Perbedaan Akun Perorangan dan Bisnis Google AdSense

Perbedaan Akun Perorangan dan Bisnis Google AdSense Ketika anda akan mengajukan permohonan akun Google AdSense, anda harus mengisi formulir pendaftaran. Pada salah satu opsi dalam formulir tersebut ada pilihan yang cukup sulit untuk anda pilih. Karena mungkin anda belum paham maksud dan tujuan dari opsi tersebut. Opsi apakah itu? adalah opsi jenis akun Google AdSense. Opsi tersebut yakni Akun Perorangan dan Akun Bisnis.

Ada baiknya anda pelajari secara mendalam apa maksud dari dua jenis akun tersebut. Sehingga apabila permohonan akun AdSense anda di approve, anda bisa mencairkan pembayaran dengan mudah. Kedua jenis akun tersebut berbeda dalam segi persyaratan pajak yang harus anda bayar dan juga berbeda dalam hal bentuk/metode pembayaran.
Perbedaan Akun Perorangan dan Bisnis Google AdSense
Image by Super Asah
Apabila anda salah dalam memilih akun Google AdSense, misalnya akun bisnis, maka anda tidak bisa merubah menjadi akun perorangan. Dan apabila anda ingin merubah akun, anda diharuskan tutup akun dan kemudian anda harus mendaftar lagi kepada Google AdSense. Tentu, hal tersebut tidak anda inginkan bukan? mengingat untuk mendaftar Google AdSense itu tidak mudah.

Berikut saya jelaskan perbedaan antara akun perorangan/individu dengan akun bisnis dalam Google AdSense.
Google AdSense Approve
Perhatikan Nomor 2

Perbedaan Akun Perorangan dan Bisnis Google AdSense

Akun Perorangan
Akun perorangan/individu ditujukan kepada anda yang mengajukan permohonan AdSense atas nama pribadi, bukan perusahaan. Misalnya anda sudah membuat blog personal, dan kemudian anda tertarik ingin mendaftar Google AdSense. Silahkan pilih akun perorangan pada saat anda mengisi formulir pendaftaran.

Pajak yang dibebankan pada akun perorangan tidak begitu besar. Namun, saya kurang tahu persis berapa besarannya. Selain itu, metode pembayaran untuk akun perorangan itu mudah dan cepat. Anda bisa mencairkan pembayaran dari Google AdSense melalui Western Union Quick Cash (WUQC). Saya kira agen WUQC sudah banyak di Indonesia, baik itu di desa ataupun di kota. Sehingga anda bisa dengan mudah untuk mencairkan bayaran dari AdSense.

Akun Bisnis
Akun bisnis ditujukan untuk sebuah perusahaan yang mempunyai website yang ingin dimonetisasi websitenya dengan menjadi Publisher Google AdSense. Misalnya seperti perusahaan surat kabar online, media massa online, dan lain sebagainya.

Pajak yang dibebankan untuk akun bisnis nampaknya cukup besar. Hal itu disebabkan karena sebuah perusahaan biasanya trafik web nya tinggi dibandingkan dengan blog personal. Sehingga setiap bulan juga memungkinkan untuk payout dari AdSense. Kalau blog personal mungkin 6 bulan baru bisa payout, karena trafik blog nya rendah.

Metode pembayaran untuk akun bisnis ini relatif sulit dan mungkin berlangsung lama, yakni melalui cek. Pihak Google akan mengirim surat yang berupa cek dari Amerika dan dikirim ke tempat anda. Ingat, cek tersebut berupa cek setoran, bukan cek pengambilan uang. Oleh karena itu, sebelum anda mencairkan pembayaran, anda harus sudah mempunyai rekening bank. Dalam hal ini bank yang digunakan adalah City Bank. Bank ini di Indonesia hanya ada di kota-kota besar saja, sehingga anda akan sulit menemukan bank tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda tentang Perbedaan Akun Perorangan dan Bisnis di Google AdSense. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

15 komentar:

akang sam said...

luar biasa tulisan-tulisannya Ririn, hehe. salut deh
memang menulis itu adalah sebuah skill yang tak semua orang bisa.
keep your blogging and success guys,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas sudah memberikan apresiasi kepada tulisan saya :)
Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semuanya :)
Thanks ya sudah mampir kesini :)

K.A.A said...

