Penyebab Artikel / Postingan Blog Hilang di SERP Google

Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang dari SERP Google Search Engine Result Page (SERP) Google merupakan halaman hasil penelusuran Google atas dasar kueri atau keyword yang di masukkan oleh pengguna internet. Hasil pencarian tersebut bisa berupa foto/gambar, ringkasan-ringkasan postingan/artikel blog/web, video youtube, dan masih banyak lagi.

Apakah anda pengelola blog/web? Jika iya, maka menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila judul/nama blog atau judul artikel anda bisa menduduki halaman pertama di SERP Google. Karena dengan begitu, besar kemungkinan akan mendatangkan pengunjung organik dari mesin penelusuran Google, dan pada akhirnya bisa meningkatkan trafik blog.

Lebih-lebih jika blog/web anda di monetasi. Tentu anda sangat mengharapkan blog/web anda bisa selalu muncul di SERP Google. Bentuk monetasi bisa berupa anda berpartisipasi pada Program Pay Per Click (PPC), atau mungkin program afiliasi, atau mungkin anda mengikuti kontes SEO.
Penyebab Artikel / Postingan Blog Hilang di SERP Google
Ide tulisan ini muncul karena ada Sahabat Blogger yang bertanya kepada saya beberapa waktu yang lalu. Beliau kebetulan mengikuti kontes SEO dengan keyword tertentu yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara kontes. Pada mulanya posting blog beliau bisa muncul pada halaman 1 sampai 3 di SERP Google. Tapi kemudian selang beberapa minggu, tiba-tiba posting blog nya hilang. Ini yang menjadi pertanyaan besar. Kenapa bisa menghilang?

Saya sendiri kurang tahu betul apa penyebabnya. Namun, saya akan mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut berdasarkan pengalman saya pribadi. Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan untuk Sahabat Blogger tersebut pada khususnya, dan untuk kita semua pada umumnya.

Setelah beberapa waktu yang lalu saya share tentang Cara Hapus Url Posting Blog dari SERP Google. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hal-hal yang bisa menyebabkan artikel postingan blog hilang di SERP google. Berikut adalah point-point penting yang menjadi indikator penyebab hilangnya artikel anda dari halaman hasil pencarian Google.

Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang dari SERP Google

1. Artikel Blog Anda di Copas oleh Blogger Lain
Apabila artikel blog anda di copy paste oleh orang lain dan kemudian diterbitkan lagi di blog/web mereka, maka besar kemungkinan akan berdampak buruk bagi blog anda, yakni posisi artikel blog anda di SERP Google bisa menurun atau bahkan bisa hilang sama sekali. Lebih-lebih bila yang copas sudah mencapai puluhan, maka algoritma Google akan menurunkan peringkat blog anda di SERP nya. Karena terdapat banyaknya duplikat konten artikel, sehingga algoritma Google cenderung mengabaikan nya.

2. Anda Menggunakan Teknik SEO Black Hat untuk Optimasi Artikel Blog Anda
Anda perlu hati-hati dalam melakukan optimasi SEO onpage pada blog anda. Diharapkan anda tidak mempraktekkan Black Hat SEO. What is Black Hat SEO? adalah upaya melakukan optimasi SEO secara curang untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Cara curang tersebut bisa berupa (i) manipulasi keyword yang disamarkan pada artikel postingan dengan warna halaman template blog anda, (ii) bisa berupa pemasangan keword yang berlebihan, (iii) link internal yang berlebihan, (iv) dan masih banyak lagi.

Mungkin teknik SEO ini bisa berjaya dalam beberapa hari atau minggu. Yakni postingan blog bisa muncul di halaman pertama Google. Tapi kemudian setelah itu akan hilang sama sekali dari SERP Google jika algoritma Google dan pihak Google mengetahui kecurangan anda.

3. Artikel Anda Sudah Di Laporkan Ke DMCA
Ini berlaku jika artikel yang diterbitkan di blog/web anda merupakan artikel hasil copas dari blog orang lain. Apabila pihak sumber tidak terima dengan perbuatan anda, maka mereka akan melaporkannya kepada Google DMCA. Apabila anda menggunakan platform Blogspot, berisiko dihapus artikel anda atau mungkin blog nya yang dihapus. Apabila anda menggunakn platform lain, misal WordPress atau Selfhosted, maka posisi postingan blog anda akan diturunkan dari SERP Google.

