Mengapa Tindakan Copy Paste Merugikan Blog dan Bagaimana Solusinya

Mengapa Tindakan Copy Paste Merugikan Blog dan Bagaimana Solusinya Tindakan copy paste artikel blog orang lain merupakan pelanggaran berat yang ada di dunia maya. Pasalnya, hal tersebut melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan menimbulkan berbagai kerugian yang tidak sedikit bagi blog yang dicuri artikelnya. Ada beragam modus yang dilakukan oleh para plagiator, antara lain (i) suka terhadap artikel kita, dan saking sukanya, mereka mempublikasikannya di blog mereka, (ii) benar-benar ada niat ingin mencuri artikel kita, (iii) ingin merusak trafik blog kita, dan masih banyak lagi motif dari para copaser.

Perlu kita ketahui bersama bahwa sharing tulisan itu berbeda dengan sharing informasi. Sering kali hal itu disalah artikan oleh kita semua. Sehingga terjadilah tindakan tidak terpuji tersebut. Terlepas dari itu semua, kita harus bisa menghargai karya tulis orang lain, karena sebuah karya tulis itu mahal harganya. Kita menulis itu sudah mengorbankan tenaga, waktu, fikiran, dan bahkan finansial.
Mengapa Tindakan Copy Paste Merugikan Blog dan Bagaimana Solusinya
Penurunan Trafik Blog
Oleh karena itu, mari kita hargai karya tulis orang lain dengan cara tidak melakukan tindakan plagiasi, karena hal itu sangat merugikan pihak sumbernya. Kalau anda suka dengan artikel orang lain, silahkan tulis ulang artikel tersebut dengan menggunakan narasi atau gaya bahasa anda sendiri. Dengan begitu anda akan terhindar dari perbuatan tercela tersebut.

Mengapa Tindakan Copy Paste Merugikan Blog dan Bagaimana Solusinya

1. Dampak buruk
Berdasarkan pengalaman saya, tindakan copy paste blog orang lain itu sangat merugikan pihak sumbernya. Pasalnya, trafik blog sumber aslinya akan menurun secara drastis. Karena kebanyakan para copaser cenderung meng-copy paste artikel yang palaing populer di blog kita. Sehingga dalam hitungan hari, trafik yang tinggi tersebut akan menurun secara signifikan.

Bagaimana agar kita bisa tahu kalau artikel kita di copy paste? caranya cukup mudah, silahkan baca artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain. Dari situ anda bisa tahu berapa jumlah blog/web yang sudah menjiplak artikel anda. Biasanya mereka menjiplak 100% sama persis dengan artikel sumber aslinya. Yang diganti hanyalah judul nya saja.

2. Tindakan Preventif
Apakah anda tidak suka apabila artikel anda di copy paste? Kalau iya, berarti sama dengan saya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar artikel kita tidak bisa di copy paste. Yakni dengan cara membatasi gerak para copaser. Dalam artian kita bisa menon-aktifkan sistem block dan klik kanan di blog kita. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste. Trik ini bisa dilakukan jika para copaser menjiplak artikel kita secara manual.

Jika para copaser menggunakan cara Auto Post Copy Paste, dalam artian mereka menggunakan teknik otomatis untuk meng-copy paste artikel kita, kita bisa mencegahnya dengan cara membatasi feed agar artikel kita tidak di jiplak 100%, melainkan hanya dijiplak 1 paragraf saja. Silahkan baca postingan saya terdahulu yang berjudul Cara Mencegah Auto Blog Copy Paste.

3. Tindakan Kuratif
Untuk menanggulangi masalah copy paste, apalagi jika para copaser sudah membeludak, kita bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini yang menangani adalah Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Cara ini sangat efektif dan tidak banyak menyita waktu kita. Mereka (para copaser) akan diberi sanksi yang tegas oleh Google karena sudah melakukan pelanggaran, yakni blog nya bisa dihapus, atau artikelnya bisa dihapus, atau sanksi yang lain. Bagaimana cara melaporkannya? caranya cukup mudah, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Mengapa Tindakan Copy Paste Sangat Merugikan Blog dan Bagaimana Solusinya. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

75 komentar:

Mas Marnes said...