Hingga kemarin lusa, saya masih di tolak mbah google mba Wahyu Eka Prasetiyarini....

SEDIH GUNDAH GULANA

Tapi menyediakan materi berguna seperti mba, itu yang seeddang saya tapaki. Menulis itu menjadi penting sekali saat ini, entah kenapa. Dan saya berterima kasih dengan GOOGLE MAIL "mempermudah hidup lebih hidup" itu yg saya rasa, hehehe *curhat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya tidak apa-apa pak. Kegagalan adalah awal keberhasilan. Saya dulu juga sering ditolak, tapi dari penolakan tersebut ada hikmahnya.

Sedih, ya memang sedih. Tapi sedih tidak bisa menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, optimisme dan berusaha menjadi penting untuk dilakukan untuk memperbaiki aspek apa yang menjadi alasan penolakan tersebut.

Terimakasih banyak mas sudah sharing cerita dan pengalaman yang sangat menarik. Keep spirit and successful always :)

Asep Haryono said...

Saya salut sama Mba Ririn sudah sejak kemarin. Jarang ada blogger semilitan mba Ririn yang mampu menuliskan karya tulisan sendiri dan berkualitas. Materi tentang Google Adsense akan selalu menjadi topik pembicaraan hangat bagi para pemain adsense di Indonesia khususnya yang pemula.

Kalau saya lebih senang menggunakan akun personal atau pribadi dalam Google Adsense. Earning saya untuk bulan ini masih mandeg di angka sekitar 61 USD, dan kalau sukses menembus 100 USD akan menjadi pencairan yang ke 3 hiheiheiheiheiheihiee

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks Pak Asep atas penghargaannya. Tapi nampaknya terlalu berlebihan deh bapak ini hehehe :D Sampai saat ini saya masih belajar menulis pak dan belajar bagaimana caranya memberikan informasi yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Tentu saja, tulisan tersebut bukan murni dari pengalaman saya, melainkan dari berbagai referensi yang saya baca :)

Wah hebat ya pak sudah mau payout yang ketiga kalinya. Kira-kira tips bagaimana pak kok bisa sering payout begitu? Sampai saat ini saya malah belum pernah payout hehehe :D

Anonymous said...

bagus juga mbak Ririn infonya, saya sebenarnya udah lama berminat mengikuti Google Adsense cuma masih ragu-ragu, oh ya kalau menggunakan blog gratisan misal blogspot terus artikelnya dalam bahasa Indonesia apa bisa mbak? Makasih sebelumnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Boleh kok mas bahwa blog berbahasa Indonesia itu didaftarkan kepada Google AdSense, karena memang sejak tanggal 1 Februari 2012 yang lalu, Google AdSense sudah support Bahasa Indonesia :)

Silahkan daftar saja Mas. Jangan ragu-ragu :)

Ahmad Zaelani said...

makasih udah share, informasi yang sangat bermanfaat, saya belum pernah atau mencoba mendaftar google adnsense karena saya menyadari dengan sepenuh hati baha blog yang saya miliki traficnya gak tinggi, tapi suatu saat mungkin saya akan mencobanya...
saya ngikut perkembangan dari blog mba ririn tentang adsense kemudian nanti saya nysul... hihi :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah Mas Zaelani sukanya merendah deh hehehe :D Padahal blog anda sudah cukup bagus dan layak untuk didaftarkan kepada Google AdSense. Silahkan dicoba untuk didaftarkan mas. Siapa tahu nanti bisa di approve :)

Aliev Alvarez said...

thanks infonya
I Like this

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama Mas Nursetia :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mohon maaf mas ponte, komentar anda terpaksa saya hapus karena anda telah menyisipkan link aktif dalam form komentar.

Jika komentar anda tidak ingin di hapus di kemudian hari, silahkan berkomentar dengan baik dan benar. Ok :)

Anonymous said...

nemu di google pakai keyword perbedaan akun adsense eh disuruh kesini, makin mantabs aja jd paham saya. oh ya soal ide mbak ke saya buat iklan mandiri itu lg saya coba jg mbak hehehe

Post a Comment