Cara Pasang Thread Comment di Blogspot

Cara Membuat dan Pasang Thread Comment di Blogspot Banyak sekali masukan dari teman-teman Blogger agar blog saya di pasang Thread Comment. Saya sendiri awalnya nggak paham apa itu Thread Comment? Dan kenapa harus dipasang di blog? Untuk apa sih? Itulah pertanyaan menghantui hati dan pikiran saya selama ini. Dan dari situlah saya tertarik untuk memberikan tutorial ini kepada anda. Siapa tahu anda suka dengan adanya Thread Comment di blog anda. Mengingat, template blog tidak sama. Ada yang sudah bawaan dari sana, dan ada juga yang belum ada Thread Comment. Oleh karena itu, mau tidak mau anda harus pasang sendiri di blog anda.

Kembali ke topik bahasan bahwa Thread Comment merupakan fitur reply/balas yang ada di kotak komentar blog. Jadi dengan memasang fitur ini, selain anda bisa komentar di posting blog, anda juga bisa komentar di komentator yang lain. Manfaat dari fitur ini adalah untuk memudahkan anda saja dalam membalas komentar yang masuk di blog anda. Jadi, misalnya anda mempunyai blog dan jumlah komentarnya ratusan, anda bisa jawab komentar satu demi satu, atau mungkin hanya jawab komentar yang penting-penting saja. Supaya anda tidak penasaran tentang Thread Comment, silahkan perhatikan screenshoot berikut ini. Itu merupakan contoh Thread Comment yang sudah dipasang di Blog.
Cara Pasang Thread Comment di Blogspot
Image by oldsunday.blogspot.com
Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Menampilkan Menu Earning di Blogger. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara bikin tombol reply atau thread comment di blogger. Berikut adalah langkah-langkahnya. Silahkan perhatikan baik-baik ya.

Cara Membuat dan Pasang Thread Comment di Blogspot

1. Silahkan log in ke Blogger

2. Masuk ke Dashbaord

3. Pilih menu Template > klik Edit Template

4. Silahkan cari kode berikut ini. Untuk memudahkan proses pencarian, silahkan tekan Ctrl + F

<b:include data='post' name='comments'/>

5. Kode diatas jumlahnya banyak, yakni sekitar 4 atau 6 buah. Silahkan ganti semua kode diatas dengan kode berikut ini

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>

6. Kalau sudah selesai, silahkan klik Save/Simpan. Dan lihat hasilnya.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat dan Pasang Thread Comment di Blogspot. Jangan lupa, baca juga postingan saya sebelumnya tentang Cara Pasang Kotak Berlangganan di Blog. Kurang lebih nya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

74 komentar:

Unknown said...

Keren mba,
saya juga sering melihat klo saya mau komentar di blog teman teman mba.. Ada yang memakai Thread Comment,
trimakasih share nya mba.. Sangat membantu buat saya mba.. :-)

Senyum syukur said...

blog saya dari sananya sudah ada..

Meutrap said...

baru baca tutorialnya ni kak,
terima kasih artikelnya,
sangat membantu

Unknown said...

threaded comment kan hatiku donk ... hahahahhaaa...

Unknown said...

nice info mba'

Asep Haryono said...

memang asyik nih kalau ada thread comment seperti ini. Mirip FORUM gitu iiehiheiheiheihiee. Blog bisa rame kaya pasar

Unknown said...

ooh gtu ya,,,,untung blog saya sudah seperti itu,udah bawaan sononya hehehe

Mas Marnes said...

Nah nie dia yang saya cari mbak, dari kemaren dah nyari2 referensi dan banyak nemu juga cuma pas giliran saya praktekin masih ada aja yg error, jadi bingung saya...emang rada susah ya buat yg kurang paham seperti saya :) tapi thanks banget nie mbak saya mo praktekin lagi mudah2an berhasil :)

Unknown said...

Blog saya gak ada Tread coment nya,saya kira cara nya rumit dan butuh banyak kode. :D

Unknown said...

asiiiik foto saya nongkrong di postingan mbak ririn :D

@andria novit: wkwkwk kocak =))

Unknown said...

