Mengapa Blog Tutorial Kurang Cocok Pasang Iklan PPC?

Adalah harapan para blogger bisa meraup penghasilan dari blog yang dikelolanya. Berbagai cara dan trik dilakoninya untuk mendapatakan pundi-pundi rupiah. Memang sangat menggiurkan hasil ngeblog tersebut apabila membuahkan hasil optimal. Tapi akan sangat mengecewakan jika hasil yang dicapai masih jauh dari panggang api.

Program make money from blogging yang cukup populer dan digandrungi oleh para blogger adalah bisnis Pay Per Click (PPC). Program ini diyakini oleh banyak kalangan sangat menguntungkan dan sangat fair, baik dipihak publisher, advertiser, ataupun penyedia layanan PPC. Sehingga tidak sedikit para blogger yang berpartisipasi pada program PPC ini. Nampak dari blog mereka yang dihiasi dengan iklan dari berbagai situs PPC.

Ada banyak hal yang memengaruhi kesuksesan bisnis PPC ini. Antara lain adalah (i) jumlah trafik blog, (ii) topik/niche yang dibahas dalam blog, (iii) cara menempatkan iklan, (iv) besarnya bayaran setiap klik iklan, (v) syarat dan ketentuan situs PPC, (vi) rasio klik iklan dan jumlah tampilan laman, dan masih banyak lagi. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Meningkatkan Penghasilan dari PPC. Jika anda paham dan sudah mengetahui faktor-faktor tersebut, maka anda berpotensi meraih keuntungan yang besar dari PPC.
Mengapa Blog Tutorial Kurang Cocok Pasang Iklan PPC?
Image by webaineer.com
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis PPC adalah niche blog. Nah, apabila blog anda ber-niche tutorial blogspot, anda perlu mempertimbangkan jika ingin memasang iklan PPC di blog kesayangan anda. Terlebih lagi jika trafik blog anda tinggi. Anda bisa dikatakan rugi besar. Kok bisa? Berikut saya jelaskan Alasan Mengapa Blog Tutorial Kurang Cocok Pasang Iklan PPC?

Pengunjung Sudah Pada Tahu
Blog tutorial blogspot mempunyai pengunjung yang sebagian besar adalah para blogger, yakni sama-sama punya blog. Mereka (para blogger) sudah pada tahu dan bahkan hafal betul dengan iklan PPC, sehingga banyak dari mereka yang menghindari adanya iklan dan jarang melakukan aktivitas klik iklan. Padahal, penghasilan PPC tergantung dari jumlah klik iklan, bukan dari berapa jumlah tampilan iklan di blog. Jelas, ini kurang menguntungkan bagi pihak publisher.

Iklan Jarang Yang Relevan
Inilah salah satu kelemahan dari bisnis PPC. Yakni tidak selalu bisa menampilkan iklan yang sesuai (relevan) dengan topik yang dibahas di blog. Karena mereka (situs PPC) hanya menampilkan iklan kalau ada advertiser yang memasang iklan di situs PPC mereka. Bahkan Google AdSense pun yang konon katanya bisa menampilkan iklan yang relevan, tidaklah selalu bisa. Karena hal itu juga dipengaruhi oleh para pengiklan. Padahal, iklan yang bagus adalah iklan yang relevan dengan konten blog. Sehingga potensi di klik oleh pengunjung itu sangat tinggi.

Apalagi jika blog anda membahas tutorial blogspot dan pasang iklan PPC lokal Indonesia, bisa dipastikan antara relevansi iklan dengan tidaknya, masih banyak yang tidaknya. Bisa dijamin deh, soalnya materi iklan PPC Indonesia bisa ditebak.

Jumlah Penghasilan Sedikit
Ketika iklan kurang relevan dengan konten blog dan jumlah klik iklan sedikit, maka penghasilan yang akan diperoleh juga sedikit. Tidak menutup kemungkinan blog ber-trafik tinggi juga akan mengalami penghasilan yang sedikit jika pasang iklan PPC.

Kurang Menguntungkan
Ketika penghasilan PPC sedikit maka kurang menguntungkan bagi pihak blogger yang menyediakan sebagian space blog nya untuk dipasang iklan PPC. Padahal, blog ber-trafik tinggi itu mahal lho harganya apabila di sewakan sebagian space-nya kepada advertiser secara langsung.