Kalau menurut saya sih mungkin ada juga sebagian copaser yang ingin membuat sebuah postingan diblognya tapi dia tidak tahu harus membuat postingan yag seperti apa? sehingga akhirnya si copaser tersebut membuat artikel diblognya dengan cara mengcopy-paste artikel orang lain dan mempublikasikannya kembali di blognya. Cuma kadang yang lebih parahnya itu si copaser sama sekali gak mengerti aturan mainnnya dengan tidak menyertakan sumber link aslinya, dan setau saya dari beberapa teman yang saya tanyakan kalau pun kita harus mengcopy-paste artikel orang lain itu juga harus diubah jangan sama persis dengan artikel yang aslinya lalu menyertakan sumber link aslinya sebagai bentuk untuk menghargai karyanya. Akan tetapi jauh lebih bagus lagi kalau artikel blog itu Orisinil hasil karya sendiri :)

Asep Haryono said...

Tindakan copy paste dari suatu karya orang lain dengan tanpa mencantumkan asal usul URL atau alamat aselinya adalah perbuatan tidak baik. Berpotensi melanggar hukum dan mungkin saja akan terkena Undang Undang Telekomunikasi dan Informasi (ITE).

Anonymous said...

jika artikel blog di copas memang berdampak buruk bagi blog kita, tapi kalo kita melakukan tindakan yg disebutkan diatas dampak buruk nya akan pindah ke blog copasser. ^^

Unknown said...

tergantung copasernya rin ... kalau dia pandai dalam seo onpage... si pihak yang dicopas bisa2 kehilangan visitor karena kalah saingan di serp :P, kalau dia hanya sekedar copy trus paste tanpa editing terlebih dahulu...biarkan saja .. toh nanti terkena penalty google sendiri ..:P

Unknown said...

klo ngomongin soal copaser memang tidak ada habis nya mba.. Hehe

Unknown said...

awal-awal ngeblog saya seringkali copas...tidak tahu kalau itu tidak profesional...dan teman2 blogger banyak yang mengkritik...akhirnya saya taubatan nashuha dari copas artikel lain...kecuali kalau memang kepepet atau artikel tersebut sangat bermanfaat sekali untuk disebarluaskan...trimakasih mbak :D

Mizz Aiza said...

sangat sukar untuk membasmi copy and paste.. walaupun penulisan blog saya perihal personal, masih ada orang yang mahu copy and paste beberapa entry saya..

Anonymous said...

Masalah yang sering terjadi artikel kita sering dicopas saya sendiri kena dampaknya artikel yang saya tulis sendiri sudah banyak dicopas dan kena AGC semangat menulis jadi turun.

Masnady said...

Saya pernah copas mbak.. tapi hanya inti dari artikel tersebut, itupun tulisannya saya rubah. Dan saya cantumkan juga url aslinya.. biar yang pengentau lebih dalam bisa menuju link sumbernya...

Masnady said...

Tes thread comennt.. wih langsung di perbaiki nih thread comennya.. mantap deh...

@mas killer : saya setuju mas.. biasanya blogger newbie yang sering melakukannya, karena mereka belum tau aturan maiinnya..

Masnady said...

Wihh dua jempol buat kang asep deh... tapi kalau copy di warung aman kan kang...? Hiehiehiehie

Unknown said...

Copy paste itu tindakan pencurian, dan ini patut untuk di tindak lanjut baik secara preventif maupun secara kuratif kalau saya memilih cara yang terakhir tadi saja, mempersingkat waktu. :)

Unknown said...

memang sulit sekali dalam menanggulangi orang yang suka copas, pernah saya bertengkar gara2 artikel saya di copas sama orang lain dan ironisnya dia tidak mengaku

Anonymous said...

Di blog saya sudah saya terapkan anti copy paste, tetapi saya berpikir kembali bahwa "script anti copas" malah akan merugikan pengunjung yang bukan bertujuan mencuri artikel kita.

Dan jika saya mengetahui ada yang mencuri artikel di blog saya, maka secara tegaspun akan saya laporkan ke DMCA atau Google DMCA agar artikel mereka atau blog mereka kehapus.

Afrid Fransisco said...

kalau buat saya sih bu ngga masalah..
saya malah senang banget

soalnya yg ngecopypaste punya ku kebanyakan baik hati ngasih hadiah Love Link. he he..


Anonymous said...

Jujur saya mending buat artikel original dari pada harus copas. Copy paste artikel orang lain banyak sekali dampak buruknya

1, Di benci oleh blogger lain karena tukang mencuri konten
2. Pengunjung akan lari karena isinya kebanyakan copy paste
3. Gampang di banned / tinggal laporkan DMCA
4. Dan masih banyak lagi.

