Review Social Media Google Plus

Review Social Media Google Plus Halo sahabat blogger!! jumpa lagi dengan saya. Bagaimana kabarnya hari ini? mudah-mudahan baik-baik saja dan masih setia mengunjungi blog saya hehehe. Dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan anda mengenai Google Plus. Mungkin anda sekalian sudah akrab dengan Google Plus, dan bahkan selalu aktif berselancar di media sosial tersebut.

Mungkin masih ada teman kita yang belum bergabung dengan Google Plus, karena media sosial ini relatif masih baru eksistensinya di ineternet. Oleh karena itu mari kita ajak teman-teman kita untuk bergabung di Google Plus, supaya media sosial ini bisa lebih ramai dari sebelumnya.

Namun, dalam kesempatan kali ini saya tidak ingin menjelaskan tentang apa itu Google Plus? karena pada posting sebelumnya saya sudah menjelaskannya. Tapi saya hanya ingin mereview Google Plus. Review tersebut tentunya bukan asal-asalan, melainkan berasal dari pengalaman saya pribadi setelah bergabung di media sosial ini. Dalam review ini saya ingin meninjau Google Plus dari segi kekurangan dan kelebihannya.
Review Social Media Google Plus

Review Social Media Google Plus

Kelebihan Google Plus
Google Plus merupakan media sosial produk dari Google, yang mana banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Tak heran jika setiap hari pengguna media sosial ini selalu bertambah. Ada beberapa kelebihan Google Plus, antara lain: (i) Google Plus memiliki fitur yang bisa dibilang lumayan lengkap. Ada berbagai fasilitas yang bisa kita gunakan, yakni chating, menulis status, video call, dan lain-lain yang kesemuanya sudah hampir mirip dengan media sosial yang lain.

(ii) Menu yang terdapat di Google Plus lumayan cukup banyak, diantaranya Beranda, Profil, Jelajahi, Foto, Komunitas, Acara, Cari Orang dan lainnya yang mana menu-menu tersebut dapat kita gunakan dengan mudah. (iii) Tampilan Google Plus cukup sederhana, yakni hanya berwarna putih. Selain itu, Google Plus juga dilengkapi dengan widget mesin pencari, yang mana dapat digunakan untuk mencari sesuatu dengan mudah.

(iv) Privasi pengguna dapat ditentukan sendiri oleh pengguna, dengan begitu keamanan data pribadi di Google Plus relatif terjamin. (v) Kita bisa berinteraksi dengan teman, keluarga, kerabat, dan sanak famili dengan mudah. (vi) Kita bisa membuat komunitas tertentu di Google Plus, untuk menjalin pertemanan yang mempunyai satu visi dan misi, (vii) Google Plus sudah terintegrasi dengan Gmail dan Blogger, sehingga hal itu dapat mempermudah para blogger hebat untuk bergabung dengan Google Plus.

(viii) Google Plus dapat meningkatkan lalu lintas blog. Karena apabila pengguna blog bergabung dengan Google Plus, maka setiap kali posting, pengguna akan dengan mudah untuk membagikan konten blog-nya di media sosial tersebut. (ix) Google Plus mempunyai fitur-fitur unik yang bisa diterapkan di blog kita, seperti widget Tombol +1, lencana Google+, dan widget Google+ Follower.

(x) Google plus menyediakan widget kolom komentar untuk blog. Widget ini kelebihannya bahwa komentar di blog terintegrasi dengan komentar di Google Plus. Oleh karena itu, jika kita menggunakan widget ini, maka komentar yang ada di blog juga akan terlihat di Google Plus. (xi) Google Plus tidak terdapat adanya iklan, sehingga hal itu memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna Google Plus. (xii) Google Plus dapat menampilkan gambar bergerak atau animasi. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri di Google Plus. (xiii) Google Plus memberikan fitur yang mana fitur ini tidak dimiliki media sosial lain, yakni kita bisa menampilkan foto profil kita pada hasil pencarian Google.

