Cara Membuat Unit Iklan AdSense dan Memasangnya di Blog

Cara Membuat Unit Iklan AdSense dan Memasangnya di Blog Ketika anda sudah diterima menjadi Publisher Google AdSense, yang harus anda lakukan adalah memasang iklan AdSense di blog/web anda. Sebelum anda meletakkan iklan tersebut di web/blog anda, anda terlebih dahulu membuat unit iklan di akun AdSense anda. Proses pembuatan unit iklan saya kira tidak begitu sulit. Anda hanya perlu mengatur format iklan yang meliputi ukuran, jenis iklan, warna iklan, dan masih banyak lagi.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata cara bikin unit iklan adsense dan memasangnya di blog. Sebagai panduan praktis untuk anda yang baru saja menjadi publisher AdSense. Sehingga harapannya anda bisa membuat unit iklan tersebut secara baik dan benar.

Oh iya sampai lupa, apabila anda belum menjadi publisher AdSense, anda bisa melakukan pendaftaran sekarang juga. Karena kini Google AdSense sudah support Bahasa Indonesia, sehingga anda bisa lebih mudah dalam melakukan pendaftaran. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftar Google AdSense dari Blogger. Silahkan perhatiakan langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Unit Iklan AdSense

1. Pertama-tama silahkan kunjungi situs AdSense di www.google.com/adsense Silahkan log in menggunakan username dan pasword anda masing-masing
Cara Membuat Unit Iklan AdSense dan Memasangnya di Blog
2. Setelah anda masuk, silahkan klik menu Iklan Saya
Cara Pasang Iklan AdSense di Blog website
3. Kemudian silahkan klik tombol +Unit Iklan Baru
Cara Buat Unit Iklan AdSense keren responsive dengan Mudah
4. Silahkan atur ukuran iklan, jenis iklan, format iklan, dan lain sebagainya
Langkah-langkah Membuat Unit Iklan AdSense dan menempatkan script ke dalam blog
Keterangan:
Nomor 1 tulis nama/judul unit iklan anda
Nomor 2 pilih ukuran iklan. Dalam tutorial ini saya akan memilih iklan horizontal kecil (468x60)
Nomor 3 pilih jenis iklan apakah teks atau gambar atau kedua-duanya
Nomor 4 untuk iklan cadangan silahkan pilih tampilan ruang kosong saja
Nomor 5 pilih saluran khusus (jika anda punya saluran khusus)
Nomor 6 pilih gaya iklan (gaya iklan yang sudah tersedia)
Nomor 7 silahkan klik tombol Gunakan Setelan Khusus jika anda ingin membuat gaya iklan sendiri, misalnya ingin merubah warna, jenis font, dan lain sebagainya.

Setelah selesai, silahkan klik tombol Simpan dan Dapatkan Kode.

5. Maka akan muncul pop-up melayang yang berisi kode iklan. Silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak
cara memasukkan kode script Iklan AdSense di wordpress blogdetik blogger
Keterangan:
Nomor 1 untuk jenis kode, silahkan pilih sinkron saja
Nomor 2 copy seluruh script yang ada dalam kotak

Selanjutnya silahkan klik tombol Tutup.

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog/Web

1. Langkah selanjutnya adalah memasang iklan di blog/web anda. Silahkan log in ke Blogger (jika anda pengguna Blogger)

2. Masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layout > klik tambah Gadget/Widget > pilih widget HTML/JavaScript > paste kode script yang sudah di copy tadi ke dalam kotak > kemudian klik Save > lihat hasilnya.

Berikut adalah screenshoot contoh iklan AdSense yang sudah saya pasang di blog saya.
cara menambahkan Iklan AdSense di web blogspot
Caranya sangat mudah kan? Silahkan praktekkan agar anda bisa lebih paham. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Unit Iklan AdSense dan Memasangnya di Blog. Mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga artikel dari saya tentang Cara Meningkatkan Penghasilan dari Google AdSense. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

50 komentar:

Meutrap said...

Tapi sayangnya iklan adsense di blog saya telah tiada,
:'(

Intan Sudibjo said...

lengkap sekali mba, bermanfaat banget buat yang lagi kebingungan nih :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

untuk daftar supaya diterima gimana mbak? saya putus asa ditolak terus T_T

Kang Ucup said...

kalau saya hanya bisa nyimak saja mbak,
mungkin lain kali kalau beruntung menjadi publisher GA akan saya praktekkan :)
#ngimpi

Unknown said...

Wahh Infonyaa Sangatt Bermanfatt sekai mbakk ^_^
Tapi sayang saya Blom Punya Adsense hehe Maklum Masii Newbie + Blogg Saya Kand Blog Black hat :D jadii kayaknya kagak Mungkin Punya Adsense deh hihi But btw Thanks yah mbak ats Infonya :)

Unknown said...

