Cara Setting Email Notifikasi Formulir Online di Google Docs

Cara Setting Email Notifikasi Formulir Online di Google Docs Artikel ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Formulir Online dengan Google Docs. Hal itu dikarenakan pada posting sebelumnya belum terdapat cara mengatur Email pemberitahuan. Tujaun setting ini adalah agar setiap kali ada konsumen toko online yang melakukan order, maka ada email notifikasi yang dikirim ke inbok email kita, sehingga kita bisa segera menanggapinya.

Sebenarnya trik ini tidak hanya untuk form pemesanan saja, melainkan bisa juga digunakan untuk widget contact us, formulir pendaftaran online, dan lain sebagainya jika anda menggunakan fasilitas Google Docs untuk kebutuhan ini.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Membuat Kotak Berlangganan di Blog. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatur email pemberitahuan formulir online di google drive. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Cara Setting Email Notifikasi Formulir Online di Google Docs

1. Silahkan kunjungi laman Google Docs di url http://docs.google.com/ Silahkan log in dengan menggunakan Akun Google anda.
Pengaturan Email Notifikasi Google Docs, Daftar Google Drive Gratis
2. Silahkan klik formulir online yang sudah anda buat
Cara Setting Email Notifikasi Google Docs, Cara Menggunakan Google Drive Gratisan
3. Langkah selanjutnya silahkan klik menu Lihat Tanggapan
Cara Setting Email Pemberitahuan Formulir Online di Google Docs
4. Pada laman Tanggapan, silahkan klik menu Alat dan kemudian silahkan klik sub menu Aturan Pemberitahuan
Formulir Pendaftaran Registrasi Survey Online Contact Form Google Drive Gratis
5. Silahkan check list opsi-opsi berikut ini.
Lembar Respon Formulir Online di Google Docs
Keterangan:
Nomor 1 check list pada opsi Apa saja sheet ini telah diubah
Nomor 2 check list pada opsi Seorang pengguna mengirimkan formulir
Nomor 3 check list pada opsi Email - Intisari harian

Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Simpan

6. Setelah itu klik tombol Selesai
Formulir Online keren gratis dan profesional di Google Drive
Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya!!

Demikian informasi sederhana yang bisa share untuk anda semua tentang Cara Setting Email Notifikasi Formulir Online di Google Docs. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lewatkan tutorial menarik lainnya di blog ini tentang Cara Membuat Contact Us di Blog. Kurang lebihnya saya mohon maaaf. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

47 komentar:

Intan Sudibjo said...

widihh.. si mba ini makin lihai saja ngomongin google drive alias doogle docs :) heehe
minum kopi sambil ngamatin... :)

Asep Haryono said...

Wah keren nih heiheiiehiee. baru tau informasinya seperti ini. Keren keren Mba Ririn. Selalu ada ide baru yang moncer dan brilian di sini. Menambah pengetahuan dan wawasan para pembacanya. COba ahh

Anonymous said...

pertamax.

Ini cuma digunakan untuk pemilik toko online ya master??

Anonymous said...

mantaab mba'

ijin amankan,,,

lang lang blog said...

yang ini belum saya bikin mbak, sepertinya keberadaannya diperlukan

Kang Ucup said...

Mas Fadly : pertamax apanya mas :D wkwkwk....

saya catat dulu mbak, siapa tahu kapan-kapan memang butuh beneran :)

Unknown said...

weleh weleh
kakak ni semua tau
pnter x kyaknya ya :)
udah cntik pnter gy

Mizz Aiza said...

entri ini sambungan dari yang lepas ya? terima kasih sharing nya..

Anonymous said...

Salam ketemu lagi Mbak Rin..
pelajaran baru lagi buat saya Mbak ijin belajar
terima kasih pisan yah mbak sudah berbagi ilmu
buat saya,. sangat membantu buat pengetahuan saya

Unknown said...

sangat akurat artikel begitu di coba langsung maknyoss
makasih full Mbak Ririn. (Rin)

Anonymous said...

Sangat bermanfaat mbk :)

Masnady said...

wah mbak eka kok paham banget ya.. apakah mbak eka juga sudah mempunyai toko online...? kalao iya di promosiin donk mbak toko online nya.. biar semua pada tau hehehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Intan, hati-hati kalau minum kopi sambil ngeblog lho mas, entar keseleg wkwkwk :D

Pak Asep, admin nya juga pasti nggak kalah keren kan pak? hehe :)

Mas Fadly, nggak juga master. Ini bisa digunakan juga untuk widget contact form, formulir pendaftaran online, formulir survey, dll yang menggunakan layanan dari Google Docs/Drive. Begitu master ^^

Mas Hidayat, kayak polisi aja, sukanya mengamankan wkwkwk :D

Mas Thanjawa, silahkan dicoba mas, siapa tahu bisa bermanfaat :)

