Pengaruh Komentar Blog terhadap SERP Google

Pengaruh Komentar Blog terhadap SERP Google Setelah beberapa waktu yang lalu saya menjelaskan tentang Cara berkomentar yang baik dan benar di blog, kini saya akan menejelaskan tentang manfaat adanya komentar pengunjung blog terhadap SEO Google. Apakah dua hal tersebut ada hubungannya? jelas ada. Karena komentar blog menyumbang keyword di mesin pencari Google.

Akan sangat disayangkan jika kita dalam berkomentar asal-asalan. Misal hanya pertamax, nice info, Out Of Topic (OOT), lebih-lebih komentar spam. Karena hal itu sangat tidak memberikan kontribusi apapun bagi blog yang diberi komentar. Malahan jika ada komentar spam, itu akan berdampak buruk pada posisi postingan di Search Engine Result Page (SERP) Google.

Google dalam mengindeks sebuah posting blog tidak hanya pada judul artikel dan isi artikel saja. Melainkan ada banyak hal yang diindeks oleh Google. Yakni arsip blog, substansi komentar, popular post, dan masih banyak lagi. Berikut adalah screenshoot contoh laman hasil penelusuran Google pada salah satu posting blog saya. Perhatikan cuplikan/ringkasan yang sudah saya beri tanda garis bawah warna merah. Itu adalah isi komentar dari salah seorang pengunjung blog.
Pengaruh Komentar Blog terhadap SERP Google
Seperti apa komentarnya? Berikut adalah screenshootnya. Silahkan perhatikan baik-baik kalimat yang saya beri tanda garis bawah warna merah.
manfaat adanya komentar pengunjung blog terhadap SEO Google
Bagaimana? sama persis kan? Itulah mengapa isi komentar sangat penting untuk diperhatikan. Ini bisa dijadika sebuah pelajaran sekaligus pengalaman untuk kita semua akan arti penting sebuah komentar. Semakin banyak komentar yang masuk pada sebuah postingan blog, maka hal itu semakin bagus. Namun, ternyata hal itu tidak cukup. Tentu saja komentar tersebut adalah komentar yang relevan dengan topik artikel yang dibahas. Sehingga dapat menyumbang keyword di mesin pencari Google, Yahoo, dan Bing.

Demikianlah opini singkat dari saya tentang Pengaruh Komentar Blog terhadap SERP Google. Semoga dapat memberikan pemahaman dan wawasan untuk anda semua. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog saya tentang Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya. Akhir kata saya sampaikan ucapan terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

81 komentar:

Mas Marnes said...

Ternyata komentar blog berpengaruh juga ya terhadap keyword di search engine google. Komentar yang baik dan relevan yang sesuai dengan topik pembahasan ternyata memberikan kontribusi terhadap pencarian keyword di search engine, sedangkan komentar yang tidak relevan (OOT) tidak berdampak apa-apa bahkan bisa membuat citra buruk buat blog tersebut.

Postingan yang berguna nie, setidaknya saya jadi tau bagaimana cara berkomentar yang baik dan benar, tidak asal-asalan walaupun terkadang suka terkendala juga disaat mau berkomentar tapi karna minimnya ilmu dan wawasan tentang topik yang sedang dibahas jadi suka bingung sendiri harus memberikan komentar yang seperti apa? Nah barangkali ini juga yang membuat banyak dari para pengunjung yang cuma berkomentar semaunya dia.

Unknown said...

saya sependapat sist, saya pun sempat melakukan riset tentang pengaruh komentar terhadap search engane.. bahkan ketika kita melakukan pencarian dengan subjek nama maka banyak yang bermunculan dari aktifitas komentar, thanks

Anonymous said...

wah ternyata yang ke index google bukan hanya judul dan postingan blog tapi komentar pun juga ke index ke google, kalo kya gini jadi semangat ningkatin untuk menarik pengunjung untuk berkomentar,

makasih mba atas infonya

AbdurahmanBW said...

setuju. maka saya belajar berkomentar yang baik dari blog ini. minimalnya kan blog saya dapat kunjungan balik dari blog ini. iya kan mbak,..

Anonymous said...