Terima kasih ya mbak sudah memberikan pelajaran tentang copy paste :) , Kalau saya izin COPY HATI MBAK dan saya akan PASTE-IN DI HATI AKU :D

Intan Sudibjo said...

keren mba, sekarang pake watermark yah hehe :)
saya juga heran nih sama pelaku copaser, bingung dan menyebalkan!

Claresta said...

Tindakan copy paste tanpa mengikuti aturan sangat menyebalkan ya mbak,,, kita nulis satu artikel memerlukan waktu berhari2 serta pikiran ekstra, ternyata kemudian dicopas seenaknya tanpa nyantumin link aktif sumbernya serta tdk diedit lagi dikit2.

Lama2 bisa saya laporkan ke kantor polisi, hohoho ^_^
makasih pencerahannya mbak Eka...

Unknown said...

copaser itu akar-akar dari terselubung.in yang copas banyak banget setiap hari.

Anonymous said...

untuk mengurangi para copasser ikuti terus deh postingan postingannya dari mba Ririn, makasih mba' infonya

Mang Lembu said...

saya seneng banget kalau baca tutorial disini, soalnya gamblang, jelas dan detail seh...liat azh segala ada tindakan prefentif dan kuratif untuk mencegah copaser macem saya...terus...nasibsaya kalau semua pake tutorial diatas gimana dong?

Unknown said...

Seep dah, analisis yang bagus disertai antisipasi.
Sukse selalu untuk blognya mbak ririn

Anonymous said...

Bikin sakit hati saja kalau mau bahas "pencuri konten blog". Saya udah beberapa kali mengalaminya sob. Bukan hanya trafik yang menurun yg saya alami tapi penghasilan pun malah kena imbas juga.. :) Bahkan saya udah buat daftar blog2 yang mencuri konten dari blog saya. Sebagian udah saya laporkan di google dan udah dihapus blognya tapi itu dia masalahnya sob. Satu blog yang dihapus malah tambah banyak yang saya temukan pencuri konten blog saya. Ada satu lagi yang amat sangat merugikan yaitu posisi serp postingan blog saya yang dicopas malah nda tau dmn letaknya justru postingan copas yang muncul di halaman pertama hasil pencarian. Sekiranya semua tulisan yang ada diblog aya ada perlindungan hukumnya, udah lama saya laporkan itu pencuri supaya tau rasa itu orang.

Unknown said...

mbak eka apa kalau saya copas artikelnya tapi kita tidak tau satu sama lain atau juga tidak pernah saling komentar itu bisa tau ya..sebabnya kan ya postingan di google kadang2 banyak yang sama...benar2 ingin tau ini mbak

Rz Bot said...

kalau untuk rewrite itu bagaimana mbak Eka :D

Anonymous said...

Aduh serem ane bacanya,semoga saja blog saya tidak kena AGC,Amin

Senyum syukur said...

Makasih atas tipsnya... sangat bermanfaat..

Dika said...

memang susah untuk menghentikan copaser, ya mereka hanya ingin hasil jadi nya saja dan tidak mau kreatif dalam berpikir dan menulis di blog, mungkin copaser tidak akan hilang dalam dunia blogging...
thanks sharing nya mbak, bagus ^_^

Unknown said...

Ya begitulah manusia mbak...kadang sudah diberi peringatan aja masih aja nekat, yg akhirnya dia sendiri yang rugi karena harus kehilangan blog kesayangannya.

afada said...

turut berduka cita mbk, atas turun nya trafik Blog mbk Ririn :'(

Unknown said...

Banyak blogger yang sering copas karna kurang wawasan dan mereka ingin mendapatkan hasil bagus namun dengan cara yang tidak bagus

Anonymous said...

Menarik info nya Mbak Rin, jadi secara langsung ataupun tidak langsung
Bisa memngingatkan buat blogging yang suka copas, namun bernaung
Di balik ke alimanya,. terima kasih atas artikelnya yah Mbak.?

Anonymous said...

Ada sebuah gunyonan dari temen-temen kalo gak mau kontennya di curi, tulis aja di MS.Word terus save di drive D. Beres an? ahahahah gila dah
Copas mencopas itu ibarat korupsi di dunia nyata, susah untuk menghilangkannya, pemberian link sumberpun saya rasa tidak berpengaruh secara signifikan. Mungkin sebaiknya memang lebih bijak untuk melakukan hal ini. Yang namanya blogger itu menulis bukan copas, kalo copas doang mah anak SD juga bisa hahaha

Bang Ancis said...

