makasih infonya...

Unknown said...

ada yang Lebih gampang lagi mbak, saya biasa pakai software Photo Scape. Jadi bisa langsung memotong gambar yang ingin dijadikan Screenshot. tanpa harus harus klik Print Screen :D

Buat ngedit gambar juga lebih gampang dari Photo Shop.

@Indri : kalau gak punya Photo Shop, coba pakai Aplikasi Paint aja mbak, pasti ada di komputer mbak Indri. tapi ukuran file SSgambar cukup besar kalau pakai paint.

Masnady said...

sip deh mbak... laksanakan.. saya pake broser android aja mbak untuk ngambil sreensots nya hehehehe

Intan Sudibjo said...

kalo saya yang sederhana saja mba, pake paint bawaan windows :D

JIM said...

kalo cuma mau ngambil screenshot gambar, pake software lightshot aja gampang mbak..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nurul, emang trik optimize itu seperti apa mas? nggak paham saya hehe :)

Mas Warim, sipp sepakat sama Mas Warim :)

Mas Adjie, untuk memudahkan tutorial yang kita buat ya mas. Jadi gambar screenshoot mempunyai peran yang cukup penting :)

Mas Marness, setuju sama komentar mas marness. Memang benar bahwa dengan adanya gambar bisa memudahkan para pembaca untuk memahami artikel yang kita buat. kalau Photosop juga bagus kok mas. Tapi saya nggak punya softwarenya hehe :)

Mas Maju, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Saya malah baru tahu kalau ternyata ada program bawaan windows yang berupa program Paint hehe :D Jadi misal kita nggak punya program Photoshop dan CorelDraw, program Paint bisa dijadikan solusi alternatif yang tepat untuk membuat screenshot ya mas. Mantep ide nya master ini :)

Mbak Indri, lha mbak indri sendiri biasanya pakai apa kalau mau membuat gambar screenshoot? hehe :) Sebenarnya banyak sih program yang bisa digunakan untuk membuat screenshoot. Tidak hanya corel dan photoshop. Jadi nggak harus pakai 2 software itu. Nah, kebetulan dalam tutorial ini saya menggunakan corel aja, karena saya punya nya software tersebut hehe :D

Mas Daniel, terimakasih banyak mas atas tambahannya. Selain photoshop, corel, dan paint, ternyata ada lagi ya program untuk buat screenshot. Yakni dengan menggunakan software photo scape. Thanks ya mas :)

Mas Nady, owh bagus kalau di android sudah ada program untuk membuat screenshot mas. Saya kira malah kalau pakai hand phone itu nggak bisa hehe :) ternyata juga bisa ya :)

Mas Intan, bagus dech mas kalau pakai Paint. Jadi nggak perlu install software lagi :)

Mas JIM, owh ada software lagi ya ternyata. Namanya lighshot. Wah saya malah baru tahu mas hehehe :D Thanks ya atas tambahannya :)

Sigli Cyber said...

memank bnyak cara ya utk melakukan SS pada postingan ,,termasuk diatas ,sngat mudah ..

Unknown said...

wah asyik karena memeng lebih mantap dengan gambar...o ya berapa ukuran gambar kok q kalo uplod kayaknya besar banget

Unknown said...

Saya malah belum pernah pakai CorelDraw mbak, biasanya saya pakai PicPick untuk mengambil screenshoot, kapan kapan nyoba CorelDraw ah biar tambah pinter

Unknown said...

Nah... ini dia alasan kenapa tutorial ane gak terlalu dipasang... Repot soalnya mbak :D

akang sam said...

thanks sis, that is veru useful 4 me

http://samboedy.blogspot.com/

Unknown said...

good job kak
hehe

Unknown said...

Ijin nyimak master, sayangnya saya tidak punya corelDraw hanya punya paint heheheh

Uswah said...

agak ribet yaaa... soalnya pake corel juga sih.. kalo aku cukup klik bersamaan gambar jendela, fn sama prtsc, jadi deh.. maklum pemula juga sih ^^

Unknown said...

