Ciri-ciri blog yang disukai Pengunjung

Ciri-ciri blog yang disukai Pengunjung Blog yang bagus dan elegant tidak hanya dicintai oleh Google saja, melainkan juga disukai oleh pengunjung blog. Biasanya blog yang disukai visitornya adalah terdapat banyak komentar dan tingginya trafik blog. Wow nampaknya laris manis blog tersebut. Bisa dipastikan anda, sebagai pengelola blog, ingin sekali apabila blog anda ramai. Tentu saja saya juga berharap demikian, mengingat blog saya juga masih sepi hehehe.

Beberapa waktu yang lalu sebenarnya saya sudah menjelaskan tentang Hal-hal yang tidak disukai oleh visitor blog. Mungkin yang akan saya ulas kali ini adalah kebalikannya dari artikel tersebut dan juga sedikit tambahan. Beberapa waktu yang lalu saya juga sudah menjelaskan Ciri-ciri blog yang disukai oleh Google. Lalu bedanya apa? tentu saja beda. Google adalah mesin pencari, sedangkan visitor adalah pengguna internet (orang).
Ciri-ciri blog yang disukai Visitor
Image by regibrader-free.blogspot.com
Orang kalau sudah cinta dengan sebuah blog, pasti akan selalu hadir menyapa blog kesayangan mereka. Untuk mengakses blog yang dicintainya bisa melalui mesin pencari, juga bisa langsung ke alamat blog/webnya. Sedangkan apabila blog dicintai oleh Google, tergantung pengguna internet dan juga intensitas pengelola blog juga. Sehingga bisa saja cintanya mudah luntur. Kalau anda disuruh milih, ingin pilih yang mana? disukai visitor atau disukai Google?. Kalau saya milih dua-duanya hehehe :D

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Ciri-ciri Blog yang Disukai oleh Visitor. berikut adalah uraiannya.

Ciri-ciri blog yang disukai Pengunjung

1. Navigasi menu rapi
Navigasi menu yang rapi tentu memudahkan visitor blog untuk mencari apa saja yang mereka kehendaki. Biasanya navigasi menu terdapat di bagian header blog yang terdiri dari Home, About, Contact, Sitemap, dan lain sebagainya.

Biasanya visitor setelah menemukan blog kita via mesin pencari, mereka akan mencari informasi tambahan yang terdapat dalam blog tersebut. Dengan adanya navigasi menu yang jelas dan rapi, memberikan kemudahan akses bagi visitor untuk mencarinya dan mempelajari blog tersebut.

2. Originalitas artikel
Konten yang berkualitas adalah konten hasil karya sendiri. Karya tulis yang terdapat dalam blog itu mahal harganya. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk seenaknya sendiri copy-paste artikel blog orang lain.

Visitor akan merasa senang apabila konten yang terdapat dalam blog tersebut adalah hasil karya sendiri. Meskipun tata tulis dan bahasa yang digunakan dalam artikel masih jauh dari sempurna, namun apabila enak dibaca dan mudah dipahami itu memberikan kesan tersendiri bagi visitor blog.

3. Tanpa iklan
Jarang sekali saya menemukan blog yang tanpa iklan. Biasanya blog yang dikelola dengan baik, tidak terlepas dengan yang namanya iklan. Termasuk blog saya sendiri hehehe. Meskipun hal ini sangat lumrah, tapi yang sering dilupakan oleh pengelola blog adalah dalam memasang iklan itu tidak tepat. Sehingga dapat mengganggu para pembaca blog.

Saya sendiri juga menyadari bahwa blog yang dipasang iklan itu dapat memberatkan loading blog apabila terlalu berlebihan. Oleh karena itu, silahkan blog anda dipasang iklan sewajarnya saja. Tidak perlu memaksimalkan ruang kosong untuk iklan, apalagi iklan pop-op. Untuk lebih jelasnya tentang tata cara pemasangan iklan yang baik di blog, silahkan pelajari selengkapnya tentang Tips Memasang Iklan di Blog.

Blog tanpa iklan biasanya memprioritaskan konten yang disajikan. Sehingga hal itu menjadikan visitor blog betah berlama-lama di blog tersebut. Untuk blog yang dipasang iklan, alangkah baiknya juga mengutamakan konten, sehingga bisa menarik perhatian para visitor blog.

4. Loading ringan
Tentu saja loading blog yang ringan akan memberikan kepuasan bagi visitor blog. Hal itu disebabkan oleh kemudahan akses mereka untuk membuka laman blog, sehingga mereka bisa menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan tepat.

Loading blog memang harus selau anda perhatikan, mengingat tidak semua orang menggunakan internet dengan koneksi super cepat. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Penyebab Loading Blog Menjadi Berat. Sehingga setelah anda mengetahui apa saja yang memberatkan loading blog, itu bisa diperbaiki performa blog anda. Tujuannya agar blog anda ringan, dan visitor menjadi cinta kepada blog anda.