Intinya, jika tulisan kita di copas memang menyebalkan.. apalagi tidak disebutkan link sumber.. Saya sih ga begitu peduli mau dicopas apa ga... lha wong artikelku nguawurnya minta ampun, wkwkwk

Kang Ucup said...

memang mengesalkan tindakan copas itu. apalagi yang dicopas merupakan artikel original....bisa ngamuk-ngamuk tuh yang punya artikel.

Anonymous said...

Wah, saya nggak mau copas, ah. Soalnya klo copas sangat merugikan si pemilik sah artikel :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, sepakat sama pendapat mas marness. Lebih baik membuat artikel postingan yang original ya mas. Kalau tidak bisa original ya minimal mendekati original. Misalnya mau copy paste ya kita harus mengubah artikel tersebut dengan menggunakan narasi kita sendiri. Thanks mas marnes :)

Pak Asep, berbahaya sekali ya pak apabila para copaser bisa terkena undang-undang ITE. Jadi sebaiknya para copaser perlu taubat hehe :)

Mas Fadly, wah tumben mas fadly cerdas nich hehehe peace ^^ Seratus untuk mas fadly ^^

Mas Andria, iya juga ya mas, itu semua tergantung para copaser dalam hal pemahaman seo. Tapi sebagian besar (menurut pengamatan saya) para copaser cenderung merupakan blogger baru dan juga blogger lama yang malas menulis dan ingin mendapatkan uang :)

Mas Warim, iya betul itu. Daripada nggak update blog nya, ya mending nulis tentang copas heehehe ;D

Kang Zer, alhamdulillah akhirnya kang zer sudah taubat dari copas meng-copas hehe :)

Mizz Aiza, iya mizz, namanya juga orang. Memang sulit untuk diberitahu. Untuk itu sebaiknya kita mengantisipasinya sebelum artikel di blog kita di copas oleh orang yang tidak bertanggung jawab :)

Mas Abed Saragih, iya mas, bisa menurunkan semangat menulis kalau yang copas pakai Auto Blog. Hmmm :)

Mas Nady, iya memang sudah seharusnya kita bisa mengubah artikel sumbernya mas. Jadi kita tidak dianggap copas. Kalau mencantumkan url sumber juga bagus sehingga kita bisa terhindar dari tindakan tidak terpuji tersebut :)

Mas Baskoro, cara terakhir merupakan upaya yang sangat bagus untuk membasmi para copaser. Dengan cara melaporkan ke DMCA, maka harapannya para copaser bisa sadar akan perbuatannya :)

Mas Berkah, wah ternyata sulit juga ya mas untuk memberitahu orang tersebut. Langkah terakhir ya lapor aja ke DMCA, biar dikasih pelajaran copaser tersebut hhehe :)

Mas Manarul, wah bagus itu mas. kebetulan blog saya juga sudah saya terapkan script tersebut. Melapor ke DMCA memang sangat efektif sekali untuk menanggulangi para copaser, biar segera ditindak lanjuti oleh Google :)

Mas Afrid, wah bagus kalau begitu mas. Sukses ya untuk blog nya :)

Mas Lutfi, yang pasti selain tindakan plagiarisme selain merugikan orang lain, juga akan merugikan diri sendiri ya mas. Karena dampak buruknya banyak banget :)

Unknown said...

saya masih gk ngerti DMCA cara kerjanya gmna, artikel yang saya laporkan masih muncul di google, padahal udah lebih satu bulan, :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Intan, emang watermark itu apaan mas? hehe :)

Mbak Indri, boleh juga mbak kalau lapor ke polisi, biar dikasih pelajaran sama pak polisi ya hehe :)

Mas Faisal, iya mas blog tersebut juga sering copy paste hmmm :)

Mas Hidayat, hehehe ada-ada aja nich mas hidayat ini :D

Pak Cilembu, mungkin para copaser akan galau pak kalau mereka menjumpai blog yang sudah mempraktekkan tutorial diatas hehe :D

Mas Hasby, hehe terimakasih mas. Blog 3 Office juga sukses ya :)