4. Topik Artikel Anda Sudah Out Of Date
Point ini hanya berlaku jika topik yang dibahas dalam artikel blog anda bersifat sesaat atau musiman. Mungkin pada waktu awal-awal, saat lagi booming, postingan anda selalu muncul di SERP Google. Tapi kemudian jika topik tersebut sudah layu, maka sudah tidak tampak lagi artikel blog anda di SERP Google, karena pengguna internet sudah tidak lagi membutuhkan informasi terkait dengan topik artikel blog anda.

5. Tingginya Kompetisi di SERP Google
Tingginya persaingan di search engine Google juga mempengaruhi posisi laman web/blog anda. Ketika tingkat kompetisi rendah, maka postingan blog anda bisa muncul di halaman pertama Google. Begitu juga sebaliknya. Apabila anda mengikuti kontes SEO, sudah barang tentu tingkat persaingannya tinggi. Oleh karena itu, jika pagerank dan alexa rank blog anda rendah, maka tidak ada harapan postingan blog anda bisa ajeg/tetap di halaman pertama Google.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Penyebab Artikel Postingan Blog Hilang dari SERP Google. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP Google. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

69 komentar:

Anonymous said...

pertamaxxxxx....

menurut saya yg paling berpengaruh "tinggi nya kompetisi". ^^

Mas Marnes said...

Wah ternyata penyebab hilangnya artikel di serp google banyak juga ya mba', poin terakhir kayaknya yang mempunyai pengaruh besar terhadap hilangnya artikel di serp google. Terimakasih mba' udah berbagi infonya Insya Allah bermanfaat. :)

Rizkyzone.com said...

kalau di laporkan ke DMCA seperti kasus teman saya, artikelnya dah d copas, tanggalnya di bikin mundur, dan gt tambah parahnya lagi, si copaser melaporkan artikel target / blognya teman saya yg d copas ke DMCA, jadilah teman saya kena peringatan DMCA. tapi kalau saya pribadi sih malah tak terlalu menghiraukan pstingan saya yang deindex / ngilang dari peredaran

Anonymous said...

Kalau saya bukannya hilangnya serp artikel diblog saya tapi tingkat kompetisi keyword yang sangat tinggi dan bersaing keras di pencarian google.

Btw ads adsense diberi"advertisement" mbak karena rawan disable kalau ads menyatu dengan artikel tanpa diberi perbedaan antara iklan dan artikelnya".Semoga langgeng mbak adsensenya :)

Anonymous said...

Ternyata copas dan mencopas tulisan dari postingan orang lain berdampak turun pamor juga ya mbak Master.. sesuai yang saya alami juga, banyak artikel saya yang dicopas * gaya

malahan yang copas tulisan muncul dihalaman depan.

Unknown said...

saya mau tahu tentang copas, kenapa yang copas orang lain blog kita yang menghilang?

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

wah, jangan sampai blog say ahilang dari serp deh..

Ilham Nurhamzah said...

Kalo artikelnya hilang dari serp ngga apa"
yg penting jangan sampai hilang di post dashboard blogger nya, itu pasti tanda tanya besar, hehe :D

Mizz Aiza said...

bimbang juga jika ada yang suka copy and paste.. tentunya ia akan menyebabkan competition..
p.s: soalan saya yang ini tiada kaitan dengan artikel ini.. saya ingin bertanya mengenai bounce rate.. apakah maksud bounce rate? apakah kesan jika bounce rate meningkat? adakah ia akan mempengaruhi alexa rank blog kita?

Mas Andes said...

itu yang ikut kontes seo kalo artikelnya anjlok sudah wajar mbak, memang awal2nya untuk artikel baru untuk muncul di page one sangat mudah karena belom banyaknya kompetisi di serp. tapi karena kontes sudah pasti menggunakan keyword yang sama dan artikel yang di gunakan juga tidak beda jauh antara satu sama lain sehingga di serp juga terjadi persaingan keyword yang ketat, karena search engine juga mempertimbangkan backlink dan pagerank untuk memunculkan artikel di page one :)

Unknown said...

kasus kontes SEO itu pasti persaingan, tak jarang ana kompetitor yang pakai SEO berbayar supaya bisa menggeser Posisi 1.

Akhirnya iklannya Nongol lagi, pakai cara Scan KTP atau PIN mbak ?

Claresta said...

Ternyata banyak sekali ya macam2 penyebab postingan hilang dari SERP google. Harus hati2 nich bikin postingan agar bisa trs eksis di halaman pencarian, hehehe :)
Mbak Rin, kenapa posting yg ini gak dishare di google+? hmmm ^_^

Afrid Fransisco said...

kalau punya saya bukannya hilang sih mba, tapi kalah karena persaingan antar blogger yg makin keras n sengit aja ni. he he...,

Unknown said...