Thx gan ats info.a. Kebetulan saya juga gemar dgn corelDraw

blogger said...

nah ini baru info :D saya blm prnh ambil SS dgn Fn+PrtSc

mbak tolong share penyebab artikel kita bisa hilang dari mesin pencarian. karena beberapa hari ini artikel saya hilang, pdhl artikel tersebut saya daftarkan kontes, jadinya sekarang pusing dah,

Kang Ucup said...

sayangnya kalau buka corel bersamaan dengan browser kerja komputer saya jadi berat mbak, maklumlah masih pake P4. lalu saya siasati dengan instal program buat screen capture yang lebih ringan. supaya bisa jalan bersamaan

Unknown said...

Saya biasa pakai tombol PrtSc kemudian CTRL+V pada Paint bawaan windows, kadang untuk gambar yg lebih kecil saya gunakan Snipping tool yg juga masih bawaan windows

Boku no Blog said...

Terima kasih tutorialnya mbak Ririn..
Sekarang nggak perlu perot2 eh repot2 lagi ya Mbak..

Happy Blogging..!!

Unknown said...

Wah baru tau saya mbk :) terimakasih tutornya

wongcrewchild said...

saya malah adanya photsp, gak da coreldrwnya :)...
dicoba deh, sampe berhasil, trims

wongcrewchild said...

ijin flw ya mba..trims

Anonymous said...

cara ririn emang TOP

4 jempol buat mb' Ririn

Unknown said...

nama nya juga master ririn.. Ia ga master.? Hehe..
Sebenar memang penting yah mba.. Tpi saya pengguna hp sangat susah, bahkan ga bisa upload fto untuk screenshoot..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sigli, iya benar sekali mas. Ada banyak program komputer yang bisa digunakan untuk membuat screenshot untuk gambar postingan. Kita tinggal memilih mana yang mudah dan nyaman untuk kita :)

Jenk Indah, ukuran gambar sebaiknya jangan melebihi 100KB mbak. Kalau saya biasanya hanya 50 Kb. Kalau terlalu besar, nanti akan memperberat loading blog :)

Mas Arie, silahkan dicoba kapan-kapan saja boleh kok mas. Nggak harus sekarang hehe :D

Mas Alfa, iya memang repot mas untuk membuat screenshoot. Tapi kalau artikel yang kita buat bisa selesai, ada kepuasan tersendiri lho hehe ;)

Akang Budi, you're welcome MR Budi :)

Mas Zacky, thanks a lot brother :)

Mas Faisal, pakai paint juga bisa kok mas untuk buat screenshot :)

Mbak Uswah, iya memang susah mbak untuk buat screenshot pakai CorelDraw. Soalnya saya punya nya hanya corel sih. Hehehe :D

Mas Lili, sama-sama mas :)

Mas Hekos, insyaAllah ya mas. Tapi mungkin tidak dalam waktu dekat ini untuk membuat artikel tersebut, soalnya banyak juga yang request hehe :D Mohon sabar ea :)

Kang Ucup, iya betul kang. Memang agak berat untuk membuka corel bersamaan dengan membuka browser. Tapi kalau sabar, pasti asyik kok hehe :D

Mas Virlyz, wah saya malah baru tahu mas soal snipping tool hehe :D

Mas Boku, sama-sama mas :)

Mas Rahmat, you're welcome mas rahmat :)

Mas Wong, silahkan dicoba mas. Pakai photosop juga bagus kok. Silahkan kalau mau follow blog saya mas. Dengan senang hati saya akan follow back :)

Mas Awhniymous, hehehe bisa aja nich :D

Mas Warim, kalau menggunakan hand phone memang susah mas. Saya kebetulan belum pernah nyoba hehe :D

zigzoor said...

muantap, klu saya pki snagit.

Indra Kusuma Sejati said...

Terimakasih tutorialnya Mba, semoga bermanfaat,

Salam wisata

Anonymous said...

wah master jago corel draw yah??

Staff Administrator said...

Kalo waktunya luang sy pake photoshop mbak Rin...tapi kalo mepet dan kepepet...sy make paint...hehe

Ibarat sayur ndak pke garam...ada yg kurang ya mbak soal rasanya...
Begitupun sebuah konten ndak ada gbrnya...kayak gimana gituh...keliatannya... :)
Lanjut mbak :)

Mizz Aiza said...

nice sharing.. saya menggunakan software photoscape..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Azie, saya rasa biasa aja kok, nggak mantap-mantap banget hehe :D Saya malah baru dengan program snagit mas. Sepertinya bagus snagit :)

Mas Ejawantah, terimakasih atas do'anya :)