Mas Agung, iya bener banget itu mas. Kalau trafik blog turun, otomatis blog tersebut juga penghasilannya juga ikut turun. Ini berlaku jika blog tersebut di monetasi. Solusinya yaitu dengan cara melaporkan ke DMCA. Terimakasih mas agung sudah berbagi pengalaman yang sangat menarik :)

Jenk Indah, silahkan mbak indah bisa baca artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain Disitu ada langkah-langkahnya. Anda bisa menggunakan kotak telusur untuk menemukan artikel tersebut di blog ini. Thanks ya :)

Mas Mawan, sebaiknya kalau rewrite itu di ubah kalimat dan bahasanya, sehingga tidak sama persis dengan artikel sumbernya :)

Mas SEO, mudah-mudahan begitu mas :)

Mas Senyum, iya sama-sama :)

Mas Dika, iya mungkin begitu ya mas. Kalau ada orang yang baik, pasti ada orang jahat. Begitu juga di dunia blogging hehe :)

Mas Virlyz, iya mas, sebenarnya dia sendiri (pelaku copaser) yang rugi akan tindakannya :)

Mas David Raja, irafik turun itu dulu mas, kalau sekarang masih ajeg 2000 pageview per hari hhehe :)

Mas Rahmat, betul itu mas. Cara yang mereka lakukan tidak dibenarkan, sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain :)

Mas Karis, mudah-mudahan para copaser bisa sadar ya mas :)

Mas Imers, iya betul mas. Blogger harus kreatif dan penuh ide. Dengan cara membiasakan diri menulis sendiri di blog nya, maka mereka akan menjadi lebih pintar dari sebelumnya. Thanks atas tambahannya ya :)

Bang Ancis, hehehe sippp mas :)

Kang Ucup, heheh betul itu kang hehe :D

Mas Ditter, bagus kalau begitu mas :) Lanjutkan!! hhehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, mungkin anda bisa melaporkan ulang mas. Soalnya yang lapor ke DMCA banyak banget dan antrean nya juga panjang banget :) Biasanya 1 bulan atau 3 minggu baru selesai mas :)

rumah abu abu said...

Betul mba, menulis itu sangat membutuhkan tenaga, fikiran, waktu dll. apalagi bagi pemula seperti aku, yg kadang nulis berapa paragraf sudah merasakan cape luar biasa, dan apabila tulisan kita di copas sama orang lain, sama saja pengcopas itu tidak menghargai apa yg kita buat :)

t said...

kalo copy trus dicampur ama kata" sendiri gimana ? ? ?boleh ? ? ?

Mas Andes said...

kalo copasernya di slentik aja gimana mbak boleh ga :D biar kapok, kalo belom di jewer mungkin belom kapok :)

Anonymous said...

pantesan mbak artikel saya ada yang mulai menurun jauh, ternyata karena ada yang copas artikel tersebut, wah bikin kesel juga yah kalau dibiarkan :(

edo gunfar said...

yg suka kopas mereka gak tau menghargai orang lain

Staff Administrator said...

Kita doain aja bersama ya mbak Rin..semoga mereka di beri hidayah buat ndak..ngulangin nya lagi
Amin.. :)

Unknown said...

saya juga penah mengalami mbak makanya saya agak jera nih .. repot ya ngurusin orang yang males nulis padahal dia sekolah juga nulis .. pasti kalau ada tugas selalu nyontek tuh orangnya gak mau bekerja dengan ide sendiri maunya ikut punya orang saja ..
satu lagi nih tambahan nya mbak judul yang sama dan isi yang sama akan dihapus dari index google.. satu2nya cara mengatasi copy paste adalah dengan menulis artikel dengan gambar jadi tulisan kita kita tulis di notepad lalu kita capture dan masukkan ke postingan jadi hanya kode2 saja yang kita tulis di editor blogger .. atau dengan mendisable klik kanan dan scrool mouse jadi gak bisa ngopy .. konten saya pernah 100 % dibajak kesel tuh sama terselubung namun saya bergembira karena blognya dihapus google ..

wongcrewchild said...

ini yg sllu jadi momok blogger ya, tujuan berbagi malah jadi bumerang...
langkah-langkah efektif dari sobat mesti diterapin, menjaga hal2 yg merugikan dan tidak menyenangkan, trims mba'

Unknown said...

Sebenarnya sulit juga sist untuk mencegah tindakan copas,, karena pada dasarnya script apapun untuk mencegah copas bisa di tembus dengan cara cukup sederhana ( tentunya orang2 tertentu saja yang bisa ) yang terpenting adalah bagaiamana menumbuhkan kreatifitas pada pribadi masing2... :)

Unknown said...