Kalau saya berkomentar di blog orang lain suka panjang-panjang hehe, Dari pada singkat izin download, nice share seperti di blog saya :(

Anonymous said...

iya mbak WS juga pernah menemukan yang seperti ini terhadap blog WS...tapi kadang komentar yang terindeks malah ga nyambung sama sekali dengan postingan, dan di google malah muncul judul postingan blog WS dari hasil pencarian kata di komentar itu...misal postingan WS judulnya kesenian jaipongan, dikomentar ada yang komen "gan gimana kemarin Idul Adha di kampung?", nah ketika di search "Idul Adha" di google postingan WS berjudul kesenian jaipongan itu muncul berkat komentar tersebut....aneh, kok bisa gitu ya mbak?

Unknown said...

wah...kok sampai segitunya mencrawl komentar ya.
Tapi kan bisa diblok pakai robot.txt supaya komntar tdk dirayapi mbak

Unknown said...

saya sangat sering berkomentar di blog orang
apa lagi di blog kakak
bgaimana pengaruhnya buat blog saya kak

#kakak gak nmpak lgi koko di blog saya

Claresta said...

Ternyata komentar penting sekali dalam seo ya mbak? Karena google juga mengindeks komentar dan lain2, bukan hanya artikel postingan saja :)
Nice sharing ^_^

lang lang blog said...

saya kadang termasuk yang sering berkomentar seenaknya mbak, padahal komentar yang relevan berpengaruh pada SERP Google, terima kasih baru tahu ini

Angga Kusuma Nugraha said...

hehe berarti komentator yang baik itu berkomentar sesuai dengan topik dan tag ya kk, makanya nembah2 SERP. betul juga sih kk

semangat kk
http://incredibleangga.net

Unknown said...

artikel yang menarik ya mbak, jadi emang ada hubungan timbal balik antara komentar dengan SERP blog kita.. kalo gitu yang komentar hendaknya sesuai dengan tema postingan blog ya mbak?? tapi meskipun cuma sekedar menyapa dan memberi salam nggak papa kan mbak?? :)

Anonymous said...

Berarti kalau kita berkomentar sesuai dengan topik bisa tambah baik di SERP google ya mbak ? :D bagus deh :)

Mas Marnes said...

Kalo saya memang berangkat dari nol banget nie saya juga gak paham masalah tentang SEO jadi mohon maaf barangkali diawal-awal pada saat berkunjung dan berkomentar diblog ini atau di blog teman-teman yang lain yang pernah saya kunjungi dan komentari ada komentar saya yang mungkin tidak relevan dengan topik yang dibicarakan.

Makanya saya bersyukur banget karna dapat ilmu yang bermanfaat dari blog ini setidaknya menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang dunia blogging...

Nandar said...

Ternyata komentar bisa masuk keindex juga di google ya.. Nah yang bahaya kalau komentar isinya rasis, SARA, atau yg melanggar TOS.. takutnya malah jadi kebanned blognya

Unknown said...

iya benar sekali Mbak Ririn. untungnya blog saya tidak menampilkan komentar anonymous yg kadag2 di salah gunakan.

Intan Sudibjo said...

saya juga sering mendapati hal seperti itu, nice pos mba :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, seratus untuk mas marnes hehe :D Iya seharusnya memang begitu mas. Tapi mau gimana lagi, kita kadang tidak bisa memaksakan kepada para komentator untuk berkomentar sesuai dengan topik artikel. Karena setiap orang mempunyai pengetahuan, kompetensi, dan skill menulis yang berbeda. Ini yang kemudian tidak semua orang bisa menangkap maksud dari artikel tersebut, sehingga artikel tersebut tidak dibaca secara keseluruhan. Saya kira hal itu sangat wajar. Tapi alangkah baiknya jika kita sama-sama tahu dan saling mengerti bisa menerapkan berkomentar yang baik sesuai topik artikel. Tapi kalau saya pribadi sih tidak masalah, asalkan komentarnya tidak negatif dan sesuai dengan tata tertib di blog ini, pasti tidak saya hapus hehe :D

Mas Adjie, wah pengalaman yang sangat bagus itu mas. Hal itu bisa dijadikan pelajaran yang berharag untuk kita semua :)

Mas Awhnymous, iya seperti itu mas. Silahkan bisa dicoba ya :)

