Cara Hapus Url Posting Blog dari SERP Google

Bagaimana Cara Hapus Url Posting Blog dari SERP Google? Itulah pertanyaan yang menghantui hati dan pikiran saya selama ini. Saya sendiri tadinya juga tidak tahu cara hapusnya. Namun, setelah saya searching saya menemukan trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah itu. Pertanyaannya, kenapa url posting perlu di hapus dari Search Engine Result Page (SERP) Google? Jawabannya banyak.

Antara lain (i) posting tersebut sudah kita hapus dari blog kita, tapi masih ada di SERP Google, sehingga akan mengecewakan pemirsa blog, (ii) blog kita sudah kita hapus, (iii) atau mungkin blog kita di hack oleh orang lain, sehingga semua posting di blog hilang, yang pada gilirannya menyebabkan crawl (iv) dan lain-lain.

Apabila broken link tersebut masih berada di SERP Google, maka akan membahayakan blog/web kita. Lebih-lebih bagi publisher Google AdSense, tentu harus cekatan dalam menanggapi masalah tersebut. Karena apabila di biarkan, dikhawatirkan Akun AdSense bisa di banned.

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools. Nah, dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara menghapus permalink url postingan blog dari SERP google. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Hapus Url Posting Blog dari SERP Google

1. Pastikan blog/web anda sudah terdaftar di Google Webmaster Tools

2. Silahkan kunjungi laman Google Webmaster Tools di url ini www.google.com/webmasters

3. Silahkan klik tombol Masuklah ke layanan Alat Webmaster
Cara Hapus Url Posting Blog di Google Webmaster Tools
4. Setelah anda masuk, silahkan klik url blog/web anda
Cara menghapus artikel di blog yang benar
5. Silahkan pilih menu Google Indeks dan kemudian pilih sub menu Hapus URL
Cara Hapus Halaman Posting Blog yang sudah terindeks SERP Google
6. Silahkan masukkan url posting blog anda yang ingin dihapus dari hasil penelusuran Google pada kotak yang tersedia. Setelah itu, silahkan klik tombol Terus
Panduan Cara Hapus Halaman Posting Blog di Google Webmaster Tools
Dengan melakukan trik ini maka halaman posting blog anda sudah tidak berada di SERP Google lagi. Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini giliran anda yang mempraktekkannya.

Jangan lewatkan artikel saya yang lainnya tentang Cara Memilih Judul dan Url Blog yang Baik dan Benar. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Hapus Url Posting Blog dari SERP Google. Semoga dapat bermanfaat. Thanks for your attentions and keep happy blogging.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

62 komentar:

Supriyadi Pro said...

Sip. Trims sharenya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

sama-sama :)

Anonymous said...

Yg lebih praktis ada ga ???

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kurang tahu mas yang lebih praktis. Saya tahunya hanya trik itu. Mohon maaf ya :)

Anonymous said...

Kirain ada yg lebih praktis, ok makasih share nya....tak kasih 1 G+ deh... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama ya mas. Ma kasih sudah singgah di blog saya :)

Anonymous said...

mantab deh, joss gandoss. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Apanya yang gandos Master? wkwkwk :D

Unknown said...

Bahaya, kalau URL gak di hapus bisa jadi Broken link. Biasanya terjadi pada Postingan yang meperbaruhi tanggal Updatenya,

Tu kan, Alexa Rank saya sudah di Sapu sama punya Mbak Eka.. Cepet banget naik nya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Wah berarti cukup berbahaya juga ya sama posting yang di repost lagi hmmm. Untung saja posting tersebut hnaya satu saja di blog ini hehe Mudah-mudahan nggak broken link hehe :D

Hehehehe hanya selisih sedikit saja kok mas ranking nya :D Pasti Mas Daniel juga pasang Alexa Toolbar ya? soalnya di Toolbar dan di widget Alexa di blog itu tidak sama angkanya hehe :D

Intan Sudibjo said...

saya juga sering hapus alias bersih bersih mba :D kemarin saya udah hapus 13 post :D berapa puluh ntar 404 nya ditambah plus komentar yang hilang juga hahaha.. PR semakin banyak :D

Unknown said...

saya juga sering mba hapusin postingan yg sudah lama.. Tpi saya ga pernah melakukan tutor di atas.. Mungkin saat ini saya harus ikutin cara di atas.. Thankz mba infonya..