O begitu ya mbak,sebab terkadang hari ini saya cari 2hari kemudian dah di urutan 5/6 gitu...ternyata tidak mudah juga para master pada bertahan

Unknown said...

point yang terakhir itu ngena banget mbak, maklum sering kalah berkompetisi :3

Agung Kharisma said...

Hai mba wahyu, how are you there? :)
Miris kalau liat poin yang pertama, kita udah cape-cape nulis tapi dicopas abis-abisan. kalau menurut mba wahyu kalau ada yang copas artikel kita enaknya diapain ya? hehe :)
poin terakhir merupakan tantangan kita yang paling berat, karena jumlah blog saat ini sudah mencapai jutaan dan tak terhitung jumlahnya, so, keep bloggings. :)

Unknown said...

Sejauh ini saya belum ada masalah kecuali pada pembahasan no 6. Persaingan tinggi
hahaahah

Jery Yanuarlan said...

kenapa ya...rasanya tidak adil kalau blog kita yang dicopas, blog kita juga yang hilang...karena tentunya kita tidak bisa mengontrol setiap orang, hanya bisa sebatas memberi peringatan dan antisipasi lainnya saja. Jadi seperti kita yang dicurangi tapi kita juga yang dihukum ya...

Unknown said...

Intinya tidak ada yang abadi ya sist, ibarat kita jualan mungkin karena produk kita banyak yang memalsukan (copy paste) sehingga pembeli tidak percaya lagi dengan produk yang kita jual, terlebih jika produk yang kita jual sudah dilaporkan ke polisi (DMCA) dengan tuduhan sebagai pemalsu produk dan menjual produk yang sudah kedaluarsa (out of date). Dengan berbagai cara kita melakukan pemasaran ilegal ( Black Hat ) dan tertangkap sehingga produk kita di tarik dari peredaran (serp google).. hehee

Intan Sudibjo said...

yang paling logis adalah tingginya kompetisi yang diikuti setiap kontes :)

Unknown said...

wah kalau artikel asli buatan kita dicopas terus mereka yang berada di 10 pencarian google itu sangat merugikan sekali ya mbak Ririn.
comeback ya ada artikel baru yg menarik.

Anonymous said...

Cara ririn ini memang semuanya gurih gurih enyoy :D Akhirnya saya menjadi penyebabnya :) thanks ya mbak ririn yang cantik ;)

Unknown said...

bener tuh abgn kolong tulis memang yang paling berpengaruh itu "tingginya kompetisi" semua orang menginginkan site berada berada diposisi awal google..

blogger said...

hahahaha.. akhirnya muncul juga keluh kesah saya... trimakasih udah di buatkan artikelnnya..

kalau dilihat dari artikel ini saya cenderung ke poin 1 + 5 mbak.. mungkin karena target keyword yang sama maka banyak sekali duplikatnya.. selain itu mungkin karena efek copas juga..

tapi ganti template berpengaruh gak ya.. ?? PR lagi ni buat admin

Anonymous said...

Biasanya kalau hilang di serp perlu di ping ke search engine biar muncul lagi di page googlenya.

Unknown said...

Kalau blog saya mungkin karna tingginya kompetisi mbk

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Fadly, seratus untuk mas fadly hehe :D

Mas Marnes, iya betul mas, point terakhir memang sangat menentukan hilang tidaknya artikel postingan di Search Engine Result Page (SERP) Google :)

Mas Rizky, wah kok bisa malah terbalik ya mas? aneh dech hmm :) Hebat juga ya copaser tersebut. Jadi perlu hati-hati ya mas :)

Mas Abed Saragih, tingkat kompetisi memang sangat berpengaruh ya mas, hmmm :) Terkait dengan iklan, sudah saya perbaiki mas. Terimakasih atas saran dan masukkan nya ya mas :)

Pak Mang Yono, wah pengalaman yang menarik itu master. Sedih juga ya rasanya kalau blog copaser bisa muncul di halaman pertama, dan blog kita malah yang hilang hmmm Keep spirit master mamang :)

Mas Baskoro, hal itu disebabkan (i) Algoritma Google tidak mengenali mana artikel yang original dan mana yang copas, (ii) blog copaser ranking alexa dan pagerank nya lebih bagus dari blog kita, sehingga blog mereka bisa muncul di halaman pertama, (iii) artikel yang diterbitkan copaser bersifat masih fresh dan baru, sehingga di tampilkan pada halaman pertama, dan artikel kita yang sudah lama, menjadi tersingkir, (iv) dan masih banyak lagi faktor yang lainnya :)