Kadang masih ada yg gak tau cara mengambil script iklan GA :D

Senyum syukur said...

Saya baru saja melamar, sayang di tolak :(

Unknown said...

blog saya belum di terima kak
kaciannnn :(

AbdurahmanBW said...

ngomong-ngomong, di blog mba' sekarang kok nggak ada iklan Adsense nya?

Unknown said...

waduh mba' kmren daftar, trus disuruh menunggu antrian persetujuan dan akhirnya didisapprove :(, blom ngrasain di google adsense so gk bisa nerapin trik dari mba'

Unknown said...

saya nyimak saja mba.. Karna mba juga tau bagai mana dengan ngblognya saya pake ap.. Wkwkwk..

Klo google adsene support bahasa indo saya juga tau mba, dlu sempet mau posting tpi saya ga ada yang untuk praktek nya.. Hehe

Unknown said...

Sampai saat ini belum prnh di approve adsense :(

Claresta said...

Mudah banget ya sist,,, cukup hanya merekatkan kode script di gadget HTML, maka iklan langsung tampil :)
nice share!

Unknown said...

Ijin Nyimak ya mbak walaupun blog saya belum terdaftar di Google adsense. heheheheh

Mas Marnes said...

Jalan-jalan di akhir pekan mampir dulu dimari, Alhamdulillah dapat tambahan ilmu baru lagi nie, makasi mba' tutorialnya lengkap banget cuma sayangnya saya blom punya akun google adsense nie...kayaknya harus baca2 postingan mba' yg sebelumnya nie tentang cara mendaftar google adsense

Unknown said...

blog cara-ririn memang jos gandos (menurut soimah) slalu up to date... thanks sist ats informasinya..

Mas Andes said...

bisa saya coba nanti mbak kalo iklannya bisa nongol di blog saya hehe.. terimakasih mbak pencerahannya :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

blog kami
majuroyal.blog......
di tolak
google ads
sedih....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Meutrap, tetap semangat ya. Kan masih ada banyak situs PPC yang bisa dijadikan solusi alternatif selain AdSense. Jadi kita masih tetap bisa pasang iklan di blog. Kan untuk memperoleh penghasilan lewat blog, ada banyak cara. Tidak hanya iklan dari AdSense saja. Kita perlu berfikir yang luas dan tidak melulu menggantungkan diri pada AdSense :)

Mas Intan, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya mas. Good luck untuk mas intan :)

Mas Sabda, wah saya juga kurang tahu betul mas agar pendaftaran kita bisa diterima AdSense. Soalnya terlalu kompleks dan rumit syarat-syarat nya. Silahkan berusaha terlebih dahulu. Nanti lama kelamaan pasti bisa di approve oleh Google AdSense :)

Kang Ucup, mudah-mudahan kang ucup bisa segera menjadi Publisher Google AdSense amin :)

Mas Ainul, hehehe nanti kalau usia kamu sudah 18 tahu bisa mendaftar AdSense mas hehe :) Kalau blog yang sekarang konten nya tidak memenuhi kualifikasi, kan bisa membuat blog lagi yang bagus dan memenuhi kualifikasi. Biar bisa diterima oleh AdSense :)

Mas Daniel, hehehe mungkin mas. Ini hanya tutorial ringan saja :)

Mas Senyum, tetap semangat ya. Mungkin lain kali bisa diterima. Yang penting tetap berusaha dan tetap semangat untuk meraihnya :)

Mas Zacky, wah sangat disayangkan sekali ya mas kalau belum di approve. Padahal blog anda konten nya bagus-bagus lho. Mungkin perlu daftar lagi mas supaya bisa di approve oleh AdSense :)

Mas Wahid, kebetulan iklan AdSense di blog saya sedang diberhentikan sementara oleh pihak AdSense mas karena saya belum verifikasi Personal Identification Number (PIN) di akun AdSense saya. Hal itu disebabkan surat dari pihak Google belum sampai di rumah saya. Mudah-mudahan saja surat tersebut bisa sampai dirumah saya secepatnya ya. Amin :)

Mas Awhnymous, sabar aja ya mas. Mungkin perlu daftar ulang mas untuk mengajukan permohonan di Google AdSense. Jangan langsung putus asa begitu. Karena kalau putus asa ya berarti anda menyerah. Perlu diperbaiki lagi letak kesalahannya dimana. Dan setelah itu, baru anda bisa mengajukan permohonan akun lagi di AdSense :)

Mas Warim, memang agak sulit ya mas kalau mau daftar adsense melalui hand phone. Yang penting dicoba dulu mas. Siapa tahu bisa di approve sama adsense :)