Mas Wahid, apabila ada komentator di blog ini, saya akan berusaha untuk menjawab komentarnya dan juga comment back. Hal itu saya lakukan untuk memberikan apresiasi kepada para komentator di blog ini. Di tunggu kunjungan baliknya ya hehe :D

Mas Lutfi, tetap semangat ya mas. Saya yakin perbuatan yang baik, pasti akan dibalas dengan perbuatan yang baik :)

Mas Wewengkon, iya namanya juga "Search Engine". Pasti ada lah ketidak tepatannya. Oleh karena itu, Google selalu memperbaharui algoritma nya agar hasil pengindekannya bisa benar-benar tepat sesuai dengan apa yang dicari oleh internet user. Jadi saya kira tidak masalah mas :)

Mas Hasby, saya kira dengan adanya komentarnya yang ikut terindeks itu malah bagus mas. Jadi bisa menyumbang keyword di Saerch Engine Google. Kalau komentar di blokir, nanti Google hanya bisa mengindeks pada posting saja. Padahal, terkadang jumlah karakter tulisan dalam posting serta kata-kata yang digunakan dalam artikel sangat sedikit, sehingga komentar sangat penting :)

Mas Zacky, hehehe pasti ada pengaruhnya mas apabila anda berkomentar di blog orang lain, yakni (i) bisa mendapatkan backlink gratis, (ii) anda bisa terkenal, (iii) anda berkesempatan mendapatkan predikat Top Komentator di blog, (iv) anda berkesempatan memperoleh Awards, (v) dan lain-lain. Jadi, saya rasa tidak ada ruginya untuk berkomentar di blog teman. Sealin bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger, juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan :)

Mbak Indri, yupz seratus untuk mbak indri. Jadi kurang lebih seperti itu mbak. Hehe ^^

Mas Thanjawa, iya nggak apa-apa mas. Saya kira tidak masalah. Kita perlu menyesuaikan diri apabila berkomentar di sebuah blog. Kadang ada blog yang tidak ada aturan (bebas) dan ada juga blog yang ada tata tertib dalam berkomentar. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu mengikuti aturan main dalam blog tersebut :)

Mas Angga, seratus untuk mas angga :) Kalau bisa memang sesuai topik mas. Tapi kalau nggak bisa ya seikhlasnya saja, asalkan nggak komentar negatif dan tidak menyalahi TOS setiap blog :)

Mas Brams, kalau hanya sekedar untuk menyapa dan say hallo atau mungkin ucapan terimakasih, saya kira tidak apa-apa mas. Asalkan jangan ditambahi komentar "visit back" atau komentar "comment back". Keran kedua kalimat tersebut bisa dibilang katrok dan nggak profesional hehe :D

Mas Manarul, iya betul mas manarul. Saya yakin mas manarul pasti sudah tahu kan? hehe :D

Mas Marnes lagi, alangkah baik nya masa lalau bisa dijadikan sebagai pelajaran yang berharga mas, sehingga ke depan bisa lebih baik. Kita belajar bersama-sama ya. Karena saya juga masih pemula dalam blogging :)

Mas Nandar, komentar yang berbau SARA kalau bisa dihindari mas. Karena hal itu bisa berdampak buruk bagi sebuah blog. Mungkin saja bisa di banned blog nya oleh Google :)

Mas Faisal, iya bagus itu mas kalau anonim tidak diizinkan. Karena komentar dengan profil anonim dan Name/Url cukup meresahkan blogger. Sering kali kedua nama profil komentar tersebut disalahgunakan untuk spammer dan berkomentar yang negatif :)

Mas Intan, pengalaman yang bagus itu mas. Lanjutkan :)

Indra Kusuma Sejati said...

Sebuah komentar yang akan membawa pengaruhnya pada serp SEO harus di bangun secara perlahan dan konsisten, hal ini agar mudah pula orang untuk mengerti, bahwa dengan membangun sebuh komunikasi yang baik di salam sebuah kolom komentar sebuah blog, maka akan berdampak kepada link yang blog yang bersangkutan pula nantinya. Teriimkasih ya Mba atas sharing.

Salam,

Unknown said...

