Penyebab Loading Blog Menjadi Berat

Penyebab Loading Blog Menjadi Berat Pada artikel sebelumnya saya sudah mendeskripsikan tentang hal-hal yang tidak disukai pengunjung visitor blog. Salah satu point-nya adalah loading blog terlalu berat atau terlalu lama ketika dibuka. Nah, dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit menjelaskan tentang penyebab loading blog menjadi berat. Seperti yang kita tahu bahwa blog yang ringan pasti akan menyenangkan para visitor ketika mereka berkunjung di blog pribadi kita. Oleh karena itu, penting kiranya kita menghindari loading blog yang berat, dengan tujuan agar tidak mengecewakan pengunjung blog kita. Berikut merupakan penyebabnya.

Penyebab Loading Blog Menjadi Berat

1. Adanya slide show pada blog kita. Memang sich eksistensi slide show selain dapat memberikan performa yang bagus pada blog, juga dapat memberikan kesan tersendiri pada blog kita, misalnya dengan menampilkan foto-foto kita dan teman-teman kita. Namun, sayangnya dengan adanya slide show tersebut ternyata dapat memperberat loading blog.

2. Terlalu banyak iklan banner. Sebenarnya satu iklan saja yang ditampilkan di blog, itu sudah cukup bagus dan lebih efektif daripada terlalu banyak iklan blog, karena hal itu malah akan memperlambat loading yang pada gilirannya akan mengecewakan visitor.
Penyebab Loading Blog Menjadi Berat

3. Gambar yang ditampilkan dalam artikel berukuran besar. Memang sich, ketika dalam postingan terdapat adanya gambar, akan memberikan gambaran kepada visitor, dan tentunya akan memudahkan visitor untuk memahami artikel kita. Sebaiknya kita gunakan gambar yang ukurannya sedang-sedang saja.

4. Template blog terlalu banyak fitur dan gambar, sehingga memperlambat loading blog. Saya sarankan anda menggunakan template SEO Friendly. Meskipun tampilan template tersebut sederhana, namun mempunyai loading yang ringan.

5. Terlalu banyak widget tambahan. Ternyata setelah saya amati beberapa widget blog, diantaranya ada yang menimbulkan loading menjadi berat, antara lain seperti Facebook Like Box, Google+ Foolower, Blogger Follower, Alexa, Hitsats dan masih banyak lagi.

Mungkin hanya itu penjelasan saya tentang Hal-hal yang Memperberat Loading Blog. Tentunya apabila blog yang berat pasti tidak disukai oleh para pengunjung blog, oleh karena itu mari kita perbaiki blog kita supaya bisa lebih ringan ketika dibuka. Salam blogger!!!
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

4 komentar:

Rasito Rasta said...

Tips-tips nya memang selalu mantap untuk dijadikan referensi ngeblog. Terima kasih sudah berbagi.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe makasih banyak Mas Rasito :)

Anonymous said...

Blog punya saya juga agak berat mungkin karena terlalu banyak widget, tapi mau diilangin sayang juga hehe... Makasih buat ilmunya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya benar itu mas blog anda cukup banyak widget nya. Tapi kalau widget tersebut penting untuk dipasang, saya kira nggak perlu dicopot kok :)

Post a Comment