Mas Fadly, nggak jago-jago amat master. Tapi cuma bisa sedikit-sedikit kok hehe :D

Mas Budi, iya bener mas bud. Kalau artikel nggak ada gambarnya kurang keren dan pengunjung akan sulit untuk memahami maksud dari artikel tersebut. Selain itu, dengan adanya gambar, bisa memberikan kesan tersendiri, yakni artikel tidak membosankan apabila dibaca :)

Mizz Aiza, photoscape juga bagus mizz untuk membuat screenshot untuk gambar postingan blog :)

blogger said...

datang lagi buat baca - baca komentar :D

biasanya sih saya pake FastStone Capture karena bisa sekalian edit hehehe..

Anonymous said...

ternyata begitu ya master cara membuat screenshoot, kalau saya pakai apa ya?... maklum suka dibikinkan sama orang lain jadi saya tinggal pasang doang hehehe

Meutrap said...

Mantap kak,
tapi saya sering menggunakan yang bawaan laptop,
menggunakan tombol prt sc, kemudian setelah itu paste-kan ke paint atau ke ms word pun bisa,
punya kakak share pun mantap,
sangat membantu.

maslasno said...

Pake Paint agak entengan ,
Salam

Anonymous said...

setuju sekali, kadang saya nemu blog tentang tutorial tapi ga pake gambar/screenshot...malah jenuh dan jadi malas juga mempraktekannya, akhirnya lari ke blog yang lain.
Rasanya blog WS juga termasuk blog yang rada wajib pakai gambar, tapi bukan screenshot hehe

rumah abu abu said...

TOP B.G.T Mba hehe :)

Anonymous said...

Saya nggak punya corel draw mbak Ririn adanya Photoshop gimana yah caranya hehe...

Kstiawan® said...

mantap sekali penjelasannya. tapi saya pakai yang simpel saja. yang ada adons mozilla..hehe

dedaunan hijau said...

bermanfaat banget kalau pas nemu sesuatu yg penting dan belum sempet kebaca mbak, jadi screenshoot sangat bermanfaat
masuk kesini banyak banget ilmu yg bisa di dapat hehe

Unknown said...

tapi ini terlalu rumit :P

Unknown said...

Postingan dengan ilustrasi gambar memang lebih komunikatif dan menarik serta lebih mudah dipahami. Tampaknya ilustrasi gambar dengan keterangan dibawahnya lebih mudah terserap oleh otak kita. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang!

AbdurahmanBW said...

salut sama ini blog. Selalu ramai pengunjung. Artikelnya memang original sih makanya pengunjungnya betah dan rajin dateng (termasuk saya). Apalagi yang punya blog juga ramah sama pengunjung.
mengenai artikel ini, saya berterima kasih dapat ilmu baru. Selama ini, karena kompi saya kompi tua , makanya nggak saya instal Corel Draww. Untuk membuat print screen, saya biasanya pakai Power Point, lalu saya simpan dalam bentuk .jpg.

Anonymous said...

ga bisa corel.... nagisssss

AbdurahmanBW said...

o ya..mau tanya mba..pada komentar maktabah IMU saya, kenapa nggak bisa menampilkan foto profilnya ya..saya salah setting dimana ya?

Tengku Said Annuhsi said...

ide yang baus buat blogger yang menyajikan Tutorial
nice post Bu Eka :)

Unknown said...

postingan di blog ini memang bagus2...trimakasih mbak ririn, kami jadi betah tinggal lama2 di sini :) izin selalu ngintip2 y

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, hehehe sepertinya bagus tuh FasStone Capture. Tapi saya belum pernah lihat software tersebut hheehe :D

Pak Mang Yono, asyik juga kalau screenshoot sudah ada yang membuatkan. Jadi tinggal pakai saja untuk gambar posting blog :)

Mas Meutrap, wah bagus itu mas. Nggak harus pakai CorelDraw, tapi Paint pun bisa untuk membuat screenshot. Jadi bisa lebih mudah dan cepat ya mas :)

Mas Lasno, seratus untuk mas lasno hehe :)

Mas Wewengkon, kalau blog tutorial memang benar perlu adanya screenshot agar step by step bisa dijelaskan dengan mudah. Kalau tanpa gambar, jadi bingung yang baca karena hanya bisa ber andai-andai hehe :D Sebenarnya tidak hanya blog tutorial saja yang perlu gambar dalam setiap artikelnya, melainkan semua artikel perlu adanya gambar. Tujuannya adalah untuk memperjelas atau memberikan ilustrasi dalam artikel yang dibahas :)