Kalau komentarnya OOT kan repot juga seperti yang mbak bahas di atas. Selain itu, akan terjadi duplikat konten akibat feed dari komentar yang membuat artikel kita semakin jelek di mata mesin pencari.
Itu opiniku mbak...heheh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Indra, iya betul itu pak. Jadi mungkin dibutuhkan sebuah proses pembelajaran bagi sang komentator itu sendiri. Tapi setidaknya dengan adanya "panduan cara berkomentar" bisa memberikan arahan kepada calon komentor agar berkomentar dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku di blog tersebut. Karena setiap blog/web pasti mempunyai aturan/tata tertib yang berbeda-beda. Terimakasih mas indra atas sharingnya :)

Mas Hasby, saya kira tidak masalah dengan komentar Out Of Topic (OOT) kalau tidak berlebihan. Kalaupun terjadi adanya duplikat konten, kita bisa segera mengeksekusinya dengan cara menghapus komentar tersebut :)

Kang Ucup said...

karena itu setiap pemilik blog menginginkan agar pengunjung berkomentar sesuai tema ya mbak. paling tidak nggak terlalu jauh lah dari isi artikel, karena dapat menyumbangkan kata kunci dalam pencarian.

Unknown said...

Ya memang ngga terlalu mbak.
Jangan komentarnya yang dihapus mbak, tp feed komentarnya saja. Pasti udah tahu kan..

Reusam Endatu said...

Betul banget artikel ne mbak
saya juga kemaren mencari satu materi
padahal di dalam postingan tersebut tidak ada bahan yang saya cari
ya cuma malah isi dari pihak yang komentar yang terindex mbak

Unknown said...

Wah ternyata komenetar di blog selain membuat imecs blog kita naik ternyata bisa menambah keyword ya mbk :D

Ilham Nurhamzah said...

Blog benar-benar harus dikelola dengan teliti, terlebih sekarang google menggunakan alogaritma humingbird....komentar bisa sampai terindeks jga di SERP.
Apakah akibat dari alogaritma terbaru?

Anonymous said...

Kadang di tempat saya mbak komentarnya banyak yang nice info,terima kasih informasinya,thks gan,mantap gan,luar biasa gan dll justru ini juga mempengaruhi kualitas serp artikel diblog saya.

Anonymous said...

Ternyata komentar blog berpengaruh terhadap serp, malah mendingan yang mau komentar copas di postingan saja, tapi sayang disini tidak dibolehkan copas hehehe.

mungkin komentar pertama langsung diisi komentar sama admin aja ... hehehe

Unknown said...

wah ternyata banyak juga tata caranya ya mbk dari judul,isi,tulisan,sampai komentar juga mempunyai pengaruh untuk blog,,saya harus juga teliti mempelajarinya,makasih infonya ya mbak

Unknown said...

Haduhhh .. Ternyata Kommentar Di blogg itu sangattt Berpengaruh yah ?? heuu mbakk saya Minta Sarannya donk kand di Blogg saya Kebanyakannya Komennya yang Pertamax, Game nya Keren dan Bla bla blaa

Dan pertanyaanya gini apa Sebaiknya saya Tutup aja Yah Kolom Komentarnya ?? tapi Klo misalnya ditutup malah nanti kagak ada yang ngasih Info kalo Ada link Yang Bermasalah haduhhh haduhhh saya jadii bingung nihh mbakkk :(
Tapi" Btw Thanks yah mbak atas Infonya ^_^

Dika said...

benar sekali mbak, google itu hampir mengindeks semua isi dalam blog kita, juga pada komentar sekalipun, karena google itu menganggap suatu frasa/kata itu dianggap penting jika diulangi minimal 3 kali di dalam artikel.
Inilah pentingnya agar dalam berkomentar tidak out of topic.
Nice Artikel, salam blogger :)

Rohis Facebook said...

tulisan yg bermandaat mbk rin *smile

pengaruh komentar blog terhadap serp Google, smg aja komen sy ini terindeks olh mbk Google...

Mas Marnes said...