Mas sabda, mudah-mudahan begitu ya mas :)

Mas Ilham, hehehe kalau blog sudah hilang dari dashboard blogger itu artinya blog kita sudah di banned atau dihapus pihak Blogger mas hehe :D

Mizz Aiza, waduh saya mohon maaf mizz saya belum begitu paham tentang Bounce Rate. Tapi saya akan berusaha untuk mencari referensi terkait dengan Bounce Rate. Mohon di tunggu ya, nanti kapan-kapan akan saya bahas pada posting selanjutnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andes, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Jadi perlu melakukan optimasi SEO yang bagus agar posisi postingan blog tersebut bisa di page one ya mas. Sulit juga ya ternyata ikut kontes SEO hehe :)

Mas Daniel, alhamdulillah mas akhir nya iklan bisa muncul lagi hehe :D Kemarin verifikasi dengan KTP mas hehe :)

Mbak Indri, iya harus hati-hati mbak kalau melakukan optimasi SEO pada blog, jadi posisi nya bisa ajeg pada halaman pertama Google. Terkait dengan share artikel postingan, nanti pasti akan share mbak. Sementara ini mau merespon komentar dulu di blog ini hehe :D Lumayan banyak juga komentarnya ya hehe :D

Mas Afrid, wah berarti perlu mempraktekkan SEO mas, biar bisa menang di page one Google, dan bisa bisa bersaing dengan para kompetitor blog nya mas afrid :)

Jenk Indah, iya lumayan sulit mbak agar postingan blog bisa bertahan pada nomor urut 1 di Google, karena tingkat kompetisinya sangat tinggi :)

Mbak Elsa, keep spirit mbak :)

Mas Agung, kalau menurut saya sih kalau ada yang copas artikel blog kita, langsung saja laporkan ke Google DMCA, biar bisa buat pelajaran untuk sang copaser :) Iya point terakhir memang sangat sulit mas. Ya, kita nikmati saja hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, iya point nomor 6 memang sangat berat mas. Ya, tetap semangat aja ngeblog nya ya :)

Mas Wewengkon, iya mas cukup menyedihkan juga kalau artikel postingan kita hilang dari SERP Google gara-gara banyak blogger lain yang copas. Mudah-mudahan aja para copaser bisa sadar ya mas :)

Mas Adjie, wah wah ilustrasi yang bagus dan rasional mas hehe :D Kok bisa ya jadi nya kayak pedagang hehehe :D

Mas Intan, seratus untuk mas intan hehe :)

Mas Faisal, betul itu mas. Itu sangat merugikan sekali. Segera meluncur ke TKP :)

Mas Lutfi, hehe genit juga mas upi ini wkwkwk :D

Mas Hidayat, iya btul mas, apa yang disampaikan mas fadly itu benar :)

Mas Hekos, kalau ganti template sepertinya berpengaruh mas, karena Google bingung mengindeks script yang baru di template yang baru tersebut :) Jadi kalau bisa jangan ganti template. Karena selain merepotkan diri sendiri, juga bisa menurunkan trafik blog :)

Mas Remaja, owh begitu ya mas. Terimakasih atas tambahannya ya :)

Mas Rahmat, iya bisa jadi seperti itu mas :)

Unknown said...

penyebab Yang Pertama saya Sering Alamin Mbakk :'(
Mbakk Caranya gimana yahh Biar Blog kita Tidak Bisa Di Copas Orla?? hehe Saya Minta Bantuannya Lagi nihhh :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Ainul bisa memasang script anti copas mas di blog nya. Selain itu anda juga bisa mencegah auto blog copy paste. Saya dulu pernah membuat tutorial seperti itu di blog ini. Silahkan anda cari ya hehe ^^

Anonymous said...

Berbicara mengenai kontes SEo hal ini tidak terlepas dari strategi menyerang dan bertahan, di tambah lagi dengan algoritma google yang dikit-dikit berubah, so bijak dalam mengambil keputusan, tidak terburu-bur itulah kuncinya

Unknown said...

Menurut pemikiran saya memang demikian sist, bukankah setiap kita membuat artikel selalu berharap banyak pengunjung (pembeli) ??? hehehe

Kang Ucup said...

pasti akan kecewa sekali jika suatu saat artikel yang kita buat tiba-tiba hilang dari SERP ya mbak. yang lebih menjengkelkan lagi jika penyebabnya adalah karena artikel kena copas.
kalau sudah demikian, apakah artikel benar-benar akan hilang selamanya dari SERP mbak ?