(xiv) Kelebihan yang tak kalah penting adalah bahwa Google Plus merupakan jejaring sosial Dofollow dengan pagerank 9. Kalau di media sosial lain, Facebook dan Twitter misalnya, link yang ada di situs tersebut bersifat Nofollow. Oleh karena itu, dengan melakukan share posting blog di Google+, maka anda akan memperoleh backlink berkualitas dan itu gratis, sehingga bisa meningkatkan pagerank blog keren anda.

Kekurangan Google Plus
Google Plus, selain mempunyai kelebihan, ternyata juga mempunyai kekurangan. Kekurangannya antara lain sebagai berikut: (i) Loading Google Plus relatif berat, dan tentunya akan memakan waktu yang cukup lama apabila kita menggunakan koneksi internet yang lambat. Sehingga tidak sedikit pengguna blog blogger yang enggan beralih ke Profil Google Plus. (ii) Widget Google+ Follower menjadikan loading blog menjadi berat, (iii) Widget komentar Google Plus yang diterapkan di blog juga menjadikan loading blog menjadi berat.

(iv) Halaman beranda Google Plus agak sedikit sempit, sehingga kurang begitu nyaman apabila digunakan untuk  berinteraksi dengan teman, mengomentari status teman, dan lain sebagainya. (v) Dalam kolom komentar, kita tidak bisa menampilkan ekspresi kita, misalnya gambar smile, sedih, marah dan lain sebagainya.

(v) Google+ sering dimanfaatkan oleh para spammer untuk memperoleh backlink. Sehingga sering kali Google+ selalu dibanjiri dengan link-link blog/web. Sehingga jejaring sosial ini belum bisa fokus pada suatu interaksi sosial, karena sebagian besar yang menggunakan adalah pemilik web/blog. Namun, Google+ cukup tegas dalam memberikan aturan, sehingga pihak Google+ sering kali memblokir Akun Pengguna Google+ yang telah melanggar persyaratan layanan.

Demikianlah artikel saya tentang Review Social Media Google Plus yang sedikit mengulas kekurangan dan kelebihan Google Plus. Kita berharap Google Plus mau mengevaluasi kekurangannya, dan syukur-syukur mau memperbaikinya. Namun demikian, kita perlu memberinya apresiasi yang tinggi terhadap Google Plus, terutama untuk Google, yang telah memberikan fasilitasnya secara gratis. Atas perhatian dari anda sekalian saya ucapkan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

10 komentar:

Fadly Rifai said...

halo master saya mau tanya nih, kalo berkomentar dengan google plus kira-kira bisa mempengaruhi alexa rank gak? Mungkin dengan google plus alexa rank akan jadi cepat ramping gitu. Makasih master. ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya kurang tahu master apakah penggunaan Google+ Comment di blog bisa mempengaruhi ranking alexa atau tidak. Soalnya saya sendiri belum pernah menggunakan Google+ Comment sich hehehe :D

Mohon maaf ya master :)

Anonymous said...

Maaf Mas Fujimaru Dan Mbak Rin, ikutan nimbrung
Kalau tidak, salah kedunya sama-sama bagusnya
Dan bisa ada effects walau sedikit-demi sedikit
Mungkin lengkapnya mah Mbak Rin yang lebih tau
Terima kasih Mba atas Artikelnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak mas karis atas tambahannya :)

Unknown said...

Sama-sama Mbak mohon maaf jika saya salah kata atau
Keliru, maklum pengalaman saya masih sangat dangkal
Dalam blogging.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kira pendapat mas karis bener kok, nggak salah. Seratus untuk mas karis ^^

MitraBibit.com said...

Tutorialnya sangat lengkap mbak,,, sangat membantu saya yg masih pemula.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas :)

Unknown said...

Mbak mau tanya di beranda google plus saya tidak dapat menampilkan foto dari teman lingkaran knapa ya mbak?....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin pengaturan akun Google+ anda di setting privasi mas, sehingga teman-teman anda tidak muncul di beranda Google+ :)

Post a Comment