Punya saya sudah ada mbk :D

dunia maya said...

nyimak dlu mb

Rohis Facebook said...

blog ririn napa gk pasang.., pdhal carax sangat mudah *smile

Unknown said...

memang ya kadang kalau q buka blog orang mau di coment gak bisa

Unknown said...

Kalo boleh tau apa sih keunggulannya Master Rini. (My Newbie)

Unknown said...

Keren Bangett Nih Mbakk Tutorialnya Saya Juga Udah Pake Tuhh Hehe

Aditya Nugroho said...

Sudah saya terapkan mbak, kebetulan tempat saya make tutorialnya kang ismet.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Warim, iya mas lumayan keren blog nya apabila ada fitur reply nya pada kotak komentar. Jadi lebih terlihat interaktif dan bisa dijadikan sebagai diskusi :)

Mas Senyum, alhamdulillah kalau sudah ada ya mas :)

Mas Meutrap, sama-sama mas :)

Mas Andria, wkwkwk ada-ada aja nich :D

Mas Awhnymous, nice comment aja dech :)

Pak Asep, hehehe iya betul itu pak. Jadi, komentar blog bisa lebih hidup dengan adanya fitur thread comment nya. Bisa dijadikan tempat diskusi juga :)

Mas Van, bagus kalau ternyata sudah ada mas. Jadi nggak perlu repot-repot pasang lagi :)

Mas Marness, iya silahkan dicoba dipraktekkan mas. Good luck ya. Nanti kalau ada kendala, kita diskusikan bersama-sama :)

Mas Daniel, nggak begitu rumit kok mas. Mungkin perasaan anda saja yang masih galau, sehingga melihat script jadinya rumit hehe :D

Mbak Elsa, hehehe thanks ya mbak atas screenshoot nya :)

Mas Rahmat, wah bagus donk kalau begitu mas :)

Mbak Maya, silahkan disimak mbak. Nyimak baik-baik ya biar paham hehe :)

Mas Rohis, kemarin sudah saya pasang mas dan sudah berhasil dipasang di blog ini. Hanya saja link reply/jawab nggak bisa di klik hehe :D Akhirnya saya lepas lagi dech hehe :D Begitu ceritanya mas :D

Jenk Indah, iya mbak kadang ada juga blog yang seperti itu. Yakni tidak membuka kotak komentar untuk umum :)

Mas Faisal, saya nggak punya keunggulan apa-apa mas. Masih belajar aja sampai sekarang hehe :D

Mas Ainul, sipp dech kalau blog nya sudah ada Thread Comment nya. Jadi nggak perlu repot-repot untuk membuat atau memasang nya lagi :)

Mas Aditya, bagus dech kalau sudah dipasang. Jadi nggak perlu pasang lagi hehe :D

Anonymous said...

Kebetulan template untuk komentar saya udah seperti thread komentar yang dijelaskan diatas mbak,tapi bagi teman-teman yang belum seperti komentarnya bisa menjalankan tutorial dari mbak.

Anonymous said...

betul sekali kalau blog di pasang thread comment, seperti ngobrol tanya jawab begitu hehehe...

waduh Image nya keren ya ada orang yang pakai caping heheh

Unknown said...

Keren sekali ni mbak ririn saya langsung nyobain yah :D
Semoga berhasil kalau gagal ya engga jadi di pasang hehe

Djangkaru Bumi said...

thread comment akan tampak hidup obrolannya. enak dilihat . terimakasih atas sharingnya.

Kang Ucup said...

template saya yang baru juga dulunya ga ada thread comment-nya mbak, tapi sekarang sudah ada :D
tapi yang bikin tutr kok nggak pasang ya .....?

Unknown said...

udah waktunya di rombak nih templatenya mbak :DDD kebingungan kalo mau balas2an komentar ,apalagi yang komen di blognya mbak brayyy dah banyakkk :)))

blogger said...

sory nih nyuri kode lagi :D sekarang giliran blog cara-ririn yang saya curi kodenya dengan klik kanan :D

nyuri kode "select all" :D maaf ya mbak hehehehe..