Senyum syukur said...

Tulisan saya bahagia itu sederhana pernah berminggu-minggu di peringkat atas.. tapi setelah beberapa bulan hilang di telan bumi.. dengan artikel ini saya jadi tahu alasannya.. makasih..

Masnady said...

terimakasih mbak info dan penjelasannya.. kira kira artikel blog saya ada yang hilang apa nggak ya mbak... soalnya nggak pernah ngecek....

Jery Yanuarlan said...

aamiin mbak :)

*sambil ngaca (mantan copasser)

Anonymous said...

Wah, ternyata copy-paste bisa merugikan si sumber juga ya, soalnya postingannya terancam terhapus dari SERP Google....

Unknown said...

kak blog saya gak mau muncul di halaman pertama
gmna tu caranya kak ??

Unknown said...

@Kang Ucup : Sebenarnya sih bukan hilang seutuhnya kang tapi tersingkir dari posisi teratas, kan percuma kalau artikel yang kita buat berada di posisi ke 85.000.000.000.000 di serp google.... xixixixi

Anonymous said...

Tidak semua blog copas berada di Pejwan atau posisi teratas serp google. Itu hanya kebetulan.

Anonymous said...

joss..sering berkunjung ke sini...baru kali ini sempet komen.

Yanuar Catur said...

Ane bingung mbak :D

zigzoor said...

Betul juga yah mbak, saya juga hampir sama dengan kasus di atas turunnya trafik, eh ternyata penyebabnya artikel saya ada yang musiman, seperti waktu meninggalnya uje, pengunjung blog saya meledak...eh sekarang moyotod..alexa juga turun lagi. thks infonya, sangat bermanfaat.

M. Alex Joenaedi said...

keren....
abis ane salut triknya jadi gak bisa komen apa-apa lagi selain kalimat "KEREN MAs BRO"

lang lang blog said...

andai demikian apa ada tip yang untuk memunculkan lagi artikel yang sudah terhapus dari Serp

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Imers, wah terimakasih banyak mas atas saran dan masukannya. Ternyata butuh strategi yang bagus ya apabila kita ingin atau sedang mengikuti kontes SEO. Kebetulan saya sendiri belum pernah mengikuti kontes tersebut hehe :D

Mas Adjie, iya bener juga sih. Jadi semakin banyak pengunjung, berarti artikel yang kita tulis, semakin laris manis hehe :D

Kang Ucup, sepertinya tidak hilang sama sekali kang dari SERP. Artikel yang terkena copas, biasanya ranking halaman di search engine diturunkan. Saya sendiri kurang tahu apakah bisa dikembalikan seperti semua ataukah tidak :)

Mas Senyum, pengalaman yang sangat menarik mas. Mudah-mudahan hari ini lebih baik dari hari kemarin ya :)

Mas Nady, hehehe iya saya kurang tahu mas. Tapi silahkan dicek dulu ya siapa tahu malah di page one semua nya hehe :D

Mas Wewengkon, sippp mas :)

Mas Ditter, yupz seratus untuk mas ditter :)

Mas Zacky, iya muncul judul postingan blog mas zacky tingkat persaingannya tinggi di search engine, jadi belum muncul :)

Mas Adjie Umbara, wkwkwk bisa jadi seperti itu mas hehe :D

Mas Rismawan, owh begitu ya master. Terimakasih master atas komentar dan tambahannya. Sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula :)

Mas Mashar, wah thanks mas sudah berkunjung di blog saya ya :)

Mas Yanuar, bingung kenapa? habis putus cinta ya? wkwkwk :D

Mas Azie, pengalaman yang bagus itu mas. Memang benar bahwa topik artikel yang hanya sesaat kurang menguntungkan. Hanya bisa meningkatkan trafik sesaat pula :)

Mas Alex, terimakasih master atas apresiasinya :)

Mas Thanjawa, wah saya kurang tahu mas hehe :D Sepertinya sulit dech agar artikel yang sudah hilang dari SERP bisa muncul lagi di page one :)

Rizkyzone.com said...

apalagi artikel kontes seo, tak sedikit di copas dah gt di akuin karyanya sendiri, kalaupun itu bukan artikel kontes seo, jika aitu artikel pilar, waduh bisa berabe tuh, susah payah bikin artukel pilar malah di kayak gt kan, bener tak tau trima kasih yang copas, padahal teman saya artikelnya d copas dengan / tanpa mencantumkan linknya sebenarnya tak masalah, yang bikin jengkel, dan d copas plus di laporin sama yang copas.

