Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support

Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support Ketika anda hendak membuat blog/website tentang toko online atau E-Commerce, anda harus menyiapkan segala sesuatunya. Misalnya produk apa yang akan dijual? template seperti apa yang cocok digunakan untuk blog/web? dan harus dilengkapi dengan customer support. Apa itu customer suuport? Adalah tempat untuk berinteraksi antara penjual dengan konsumen. Ini biasanya direpresentasikan dalam bentuk chating.

Sebenarnya di internet ada banyak situs yang menyediakan widget chating yang bisa dipasang di Toko Online. Salah satunya adalah Chatonomy. Situs tersebut memberikan widget livechat secara gratis. Selain itu, ketika widget tersebut sudah terpasang di blog/web, untuk menggunakannya tidak perlu log in terlebih dahulu. Berarti dalam hal ini dapat mempermudah bagi konsumen kita untuk menghubungi Toko Online.
Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support
Image by idwebhost.com
Untuk memperoleh widget dari Chatonomy, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut saya jelaskan tentang tata Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support di Blog/Web. Berikut adalah langkah-langkahnya. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support

1. Sebelum anda mendaftar pada situs Chatonomy, pastikan anda sudah mempunyai alamat E-mail. Jika belum, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Membuat Email di Yahoo!

2. Silahkan kunjungi situs Chatonomy di url http://chatonomy.com/ Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan klik tombol Sign Up Now.
cara daftar dan buat akun di situs chatonomy
3. Isi form pendaftaran di Chatonomy.
Widget Chating keren untuk Blog Website Toko Online
Keterangan:
Nomor 1 isi dengan alamat E-mail anda
Nomor 2 isi dengan pasword anda
Nomor 3 isi nama lengkap anda
Nomor 4 isi nama perusahaan anda
Nomor 5 isi captcha

Kemudian silahkan klik tombol Submit.

4. Maka anda akan langsung masuk ke laman Chatonomy. Berikut adalah pengaturan tentang widget livechat yang akan anda buat.
cara bikin widget penting untuk situs e commerce dengan mudah
Keterangan:
Nomor 1 tentukan posisi atau letak widget anda nantinya apakah dibawah, diatas, atau ditengah
Nomor 2 pilih gambar apa yang ingin anda pasang
Nomor 3 anda juga bisa memasang gambar milik anda sendiri dengan cara memasukkan alamat url gambar anda
Nomor 4 adalah contoh/preview

Selanjutnya silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak

5. Untuk memasang widget livechat di blog/web anda, silahkan masuk ke Blogger dengan menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing

6. Masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layout > klik Add Gadget > pilih HTML/JavaScript > paste seluruh script yang anda copy tadi > klik Save.

Berikut adalah tampilan widget livechat untuk customer support
live chating online untuk web untuk jualan produk bisnis
Berikut adalah tampilan chating di livechat tersebut.
contoh tampilan live chat dari chatonomy keren untuk web jualan
Saya kira cukup jelas dari tutorial yang sudah saya sampaikan diatas. Untuk selanjutnya, anda hanya perlu mempraktekkannya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat dan Memasang Widget Customer Support. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

39 komentar:

Unknown said...

bisa jadi Ide artikel serlanjutnya nie.. heheheh

Keren mbak, saya baru tau ada widget yang beginian.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas ini merupakan widget yang bisa digunakan untuk chating antara admin web/blog dengan pemirsa blog. Biasanya widget ini dipasang di web/blog toko online :)

Anonymous said...

Wah mantab nih, saya baru tahu, mau pasang masih bingung, belum punya blog online.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau blog pribadi sih mending pasang buku tamu/forum pak. Bisa untuk sharing dan diskusi. Kalau blog/web toko online, itu baru menggunakan widget ini sebagai sarana tanya jawab seputar produk yang di jual pada blog/web tersebut. Thanks pak sudah mampir kesini :)

Masnady said...

wah sip dech mbak... tapi blog saya cuma blog pribadi dan amburadul. jadi nggak pantes di kasih kayak gitu hehehehe.. mungkin cocok untuk toko online kali ya mbak...?

ntr deh saya bikin toko online, khusus menjual acc hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, iya mas widget ini cocoknya untuk toko online. Kalau mau buat toko online yang jelas mas, masak mau menjual acc hehehe aneh :D

Update Campuran said...

sekedar absen..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh getu ya? hehehe aneh-aneh aja om Update Campuran ini :D :P
Kayak sekolahan aja blog saya :D :P

Unknown said...

wah cocok ni buat sobat2 bloger yg mempunyai toko onlone

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, widget ini tidak hanya cocok saja pada web/blog toko online, tapi juga sangat diperlukan sekali eksistensinya sebagai pelengkap bahwa toko tersebut benar-benar jualan dan melayani via online :)

Update Campuran said...

hehe iya mb soalnya kmrn2 udah mbolos..