5. Widget lengkap
Widget lengkap yang dimaksud disini bukan semua widget terpasang di blog, melainkan widget yang mendukung akses visitor blog. Apa saja widget tersebut? adalah Posting Terbaru, Posting Populer, Artikel Terkait, dan lain sebagainya. Dengan adanya widget tersebut, itu dapat memberikan pintu masuk bagi visitor blog untuk mengkaji laman per laman di blog anda dan untuk mencari informasi yang mereka cari.

Saya kira widget mengenai musik, tampilan kursor, informasi situs, dan lain sebagainya itu tidak begitu penting untuk dipasang di blog. Malahan widget tersebut dapat memperberat loading blog anda.

6. Admin blog ramah dan responsif
Visitor blog (baik yang punya blog ataupun tidak) itu akan merasa senang apabila saat mereka berkomentar entah itu hanya blogwalking atau bertanya itu mendapat respon dan feedback positif dari admin blog. Dan yang paling disukai lagi apabila admin blog bersedia memfollow back serta berkunjung balik di blog (ini khusus untuk pengelola blog saja).

Apakah anda termasuk admin blog yang ramah? yang tahu adalah anda sendiri. Silahkan tanya kepada hati kecil anda apakah anda sudah ramah apa belum kepada visitor blog.

Admin blog yang cuek dan tidak responsif kepada visitor blog terkesan tidak memberikan apresiasi bagi visitornya yang sudah meluangkan waktu untuk berkomentar. Ini yang banyak terjadi ketika blog mereka sudah besar dan trafiknya tinggi. Jangankan follow back, berkunjung balik-pun mereka tidak akan mau.

7. Link download berfungsi normal
Ini khusus blog yang ber-niche software, game, dan sejenisnya. Link download yang masih aktif bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi visitornya. Karena apa yang mereka inginkan dan mereka cari, blog tersebut memberikan solusinya.

Apabila terdapat broken link, bisa dipastikan visitor akan langsung pergi dan berpindah ke blog lain. Oleh karena itu, untuk menjaga kepercayaan visitor anda, silahkan selalu periksa link download yang anda pasang di laman blog anda, supaya tidak mengecewakan visitor blog.

8. Tulisan artikel mudah dibaca dan dipahami
Biasanya visitor cenderung lebih suka dengan blog yang artikelnya mudah dibaca dan dipahami. Ini mencakup tulisan dan template yang anda gunakan dalam blog. Namun, tidak terbatas pada tata bahasa dan kalimat yang anda tulis dalam artikel tersebut.

Tentu anda bertanya-tanya. Bagaiamana caranya menulis artikel yang baik dan benar? supaya enak dibaca dan mudah dipahami? silahkan anda baca postingan saya yang berjudul Tips Menulis Artikel Bermutu Tinggi. Mungkin postingan saya tersebut dapat memberikan jawaban atas pertanyaan anda.

Adapun bentuk tulisan dan template yang anda gunakan itu terkait dengan bagaimana anda mendesain blog. Ini yang musti anda perhatikan. Karena desain blog yang bagus itu relatif. Tergantung siapa yang menilainya. Oleh karena itu, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar.

9. Memberi jawaban atas apa yang mereka cari
Tentu saja blog yang memberikan solusi atas apa yang dicari dan dipertanyakan oleh visitor itu dapat ditemukan. Ini tergantung keyword yang dimasukkan oleh visitor dalam mesin pencari. Biasanya mereka (visitor) akan senang apabila apa yang mereka cari bisa ditemukan di blog anda.

Oleh karena itu, penting kiranya anda untuk memikirkan apa yang dibutuhkan oleh visitor blog. Sehingga apa yang disajikan dalam blog lebih terarah dan tentunya lebih tertarget sesuai dengan kata kunci yang dibidik.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Ciri-ciri blog yang disukai oleh visitor blog. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

18 komentar:

Bagus Hermawan said...

setuju banget ni, tapi harus kerja ekstra super keras :)
kira-kira blog aq disukai para visitor gak ya, kadang masih ragu soalnya,,hehe

zachflazz said...

ini sih blognya mbak ririn deh

Unknown said...

saya setuju bgt dengan sobat, sangat lengkap penjabarabya, conent yang orijinal navigasi yang baik serta content yang bermanfaat merupakan point penting buat visitor betah berlama2 di blog kita. :D slam kenal

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas HeQris, iya mas tentu kita sebagai pengelola blog harus bekerja keras untuk menyajikan konten yang menarik perhatian pengunjung. Blog anda disukai atau tidak oleh pengunjung itu tergantung bagaimana visitor menilai blog anda. Tentu mereka punya penilaian beragam.

Anda bisa melihat itu dari isi komentar para pengunjung blog anda kira-kira mereka berkata apa?dan bagaimana kesan-kesannya terhadap blog anda. Itu bisa anda jadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki performa dan konten blog anda supaya kedepan bisa lebih baik. Thanks ya sudah mampir :)

Mas zachflazz, iya mas ini blog saya. Ada apa dengan blog saya mas kok kayaknya terpesona dengan blog saya?hehehe just kidding ;)
Terimakasih banyak ya sudah meluangkan waktu untuk berkomentar kesini :)

Mas goyang patah patah, iya betul sekali itu mas. Artikel ini saya buat sesuai dengan pengalaman saya. Saya juga sering menjadi pengunjung blog. Kadang saya menemukan blog yang bagus dan ada juga blog yang kurang bagus.

