Cara Membuat dan Memasang Contact Us di Blog

Cara Membuat dan Memasang Contact Us di Blog - Contact us atau Contact form merupakan kotak pesan yang dapat digunakan oleh visitor blog untuk menyampaikan pesan kepada administrator blog secara pribadi. Isi pesan tersebut bisa berupa masukan, kritikan atau pun hal lainnya yang mana mungkin tidak memungkinkan apabila ditulis pada kotak komentar postingan. Oleh karena itu eksistensi contact form sangat penting sekali bagi sebuah blog pribadi. Selain dapat dimanfaatkan sebagaimana yang dijelaskan diatas, juga sebagai pelengkap bahwa blog kita benar-benar profesional.

Di internet, ada banyak situs yang menyediakan layanan contact form secara gratis. Sangat sayang sekali apabila layanan tersebut tidak kita manfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, mari kita pasang contact form pada blog kita, supaya dapat membantu visitor untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada kita.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang tata cara membuat contact form di blog, khususnya untuk pengguna blogger keren. Dalam hal ini saya akan menggunakan layanan contact form dari 123 Contact Form. Silahkan disimak baik-baik tutorial yang akan saya sampaikan supaya anda tidak keliru dalam mempraktekkannya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat dan Memasang Contact Us di Blog

1. Silahkan anda menuju ke laman 123 Contact Form di url ini http://www.123contactform.com/. Nanti anda akan menjumpai laman seperti gambar dibwah ini. Silahkan Klik Sign Up for Free.
Cara Daftar dan Membuat Akun di Situs 123 Contact Form untuk Bikin Menu Kontak di Blog
2. Langkah selanjutnya adalah Klik Sign Up seperti contoh pada gambar dibawah ini.
Tutorial Cara Bikin Halaman Formulir Kontak untuk Hubungi Admin Web
3. Langkah berikutnya silahkan Isi Formulir Pendaftaran pada 123 Contact Form. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Create Account Your Contact Form Easily in Blog
Keterangan:
Username diisi dengan username yang anda inginkan
Pasword diisi dengan pasword yang akan digunakan untuk Log In nantinya
Confirm Pasword diisi sama persis dengan Pasword diatas
Email diisi dengan alamat Email anda

Kemudian Klik Create Account

4. Langkah nomor empat adalah pilih bentuk form yang anda inginkan. Dalam hal ini kita pilih Contact Form, karena kita akan membuat Contact Form, bukan yang lainnya. Seperti gambar dibawah ini contohnya.
Panduan Cara Buat Form Online untuk Blog Anda Keren
5. Selanjutnya, silahkan isi nama form anda. Diisi dengan nama terserah anda. Boleh Contact Form atau mungkin tidak diisi juga tidak apa-apa. Kemudian Klik OK.
Halaman Hubungi Kami di Blog Website
6. Langkah berikutnya adalah Klik Continue seperti pada tampilan gambar dibawah ini. Itu merupakan sampel/contoh bentuk Contact Form yang akan kita buat nantinya.
Cara Bikin Formulir Online di 123 Contact Form
7. Berikutnya silahkan Cetang Email yang anda gunakan. Email tersebut nantinya akan dikirimi pesan dari 123 Contact Form bahwa anda mendapat pesan dari visitor, atau istilahnya Email notifikasi. Kemudian Klik Save, dan selanjutnya Klik Continue.
Memasang Menu Halaman Kontak di Blog
8. Langkah selanjutnya silahkan Pilih Blogger, karena Contact Form tersebut akan kita pasang pada blogger. Kemudian Copy seluruh Kodee HTML/JavaSript yang ada didalam kotak. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa, setelah anda Copy, silahkan Klik Ok/Publish pada pojok kanan atas.
Halaman Contact Form di Website
9. Kode HTML/JavaScript tersebut bisa anda Paste pada Halaman Posting atau Halaman Page blog. Terserah anda. Jangan lupa, pilih HTML apabila anda ingin mem-paste pada Halaman posting. Apabila kode HTML/JavaScript sudah anda paste, dan sudah berhasil, maka tampilan Contact Form akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat dan Memasang Contact Us di Blog
Demikian panduan tentang Cara Membuat dan Memasang Contact Us di Blog yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Wassalam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

2 komentar:

Staff Administrator said...

Jadi keliat lebih profesional ya mbak..bila blog memasang contac us di blognya... :)

Tali katanya..sekarang..udah ada di bawaAn blogger jg ya mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Seratus untuk Mas Budi hehe :D

Iya di Blogger juga ada Widget Contact Us mas. Kita tinggal pasang aja di blog kita. Tapi saya belum pernah mencoba membuat contact form dari Blogspot ini :)

Post a Comment