Kang Ucup, emang nya mau dicatat dimana kang? wkwkwk :D

Mas Zacky, wah jujur banget nich mas zacky, jadi nggak enak sendiri nich hehe :D

Mizz Aiza, seratus untuk mizz aiza. Iya betul mizz, tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, yakni Cara Membuat Formulir Pemesanan Barang Online :)

Mas Karis, terimakasih banyak mas karis atas kunjungannya yah :)

Mas SEO, mudah-mudahan harapannya begitu mas, yakni bisa bermanfaat untuk kita semua. Thanks ya :)

Mas Nady, wah saya nggak punya toko online mas. Kalaupun punya, saya nggak mau mempromosikan kepada teman-teman Blogger, karena pasti nanti pada ngutang wkwkwk :D

Unknown said...

Sudah berhasil diterapkan mbak...
Makasih yaa sudah berbagi infonya.. :)

Unknown said...

Mantapp (y)

Mas Marnes said...

Asiiik...dapat tambahan ilmu baru lagi nie dari mba' ririn, harus dicoba praktekin nie biar gak penasaran hehehe :D makasi ya udah share infonya!

hayardin said...

Tutorialnya Mantab Mba Ririn. saya juga kalau membuat Tutorial paling suka memasukkan Screenshoot karena biasanya akan lebih mudah untuk dimengerti Jika dalam Postingan disuguhi screenshoot seperti yang Mba Ririn lakukan dalam postingan mengenai cara setting email notifikasi formulir online di google docs...

Unknown said...

keren...kok bisa tanpa pakai javascript gitu mbak yu ??

Unknown said...

Mampir malam minggu selagi online...Saya malah belum pernah pake google docs mbak..tpi makasih informasinya ntar ikutan nyoba juga

Staff Administrator said...

Untuk sementara sy simpen dulu ya mbak Rin...
Nanti kalo sekiranya ada waktu luang...bakal langsung sy coba lewat cara ini.... :)
Trims ya :)

Unknown said...

Untuk Beberapa waktu Sementara Mas Budi akan saya Amankan hh
Eeeeh artikel nya Mbak Rin maksudnya yang di amankan. sorry Mas Budi
Oke terima kasih kembali Mas Budi tt3tt3tt3tt3...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rio, alhamdulillah kalau sudah berhasil, saya ikut senang mendengar nya :)

Mas Semangat, apanya yang mantap? wkwkwk :D

Mas Marness, silahkan mas. Good luck ea :)

Mas Hayardin, iya mas. Dengan adanya screenshot, maka pembaca akan lebih mudah untuk menangkap maksud dari tutorial ini. Tapi untuk membuat screenshot bagi saya cukup sulit hehe :D

Mas Hasby, iya bisa aja. Kan tutorial ini hanya membahas cara setting email notifikasi aja, bukan cara pasang widget formulir online mas. Jadi tidak perlu memakai javascript mas :)

Mas Vyrliz, silahkan mas. Mudah-mudahan berhasil ya :)

Mas Budi, lihat dulu kulkas nya mas, apa sudah penuh apa belum hehe :D

Mas Karis, kayak polisi aja nich suka mengamankan sesuatu hhehehe :D

Netizen said...

saya belum ngerti tentang google docs mbak, jadi saya hanya membaca saja untuk belajar. terima kasih telah menulis artikel yg bermanfaat bagi saya utk menambah pengetahuan.

wah, blognya mbak Wahyu Eka ternyata keren sekali dan banyak ilmunya disini. saya akan baca-baca tulisan yg lain utk belajar mbak. blog saya jelek sekali, karena saya masih belajar, mmm...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya juga masih belajar mas, karena saya juga masih pemula di dunia blogging. Jadi kita sama-sama belajar saja ya mas :)

rumah abu abu said...

(y) mantap...

Claresta said...

Keren infonya mbak, bisa saya coba nanti kalau koneksi saya pas banter, hehehe :) biar lebih memahami produk2 google yg lain, gak cuma blogger aja, hehehe...
makasih infonya mbak Eka,,,

Anonymous said...

dengan cara ini jadi lebih mudah bisa langsung tahu kalau ada yang pesen , jadi memudahkan kita untuk memantau para konsumen di toko online kita yah mbak, sip deh saya simpen dulu ah :)

Aditya Nugroho said...

Artikel yang menarik mbak. Jadi lebih udah karena setiap form yang di submit otomatis masuk alamat email kita.

Nurul Imam said...

Lumayan gratisan yah :)
Saya biasa bikin form sekaligus notifnya pake script php :D

Mas Andes said...

fitur google makin lengkap ya mbak, bener2 memudahkan pengguna untuk segala keperluan.. mantap mbak :)

Putra said...

Halo mbak rin. Apa kabar ?
Lama tak mampir. Heheee
Ngeblog terus yaa ? :D

Indra Kusuma Sejati said...