Claresta said...

wah keren banget ya mbak tampilan thread commentnya,,, oke dech ntar saya cobanya diblogspot saya,,,
makasih infonya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Abed, wah bagus mas kalau blog anda sudah ada thread comment nya. Jadi nggak perlu utak-atik template lagi ya mas. Sukses untuk blog Info Saja :)

Mang Yono, wkwkwkw image nya ada orang yang bercaping ya mang wkwkwk :D Keren banget kan? hehehe :D

Mas Lutfi, silahkan dicoba mas. Mudah-mudahan berhasil ya. Good luck ea :)

Pak Djangkaru, iya betul itu pak. Jadi lebih mudah untuk ngobrol dengan adanya fitur ini di komentar. Thanks atas kunjungannya ya :)

Kang Ucup, hehehe saya sudah pasang kemarin kang. Sudah berhasil tapi link reply/balas nya nggak bisa di klik karena saya menggunakan script anti copas di blog ini hehehe :D

Mas Andria, terimakasih atas saran dan masukannya. Nanti akan saya pertimbangkan lagi. Sebenarnya saya dulu sudah pasang. Hanya saja belum bisa berhasil 100% hehehe :D

Mas Hekos, iya silahkan mas. Yang penting admin nya jangan dicuri sekalian ya hehehe :D

Mbak Indri, silahkan dicoba mbak untuk blog anda. Sukses ya untuk Blog Juragan Cipir :)

Staff Administrator said...

Sy yg kbetulan....salah satu orang yg paling bawel nyaranin mbak Rin..pake fitur reply ini...hehe :)
Tutorialnya cukup simple ya mbak...
Sip deh semoga bermanfaat utk mereka yg pas lagi cari info ini :)

Unknown said...

dengan fitur baru thread comment blogspot, kita bisa dengan mudah ya mbak untuk membalas setiap komentar komentar di blog kita

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, hehehe iya mas sangat simple sekali ternyata trik nya. Hanya saja waktu saya pasang di blog ini, ternyata link reply/balas tidak bisa di klik. Jadi, saya lepas lagi dech hehehe :D

Mas Arie, betul itu mas. Jadi dengan adanya thread comment ini, kita bisa mudah dan cepat untuk merespon komentar di blog kita. Apalagi jika jumlah komentarnya sudah ratusan :)

Unknown said...

keren
udah cantik pinter lgi
hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe thanks ya mas atas apresiasinya. Jadi nggak enak sendiri nich hehe :D

Mizz Aiza said...

saya sudah memasangnya.. tapi jarang sekali saya membalas komen, kecuali jika ada persoalan pasti saya akan membalasnya..

technopart said...

kunjungan perdana mba',

nyimak aja mba, new blogger nih

sekalian ijin follow
ditunggu follback

Masnady said...

dari kemarin saya mencoba utak atik template, biar lemot via hp saya jabanin untuk memunculkan reply pada komentar.. eh sampai sekarang kokk nggak ketemu juga... hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, iya nggak apa-apa mizz. Yang penting tombol reply/balas nya sudah dipasang. Jadi kita bisa mudah untuk merespon komentar yang penting-penting di blog kita :)

Mas Bayu, thanks ya atas kunjungannya. Saya sudah follow blog anda :)

Mas Nady, mungkin bisa mempraktekkan trik ini mas untuk memunculkan tombol reply di blog anda. Saya kemarin sudah mencobanya dan berhasil. Hanya saja tulisan reply nya tidak bisa di klik karena saya menggunakan script anti copas hehe :D

Anonymous said...

blog saya sudah dipasang master. hehe ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus itu master kalau ternyata Blog Kolongtulis sudah dipasang Thread Comment ^^

Mas Andes said...

dengan menggunakan thread comment selain lebih memudahkan untuk membalas komentar juga bikin percakapan lebih gampang ya mbak.. tinggal klik reply aja :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Jadi kita bisa lebih mudah dan simple untuk diskusi di kotak komentar blog :)

Anonymous said...