Mas Lili, tetap semangat kawan. Jangan patah semangat. Perlu dicoba lagi :)

Mbak Indri, iya lumayan mudah mbak kalau untuk pasang iklan adsense di blog. Tapi yang sulit adalah proses aproval nya hmmm :)

Mas Faisal, silahkan mas. Dengan senang hati :)

Mas Marnes, silahkan mas. Butuh adanya persiapan sebelum melakukan pendaftaran di Google AdSense. Silahkan daftar kalau sudah benar-benar siap dari segi blog nya dan juga anda. Jadi kalau ditolak, tidak langsung galau, melainkan perlu mencari cara lain yang tepat :)

Mas Adjie, hehehe bisa aja nich mas adjie. Terimakasih banyak ya atas apresiasinya :)

Mas Andes, semoga berhasil ya mas :)

Mas Maju Royal, tetap semangat ya mas. Cemungudh cemungudh ^^

Masnady said...

walah kali ini saya nyimak saja mbak.. soalnya saya nggak punya GA.. dari awal ngeblog sampai sekarang nggak di terima2 sama goole.. apa lupa ya google dengan permintaan saya heheheheh

Sigli Cyber said...

saya masih blum diterima :'(
hiks hiks

Unknown said...

ane sudah pasang mbak :)

Unknown said...

bener aku juga nyimak dulu trs di save ntar kalo ada kesempatan di praktekin

blogger said...

lihat komentar ternyata banyak yang senasib dengan saya wkakakaka..

lamaran ditolak oleh empu google :D

mbak buatin GA dulu nanti saya praktekin hahahahaha...

Unknown said...

cuma bisa nyimak dan berharap mbak, tapi setidaknya sudah punya gambaran tata cara pembuatan dan pemasagannya jika suatu saat GA saya di trima

Anonymous said...

Untuk meletakkannya sudah bisa mbak sekarang nunggu kliknya supaya earningnya naik terus hehe :)

Anonymous said...

mantab deh bagi yang punya akun adsense. ^^

Unknown said...

Waduh telat nih pasti udah abis berkatnya ya mbak...saya udah ditolak adsense sejak dulu awal tahun 2012 jd udah males ga pake adsense2an hehehehe

Staff Administrator said...

Sangat gamblang dan terperinci banget mbak Rin penjelasannya..plus di iringin sama screenshot yg ngelengkapin tutorialnya jd terlihat lebih mudah buat di simak..

Pastinya sangat membantu..utk yg sedang memerlukannya.. :)
Sukses trus ya..mbak

Mizz Aiza said...

saya pernah mohon, tapi ditolak.. terima kasih sharing nya..

Unknown said...

Saya belum pernah daftar google adsense mbk :)

Anonymous said...

Belum bisa praktikin mbak Ririn soalnya belum daftar GA, makasih infonya nanti kalau saya sudah daftar dan disetujui saya tinggal datang lagi kemari hehe...

Aditya Nugroho said...

Aslinya pingin juga daftar GA mbak, tapi niatnya mau fokusin dulu ke konten, SEO dan posisi di SERP secara bertahap, baru habis itu secara perlahan nyoba GA barangkali bisa nambah pemasukan $$.

Nurul Imam said...

Lho kok saya liat blog ini gak ada adsensenya :D

Unknown said...

Kalau saya tidak tertarik dengan GA :), Mungkin kalau blog sudah terkenal baru deh tertarik dengan GA :)

Unknown said...

Terima Kasih informasinya!

Kurang lebih inilah yang saya terapkan pada blog saya! semoga adsense yang sudah saya terima bisa langgeng sebagai penghasilan.

Unknown said...

Tentu rasanya bahagia bagi yang telah diterima di 'lingkaran elit pemasang iklan Google AdSense'. Panduan yang praktis dan mudah dipahami. Terima kasih tutorialnya. I love Goolge. Salam cemerlang. Sukses selalu bersama Google AdSense.

MitraBibit.com said...
This comment has been removed by the author.
MitraBibit.com said...

Saya dulu pernah punya akun GA, tetapi sekarang sdh di banned dan gag tau alasannya apa.
sepertinya daftar lagi agak susah... Apa bisa pakai bahasa indonesia ya...

Unknown said...