Makanya saya banyak menimba ilmu dari blog mba' ini dan mudah-mudahan saya bisa mengikuti jejak mba' hehehe :D
By the way doa saya kemaren kayaknya sudah terkabul tuh, iklan google adsensenya udah terpampang dengan gagahnya, selamat ya mba... :) semoga dollarnya bisa mengalir dengan lancar, kalo sudah lancar jangan lupa alirkan juga ke rekening saya ya hehehe :D

Bang day said...

wah ternyata pendapat seorang blogger kelas dewa seperti agan dan beberapa blogger dewa lainnya menyarankan hal yang sama yakni agar berkomentar yang baik dan berkualitas. Jangan asal-asalan berkomentar, komentarlah yang membangun tanpa menghujat. terima kasih sudah nambah ilmu lagi dimalam ini.

rumah abu abu said...

Waah.. ternyata dalam blogwalking tidak hanya sebuah artikel yang bagus dan menarik untuk bisa masuk dalam search engine google, ternyata komentar di blog juga sangat berpengaruh ya mba :) terimakasiih mba.. selamat malam..

Anonymous said...

Opini yang sangat bermanfaat. saya belum paham tentang SERP Mbak
Ijin belajar, buat nambah pengalaman agar blog saya lebih baik
Terima kasih attikel nya

Blogging said...

Bismillah... semoga tidak lari dari topik. Komentar saya ini bertujuan untuk ikut menyumbang pengaruh terhadap artikel yang embak buat di SERP Google. He... he...

Sejujurnya, saya sangat tertarik dan mengakui ide cemerlang Mbak menulis artikel ini. Sesuatu yang tidak terpikirkan, ternyata menjadi bagian dari kelebihan blog ini.

Nice info, Nice Share.. tapi sayang gak PERTAMAX :)

Rizkyzone.com said...

saya sepakat mb' ririn, komentar angat berpengaruh di serp, tinggal pinter2nya ngatur saja, mungkin itu sebabnya para komentator nyematin link di komentar, padahl kalau ingin kiwod di serp tak perlu lah pakai nyematin link segala, tak pakai link juga bisa, dan hasilnya mecem ada, ada, jam, blog, seperti kiwod2 ndak penting itu bisa dilihat di query web master, analistik, sama query alexa sepertinya ada mb'

Anonymous said...

Saya kira cuma artikel saja yang ada sert ternyata komentar termasuk juga ya dalam serp google.

Hariyanto Wijoyo said...

ini ilmu baru bagi saya..komentar yang relevan dengan topik artikel ternyata sangat diperhatikan oleh mbah Googgle...luarbiasa, terimakasih sudah berbagi ilmu...salam :-)

Meutrap said...

ini yang sering saya praktekkan kak,
bagus juga artikelnya kak,
bisa menambah sedikit ilmu lagi.

Arif Abdurahman said...

Bikin komentar juga harus berkualitas berarti ya.

Unknown said...

Baru tau saya kalau komentar punya pengaruh. Makasih infonya. Salam kenal mbak Ririn :)

Unknown said...

wah ternyata komentar di blog berpengaruh juga pada serp google yah mbak, makasih buat infonya :)

Staff Administrator said...

Sebelumnya pernah juga tau selentingan kabar ini...tapi setelah ngebaca lagi penjelasannya secara detail lewat postin nya mbak Rin...
Jadi semakin jelas deh
Makasih ya mbak :)

Mas Marnes said...

budi os 19 ~ Makin terang benderang ya mas bud :D

Unknown said...

Meninggalkan jejak komentar yang baik, sopan, dan berkualitas tentu menjadi 'nafas' seorang blogger saat ini. Tidak lagi berkomentar seperti : pertamax, nice info, dan sebagainya. Namun disisi lain, begitu banyak macam artikel, tema, isi, info dan lainnya yang tentu membutuhkan pemahaman yang baik bila kemudian ingin memberikan komentar. Disamping faktor lainnya sesuai dengan situasi dan kondisi blogger yang bersangkutan. Dari ulasan ini menunjukkan betapa pentingnya 'komentar yang berbobot' dan 'sedapat mungkin menghindari memberikan komentar sekedar menggugurkan kewajiban' atau 'numpang lewat'. Salam cemerlang!

Masnady said...

wah ternyata ada afeknya juga buat blog yang di komentarin ya mbak.. berarti kalau ada komentar OOT pada blog kita.. sama saja ada yang buang sampah di blog kita ya mbak.. kan nggak berguna komentarnya.. hehehehe makasih infonya mbak.. ntr kalau ada yang ngasih komentar OOT di blog saya akan saya kasih kartu kuning deh.. hehehehe

Asep Haryono said...