@Mas Ari: onlone >baca online

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Om Update Campuran, jangan diulangi lagi ya mbolosnya hehehe :D

Mas Arie mungkin salah ketik tuch hehehe :D

Masnady said...

wah kalau begitu. kira kira apa donk mbak yang pas untuk di jual di toko online.. pakaian kah.. atau apa kah yang pas..? heehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kios nya mas nady aja dijadikan toko online hehehehe :D
Pasti laris manis mas :D

Djangkaru Bumi said...

ini memang cocok untuk digunakan di web atau blog berbasis bisnis. Dulu rencana ngeblog juga ingin berbisnis online tapi kok sampai sekarang belum punya ide.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul pak Djangkaru, widget ini sangat cocok untuk di gunakan blog/web yang berbisnis online atau sering disebut dengan E-Commerce. Dengan adanya widget ini, maka proses tanya-jawab antar konsumen dan penjual dapata berlangsung dengan baik.

Butuh niat dan modal pak untuk bergabung atau mendirikan web/blog bisnis online. Kalau tidak ada dua komponen tersebut, saya rasa cukup sulit :)

Bagus Hermawan said...

ternyata sudah ada widget untuk membuat itu, kirain buat sendiri :), terima kasih mbak informasinya, sangat bermanfaat :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, widget ini sebenarnya sudah ada cukup lama, tapi saya baru tahu tentang widget ini kemarin-kemarin hehehe :D

Kalau buat sendiri mah sulit mas. Hehehe :D
Dulu banyak para tokok online lebih menggunakan widget dari Yahoo mesenger untuk contact dengan konsumen. Tapi kini sudah ada yang lebih ringkas dan mudah untuk digunakan, yakni widget livechat dari chatonomy.

Makasih banyak mas berkunjung di blog saya :)

Anonymous said...

wah baru tahu mbak yang beginian, makasih infonya saya simpen dulu siapa tahu nanti saya memerlukannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak sehatalami99, iya silahkan pak disimpan dulu atau di bookmark biar tidak lupa untuk mencarinya lagi. Siapa tahu besok anda punya toko online besar hehehe :)
Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Anonymous said...

Kalau seandainya suatu hari saya membuat toko online, mungkin saya akan mencoba trik diatas. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan rencana anda bisa ter-realisasikan mas :)

Mbak Iis said...

nyimak aja mbak, saya gak suka chat, jadi biarkan blognya apa adanya aja.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

tidak masalah mbak, yang penting blog nya ok :)

Indra Kusuma Sejati said...

Memang harus cukup mdal sih Mba, kalau mau memiliki toko online, apalagi harus dipersiapkan sdm yang matang sebagai admin pemulanya. Karena membangun telemarketing dalam dunia internetkan juga tidak mudah, dan banyak di anatara para sahabat yang tidak mampu atau mau melalui proses belajar tentang hal dasarnya terlebih dahulu, yang ada toko onlinenya malah menjadi museum. Maklum masih banyak orang yang memilih cara instan dan cepat, tapi modalnya eweh. He,,, he,,, he,,,,


Salam wisata

Anonymous said...

Makasih buat infonya mbak, saya save dulu siapa tahu nanti saya jadi bikin toko online hehe...

Anonymous said...

cukup jelas mbak,panduannya moga ini bisa jadi referensi buat yang mau buka toko online,sesekali di share juga dong mbak ilmu market onlinenya,karena saya kepingin juga buka toko online tp ga tau harus start dari mana :)

Unknown said...

membuat berat g nih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saudara Ejawantah, iya betul sekali apa yang anda sampaikan. Modal finansial dan modal SDM sangat dibutuhkan apabila ingin membuat toko online. Terimakasih banyak ya sudah menambahkan :)

Mas Anthonie, ok silahkan di save mas :D

Pak Aulia, wah saya nggak punya ilmu market pak. Hehehe :D
Saya kan masih pemula di dunia online, jadi belum tahu apa-apa hehehe :)

Kang Zeer, widget Customer Service ini lumayan agak ringan kang apabila dipasang di blog. Silahkan dipasang di blog anda kalau memang widget ini diperlukan :)

Blogging said...

Saya save dulu.. kali aja suatu saat dibutuhkan.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Jangan terlalu sering nge-save di kulkas mas. Ntra penuh lho hehehe :D

ARS Reload said...

Bagaimana cara biar bisa online dan chat langsung..soalnya punya saya off terus...hehehe
Trimakasih sebelumnya....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin anda perlu log in terlebih dahulu sob di situs Chatonomy. Baru kemudian setelah log in, nanti akan muncul On Line di blog/web anda yang dipasang widget tersebut. Mudah-mudahan berhasil ya :)

Bali Nova Tour said...

terimaksih banyak ya mbak
sangat membantu sekali
jangan lupa berkunjung di web kami

Bali Nova Tour said...

saya lupa kalau ingin merubah bahasa inggris gmana ya mbak??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya kurang tahu mas apakah preferensi bahasa bisa diubah atau tidak. Sepertinya pada widget tersebut tidak ada setting bahasa nya sih hmmm :)

Unknown said...

kalo login via andoid da aplikasinya g' ne...

Unknown said...

wah, bermanfaat sekali tutorial nya, sukses buat anda.
kunjungi kami :)
blog-pqiconsultant.blogspot.com

Blogging said...

Kaya nya sekarang saya udah butuh widget ini untuk toko online... he... he...
Berkunjung ya... www.arikostore.com
Eh.. jangan lupa beli

Post a Comment