@Mbakk Wahyu : hehe aminnn do'ain aja yah Mbakk biar saya Bisa Punya Akun Adsense :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, mungkin pihak AdSense sudah lupa mas dengan permohonan akun anda. Jadi anda perlu mengajukan permohonan lagi supaya bisa di approve :)

Mas Sigli, perlu usaha dan mencobanya lagi mas. Keep spirit anda smile :)

Mas Arriyadh, bagus kalau begitu mas :)

Mas Oness, buat blog baru lagi ya hmmm :)

Jenk Indah, silahkan mbak indah. Semoga punya kesempatan ya :)

Mas Hekos, wkwkwk saya nggak bisa buatin mas :D Kalau pun bisa, saya nggak mau. Ntar tetangga, adik, kakak, saudara nya mas hekos malah minta dibuatin semua wkwkwk :D

Mas Arie, mudah-mudahan bisa secepatnya diterima oleh AdSense ya mas. Dan menjadi publisher nya :)

Mas Abed, iya mas memang sangat mudah untuk pasang iklan adsense di blog. Yang tersulit adalah bagaimana caranya mendapat aproval dan bagaimana cara meningkatkan pendapatan dari AdSense hehehe :D

Mas Fadly, mudah-mudahan master fadly juga ikut menjadi publisher adsense ya biar tambah mantep :)

Mas Virlyz, wah ternyata sudah lama banget ya anda ngeblog nya. Sudah hampir 2 tahun. Ikut adsense atau nggak itu nggak masalah. Yang penting tetap bisa ngeblog ya mas dan bisa sharing sama teman :)

Mas Budi, hehehe bisa aja nich mas bud. Artikel ini hanyalah tutorial sederhana saja kok. Tanpa ada tutorial ini saya yakin teman-teman publisher adsense pasti sudah bisa hehehe :D

Mizz Aiza, keep spirit mizz. Mudah-mudahan nanti atau besok bisa di approve sama adsense amin :)

Mas Rahmat, iya saya juga sudah tahu mas hehehe soalnya usia anda belum cukup, alias belum mencapai 18 tahun hehehehe :D

Mas Anthonie, mudah-mudahan nanti atau besok mas anthonie bisa segera mempraktekkan trik ini ya :)

Mas Aditya, ide yang bagus mas. Memang benar, kita perlu memfokuskan diri pada pengelolaan blog terlebih dahulu. Setelah blog sudah memadai baik dari segi trafik, SEO, dan lainnya baru kemudian bisa kita monetasi. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang lewat blog, tidak hanya AdSense saja. Ada banyak situs PPC dan juga kita bisa menyewakan lapak iklan untuk para advertiser :)

Mas Nurul, hehehe iklan belum muncul lagi mas :D

Mas Cara, wah bagus itu mas. Berarti kita harus rajin dalam mengelola blog agar bisa ramai pengunjung, banyak komentar, dan bisa terkenal. Baru kemudian kita memikirkan cara monetasinya. Ide yang sangat top itu :)

Mas Muting, mudah-mudahan akun adsensenya bisa langgeng ya mas dan bisa payout berkali-kali. Sukses untuk mas muting :)

Pak Herdoni, rasanya bahagia dan campur sedih pak karena terharu. Terimakasih banyak pak her atas sharing nya ya :)

Mas Bibit, kalau sudah pernah di banned memang agak susah mas untuk mengajukan permohonan lagi. Kalau pakai Bahasa Indonesia dalam blog kita, itu bisa untuk di daftarkan ke Google AdSense mas. Silahkan dicoba mas :)

Mas Ainul, iya pasti saya doakan buat mas ainul agar bisa segera menjadi Publisher Google AdSense :)

blogger said...

tidak bisa atau tidak mau tersaingi wkakakaka :D

walah bisa aja ni master,, sekarang jadi ikut-ikutan menggila :D

Khairul Jalil said...

Artikel yang bagus,...
Alhamdulillah saya sudah di Approve di GA,... Tapi penghasilannya gak nambah" (Memang susah kalo jujur :D )...
kalo sempat mmpir ke blog saya ya...
Http://thatiscallphysics.blogspot.com dan berikan tanggapan ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, saya ikut-ikutan mas hekos nich jadi ikut-ikut gila hehehe :D
Tanggung jawab lho mas wkkwkwkw :D

Mas Khairul, yang penting sabar aja mas. Nanti lama-kelamaan pasti earnings nya juga akan bertambah :)

Anonymous said...

saya punya akun hosted dan sayangnya akun hosted nggak bisa di pasang ke mesin lain selalin punyanya si mbah gugel mb'
#Rizkyzone.com

Unknown said...

Amin mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, sepertinya anda dulu daftar adsense melalui youtube ya mas? memang benar, apabila kita daftar dari youtube, kita tidak bisa pasang iklan adsense di luar produk Google. Kita hanya bisa pasang iklan di Blogspot dan Youtube sendiri :)

Mas Arie, keep spirit brother :)

Unknown said...

wah yang ini belum nyoba.tpi nanti akan sy coba

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dicoba mas van. Good luck ea :)

Sito said...

saya baru di terima GA, tapi masih bingung cara kerjanya, saya sudah lakukan seperti petunjuk, tapi iklan belum muncul..Knpa ya kira-kira...trimakasih infonya..

Post a Comment