Anonymous said...

betul juga yah dulu artikel saya ada di halaman pertama google serp, setelah banyak yang copas eh sekarang udah pindah jauh ke belakang, susah juga yah :)

Mizz Aiza said...

@Wahyu EkaPrasetiyarini - mohon maaf jika pertanyaan saya telah menyusahkan anda.. jika membuka laman ranking alexa saya ada terlihat bounce rate.. bounce rate saya semakin meningkat.. terima kasih..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, wah kok kasus nya bisa begitu ya mas. Payah banget tuh copaser nya. Masak sudah enak copas dikasih artikel gratis, malah melaporkan pihak sumber ke DMCA. Wah sungguh terlalu :)

Mas Anthonie, iya susah juga mas hehe :) Oleh karena itu, kita perlu memproteksi blog kita agar tidak dicopas oleh orang lain. Terimakasih mas anthonie :)

Mizz Aiza, iya tidak apa-apa mizz. Saya senang bisa sharing kepada siapa saja dan juga bisa membantu siapa saja. Thanks ya sudah mau berbagi cerita. Nanti akan saya usahakan posting terkait dengan topik tersebut :)

Nurul Imam said...

Hebat bisa sampe ngalahin puluhan juta
Ajarin donk mbak ilmu SEOnya ;)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah mohon maaf mas, saya nggak paham tentang SEO hehehe ^^

Nurul Imam said...

Ahhh bisa aja nih mbak
Bagi bagi lah jangan di umpetin mulu ilmunya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkw beneran mas saya nggak paham, soalnya saya ngeblog hanya natural saja. Asal posting aja di blog tiap hari hehe :D Selain itu juga saya nggak paham tentang kode script atau CSS, apalagi PHP :)

Hengki Kristianto said...

Saya kira benar apa yang dibahas di atas, dan menurut saya yang paling sulit untuk dihadapi adalah tingkat persaingan dan copas yang akan memakan tenaga, waktu yang tidak sedikit yang tidak sedikit.
Terimakasih atas artikel yang bermanfaat ini gan, salam sukses selalu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih atas komentarnya mas. Tingkat kompetisi di search engine memang sangat ketat. Untuk itu diharapkan kita bisa mengaplikasikan teknik seo secara tepat dan baik :)

Deni Demian Renovtri said...

makasih mba Wahyu atas sarannya, saya akan cari template2 blog yg responsif dan bagus, jika memang itu kendalanya...karena saya yakin memang itu masalahnya..jika ada template rekomendasi mohon kasih info bagi kawan2 blogger yang baik hati

Kevin said...

wah bagus nih artikelnya. kebetulan saya lagi ikut lomba blog seo. udah di follow blognya, ditunggu follback dan kunjungan baliknya ya http://tipstrikharian.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Deni, iya silahkan ganti template aja mas. Good luck ya :)

Kevin, thanks ya sudah follow blog saya :)

Unknown said...

Waduh saya mautanya .. Blog saya kan Baru ganti Tampilan .. Kenapa Artikel nya Yang Uda Di baris pertama Jadi turun ya di google dan beberapa artikel yang di google hilang akibatnya Pengnjung turun drastis .. apa ya penyebabnya :'( tolong

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau blog habis ganti template memang sangat memengaruhi postingan blog di SERP Google. Soalnya ada perubahan kode HTML di blog anda. Untuk itu sebaiknya template jangan sering diganti-ganti. Saya kebetulan juga nggak pernah ganti template sejak awal blog ini dibuat :)

Unknown said...

lalu apakah bisa kembali lagi artikelnya mbak ? :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Masih bisa kok kembali lagi. Yakni dengan cara update posting terbaru secara rutin di blog anda. Nanti pasti akan normal lagi. Good luck ya :)

Unknown said...

ok :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sukses ya untuk blog nya :)

Unknown said...

Wau, enak juga baca artikel beserta comment-comment nya, ternyata Mbak Wahyu pemerhati pernak-pernik permasalahan SEO juga ya.

Makasih pencerahannya Mbak. Salam dan sukses selalu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe saya masih pemula mas. Nggak begitu paham tentang seluk beluk SEO hehe ^^

Anonymous said...

jadi sedikit paham nech kenapa artikel ada yang turun dari SERP
terima kasih mba ririn

Post a Comment