Tips Mendapatkan Inspirasi / Ide Menulis Artikel di Blog

Skill menulis memang tidak datang dengan sendirinya, melainkan adanya sebuah proses panjang dan melelahkan. Adalah sangat jarang orang bisa menulis artikel dengan baik dan benar secara seketika. Bisa dipastikan dimulai dari tulisan jelek, baru kemudian berangsur-angsur menjadi bagus.

Sebagai pengelola blog, pasti sudah akrab dengan yang namanya tulis-menulis. Pasalnya, kita sudah disediakan space yang cukup besar untuk menuangkan ide dan gagasan ke dalam media yang satu ini. Kita bisa menulis bebas tanpa ada standar penulisan. Dan pastinya kita diperbolehkan menulis sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Blog yang bagus sayogyanya di update tiap hari dengan menyajikan artikel yang menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya. Namun, sering kali kita terkendala dengan minimnya ide yang bisa dijadikan bahan untuk menulis sebuah artikel. Konsekuensinya, blog menjadi tidak update. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara agar bisa menulis artikel secara terus menerus di blog.
Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog
Image by recoveringgrace.org
Setelah beberapa waktu yang lalu saya menjelaskan tentang Tips Sebelum Menulis Artikel di Blog. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog. Silahkan perhatikan point-point berikut ini.

Perbanyak Aktivitas Membaca
Dengan membaca, anda akan menemukan sebuah ide baru dan gagasan baru yang tentunya belum pernah anda tahu sebelumnya. Selain anda mendapatkan pengetahuan baru dari aktivitas membaca, anda juga akan memperoleh segudang kosa kata baru yang tersimpan dalam memori otak anda. Dari situlah anda bisa menuangkan hasil bacaan anda kedalam sebuah tulisan.

Anda bebas membaca apa saja dan di media mana saja. Semua itu tentunya sesuai dengan interest anda masing-masing. Anda bisa mebaca artikel di koran, media massa online, atau bahkan di blog orang lain. Aktivitas ini sangat efektif karena akan selalu mendatangkan ide untuk menulis. Untuk itu, hendaknya aktivitas membaca perlu dibiasakan sejak dini.

Menjawab Pertanyaan Sahabat Blogger
Aktivitas blogging tidak terlepas dari yang namanya saling berkomentar di blog masing-masing. Dengan adanya sebuah komentar tersebut, ada banyak manfaatnya. Selain bermanfaat untuk menjalin persahabatan antar sesama blogger, juga berguna untuk menemukan ide yang bisa dijadikan sebagai bahan menulis artikel.

Apabila anda menemukan sebuah komentar yang berupa pertanyaan di blog, anda bisa jadikan qustion tersebut sebagai ide topik artikel. Hal ini ternyata sangat efektif dan kebetulan saya pernah beberapa kali mempraktekkannya. Alhasil, ide untuk menulis pun menjadi mudah dan gampang.

Pengalaman Pribadi
Ide tulisan bisa juga berasal dari pengalaman pribadi. Anda bisa menulis apa saja yang merupakan pengalaman anda. Bercerita tentang perjalanana hidup anda atau mungkin menceritakan saat anda berwisata. Selain hal itu, apa yang anda tahu tentang suatu hal, misal pengetahuan, juga bisa jadikan sebagai referensi untuk dijadikan sebagai bahan penulisan artikel.

Merenung
Aktivitas merenung memang cukup membantu untuk mengatasi kebuntuan ide. Anda bisa meluangkan waktu anda sejenak untuk memikirkan sesuatu hal. Entah itu tentang kewajiban atau tugas anda atau mungkin tentang aktivitas blogging itu sendiri. Jangan lupa untuk selalu mencatat point-point penting pada saat anda merenung tersebut.

Pada point ini juga sering saya lakukan. Ketika saya hendak menulis artikel, misalnya tentang sebuah Tips. Saya biasanya membuat point-point penting terlebih dahulu. Baru kemudian saya jelaskan poin tersebut satu per satu.

Refreshing
Saat kejenuhan mulai melanda, tidak ada salahnya apabila anda sesekali untuk merefresh otak, agar bisa segar kembail. Bisa dengan jalan-jalan sama teman, atau mengunjungi tempat yang menarik. Dari situlah anda bisa membuat pikiran anda menjadi fresh dan anda bisa menulis dengan mudah.

Buatlah Gambar/Foto Agar Bisa Berbicara
Punya sebuah foto di suatu tempat? Atau mungkin, punya sebuah screenshot langkah-langkah tutorial? Ajaklah gambar/foto tersebut supaya bisa berbicara. Dari sebuah atau beberapa gambar, anda bisa menceritakan panjang lebar kedalam sebuah tulisan. Sehingga anda bisa mudah untuk menulis, karena pada prinsipnya hanya mendeskripsikan gambar.