Biasanya sih , sepanjang yang saya tau , komentar super duber pendek "nice info" beserta keluarga dan sodaranya itu mungkin yang bersangkutan cuma pengen mejeng nama + alamat blognya saja, Berharap untuk dikunjungi balik oleh yang bersangkutan dan atau orang lain. Ini memang amat menjengkelkan juga buat saya. Cape cape nulis artikel panjang panjang sampai bermil mil panjangnya, cuma dikasih komentar "nice info" Bukankah itu juga menyakitkan penulis yang udah cape cape nulis. Galau juga saya kalau ketemuan komen komen seperti itu.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Jeffan Taylor said...

baru tahu ya kalau komentar juga ikkut berpengaruh pada serp google, terimakasih sudah di share info ini.

Mizz Aiza said...

ternyata komentar juga termasuk dalam google search engine ya.. tadi saya mencuba search artikel saya tulis di google search engine, memang benar ada komen yang diindeks oleh google..

Mas Andes said...

baru bisa hadir lagi mbak :) iya mbak itu sebabnya karena blogspot mempunyai meta comment sehingga setiap komentar pada konten juga terindex. jadi kadang setiap ada komentar yang agak keluar dari konten atau sekedar oot saya agak males mau bales :) hehehe

Claresta said...

Mbak Rin,,, baru saja verifikasi pin ya? uda muncul lagi tuh GA-nya,,, googdluck!

Anonymous said...

iyaaaaaaaaaa benar gan..... kadang ygterindeks malah komentarnya hehehehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, sebagian besar pemilik blog memang mengharapkan seperti itu kang, tapi terkadang sulit juga untuk memaksakan pengunjung harus berkomentar sesuai topik, karena belum tentu mereka (pengunjung) suka dengan topik yang dibahas. Ini berlaku jika pengunjung datang dari aktivitas blogwalking. Tapi kalau pengunjung dari search engine, kadang bisa bagus komentarnya :)

Mas Hasby, siap komandan, segera laksanakan hehe :)

Mas Reusam, berarti isi komentar tersebut ada hubungannya sama keyword/kueri yang anda cari mas hehe :D

Mas Rahmat, yupz seratus untuk mas rahmat hehe :)

Mas Ilham, iya sudah semestinya bahwa blog harus dikelola dengan baik mas. Terkait dengan algoritma, saya kurang tahu betul. Soalnya sudah sejak dari dulu bahwa isi komentar bisa di indeks oleh Google mas :)

Mas Abed Saragih, owh begitu ya mas komentar seperti itu bisa di indeks oleh Google. Kok bisa ya? hehe aneh juga kayaknya ya mas hehe :)

Pak Mang Yono, hehe kalau komentar pertama diisi sama admin nya, entar pengunjung nggak kebagian pertamax mang hehehe :D

Jenk Indah, iya mbak memang seperti itu kondisinya. Kita belajar bersama-sama ya :)

Mas Ainul, saran saya sih kotak komentarnya jangan dihapus, karena sangat penting untuk menjalin persahabatan antar sesama blogger. Saya kira nggak apa-apa dengan isi komentar seperti itu, selagi dalam kondisi yang wajar. Oleh karena itu, mas ainul perlu membuat sebuah Tata Tertib pada Komentar Blog, agar bisa berkomentar sesuai dengan topik artikel yang dibahas :)

Mas Dika, terimakasih banyak mas atas tambahannya. Saya malah baru tahu kalau ternyata kata/frasa lebih dari 3 buah dianggap penting oleh Google. Thanks ya :)

Mas Rohis, iya mas rohis, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, alhamdulillah mas iklannya bisa muncul lagi. Thanks ya atas do'anya hehe :) Nanti bisa diatur mas dialirkan kayak air hehehe :D

Bang Dayat, wah bang dayat terlalu berlebihan nich hehehe Saya masih blogger pemula kok mas. Jadi belum banyak tahu tentang blogging :)

Mas Dadang, seratus untuk mas dadang hehe :D

Mas Karis, saya nggak percaya kalau mas karis belum paham soal Search Engine Result Page (SERP) Google wkwkwk :)