Claresta said...

Bermanfaat sekali infonya mbak... karena kalau gak dihapus lewat webmaster tools maka url akan tersimpan di indeks mesin pencari sehingga pengguna akan menemukan halaman kosong...
nice sharing!

MitraBibit.com said...

Saya sendiri sih blm prnah melakukan hal ini..
ternyata ada juga ya cara mengahpusnya, padahal kebanyakan yg orang cari adalah memasukan url ke google biar cpt terindek. masalah spt ni sih biasanya malah terabaikan.
ternyata penting juga manfaatnya...

سلس ار جينت said...

tanks bwt infonya bu ririn. Sngat membantu, neh.

Meutrap said...

artikel yang sangat bermanfaat walaupun udah pernah nyoba, jadi pengingat bagi yang sudah lupa;

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Intan, iya mas kita harus rajin bersih-bersih rumah agar bisa tetep nyaman dan aman untuk dikunjungi. Meski hal ini bersifat sepele tapi kalau dibiarkan juga sangat fatal akibatnya hehe :)

Mas Warim, iya silahkan mas dicoba. Siapa tahu saja di blog anda ada broken link. Kan kasihan juga calon pengunjung yang ingin berkunjung di blog anda :)

Mbak Indri, sepakat sama Mbak Indri. Hehe :)

Mas Mitra, kalau ngirim url posting ke Google Webmaster Tools agar postingan kita bisa terindeks di search engine Google, tapi kalau trik diatas adalah kebalikannya mas yakni untuk menghapus url posting yang sudah terindeks Google hehehe :)

Mas Argian, sama-sama mas. Terimakasih sudah mampir kemari :)

Mas Meutrap, wah ternyata mas meutrap sudah sangat berpengalaman ya hmm :)

Anonymous said...

Ternyata mudah ya mbak karena tutorial mbak dengan menyertakan gambar jadi lebih mudah ditangkap cara dari tutorialnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas lumayan mudah hehe :) Tapi mungkin bagi yang belum tahu pasti bakalan sulit mas :)

Staff Administrator said...

Udah lama ndak bersih bersih rumah nih...jd kuatir juga byk sarang laba labanya....hehe

Apa lewat cara yg pernah mbak Rin coba di atas...post kita bisa langsung hari itu jg ke hapus..
Soale sy pernah coba ..utk bisa hilang prosesnya bisa beberapa hari..buat nunggu bener hilang..
Apa ada yg salah ya..saat sy nyobanya :)
Ok..deh nanti ta tester lagi lewat cara di atas mbak :)
Thx njeh :)

Mas Marnes said...

Wah ternyata ada cara menghapusnya toh, kebetulan banget kalo kayak gini mah langsung saya mo praktekin nie coz beberapa postingan di blog saya pernah dihapus cuma ampe hari ini saya ga pernah bersih2 blog karna ketidaktahuan saya, kirain kalo dah dihapus selesai perkara ternyata malah berdampak buruk ya buat blog. Makasi banyak banyak mbak udah share infonya :)

Unknown said...

