Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Website Anda

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Website Anda - Domain merupakan nama atau alamat website yang mana ketika diakses akan menuju laman tertentu. Untuk mengakses laman tersebut membutuhkan koneksi internet. Nama domain biasanya mencerminkan konten yang terdapat pada laman tersebut. Misalnya, nama domain www.gametop.com berarti konten yang ada didalam laman tersebut berhubungan dengan game. Namun, banyak juga nama domain yang tidak mencerminkan konten yang ada di laman itu sendiri. Semua itu bergantung siapa yang mengelolanya. Seperti yang kita tahu eksistensi domain yang ada diinternet ada yang gratis dan ada yang berbayar. Domain yang gratis misalnya yang telah disediakan oleh blogger, yakni blogspot. Sedangkan domain yang berbayar misalnya seperti dot com, dot net, dot info dan masih banyak lagi. Domain berbayar ini merupakan Top Level Domain (TLD) yang artinya domain tingkat tinggi.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang manfaat penggunaan domain dot com. Kenapa hal ini perlu dan penting untuk saya ulas? karena bagi blogger pemula tentu belum banyak tahu tentang apa itu domain dot com dan apa manfaatnya?. Berikut merupakan penjelasannya.
Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Website Anda

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Website Anda

Manfaat
Domain dot com mempunyai banyak manfaat. Domain ini dikategorikan sebagai TLD, karena memang benar-benar domain tingkat tinggi. Penggunaan domain dot com atau TLD ternyata mudah diingat oleh orang, karena pendek dan ringkas. Misalnya domain www.gametop.com, tentu lebih ringkas dan mudah diingat dari pada www.gametop.blogspot.com.

Domain dot com juga sering menduduki halaman nomor wahid pada hasil pencarian Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Sehingga memungkinkan akan mendatangkan banyak visitor. Blog yang mempunyai domain dot com lebih bonafide dibandingkan blog pribadi yang menggunakan domain gratisan, karena blog tersebut benar-benar dikelola oleh sang pemilik blog. Apalagi jika kita ingin membuka toko online, eksistensi domain dot com menjadi sangat penting bagi kredibilitas blog tersebut.

Dan yang terakhir, jika blog kita terdapat konten bidang keilmuan, penggunaan domain dot com juga menjadi sangat penting. Karena dengan menggunakan domain tersebut sudah bisa dijadikan sebagai referensi untuk pembuatan makalah/paper/skripsi, meskipun tidak ada jaminan keabsahannya.

Kelemahan
Domain dot com selain mempunyai manfaat, ternyata juga mempunyai kelemahan. Namun, menurut saya lebih banyak manfaatnya ketimbang kelemahannya. Adapun kelemahan domain TLD ini adalah kita harus bayar biaya sewa setiap tahunnya. Tentunya setiap domain mempunyai harga yang berbeda-beda. Ada yang mahal dan ada yang murah. Tapi kalau anda sewa hosting beserta domain, tentu lebih mahal ketimbang sewa domain saja. Oleh karena itu, jika anda tidak mempunyai uang lebih, mending jangan sewa domain. Lebih baik menggunakan domain yang gratis-gratis saja.

Kelemahan selanjutnya adalah untuk mensetting atau merubah domain ternyata lumayan sulit, kalau kita hanya sewa domain tanpa sewa hosting. Misalnya jika kita ingin mengganti domain blogspot ke domain dot com itu ada caranya tersendiri, yang mana cara merubahnya tentu sulit bagi blogger pemula. Oleh karena itu, jika anda belum tahu betul tentang cara merubahnya, mending tidak usah sewa domain, karena percuma anda membayar domain tapi tidak bisa mensettingnya sendiri.

Demikian informasi tentang Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Website Anda. Semoga dapat memberikan pemahaman bagi anda tentang apa itu domain dot com dan apa manfaatnya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

5 komentar:

Kian said...

Mantap infonya mbaa.. saya sekarang pakai domain dotcom..
hehe lebih mudah diingat.. DigEdigDotCom..
;)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah selamat ya mas sudah punya domain dot com. Sebenarnya saja juga tertarik ingin pakai domain tersebut. Hanya saja belum punya uang yang cukup untuk membelinya hehehe :D Thanks sudah mampir ya :)

Rz Bot said...

Sangat bermanfaat,, sampai saat ini belum kesampaian buat bikin domain LTD.. salam ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dipikirkan baik-baik ya mas untuk ganti domain TLD :)

Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat :)

Post a Comment