Mas Dedi, wah terimakasih banyak mas sudah memberikan apresiasi yang luar biasa. Tapi saya masih belajar kok mas karena masih pemula. Jadi belum begitu tahu tentang Google dan SEO :)

Mas Rizky, iya betul itu mas. Kadang komentar yang dirasa tidak menyumbang keyword dan bersifat tidak penting malah itu yang di indeks oleh Google, hehe aneh juga ya :D

Mas Remaja, iya betul mas. Jadi semua komponen yang ada dalam halaman posting itu di indeks semua oleh Google, baik itu postingan, komentar, widget popular post, widget arsip, dan masih banyak lagi :)

Pak Hariyanto, yupz seratus untuk pak har hehe :D

Mas Meutrap, wah bagus itu mas kalau ternyata anda sering mempraktekkannya :)

Mas Arif, iya kalau bisa berkualitas mas komentarnya, tapi kalau nggak bisa juga nggak apa-apa, soalnya blog yang satu dengan yang lainnya itu mempunyai aturan yang tidak sama dalam kaitannya dengan peraturan dalam berkomentar :)

Mas Kelik, iya salam kenal juga mas mas kelik :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya betul mas, sama-sama mas anthonie :)

Mas Budi, owh begitu ya mas. Mungkin topik artikel ini dulu sudah ada yang membahas nya mas, hehe :D

Mas Marnes, kalau sudah terang berarti tagihan listriknya lancar mas hehehe :D

Pak Herdoni, iya betul juga sih pak. Kita selalu mengharapkan komentar yang bagus sesuai dengan topik artikel yang dibahas, tapi kita tidak bisa memaksakan diri kepada para komentator karena kita tidak tahu kondisi dan situasi sang komentator tersebut. Apakah mereka suka dengan artikel kita atau tidak? Apakah topik artikel kita menarik atau tidak? ataukah mereka terlalu sibuka? Kita semua tidak tahu. Kalau hemat saya sih, yang penting bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger dan juga bisa saling mengerti, itu sudah bagus pak :)

Mas Nady, kalau komentar out of topic (oot) nya tidak berlebihan saya kira tidak masalah mas. Kasihan juga kalau dikasih kartu kuning, nanti kalau dapat kartu kuning lagi bisa kartu merah dunk hehe :D

Pak Asep, saya kebetulan juga benci komentar seperti itu pak hehe :D Oleh karena itu saya membuat sebuah rule atau tata tertib dalam berkomentar agar para komentator bisa lebih baik dan tertib dalam memberikan komentar di blog :)

Mas Apk, thanks atas kunjungannya ya :)

Mas Jefan, iya sama-sama mas :)

Mizz Aiza, iya betul itu mizz, jadi tidak hanya artikel blog saja yang di indeks oleh Google, tapi komentar nya juga di indeks :)

Mas Andes, owh begitu ya mas, jadi ada meta comment nya di blogspot. Kalau kita menggunakan Google+ Comment atau Facebook Comment kira-kira gimana mas? Apakah bisa berpengaruh terhadap SERP Google?

Mbak Indri, alhamdulillah mbak iklannya sudah bisa muncul lagi. hehehe :) Kemarin habis verfikasi pin saya mbak hehe :)

Mas Menone, seratus untuk mas menone :D

Anisayu Nastutik said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mbak anis atas kunjungannya :)

Unknown said...

Ya intinya dari blogwalking adalah simbiosis mutualisme alias saling membantu dan saling tolong menolong sesama blogger. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Seratus untuk Mas Baskoro hehe :)

Unknown said...

hmmm .. benerrr juga yahhh hehehe Mkasii yah mbak eka atas Tipsnya :) Mbakk Eka Bener Bner Baek Dehh hihi :D

Unknown said...

Bagaimanapun jga komentar itu sdah mnjadi bagian penting pada sebuah blog, jadi perlu diperhatikan.. nice pos deh mbak :-d :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Ainul, bener-bener apa hayo? Perasaan saya nggak enak nich hehehe :D

Mas Agri, iya betul itu mas. Dengan adanya komentar yang masuk di blog, akan banyak memberi manfaat untuk kita semua. Yang jelas, bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger :)

Juniyarsa said...

