Manfaat dan Risiko Tukar Link

Manfaat dan Risiko Tukar Link Link exchange adalah sebuah aktivitas tukar-menukar link url blog/web yang dilakukan oleh kedua orang atau lebih antara sesama pengelola blog (webmaster). Aktivitas ini sudah banyak dilakukan baik itu oleh webmaster dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan link exchange adalah untuk meningkatkan rangking halaman pada mesin pencari atau pagerank dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan SEO secara off page. Goalnya adalah supaya dapat meningkatkan jumlah visitor blog.

Bagaimana dengan anda, sebagai webmaster, apakah sudah mempraktekkan tukar link apa belum? Mungkin sebagian dari anda kini sudah ada yang melakukannya. Ada juga yang belum, karena mungkin tidak tahu apa maksudnya. Sebagian lagi tidak mau tukar link. Tentu, mau tidak nya melakukan link exchange itu tergantung dari admin blog.
Manfaat dan Risiko Tukar Link
Image by aries-andi.blogspot.com
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan manfaat dan risiko tukar link. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat dan Risiko Tukar Link

Manfaat Link Exchange
1. Seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa tukar menukar link sebagai upaya optimasi mesin pencari secara off page. Itu artinya bahwa apabila link exchange dilakukan secara tepat, maka akan meningkatkan rangking sebuah blog pribadi. Dan pada akhirnya Google Page Rank juga akan meningkat dari yang tadinya N/A menjadi 2 sampai 3 atau mungkin bisa lebih.

2. Link excahnge yang dilakukan antar sesama webmaster akan memperoleh backlink satu sama lain dan itu gratis. Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk mendapatkan backlink berkualitas itu bisa mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Misalnya saja beriklan di situs penyedia periklanan online. Bisa dipastikan itu akan mengeluarkan uang banyak.

3. Manfaat selanjutnya adalah dapat memper-erat tali persaudaraan antar sesama webmaster. Pastinya dengan melakukan link exchange akan menambah teman. Teman berdasarkan kepentingan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Tukar link selain mempunyai manfaat, ternyata juga mempunyai risiko yang cukup besar bagi blog/web anda. Apa saja risikonya? berikut adalah penjelasannya.

Risiko Link Exchange
1. Tukar link yang dilakukan secara berlebihan akan menurunkan reputasi blog/web anda di mata mesin pencari. Dan yang lebih parahnya lagi, blog/web tersebut bisa dianggap sebagai spam. Anda pasti tahu bahwa blog spam itu sulit terindeks oleh mesin pencari.

2. Aktivitas tukar link ternyata melanggar Pedoman Webmaster Google. Hal itu disebabkan aktivitas tersebut sebagai upaya memanipulasi peringkat halaman Google.

3. Tukar link dengan blog/web yang tidak relevan dengan niche blog anda, maka itu tidak akan menghasilkan apa-apa.

4. Tukar link dengan blog/web yang berbau spam misalnya blog/web PTC, Pornografi, dan sejenisnya, maka berisiko mendapat hadiah banned dari Google.

Kesimpulan
Sebelum anda mempraktekkan aktivitas link exchange, anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah halaman yang berisi link sebagai akibat dari tukar link, itu dapat bermanfaat untuk pengunjung blog anda ataukah tidak?.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Manfaat dan Risiko Tukar Link. Semoga dapat memberikan sedikit pemahaman untuk anda tentang link exchange. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

15 komentar:

Masnady said...

wah sepertinya blog saya perlu di benerin nih mbak... makasih infonya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mas sama-sama :)

Wahyu said...

kaga pernah bertukar link :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wahyur Pras: Bagus donk kalau begitu hehehehe :)

Hariyanto Wijoyo said...

jadi intinya harus cermat ya kalo mau tukar link..tidak boleh asal tukar link :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Pak Har, kurang lebihnya seperti itu :)

Tapi kalau ingin cari aman ya tidak perlu link exchange, karena berisiko itu pak :)

Unknown said...

Sudah lama sekali saya tidak bertukar link dengan para Blogger. Ada puluhan link di blog ISK hasil tukar link beberapa waktu lalu. Perlu dipikirkan kembali plus minusnya karena ternyata aktifitas tukar link ini melanggar pedoman webmaster Google. Terima kasih. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak perlu dipikirkan lagi mengenai link exchange. Memang dengan kita ber tukar link, blog/web kita menjadi meningkat page rank nya secara cepat. Namun, dibalik itu semua terdapat resiko yang cukup besar dan juga menakutkan. hehehehe :)

Thanks pak Herdoni atas koment nya. Salam cemerlang aja dech ;)

Belajar SEO said...

dapat ilmu baru nih tentang resiko tukar link,makasih sob sudah mau berbagi :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hu'um mas sama-sama :)

Anonymous said...

waduh ternyata begitu ya resikonya.... baru paham.. mamang tukar link asal saja ... mungkin link eksternal dan link internal juga berpengaruh ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Link exchange cukup berisiko pak. Oleh karena itu apabila bapak melakukan tukar menukar link itu harus hati-hati kalau bapak tidak ingin mendapat hadiah banned dari Google.

Link exchange yang dimaksud disini adalah link eksternal pak yakni saling tukar link antara bapak dengan orang lain. Kalau link internal sih tidak masalah. Malahan kalau link internal itu lebih bagus pak. :)

Moeclazh Favian said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas moeclazh sudah singgak di blog saya :)

Unknown said...

saya udah terlanjur tukar link, apakah saya harus menghapus widget link yang telah saya pasang pada blog saya? apakah akan ada kenmungkinan blog saya akan terancam?

Post a Comment