Kunjungan Malam Nih Mbak Rin.. simak di artikel yang cantik
Dan Mbak Admin Yang super aktip dan Agresip.
Izin belajar simak Artikelnya yah Mbak, cakep deh artikel
Threaded comments nya, Tapi..? kayanya di form Blog Mbak Rin..
Belum terpasang deh script Threaded comments nya yah Mbak?

Padahal kalau di pasang Pasti makin cantiq deh Artikel + Adminya tt3tt3tt3tt3

Unknown said...

coba untuk bikin template sendiri...... menurut kebutuhan yang dimau :)

Unknown said...

Iyah Betul Mas Andes, terima kasih yah atas Masukanya..tt3tt3

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, iya mas blog saya nggak dipasang Thread Comment, karena dulu pasang waktu pasang, link reply/balas nya itu tidak bisa di klik alias tidak berfungsi. Jadi saya copot lagi dech hehehehe :D

Mas Andria, wah saya belum bisa membuat template sendiri mas. Sepertinya asyik juga ya kalau bisa bikin template sendiri. Jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita :)

Reusam Endatu said...

Ini yang saya cari kemaren2 mbak
sampe-sampe kang ucup saya repotin mbak
heheh
tapi saya kemaren coba dengan yang saya dapat di google gk sukes
semoga dengan cara mbak ne sukses

Unknown said...

Lebih mudah untuk mengoptimalkan percakapan di komentar blog, karena selain terlihat cantik juga percakapannya lebih terarah

Masnady said...

maksudnya kode yang akan di ganti tidak ketemu saya cari mbak.. padahal kata mbak eka ada 5-6 kode seperti itu. kok nggak ketemu ya mbak saya cariin kodenya....

Unknown said...

kunjungan pertama kali diblog mba' nih, salam kenal

ijin follow
ditunggu follback

Unknown said...

sip gan semoga bisa bermanfaat..
happy blogging..

Nurul Imam said...

Blog ini kenapa ga di aktifin :D
Klo saya sih theme yang kmaren sengaja ga dibikin comment thread biar simple & valid html5

Anonymous said...

Dulu punya saya juga nggak ada threaded komennya, repot juga kalau mau membalas komentar satu per satu, tapi stelah pake threaded komen jadi lebih mudah :)

prasojojoo said...

besok deh.. coba.. thankzzz infonyahhh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Reusam, iya mudah-mudahan berhasil ya. Good luck untuk pasang thread comment di blog anda :)

Mas Nyzam, iya betul mas. Jadi kita bisa lebih mudah untuk ngobrol di kotak komentar. Baik yang ter arah atau tidak ter arah. Thanks ya atas tambahannya :)

Mas Nady, kok bisa nggak ketemu ya mas. Aneh ya. Mungkin template nya beda, jadi kodenya beda mungkin hehe :)

Mas Hendaru, salam kenal juga ya. Nanti akan saya follow balik :)

Mas Rajawali, mudah-mudahan begitu ya mas. Terimakasih atas support nya ya :)

Mas Nurul, kemarin sudah saya pasang thread comment di blog ini. Tapi gagal hehe :D

Mas Anthonie, iya betul itu mas. Memang cukup repot untuk membalas komentar kalau tidak menggunakan Thread Comment. Tapi mau gimana lagi, karena nggak bisa dipasang sih. Pasrah aja dech hehe :D

Mas Prasojo, iya sama-sama ya :)

blogger said...

gak berani nyulik admin :D gak kuat nanggung kehidupanya :D

tolong di edit lagi mbak anti bloknya :d msih bisa ditembus ni hehehe..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk ada-ada aja nich Mas Hekos. Emang kehidupan saya gimana mas hehe :D

Gimana cara edit nya mas? nggak paham saya hehe :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

gampang ternyata mbak, saya ngga tau di tempalte yang abru ini thread comment ato ngga :o

blogger said...