Tentunya berkomentar di blog itu haruslah sesuai dengan topik pembicaraan. Saya setuju dengan artikel di atas mbak ririn.

Mas Andes said...

sama aja mbak, kan emang udah struktur templatenya begitu :) cuman masih bisa di edit pada tata letak post. disitu ada meta comment, meta author, dll.. bisa di disable

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Julia, iya seharusnya memang begitu mas, tapi sulit juga. Nyatanya kita sering lupa dan tidak memperhatikan hal itu hehe :D

Mas Andes, owh begitu ya. Meskipun saya belum begitu paham tentang meta comment, tapi saya ucapkan thanks mas atas pencerahannya ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas betul sekali. Oleh karena itu, hendaknya dalam memberikan komentar harus relevan dengan topik artikel yang di bahas, agar bisa berkontribusi keyword di search engine yang pada gilirannya bisa berpengaruh terhadap indeks Google di Search Engine Result Page (SERP) nya :)

Unknown said...

Ternyata komentar di setiap post dapat menyumbangkan keword juga ya mbak, malah baru tau ini saya mbak tentang manfaat komentar di blog, makasih banyak mbak atas infonya,

Ma'af mbak kalau baru bisa mampir, beberapa hari kemarin jaringan ditempat saya mengalami gangguan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Seratus untuk mas arie hehe :) Untuk itu alangkah baiknya jika berkomentar di blog orang lain atau di blog diri sendiri, diharapkan agar relevan dengan topik artikel yang dibahas :)

Iya nggak apa-apa mas. Saya juga pernah mengalami hal itu (gangguan internet, nggak ada pulsa modem, dll). Jadi nyante aja :)

Pakde said...

Saya search diblog ini kok nggak ada cara bikin kotak komentar...?
Maksud saya... kotak komentar saya hilang yg ada tinggal tulisan post comment. Ini terjadi krn comment setting saya pakai pop-up. Dan ini saya pilih supaya komentar saya urutannya yg terbaru paling atas, serta spy bisa masukkan html code...
Tapi ya itu jadinya, kotak komentar saya hilang tinggal tulisan post comment...
Gimana caranya spy ada kotak komentar tanpa saya merubah settingan yang saya inginkan di atas...

Unknown said...

baru tahu penyebabnya terima kasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas dangdut, agar kotak komentar blog anda bisa muncul, anda perlu melakukan setting. Berikut adalah caranya:
(i) Masuk Ke Blogger
(ii) Pilih menu setting/setelan
(iii) Pilih sub menu Pos dan Komentar
(iv) Pada Tulisan LOKASI KOMENTAR, silahkan anda pilih opsi TERSEMAT
(v) Klik tombol Simpan Setelan
(vi) selesai

Mas Huda, thanks atas kunjungannya ya :)

Pakde said...

Nah itu dia Rin...
Masalahnya kalo pake settingan itu ntar urutan commentsnya yang paling baru jadi paling bawah.. dan juga nggak bisa buat komen yang pake html code... Jadi gimana solusinya?

Btw thx a lot 4 ur nice attn...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah kalau itu saya nggak tahu mas. Mohon maaf ya :)

Pakde said...

OK.. ntar kalo tau bagi2 ilmunya Rin.. soalnya saya suka cara-ririn !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya mas koleksi dangdut sudah singgah di blog saya :)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Betul mbak, saya juga sering mendapat keberuntungan dari komentar yang menjadi kata kunci yang tepat pas di cari orang.

Wuih mbak keren nih komentarnya pada panjang emang enggak pegel ngetiknya, sini saya pijitin hehe

Saya udah 4 komen artikel mbak, saya tunggu juga 4 komen baliknya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas. Memang bener banget bahwa komentar pengunjung blog bisa menyumbang keyword di search engine :)

Haries Asaib said...

Jujur saja saya jarang berkomentar dan enggan untuk menerima komentar di blog yang saya kelola. Tindakan ini saya lakukan tanpa pertimbangan terhadap serp. Dengan ditutupnya kolom komentar, apakah akan memberi dampak lebih buruk dari mendapat komentar spam? mohon pencerahannya, mbak

Post a Comment