Mudah-mudahan Para Copaser yang Terhormat, pada sadar dengan
Adanya artikel ini, kalau masih gak berubah kata Mas Andes mah
Di Slentik aja wkwkwkkw, tapi kata saya mah kalau copaser nya
Gak Mau berubah, mendingan di kasih duit aja Mbak Rin..? hhhh

Unknown said...

Trimakasih mbak eka saya sudah membacanya dan sekarang sudah tau gimana caranya....makasih banyak mbak

technopart said...

waduh ternyata copy paste adalah hal yang sangat buruk ya mbak, makasih infonya bagi saya yang newbie mungkin akan ini ilmu yang berharga

MitraBibit.com said...

baru sempat berkunjung nih mbk,,, ternyata udah update banyak banget blognya....
hampir ketinggalan info nih kl gag berkunjung kesini..
Kalau copy paste tetapi menyertakan sumber bagaimana tuk mbk ririn?

Unknown said...

Wahhh Ternyata Nasib Mbakk Sama Kaya Blogg saya Yang Dulu hihi Mungkin Karena Ada Oknum Yang Mengkopas Kali yahh Sampe Sampe Trafiik Saya Turun Dadakan Seperti mbak Dan Bukan Karena dampak Si Panda kali yahh Hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Dadang, iya betul itu mas. Jadi hendaknya kita bisa menghargai karya tulis orang lain. Mengingat untuk membuat sebuah artikel itu sulit :)

Ini, sebaiknya di ubah semua kata-katanya dan di tulis ulang menggunakan narasi sendiri :)

Andes, iya mas boleh-boleh aja kok hehe :D

Anthonie, iya memang sangat menjengkelkan mas. Untuk itu sebelum kita galau, sebaiknya kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Misalnya memasang script anti copas :)

Edo, yupz betul itu mas. Seratus untuk mas edo :)

Budi, iya mas mudah-mudahan para copaser bisa sadar dan khilaf atas perbuatannya :)

Nucky, pengalaman yang sangat menyedihkan ya mas. Jadi kita harus siap memproteksi blog agar tidak bisa di copas ya mas :)

Wong Crew Child, iya sama-sama mas :)

Adjie, sepakat dengan ide mas adjie :)

Karis, mudah-mudahan para copaser mau taubat ya mas :)

Jenk Indah, iya sama-sama mbak :)

Bayu, iya betul itu mas :)

Mitra Bibit, sebaiknya jangan copy paste plek sama persis mas. Lebih baik tulisan sumbernya, itu di edit dengan cara menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri :)

Ainul, iya mas benar bahwa dampak buruk blog korban copaser adalah penurunan trafik :)

Nurul Imam said...

Saya kemarin buat artikel tentang less copy paste, tapi ijin sama yang empunya dan malah direkomendasiin ditulis ulang di blog saya :D
Intinya sih bagaimana cara kita mengcopy paste dengan cara yang sama-sama menyenangkan

Unknown said...

artikel saya belum ada seminggu udah dicopas sama persis, hebat banget yah haha... (#kesel)

Angga Kusuma Nugraha said...

kalau boleh saya menambahkan sedikit tips, dalam artikel selipkan subjek yang menunjukkan bahwa itu adalah artikel kita, contoh kalimatnya bisa seperti ini:

"pada posting kali ini cara-ririn akan membahas mengenai bla bla bla...."

sekalian dikasih internal link, jadi saat orang baca blog copa tadi akan tau sendiri

dear anies said...

Dunia blogging ni kecil shj.kalau dunia publication orang boleh copy paste,apalah sangat dgn dunia blog ni.tapi sbg blogger kita perlu ada ilmu bagaimana mau elakkan masalah ini

Edo kapengi said...

Ikut menyimak saja ...
salam kenal buat Admin blog ^^

Rizkyzone.com said...

tapi memang susah juga mb' ngasih tau para copaser, para copaser akan tetap meraja lela dengan segala motifnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nurul, iya betul itu mas. Jadi untuk melakukan copy paste ada triknya, yakni tidak merugikan sumber aslinya ;)

Anthonie, keep spirit mas :)

Angga, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Bisa di praktekkan tips tersebut :)

Khairin, iya mbak memang sulit untuk di blogging ini. Yang penting tetap semangat ya :)

Edo, salam kenal juga ya :)

Rizkyzone, iya betul itu mas. Kalau ada orang baik, pasti ada orang jahat. Begitu juga di dunia blogging, pasti akan selalu ada para copaser :)

Unknown said...

mbak kalo copy pastenya 50% tapi dapadupadankan dengan gaya tulisan kita gimana,soalnya beberapa penulisan kan harus butuh penelitian lebih lanjut,seperti mambahas tentang penelitian,kalo kayak gitu gimana?