Mas Dadang, thanks ya :)

Mas Anthonie, wah saya kurang tahu mas kalau pakai photoshop, soalnya saya juga nggak punya software tersebut hehe :D

Mas Stiawan. sepertinya bagus juga add ons mozila, tapi saya nggak tahu caranya hehe :D

Saudara Dedaunan, iya betul, screenshoot cukup membantu dalam proses pemahaman atas artikel yang dibahas. Terimakasih ya sudah singgah kemari :)

Mas Andria, hehehe nggak apa-apa :D

Pak Herdoni, betul itu pak. Saya sependapat dengan komentar anda. Screenshot gambar cukup menarik apabila disisipkan dalam sebuah postingan blog. Jadi langkah demi langkah bisa dijelaskan dengan mudah. Dan para pembaca juga bisa dengan mudah untuk menyerap informasi yang dibacanya. Thanks pak her :)

Mas Wahid, wah terimakasih banyak mas atas apresiasinya. Sepertinya anda terlalu berlebihan dech hehe :D Blog saya nggak bagus kok, alias biasa aja hehe :) CorelDraw hanya salah satu software aja mas yang bisa dimanfaatkan untuk membuat screenshot. Ada banyak cara dan ada banyak software yang lainnya. Termasuk dengan menggunakan power point. Itu semua tergantung kondisi dan situasi kita masing-masing :)

Saudara Meneone, kalau nggak bisa CorelDraw kan bisa pakai software yang lain :)

Mas Wahid lagi, wah saya kurang tahu mas soal penampilan foto. Mungkin template blog yang digunakan memang seperti itu. Saran saya sih ganti template aja hehe :D

Pak Said, terimakasih banyak pa atas apresiasinya :)

Kang Zeer, wah kang zeer mau ngintip apa nich hehehe :D

blogger said...

kalau mau lihat faststone capture 7.6 fukk keygen bisa ke URL ini mbak

http://hekos-soft.blogspot.com/2013/07/faststone-capture-v76-full-keygen.html

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok langsung menuju ke TKP hhehehe Thanks mas bro :)

blogger said...

waduh salah ketik ya maaf maaf.. gak sya bca dlu tadi ( jadi malu )

Mas Andes said...

bagus nih mbak gambar yang di posting juga nantinya makin kece..
pake corel emang enjoy buat desain, kalo mau publis ke web/blog gambarnya juga bisa di sesuaikan pada Publish To The Web > Web Image Optimizer..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, hehehe nggak apa-apa mas, saya sudah tahu maksudnya kok :)

Mas Andes, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata bisa langsung diterbitkan untuk web. Biasanya saya hanya melakukan eksport saja sehingga berupa file JPEG hehehe :D

Anonymous said...

kalau pakai corel saya malah belum bisa mb' ririn, say terbiasa pakai sothosop, dan saya lebih suka pakai PS ketimbang yang pakai online.
#Rizkyzone.com

Unknown said...

kalau blog saya mungkin nggak perlu pake screenshot sperti ini kali yah mbak...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, photoshop juga bagus kok mas. Jadi tergantung kebiasaan software apa yang kita gunakan dan juga ada tidaknya software tersebut. Karena untuk membuat screenshot bisa menggunakan program apa saja :)

Mas Anthonie, sepertinya nggak perlu screenshot untuk blog mas anthonie. Tapi kalau mau pakai screenshot juga nggak apa-apa kok hehe :D

Unknown said...

keren mbak ....
kalau boleh ane minta coreldarw nya donk ... hehehhe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebenarnya saya punya software/master coreldraw nya mas, tapi ukurannya sangat besar, yakni 300 mb. Lumayan lama juga kalau di upload di situs file sharing hehe :D

Unknown said...

assalamualaikum, tidak perlu pakai coreldraw/photoshop pakai microsoft publihisher juga bisa dengan tombol yang sama.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh ternyata pakai microsoft publisher juga bisa ya untuk membuat gambar screenshot. Saya malah baru tahu mas hehe :D
Thanks master atas tambahannya ya. Luar biasa :)

Post a Comment