tmbhkn ini dbwh </head>

<noscript>
<div id='NoScript'>
<h6>Please enable javascript to view this site.</h6>
</div>
</noscript>

trus tmbahkn ini di atas ]]></b:skin>
#NoScript{background:none repeat scroll 0% 0% rgb(255,255,255);text-align:center;padding:5px 0;border-top:2px solid rgb(51,51,51);border-bottom:2px solid rgb(51,51,51);position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;z-index:9999;opacity:0.9}
#NoScript h6{font-size:24px;color:rgb(102,102,102);position:absolute;top:50%;width:100%;text-align:center;margin-left:-30px;margin-top:-18px}


mungkin ini akan sedikit membantu,, karena mozila firefox kemarin udah updt,

rumah abu abu said...

Sipp sipp.. gampang lah :D. salam blogger kawan..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, iya lumayan mudah mas untuk membuat thread comment. Kalau template blog default bawaan blogspot, ada yang sudah ada dan ada yang belum ada. Saya kurang tahu betul karena memang saya jarang pakai template bawaan blogger hehe :)

Mas Hekos, wah terimakasih banyak mas atas script nya. Saya sudah pasang script tersebut di template blog saya. Mudah-mudahan bisa aman ya mas dari copas hehe :)

Mas Dadang, salam :)

blogger said...

ya mudah"an mbak :D basmi copaster :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Amin. Mudah-mudahan bisa aman ea mas, soalnya saya juga jengkel sama tukang copas hehe :D

Mas Marnes said...

Mba' barusan saya dah praktekin cara pasang thread-comment di atas, kayaknya sie berhasil mba' cuma masih ada sedikit yg kurang srek nie...tulisan antara baris atas sama yg dibawahnya kayaknya terlalu deket banget deh trus cara mengatur jarak tulisan baris atas sama yg bawah gimana ya? Coba deh tar mba' liat bener ga sesuai dengan yg uraikan pada postingan mba' nie... :)

Unknown said...

Manusia memang makhluk sosial yang unik dan sempurna. Mereka saling mengenal dan berkomunikasi. Di era modern ini semua fasilitas tersedia dengan lengkap. Media sosial menjadi pilihan yang favorit untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi. Fitur-fiturnya komunikatif dan menarik. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, bagus mas kalau sudah dipasang thread comment di blog anda. Mungkin performance thread comment antara template yang satu dengan yang lain itu tidak sama mas. Ada yang pas dan cocok, dan ada yang kurang pas. Saya sudah melihat thread comment di blog anda. Memang benar, baris atas dan bawah terlalu dekat. Tapi saya kira nggak masalah kok mas karena thread comment nya sudah berfungsi normal :)

Pak Herdoni, seratus untuk pak her hehe :)

Unknown said...

blog saya template nya bawaan blogger mbak... udah ada reply nya :) nice info

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bagus kalau begitu mas, jadi anda tidak perlu repot-repot untuk pasang thread comment lagi. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Anonymous said...

blog ini kok gak di pasang thread commnet mb' Ririn, blog saya yang Rizkymahrizal.blogspot.com, juga dah saya pasang thread comment mb;
#Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kemarin blog ini sudah saya pasang Thread Comment. Tombol reply/balas sudah berhasil dipasang. Hanya saja tombol reply nya tidak berfungsi apabila di klik. Akhirnya saya lepas lagi hehe :D

Mas Marnes said...

Nah itu dia masalahnya mba' sore hari nie saya mampir lagi dimari coz ada yg mo saya tanyakan nie, kenapa ko tombol reply itu jadi ga berfungsi ya? Padahal sebelumnya berfungsi dan barusan saya coba tombol reflynya jadi ga berfungsi, apa ada yg salah ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

kok bisa nggak berfungsi ya mas, aneh dech. saya juga kurang tahu nich penyebab nya :)

shafira lost_myangel said...

mantap....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks shafira atas kunjungannya ya :)

Anonymous said...

Assalamu alaikum mbak,saya sudah ganti template,eh template yang baru tidak ada treaded comennta jadi saya ambil disini tutorialnya hehehe

Anonymous said...

lha.... kotak komentar ini kok gak pake Comment Reply :)

Post a Comment