Dari situ saya mulai berfikir dan mencoba memberikan penjelasan tentang bagaimana sich agar blog kita bisa disukai oleh visitor blog? Mungkin penjabaran ini masih jauh dari sempurna. Meskipun demikian, semoga tulisan ini dapat memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua tentang arti penting dalam mengelola blog.

Menurut saya visitor adalah raja dan tamu spesial. Oleh karena itu, kita sebagai pengelola blog harus memberikan dan menyajikan sebaik mungkin untuk mereka. terimakasih banyak ya sudah berkenan berkunjung di blog saya. :)

Bagus Hermawan said...

Terima kasih mbak Eka atas pencerahannya, sangat membantu, saya juga sering melakukan evalusi, semoga aja kedepannya jadi lebih baik :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas HeQris, iya mas sama-sama. Saya juga mengucapkan terimakasih banyak anda sudah berkenan berkujung dan berkomentar di blog saya.

Kita sama-sama belajar mas. Belajar mengelola blog dengan baik dan belajar menyejikan konten yang baik untuk mereka (visitor).

Tentu, kita juga harus sering-sering mengevaluasi apa yang sudah kita sajikan. Tepat, seperti yang anda sampaikan bahwa dengan mengevaluasi itu bisa lebih baik ke depannya :)

abitalita said...

kalo menurut saya loading ringan yang paling disukai pengunjung

Anonymous said...

kalau blog mamang masih jauh dari itu kayaknya...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Aulia, betul itu pak bahwa loading ringan juga disukai oleh pengunjung. Tapi yang lebih penting lagi adalah substansi konten blog apakah dapat memberikan jawaban ataukah tidak terhadap apa yang dicari oleh pengunjung? Ini yang perlu dan sangat penting diperhatikan pak. Thanks ya sudah berkenan mampir di blog saya :)

Pak mangyono, memang pak desain blog itu terserah kita sendiri dalam mengelolanya. Namun, alangkah baiknya apabila kita juga memperhatikan pemirsa blog kita. Kira-kira mereka suka tidak dengan blog saya? apakah konten blog saya bermanfaat ataukah tidak untuk mereka? Ini yang harus kita tekankan dalam mengelola blog pak? Terimakasih banyak ya sudah berkunjung di blog saya :)

Radja Blangkon said...

iklan secukupnya. kadang ada yang sampai berjubel, atas bawah kanan kiri dan tengah penuh iklan. apalagi iklan yang floating, aduh bikin pegel nunggu loadingnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya terkadang ada juga admin blog yang kurang memperhatikan pemirsanya. Mereka lebih memilih untuk mencari keuntungan sendiri dengan cara memaksimalkan ruang iklan di blog nya dan memasang iklan floating atau mungkin pop-up melayang supaya penghasilannya besar dari iklan.

Tapi kalau menurut saya itu malah dapat menyengsarakan para pengunjungnya, karena mereka tidak nyaman dengan performa blog yang demikian. Ini mestinya harus dihindari apabila ingin mendapat banyak visitor setia.

Terimkaasih pak sudah berkenan berkunjung di blog saya :)

Unknown said...

Admin blog ramah dan responsif,
Artikel mudah dibaca dan dipahami,
Artikel orisinil,
Link download berfungsi normal,
Loading ringan,
Memberi jawaban atas apa yang mereka cari,
Menu navigasi rapi,
Tanpa iklan,
Widget lengkap,
Ciri blog yang 'friendly'. Terima kasih sharingnya yang amat bermanfaat bagi para Blogger. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Yupz terimakasih banyak Pak Herdoni. Itu merupakan point-point penting yang harus diperhatikan oleh webmaster dalam mengelola blognya. Sehingga apabila point-point itu bisa dipenuhi, paling-tidak para pengunjung bisa suka dengan blog nya :)

afada said...

ah tidak mungkin klo Admin blog ini orang biasa, masa bisa luar biasa begini content content nya.
minta pendapatnya mengenai content content dan tampilan Blog saya mbk Ririn. sudah masuk ke dalam kriteria yang mbk ririn maksud belum yah ?????

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak Mas Raja atas penghargaannya hehehe :D Iya saya memang orang biasa kok yang ingin sharing tentang apa saja yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Background saya juga bukan web desain atau yang lainnya :D

Iya nanti saya akan coba lihat blog anda. Thanks ya sudah singgah dan comment di blog saya :)

dedaunan hijau said...

hehehe betul kata pak Zach
yang sesuai kriteria itu ya blog ini
semoga bisa memenuhi kriteria itu hihi

MuftihaturBulan said...

💕💕💕💕💕

MuftihaturBulan said...

💕💕💕💕💕

Post a Comment