Wah baru dengar ini ada orang yang mau hapus postingan dr SERp :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, terus terang saya belum pernah mencobanya mas. Jadi saya belum bisa berbicara banyak soal berapa lama url posting tersebut bisa benar-benar di hapus dari Google search. Silahkan saja dicoba mas. Siapa tahu bisa dapet parsel hehe :D

Mas Marnes, iya betul mas. Tadinya saya juga berfikiran seperti itu. Posting blog dihapus, beres. Tapi ternyata hal itu tidak baik untuk blog kita, sehingga perlu di hapus url postingan tersebut di Google Webmaster Tools. Silahkan dicoba mas dari pada penasaran, malah nanti nggak bisa tidur hehe :D

Mas Rahmat, soalnya broken link Mas Rahmat. Jadi url posting tersebut perlu dan wajib dihapus dari search Google agar tidak terjadi crawl di blog kita. Kalau tidak dihapus maka cukup berbahaya hehe :D

Unknown said...

sangat bermanfaat ni sob, apalagi buat para publiser GA, Broken link memang selayaknya kita singkirkan dari webmaster blog kita, tapi bagi blogger pemula seperti saya tentu hal ini akan sangat membingunkan cara menghapus Broken link tersebut dari webmaster, namun dengan adanya penjelasan di atas saya jadi tidak bingung lagi cara menghapus Broken link dari webmaster , makasih banyak sob atas info nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sepakat sama Mas Arie aja dech. Broken link memang harus dihapus dari Search Engine Result Page (SERP) Google agar tidak mengecewakan calon pengunjung blog. Kalau hanya hapus posting blog saja, itu belum cukup, jadi harus di hapus juga di Google Webmaster Tools juga. Thanks Mas Arie :)

Mizz Aiza said...

saya juga baru tahu.. terima kasih sharing nya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mizz Aiza :)

blogger said...

waduh,, cara lihatnya gimana ya mbak.. bnyak punyaku kayaknya,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Cara lihat broken link atau cara lihat yang lain mas? hehe :D

Blogging said...

Oooo gitu ya... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

yupz :)

blogger said...

cara lihat url yg mati di serp mbak

Anonymous said...

baru sekitar dua minggu yang lalu saya udah beres brokenlink mbak, sekitar 24 brokenlink yang timbul dari komentar langsung saya sikat abis hehehe.. mungkin sekarang udah numpuk lagi kayaknya, soalnya belom tak cek lagi. terimakasih tipsnya mbak munkin nanti saya beres2 lagi hehe :)

Anonymous said...

Wah ini Ilmu baru lagi buat saya nih Mbak
Izin Belajar, dan praktek buat bersih-bersih
Postingan yang saya Hapus, terima kasih atas
Elmuna nya Mbak Rin..?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, wah saya kurang tahu mas. Mungkin anda bisa cek di Google Webmaster Tools pada kesalahan situs atau crawl. Saya sendiri kebetulan belum mencoba trik diatas, jadi belum bisa berbicara banyak hehe :D

Mas Andes, wah lumayan banyak ya mas. Ya mungkin harus sering-sering beres-beres rumah ya mas. Biar rumah nya makin bersih dan kinclong hehe :D

Mas Karis, iya silahkan mas karis. Kita sama-sama belajar disini :)

blogger said...

nunggu master cek duluan ah :D saya nunggu tutor lanjutanya

Mas Marnes said...

Saya masih kurang paham nie mbak dari tadi masih ngubek2 blog nie, cara liat broken linknya gimana ya? Saya masih bingung nie...

Mas Marnes said...

Sekarang saya masih ngubek2 di page webmaster tool, apa broken link yg dimaksud itu yg terdapat di bagian crawl ya? Coz pas saya klik crawl errors keterangannya spt nie : Server error ---> 1 errors, Not found ---> 53 errors, Nah yg 53 errors itu adalah potingan yg dulu2 pernah saya hapus, apa link url nie yg nanti kita masukan di kolom Remove URLs, bener ga tuh mbak? Mohon pencerahannya mbak saya kurang idep yg beginian nie hehehe...

Reusam Endatu said...