Pernah dalam kurun waktu satu bulan saya membandingkan penghasilan dari PPC dan Iklan mandiri di blog ini, yang kebetulan mempunyai trafik lumayan, yakni 2.000 pageview per hari. Kebetulan iklan PPC yang dipasang adalah iklan dari Google AdSense, yang konon katanya membayar publisher nya dengan harga tinggi setiap klik iklan.

Hasil yang diperoleh dari riset kecil-kecilan tersebut adalah lebih bagus pasang iklan mendiri. Karena penghasilan dari iklan mandiri jauh lebih besar dibandingkan penghasilan dari iklan PPC . Iklan PPC hanya bisa menghasilkan $ 20 USD atau Rp 200.000,- dalam satu bulan. Sedangkan iklan mandiri bisa menghasilakan Rp 800.000,- dalam satu bulan.

Loading Blog Menjadi Berat
Para blogger, yang notabene pengunjung blog kita akan merasa kurang nyaman jika mengunjungi blog yang mempunyai loading berat. Umumnya mereka suka blog yang fast loading. Salah satu komponen yang menyumbang loading blog adalah iklan PPC. Nah, sering kali iklan PPC yang dipasang di blog bisa menyebabkan blog menjadi berat loadingnya, sehingga hal itu sangat merugikan bagi anda.

Demikianlah informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Mengapa Blog Tutorial Kurang Cocok Pasang Iklan PPC? Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di blog saya tentang Peluang Usaha Travel Gratis. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

16 komentar:

Ri said...

mantap mbak penjelasanya. mbak ada saran gak yah buat blog saya ini yang masih niwbie duniamahasiswasukses.blogspot

Unknown said...

hmmm.... pilih yang mana yah... pilih posting yang banyak aja dulu deh...

Claresta said...

artikel bertema blogger memang tdk cocok ya mbak utk cari uang via ppc krn pembacanya adalah sesama blogger juga yg tdk mungkin klik iklan :(

tapi mau gimana lagi kalau memang hobbynya nulis tentang tips trik blogger, hehehe :D

Kang Yusup said...

sudah lama saya gk pasang iklan ppc. lagian pageviewnya jg masih kecil punya saya

wongcrewchild said...

ngeblog ada pemasukan, mungkin itu yg jadi orientasi

Unknown said...

ini blog baru lagi ya mbak?

Hgs informasi said...

mudahan saja GA bisa meningkat dollarnya ehehe

fiu s said...

hah ...... yg penting enjoy aja dah ,,,, hehehehe :)

Unknown said...

wahh makasih ne mbak infonya...
kalau saya sih smenjak ngeblog gak ada pasang iklan gitu mbak... cuma pengen cari tambah-tambah ilmu aja...

Unknown said...

wah mantap nih mbak, pantesan blog saya gak banyak penghasilan PPC nya..hehee

Lirik lagu said...

Nice posting gan :D ,jgn lupa mampir balik hihih :)

Kang Ucup said...

jadi kalau ingin membangun sebuah blog dengan harapan bisa mendapatkan hasil dari iklan PPC lebih baik cari niche blog selain tutorial ya mbak

Unknown said...

benar sekali mbak, karena mayoritas pengunjung blog tutor adalah para blogger juga, jadi ya 1001 jika mereka mau clik iklan kita hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

All@ iya memang kurang cocok apabila blog tutorial pasang iklan PPC, karena sistem nya berdasarkan klik, dan pengunjung adalah para blogger sehingga sudah banyak yang tahu dan hanya kemungkinan kecil mereka mau malakukan klik iklan, mungkin kesadaran dari mereka. Menurut saya memang kurang efektif hasil nya :)
Lebih baik bikin blog selain tutorial deh apabila kita ingin monetasi blog dengan PPC :)

Unknown said...

setuju dengan jeng ririn
blog dengan traffic raksasa pun belum tentu earning hariannya besar
karena pengunjung blog tutorial sendiri sebenernya udah tau bahwa itu adalah iklan
beda dengan blog campur2
yang kebanyakan pembacanya bukan blogger

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

@Bebas Klik, iya sebaiknya kita tahu target pengunjung nya ya mas, sehingga earnings adsense nya bisa optimal nantinya ;)

Post a Comment