Aktivitas ini sering saya lakukan, karena memang blog saya tentang Tutorial Blogspot. Saya biasanya membuat screenshot terlebih dahulu dengan jumlah 5 buah, baru kemudian menulis artikelnya. Ternyata sangat mudah sekali untuk membuat artikel, karena saya hanya menjelaskan langkah-langkah yang ada dalam gambar tersebut.

Lakukan Sebuah Riset dan Kemukakan Hasilnya
Ini bisa anda lakukan jika anda punya banyak waktu. Yakni melakukan sebuah eksperimen atau riset tentang suatu hal. Misalnya tentang Cara Pasang Widget di Blog atau yang lainnya. Diharapkan sebelum anda menulis artikel, anda perlu melakukan sebuah eksperimen. Baru kemudian tuangkan hasil riset anda kedalam sebuah tulisan.

Demikian tips sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel di Blog. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga postingan menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Tips Menulis Artikel Bermutu Tinggi di Blog. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

18 komentar:

Indra Kusuma Sejati said...

Memang untuk melakukan semua cara agar bisa mendapatkan ide menulis artikel di blog setiap harinya harus bisa belajar dari hal yang kecil dan ringan dulu ya Mba, dan tips di atas sangat bermanfaat sekali.

Salam

Sobat Bonsai said...

Memang sangat membantu,mari kita ber eksperimen

Unknown said...

Terkadang saya juga sering blank Mbak Ririn untuk terus menerus posting
Artikel di blog, tapi trik yang Mbak kemas diatas sangat membantu isinyalir
Untuk mendapatkan insfirasi untuk terus menulis artikel di blog makasih Mbak

Unknown said...

kalau menurut saya, kalau udah di depan laptop jangan buka-buka yuotube dulu deh, pasti banyak waktu kebuang tuh ma yuotube lalu malas posting deh, nah menurut saya juga, he... jadi kebanyakan menurut saya nih.. kalo dah kumpul dan ngobrol ma temen-temen itu yang banyak manfaatnya dan banyak ide untuk bikin artikel

Staff Administrator said...

jujur saja nih mbak Rin..utk belakangan ini waktu dan pikiran saya hampir kesita habis di tpjob baru saya..hehe

mudah2an... saya bisa lagi ngebagi waktu kayak biasa..di tambahin dg adanya tips di atas..jd bisa semangat lagi buat nulis
trims. ya mbak :)

Hgs informasi said...

ada cara yg paling ampuh mba ririn menulis artikel dengan baik :D

Aunillah said...

Istiqomah lebih baik dari seribu kharomah... Salam dr Tanah Melayu

Unknown said...

saya juga termasuk salah satu kategori orang yang sulit dalam menemukan inspirasi menulis mba , kadang setiap hari untuk posting aja sulit

Unknown said...

tipsnya sungguh luar biasa . . . .
memang inspirasi susah sekali didapat ya mbak . .

Walidin said...

Kalau saya sering mendapat ide diluar konsentrasi menulis, mba. begitu dimana saja ada berada muncul ide untuk menulis saya langsung bookmark judul ide tersebut di otak, dan jika memungkinkan di catat di selembar kertas, atau di note handphone. begitu ada waktun yang cocok langsung riset keywords terhadap ide yang muncul. baru bikin artikel.

Mantap mba artikelnya buat nambah library pengetahuan.

Unknown said...

mntap mbak

Saling indonesia said...

sebenarnya ketika ada ide datang..benar mbak kalau lagi suasan tidak mood, rasanya sering sekali malas tulis menulis, waktu habis untuk buka-buka siitus lain, jadi idenya semula hilanglah....

Unknown said...

Butuh ketenangan hati dan pikiran dan yang pastinya harus dalam keadaan woles.....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oyo Sukarya & Hilal Soraya, iya kalau suasana nya tenang, jadi lebih nyaman ya mas untuk membuat artikel dibandingkan dengan yang rame ;)

Kontributor OmPrap Blog said...

mantab, tapi untuk saat ini memang sedang sengaja vakum sih akunya :-0

Unknown said...

Ternyata banyak juga yah mba, agar kita bisa mendapat ide untuk posting. Saya juga bingung mba, sudah lama tidak posting, setelah posting malah bingun apa yang mau di bahas dan bahasa yang biasa nya di pake, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Prapto Ari Perwira, sukses selalu ya mas ;)

#warim brebes, mungkin perlu adaptasi dulu mas sama ngeblog hehe :D

Anonymous said...

Yang paling penting itu membaca ya Mba karena tanpa rajin membaca sulit untuk menuangkan kata-kata kedalam tulisan.

Post a Comment