Terimakasih sudah berbagi mbak
idzin di coba mbak

Kang Ucup said...

kalau sering buka webmaster kesehatan blog bisa jadi terkontrol ya mbak. salah satunya dapat mengajukan permintaan penghapusan url yang menuju pada halaman 404.

kunjungan pagi mbak :D

Anonymous said...

sampai saat ini sih belum ada postingan yang dihapus, jadi belum bisa mempraktekkan cara ini, tapi bagus juga buat pengalaman kalau sewaktu-waktu terjadi saya pasti praktekin cara yang mbak Wahyu kasih deh, makasih mbak :)

Meutrap said...

iya mbak ririn,

Nurul Imam said...

Blog saya banyak banget link error soalnya baru pindah dari Nesta (Ruby) ke WordPress (PHP) dan struktur urlnya ga bisa fix
mau di benerin di webmaster males banget soalnya ratusan yang error jadi ya biarin aja lah :(

Anonymous said...

Wah, ilmunya mbak Ririn nggak habis-habis ya. Ada aja yang bisa di-share di sini. Keren!

Hmm... blog saya ada broken link-nya nggak, ya.... Belum pernah saya cek sih :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, wkwkwk saya nge-cek nya kapan-kapan mas kalau ada broken link di blog saya. Kalau nggak ada ya nggak bisa cek hehehe :D

Mas Marnes, iya itu bener mas url postingan yang eror itu adalah postingan yang dulu pernah dihapus anda di blog. Tapi masih tersimpan di SERP Google. Jadi anda perlu menghapus url tersebut di Google Webmaster Tools :)

Mas Reusam, silahkan dicoba :)

Kang Ucup, iya betul itu kang. Jadi kita bisa tahu kesehatan situs kita di Google Search. Kalau ada yang kurang beres, bisa langsung diperbaiki di Webmaster :)

Mas Anthonie, ya buat jaga-jaga aja ya mas kalau suatu saat nanti menjumpai halaman posting blog yang eror, jadi bisa langsung di perbaiki di Webmaster :)

Mas Nurul, males juga ya mas kalau sudah terlalu banyak yang eror hehe :)

Mas Blog, silahkan dicek mas. Siapa tahu ada halaman posting yang eror :)

Konveksialzed said...

makasih mba ririn atas tutotnya caa hapus url blog..

smoga ilmunya bermafaat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Pak Konveksi :)

Unknown said...

Iya betul mbak Ririn kita harus selalu siap dan waspada jika sesuatu terjadi dengan blog kita, sedia payung sebelum hujan kan mbak? hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe kalau nggak bawa payung, ntar kehujanan soalnya hehe :D

blogger said...

terdapat 8 404 :( pinjem sapu..!!!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

di pel aja mas biar tambah bersih dan kinclong hehe :)

Anonymous said...

makasih banyak infonya gan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas :)

EMSI SHOP said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks for your comment in this post :)

Draf Blogger said...

Terima kasih atas sharingnya, oia ada yg mau saya tanyakan lagi, kalau udah masukin link nya itu harus nunggu berapa hari lagi agar benar2 link yg sudah disubmit itu, gak ke index?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kemungkinan sekitar 1 atau 2 hari baru bisa hilang postingan blog dari Search Engine Result Page (SERP) Google :)

Unknown said...

Link atikel saya ada 11 yang down, dengan cara artikelnya
Mbak Rin ini, sudah saya hapus jadi bersih link artikel saya
Gak ada Matinya, alias on semua. terima kasih Mbak Rin

Unknown said...

sudah dibersihkan dengan cara diatas tapi tetep muncul
gimana solusinya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saud, iya mas sama-sama ya :)

Dani, iya harus sabar mas. Silahkan tunggu 1 minggu dulu. Nanti pasti akan hilang postingan blog anda dari SERP Google :)

Unknown said...

ad gk cara buat hpus URL.a sekaligus ? soal.a blog sy yg lama itu ad 52 posting y w hpus tpi blum w hpus di webmaster.

mampir di : http://man-blacklist.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah kalau hapus url posting sekaligus sepertinya nggak bisa mas. Harus hapus satu per satu getu :)

Post a Comment