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Blogger itu harus dituntut menjadi seorang penulis dan seorang jurnalis yang patuh terhadap kode etik. Soalnya saat ini belum ada kode etik blogger secara tertulis, itulah masalahnya banyak yang copas sangat menyebalkan soalnya mencuri konten juga sama dengan membunuh karakter penulis asli dan tak menghargai jerih payah kita.

Biasanya saya selalu laporkan kalau ditemukan ada yang copas artikel saya soalnya bahaya juga bisa berdampak buruk terhadap google serp.

Oke makasih mbak.

Anonymous said...

Eka, follow an yuks, postinganmu selalu oK.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Albeit, iya kalau bisa diubah kata-kata nya. Jangan sama persis dengan kata-kata yang digunakan dalam artikel sumbernya :) Contoh: bila artikel menggunakan kata Mempunyai maka anda bisa menggantinya dengan kata Memiliki Jadi seperti itu mas :) Tapi alangkah baiknya jika menulis artikel dari buah pemikiran kita :)

Adam Hussein, sepakat sama pendapat mas adam. Memang benar bahwa tindakan copy paste sangat merugikan pihak sumbernya. Jadi mereka harus dilaporkan kepada pihak yang berwajib ya mas :)

SD Negeri Mulyadadi, blog anda sudah saya follow mas. Thanks ya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Revrine said...

mbak cara biar gak bisa di copas atau di klik kanan seperti blognya mbak ririn di gimanain ya, ... .
saya sudah belajar menulis artikel dg gaya sendiri, dan harapannya tidak di kopas sembarangan,.. ..untuk artikel yang copas" sudah di sortir utk du hapus. .. ..
tolong di balas ya, . .. ..mkasih ya
balas di blog ku ya mbak,.. ..soalnya takut kalo di reply di sini gak tau kalo di reply pesanku, .. ..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan anda baca postingan saya terdahulu yang berjudul Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy Paste Anda bisa memanfaatkan widget kotak telusur untuk menemukan artikel tersebut. Thanks ya mas rain vall :)

Unknown said...

Trimaksih dengan tulisan mbak ririn..begini mbak, tadi saya ada mengcopy paste tulisan tentang susu di blog saya karena tulisannya bagus sekali dan kebetulan sering menjadi pembicaraan dilingkungan saya..Judulnya juga tidak saya ubah, saya juga menyertakan link penulisnya dengan link hidup dan juga sumbernya..akan tetapi saya jadi ragu2 jangan2 yang saya buat itu melanggar hukum..maka saya menghapusnya lagi dari blog saya. Nah yang mau saya tanyakan, apabila saya menyertakan penulisnya dan juga sumbernya, apakah itu juga termasuk melanggar?trimakasih sebelumnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau anda mau copas yang baik dan benar, silahkan artikel sumber itu di tulis ulang / diketik ulang dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri.

Kalau anda hanya copas dan kemudian paste di blog anda, itu namanya copas murni 100%. Meskipun anda memberi link sumber, itu masih dianggap copas.

Unknown said...

Trimakasih ya mbak Ririn atas tanggapannya..untunggg saya langsung menghapusnya..kebetulan penulis yang saya mintai ijin juga belum menjawab..akhirnya saya memutuskan untuk membuat tulisan sendiri yang isinya sesuai dengan tema yang hendak saya sampaikan..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya memang lebih baik menulis artikel sendiri mas. Selain lebih aman, juga bisa melatih daya kreativitas kita dalam kaitannya dengan meningkatkan skill menulis.

Awal-awal berlatih menulis, memang berat. Tapi nanti lama kelamaan pasti akan terbiasa. Dan akan selalu menulis dengan sendiri. Kalau sudah terbiasa menulis sendiri, rasanya nggak enak kalau mau copas, pasti kurang puas :)

Unknown said...

mksih artikelnya sangat membantu membuat
skrang blog saya lolos dari copy paste

Post a Comment