Saya sudah buat, tapi saya tidak menggunakan google doc Mba. he,, he,, he,,,


Salam wisata

Unknown said...

Berkecimpung di dunia online atau berbisnis online, para pengguna telah disediakan fitur-fitur pendukung yang amat menarik dan lengkap. Praktis, mudah, efisien, dan efektif. I love Google. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Dadang, terimakasih ya :)

Mbak Indri, silahkan dicoba mbak. Good luck ya :)

Mas Anthonie, seratus untuk mas anthonie hehe :D Btw mau disimpen dimana nich tutorialnya. Jangan di simpen di kulkas lho. Ntar jadi es hehe :D

Mas Aditya, iya betul mas. Jadi setiap ada orang yang mengisi formulir, maka secara otomatis akan terkirim ke email kita notifikasinya :)

Mas Nurul, kalau ada yang gratis, kenapa pilih yang bayar hehe :D Kalau sama PHP, saya ikut pusing aja dech, soalnya nggak paham wkwkwk :D

Mas Andes, seratus untuk mas andes. Google memang lengkap fitur-fiturnya. Jadi kita bisa mudah untuk melakukan suatu hal apabila kita punya akun Google :)

Mas Wahyu, kabar baik-baik aja mas. Kemana aja nich kok baru muncul? hehehe Sibuk pacara mulu sih wkwkwk :D Kalau saya sibuk ngeblog aja nich :D

Mas Indra, bagus dech kalau sudah buat. Meskipun bukan dari Google Docs, yang penting jangan dibuatkan orang lain aja hehe :D

Pak Herdoni, yupz betul itu pak. Google memudahkan segala keperluan kita dalam mengelola blog. Thanks to Google :)

Unknown said...

dengan begitu kita akan mendapat email notifikasi jika ada pengunjung yang melakukan pemesanan ya mbak, sangat menarik tu bagi penjual online

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Jadi kita bisa mengetahui bahwa ternyata ada orang yang sudah mengisi formulir online kita :)

Unknown said...

tenang mbak gak saya simpen di kulkas kok, tapi di dompet hehe...

Anonymous said...

google memang sangat memanjakan para penggunakanya yah mb', apalagi sekarang sudah ada google web designer mb', makin mak nyosss. #Rizkyzone.com

Unknown said...

INi artikel lanjutan ya mbak??..
artikel gini bisa Dongkrak SERP artikel yang sebelumnya. :D

Alexa Ranknya Gile bener.. :P

EMSI SHOP said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, wkwkwk ada-ada aja nich mas anthonie :)

Mas Rizky, iya mas. Google memang is the best pokoknya hehe :D

Mas Daniel, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata artikel lanjutan bisa mempengaruhi posisi blog di SERP Google hehe :D Terkait alexa, saya kira biasa aja kok wkwkwk Thanks mas daniel, ini semua berkat support dan dukungan dari teman-teman blogger semua, termasuk mas daniel juga yang sudah ikut meramaikan blog saya :)

Mas Tilla, makasih ya atas komentar nya :)

Unknown said...

makasih mba saya sudah berhasil bikin form dan notifikasinya thx.. he he :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas andri. Terimakasih atas kunjungannya ya :)

site for report said...

Google memang sangat lihai mencari cara untuk mempermudah pengguna dalam banyak hal. Jika dibandingkan dengan joomla. Dalam urusan form. Google bisa dikatakan lebih unggul dalam hal kemudahan. Namun perlu lebih mendalami lagi script googlenya jika ingin lebih memaksimalkan.

Btw. Postingan yg bagun mbak wahyu. Jika tidak keberatan. Sekalian ada tut buat scriptnya... Salam blog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Waduh mohon maaf mas saya tidak begitu paham soal script HTML, jadi nggak bisa membuat script sendiri dech hehe ^^
Btw thanks ya atas kunjungannya :)

Unknown said...

Salam Kenal Mbk Ririn, saya sudh coba untuk Mengaktifkan Email Notifikasi tapi tidak ada menu LIHAT TANGGAPAN yg ada cuma menu PILIH TUJUAN TANGGAPAN seperti ini, https://docs.google.com/forms/d/149BMzdR4VpmHN52yx_OyjhCnuUqBhoQIpkJoI0a8Xzk/edit# Dan saya coba klik tujuan tanggapan dan yg keluar spt ini
https://docs.google.com/forms/d/149BMzdR4VpmHN52yx_OyjhCnuUqBhoQIpkJoI0a8Xzk/edit# Mohon untuk dibantu ya Mbk Ririn.. Terimakasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya itu sama aja mas antara Lihat Tanggapan dan Pilih Tujuan Tanggapan. Kan anda ingin melakukan setting pada notifikasi kan? Untuk itu, silahkan ikuti tutorial diatas secara runtut :)

Post a Comment