Cara Copas Artikel Blog yang Baik dan Benar

Dalam hal tulis-menulis di dunia blogging, pasti tak lepas dengan yang nama nya copas. Di akui atau tidak, ketika awal-awal ngeblog, pasti kita sering copy paste artikel blog orang lain. Hal itu dikarenakan kita belum mempunyai skill menulis dan masih belajar menulis. Sehingga cara copas pun masih asal-asalan, dan bisa dibilang cukup merugikan pihak sumber aslinya.

Sebenarnya topik artikel ini sudah pernah saya singgung pada posting sebelum nya yang berjudul Bolehkah Kita Copas Artikel Blog Orang Lain?. Pada posting tersebut hanya menjelaskna point-point nya saja, sehingga dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara keseluruhan.

Agar anda tidak keliru saat copas artikel dan aman laporan DMCA dari pihak sumber, berikut saya jelaskan Cara Copas Artikel Blog yang Baik dan Benar. Silahkan perhatikan baik-baik ya.
Cara Copas Artikel Blog yang Baik dan Benar
Image by newbornspirit.com
1. Baca dan Pahami Artikel di Blog Lain
Ketika anda menjumpai artikel yang unik, aneh, dan menarik di blog orang lain yang mana membuat anda suka, jangan langsung di copas. Tapi silahkan dibaca dan dipahami secara mendalam. Kalau perlu, bisa juga dicatat poin-poin yang penting untuk menguatkan daya ingat anda.

2. Tulis/Ketik Ulang Artikel dengan Narasi Sendiri
Setelah anda paham dengan topik artikel tersebut, silahkan anda tulisa ulang atau ketik ulang dengan gaya bahasa anda sendiri. Bisa dipastikan antara artikel sumber dengan artikel anda nantinya akan berbeda dalam segi penyampaiannya, meskipun substansinya sama. Hal itu dikarenakan setiap individu mempunyai perbendaharaan kosa-kata yang tidak sama di memori otak kita.

3. Sertakan Link Sumbernya Jika Copas Lebih dari 50%
Untuk menghindari tudingan copas, sebaiknya tulis link sumber nya di akhir postingan kalau ternyata anda melakukan copas mencapai 50% hampir sama dengan artikel sumber nya. Ini adalah tindakan yang paling aman dan juga meminimalisasi risiko copas yang timbul di hari kemudian. Sebaiknya tulis link sumber dengan Anchor Text yang jelas.

Contoh Anchor Text yang Benar: Cara Ririn
Contoh Anchor Text yang Keliru: Sumber

4. Lengkapi dengan Gambar yang Berbeda
Adalah sangat membosankan jika sebuah tulisan artikel tidak ada gambarnya. Bagaikan sayur tanpa garam. Anda pasti tau rasanya kan? anyep hehe :D Oleh karena itu, sebaiknya setiap postingan di blog anda, hendaknya dilengkapi dengan image agar pembaca tidak cepat bosan. Nah, terlebih lagi jika anda membuat artikel hasil copas, sebaiknya anda sertakan gambar yang tidak sama dalam artikel anda. Bagaimana caranya? Anda bisa cari gambar di internet. Minta aja bantuan Mbah Google untuk menemukan gambar yang anda inginkan.

Jangan sampai lupa, gambar yang anda ambil dari internet, itu sebaiknya juga ditulis url sumber nya. Karena image/gambar itu juga mempunyai hak cipta lho. Jangan sampai anda dituduh copas, gara-gara sebuah gambar yang anda ambil di situs lain.

5. Terbitkan Artikel di Blog Anda
Nah, setelah artikel tersebut sudah anda tulis dengan mempraktekkan langkah-langkah diatas, silahkan terbitkan di blog anda. Di jamin, pasti aman. Karena saya juga kadang mempraktekkan trik ini untuk melakukan copy paste artikel di blog lain.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Copas Artikel Blog yang Baik dan Benar. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog. Thanks for your attention.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

16 komentar:

Unknown said...

saya biasanya kalau sudah kehabisan bahan update pake cara ketik ulang artikel lain. karena dengan meng-copas saja pun bukan berarti bisa langsung publish, tetap aja perlu ada editing sana-sini biar tampilan artikel di blog kita berasa pas ;)

Indra Kusuma Sejati said...

Tips cara copas artikel blog yang benar dan sangat bersahabat dengan google ya Mba ?

Salam

Aunillah said...

Lebih baik lagi kalo disertakan sumber aslinya y mbak Els...

Eva said...
This comment has been removed by a blog administrator.
JIM said...

untuk poin ketiga, menurut saya, kalau ada kalimat yang nge-copas, walau hanya 1 kalimat (gak sampai 50%), tetap saja harus dikasih sumber link-nya...

nih, saya kasih sedikit artikel tentang copas :
http://shadowz-space.blogspot.com/2014/04/3-macam-teknik-meng-copas.html

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

JIM, terimakasih atas tambahannya ya ;)

ALL@ iya sebaiknya kita memberikan apresiasi kepada penulis aslinya apabila kita copas artikel nya, yakni dengan cara memberikan link aktif sumbernya ;)

Kang Ucup said...

tapi bagaimanapun yang namanya copas hrus dihindari karena sebenarnya copas itu pembodohan untuk diri sendiri

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Kang Ucup, iya benar itu kang ;)

Unknown said...

kalau saya untuk saat ini mending bikin tulisan sendiri aja mbak, lebih asyik tulisan sendiri dari pada copas walaupun keliatannya sangat berantakan sekali dibanding artikel2 blog lain, tapi untuk urusan gambar... apa boleh buat... he... maklum belum punya kameranya mbak he...

Unknown said...

intinya boleh mengkopas tapi harus di tulis ulang dengan naraca dan gaya masing-masing ya mbak

Hgs informasi said...

wajib memasang link sumber :D

MANG YONO said...

waw ini nyindir saya nih, blog saya kan artikelnya banyak di Copas... Ternyata Cara Copas artikel ada aturannya ya Master saya kira asal jebred langsung copas aja.

Unknown said...

kalau nyari gambar di google, trus gambarnya di edit atau di gabung dengan gambar lain, apa juga harus disertakan sumbernya ya mbak?

Mas Marnes said...

Oya mbak cara mencantumkan sumber linknya yang bener itu harus link aktif atau link biasa aja mbak coz kadang saya suka liat ada juga temen yang sekedar mencantumkan link url mati terus ada juga yang mencantumkan linknya itu cuma nama situnya seperti detik.com gitu, yang bener itu yang gimana ya mbak? :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Marnes Kliker, untuk mencantumkan sumber, sebaiknya link aktif yang mengarah ke Halaman Posting nya, bukan homepage ataupun link mati. Dari situ, maka kita tidak dianggap copaser.

#April saja, gambar yang ambil dari internet, sebaiknya cantumkan sumber aslinya,yang berupa url web. Kalau kita bikin gambar sendiri, misal dari hasil jepretan sendiri atau hasil bikin di photosop atau coreldraw, maka itu gambar milik kita ;)

Ri said...

Pokoknya jangan copas mentah-mentah saja yah mbak :) Salam semangat Blogging

Post a Comment