Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link

Sebenarnya beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah. Dalam hal ini saya  juga akan membahasnya lagi, terutama khusus pada point pemasangan internal link. Apa itu jumlah pageview blog dan apa itu internal link? Pageview adalah jumlah tayangan halaman postingan blog yang dibuka oleh pemirsa blog. Adapun link internal adalah link postingan yang lain yang disisipkan dalam postingan blog, yang dalam hal ini mempunyai keterkaitan topik dengan artikel yang dibahas.

Trik ini diyakini oleh banyak kalangan sangat membantu untuk mengoptimalkan jumlah pageview blog. Sehingga pengunjung ketika datang di blog kita, mereka tidak langsung pergi setelah membaca satu artikel, melainkan akan terus membaca lebih lanjut artikel yang lainnya. Dan bahkan bisa berpuluh-puluh artikel yang akan mereka baca. Tertarik?
Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link
Image by inblogspot.com
Untuk memasang link internal kelihatannya sangatlah mudah, tapi yang benar-benar tepat, ini yang tidak mudah. Tepat dalam hal ini adalah bisa memikat daya tarik pengunjung blog. Setelah beberapa waktu yang lalu saya share tentang Cara Agar Blog Banyak Komentar. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link. Berikut adalah point-point penting yang harus anda perhatikan.

Sebelum Pasang Internal Link
1. Anda perlu membuat artikel dasar terlebih dahulu yang diterbitkan di blog anda.
Contoh artikel dasar: Cara Mendaftar Facebook
Contoh artikel lanjutan: Cara Membuat Fans Page Facebook
Contoh artikel lanjutannya lagi: Cara Pasang Facebook Like Box di Blog

2. Sebaiknya blog anda mempunyai niche yang spesifik. Dan topik artikel yang dibahas usahakan selalu berkaitan satu sama lain.

Ketika Pasang Internal Link
1. Gunakan Anchor Text yang Jelas
Kata/Frasa yang disisipi link internal hendaknya ditulis secara jelas. Kalau bisa usahakan sama persis dengan judul artikel postingan.
Contoh Anchor Text yang Benar: Cara Mendaftar Google AdSense melalui Blogger
Contoh Anchor Text yang Keliru: Download disini atau silahkan klik disini atau Click here

2. Pasang Link Internal yang Benar-benar Relevan
Usahakan dalam memasang link internal harus berhubungan dengan topik artikel yang dibahas. Dan kalau bisa merupakan artikel lanjutan. Perhatikan contoh paragraf berikut ini:

Sebelum anda memasang widget Twitter di blog, anda diharapkan sudah mempunyai akun Twitter. Apabila belum punya, silahkan buat akun terlebih dahulu atau baca Cara Mendaftar Twitter.

3. Jangan Berlebihan Pasang Internal Link
Usahakan jangan terlalu banyak dalam memasang link internal dalam postingan. Usahakan dalam satu paragraf, hanya satu link internal yang dipasang. Jangan lebih dari satu. Atau idealnya dalam satu postingan hanya ada tiga link internal.

4. Hindari Link Internal yang Menipu
Penggunaan anchor text yang tidak tepat bisa menipu para pengunjung. Selain itu, pemasangan link internal yang merupakan link posting yang dibahas, ini juga termasuk dalam kategori internal link yang menipu. Kok bisa? Iya bisa saja, karena apabila link tersebut di klik maka akan menuju halaman posting yang sama, bukan posting yang lainnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda sekalian tentang Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

23 komentar:

Unknown said...

makasih admin yang cakep informasinya...
saya akan coba dulu ne...

#Blogwalking_Setia

Icah Banjarmasin said...

Ngesot siang Kang Mas..sipp nih artikelnya..hahahayyy

lang lang blog said...

bacanya dilanjut besok ya mbak

Ahlun Nazar said...

Keren nih ... :) Thanks mba ... :)

Kang Ucup said...

menarik sekali nih mbak. pelajaran buat saya karena masih menggunakan kata di sini untuk menaruh sebuah link

Hgs informasi said...

mantap mba ririn artikelnya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Kang Ucup, iya sebaiknya diubah kang Anchor Text nya ;)

Unknown said...

oh saya pikir kalo memasang link postingan di dalam postingan itu sendiri bagus ke seo, ternyata malah menipu ya mbak. trims buat pencerahannya

Unknown said...

tips nya bermanfaat sekali. nanti saya coba mbak.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Elsawati Dewi, iya kak, memang cukup menipu link model seperti itu ;)

Mas Marnes said...

Betul sekali mbak, sepertinya mudah tapi seperti yang mbak bilang membuat internal link yang tepat dan benar. Berarti harus ada kesinambungan ya mbak antara artikel yang satu dengan artikel yang nantinya kita buat sebagai internal link, kalau ada keterkaitan seperti itu emang enak sih dibacanya maka tak heran kalo pengunjung besar kemungkinan mengklik link internal tersebut untuk melanjutkan membaca artikel selanjutnya, seperti blognya Mbak Ririn nie yang kadang membuat saya bisa berlama-lama kalo ada artikel yang menarik perhatian saya, terimakasih mbak atas sharing ilmunya :)

wongcrewchild said...

makasih mba,
penting buat di pasang di blog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Marnes Kliker, iya mas, tentu yang bagus adalah yang saling berkaitan antar topik nya, sehingga berpotensi meningkatkan minat baca pengunjung, selain juga untuk seo :)

#Uda Awak, sebaiknya sih nggak perlu pasang link pada posting yang dibahas, karena bisa menipu pengunjung. Untuk link homepage, sebaiknya sih jangan dipasang, karena sebenarnya pada halaman blog sudah ada banyak link homepage, seperti di judul blog dan footer blog. Duplikat link dengan anchor text yang sama di dalam satu halaman tidak bagus untuk SEO. Dan sepertinya juga nggak begitu bermanfaat link homepage untuk pengunjung

Unknown said...

Ilmunya saya serap dulu mbak ririn :D

Mang Lembu said...

selalu dapet ilmu berguna kalau mampir kesini, maklum ng'blognya ngga pernah merhatiin kedalaman nya.
sip selalu ilmunya

Unknown said...

sebagai orang baru di dunia blogger tentunya artikel ini sangat membantu saya dalam usaha untuk belajar lebih banyak lagi tentang hal-hal seperti yang ditulis admin blog ini.terusterang artikel ini adalah pelajaran terbaru buat .Terimakasih mbak Eka sudah berbagi ilmu melalui artikel ini,,,,

Staff Administrator said...

wah jd lebih paham dan tau tata caranya nih mbak ..sekarang
dan terima ksh ya udah bagi ilmu nya ke kita2 :)

Unknown said...

mantap tips nya mbak... makasih dah

Unknown said...

blog walking mbak ,,,nice info,,,,,trimakasih!

Unknown said...

Oh gitu yah mba, brati saya sudah menipu, karna kalo saya posting selalu menaruh link internal posting yang sedang di bahas, hehe, wah harus di perbaiki lagi yah mba, makasih mba atas tips nya. :-)

Saling indonesia said...

kalau saya kadang lupa pasang internal link,..sip mbak tutorialnya, ternyata link internal penting ya Mbak

Unknown said...

duh berarti selama ini saya selalu memasang link yang tidak bermanfaat, thanks infonya mbak

Eva said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment