Cara Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster

Cara Mengirim Sitemap Peta Situs ke Google Webmaster Tools Mengapa kita harus mengirim peta situs (sitemap) ke Google Webmaster? Ternyata agar supaya proses indeks yang dilakukan oleh Google bisa berlangsung dengan cepat. Sehingga apabila anda baru menerbitkan artikel di blog anda, dengan melakukan cara ini, besar kemungkinan postingan anda akan mudah terindeks oleh Google Search dalam hitungan jam, atau mungkin dalam hitungan menit sekalipun. Selain itu juga, trik ini juga dapat memudahkan Google untuk mengindeks postingan blog kita secara keseluruhan. Dan pada akhirnya, web/blog kita sering muncul pada Search Engine Result Page (SERP) Google.

Sudahkah sitemap blog anda dikirim ke Google Webmaster Tools? Jika belum, tidak ada salahnya untuk mengirim nya. Karena hal itu akan berdampak baik bagi web/blog anda.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Membuat Halaman Daftar Isi di Blog. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan bahas tentang cara mengirim sitemap ke google webmaster. Silahkan simak baik-baik tutorial yang akan saya sampaikan berikut ini.

Cara Mengirim Sitemap / Peta Situs ke Google Webmaster

1. Silahkan kunjungi situs Google Webmaster Tools di url http://google.com/webmasters/ Silahkan klik tombol Masuklah ke Layanan Alat Webmaster.
Cara Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster
2. Sign in dengan menggunakan akun anda.
Cara Mengirim Peta Situs Blog di Google Webmaster Tools
3. Silahkan klik alamat url web/blog anda
Cara Kirim Sitemap di Google Webmaster Tools
4. Selanjutnya silahkan pilih menu Perayapan dan kemudian pilih sub menu Peta Situs
Cara Kirim Peta Situs di Webmaster Tools
5. Silahkan klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs
Cara Pasang Peta Situs di Webmaster Tools
6. Masukkan kode berikut ini pada kolom yang tersedia. Dan kemudian klik tombol Mengirim Peta Situs.
Cara Uji atau Kirim Peta Situs di Webmaster Tools
Kode:
Untuk Blogger / Blogspot:
(i) atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
(ii) feeds/posts/default

Untuk WordPress, Website, Blogdetik, Blog.com dll:
(i) feed

Catatan:
Jika jumlah postingan blog anda sudah melebihi 1000 buah, silahkan ganti angka 500 menjadi 1000.

7. Selamat!!! Peta situs blog anda sudah terkirim. Silahkan klik tombol Tutup.
Cara Kirim Peta Situs Kepada Google Webmaster Tools
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Membuat Buku Tamu di Blog. Thanks for your attention. I hope you enjoy to visit and comment in this blog.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

59 komentar:

Unknown said...

langsung dicoba mba'

nice share

Kang Ucup said...

benar sekali mbak, artikel saya pernah muncul setelah 15 detik dimesin telusur :)

Unknown said...

Asyk, ada ilmu baru nih dari mba wahyu, langsung praktek mba.. :-D
trimakasih tips nya mba..

Mizz Aiza said...

terima kasih info ini.. boleh saya cuba..

Unknown said...

nice info kak
sangat membantu

Toko Sepeda Majuroyal said...

kayak nya ini jawaban yg saya cari cari sekian lama ini !!!!!
ceritanya gini Mba Ririn dan Kang Ucup... saya bikin thread http://majuroyal.blogspot.com/2013/08/groupset-itu-artinya-apa-sih.html , lalu seperti Kang Ucup bbrp menit kemudian saya Searching , eh... masuk Pejwan loh...
Lalu saya buat Thread di Forum Seo Mater , menanyakan hal tsb kenapa bisa langsung Pejwan ?
Mereka gak pada mudeng, gak bisa menjawab yg memuaskan saya...
thanks Mba...

prasojojoo said...

waaahhh gitu ya mbak..... ow ow ow wo

Unknown said...

makasih share nya...masih agak kesusahan...tapi di coba

Unknown said...

wah boleh juga di coba bvwt nambah rame blog

Unknown said...

Kalau saya, Submit sitemapnya dengan Beberapa cara, bisa Feed/post/default atau dengan Sitmap.xml dan dengan cara yang ditulis dalam artikel ini!

Semuanya bisa diterapkan bersamaan!!

Mas Andes said...

biar blognya lebih mudah di rayapi google ya mbak.. saya juga udah pasang 3 peta situs mbak :)

Masnady said...

Sip deh mbak eka.. soalnya saya pernah buka webmaster dan peta situsnya tidak di temukan.. mungkin karna belum saya kirim kali ya... hmmm langsung ke tkp deh... makasih mbak tipsnya...

lang lang blog said...

saya sudah melakukan ini mbak,
sayang tidak semua artikel yang dibuat terindek

Unknown said...

mbak, sebenarnya sitemap yg dipakai itu yg mana..kan ada yg atom sama feed.

Unknown said...

Oh jadi gitu ya caranya Master.

Unknown said...

Asikkk Ada Ilmu Seooo Lagi nihh hehe
Saayaa Langsung Praktekin Dah Mbakk :D

Toko Sepeda Majuroyal said...

Mba.... aku ada ide lagi nih...
bagaimana cara mengatasi url yg di cekal oleh robot txt
:D
bikinin artikel nya dong

Meutrap said...

ini yang perlu dicoba,
terima kasih artikelnya kak

Meutrap said...

sukses caranya kak,
baru saja saya praktekkan

Daniel Erick said...

Rugi kalau gak pasang peta situs, apa lagi untuk blog baru sangat di wajipkan

Gunawan said...

Terimakasih atas informasinya sob, sangat membantu sekali buat saya yang masih newbie ini.. ^_^

Unknown said...

Makasih sekali ya mbak atas sharenya :D

Claresta said...

Sangat bermanfaat banget infonya sist,,, krn dgn mengirim peta situs maka semua artikel kita akan cepat terindeks dgn sempurna,,,
nice share!

Anonymous said...

Otomatis serp artikel di google jadi lebih mudah dan mudahan terindeks artikelnya pada pencarian di google search engine.

Masnady said...

Wah tuan rumahnya kemana nih...? Heheheh

Unknown said...

Yang punya hajat mana nih.. :-D wkwk

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Awhnymous, silahkan dicoba mas. Semoga berhasil ya :)

Kang Ucup, pengalaman yang sangat bagus kang. Ini bisa dijadikan referensi untuk kita semua bahwa dengan cara mengirim peta situs ke Google Webmaster dapat mempengaruhi indeks Google. Sukses untuk Blog Wisma Kreatif :)

Mas Warim, sebenarnya ini bukan ilmu baru mas, tapi baru saja saya tahu hehe :D Jadi share aja buat temen-temen yang belum tahu :)

Mizz Aiza, boleh-boleh aja mizz, nggak ada yang melarang kok wkwkwk :)

Mas Zacky, nice comment, but not creative wkwkwk :D

Mas Frit, pejwan itu apa mas? saya nggak paham mas :)

Mas Prasojo, getu apa ea :D

Jenk Indah, silahkan dicoba sist. Mudah-mudahan berhasil ya :)

Mas Van, iya mas, silahkan dipraktekkan agar blog anda bisa rame :)

Mas Muting, owh begitu ya. Wah saya malah baru tahu kalau ternyata selain trik diatas, ada trik yang lainnya. Terimakasih Mas Muting atas tambahannya. Sangat bermanfaat untuk kita semua yang masih pemula :)

Mas Andes, iya betul mas. Wah hebat kalau sudah pasang 3 sitemap mas. Kalau saya baru 1 saja yang saya kirim peta situs nya di Google Webmaster Tools hehe :D

Mas Nady, silahkan dicoba mas. Good luck ea :)

Mas Thanjawa, owh getu ya mas. Memang benar yang anda sampaikan. Saya juga mengalami hal demikian. Tapi nggak apa-apa sih, yang penting kan kita sudah bisa mengirim peta situs. Daripada yang belum ngirim kan lebih beruntung kita yang sudah ngirim hehe :D

Mas Hasby, wah saya kurang tahu mas pasti nya. Tapi saya pakainya yang atom saja :)

Mas Faisal, iya master :)

Mas Ainul, monggo mas ainul silahkan dipraktekkan agar blog Zigas lebih keren SEO nya hehe :D

Mas Fritz lagi, wah terimakasih banyak mas atas ide nya. Nanti akan saya pelajari dulu ya. Soalnya saya belum tahu trik seperti itu hehehe :D

Mas Meutrap, wah selamat ya mas sudah sukses kirim sitemap ke Google Webmaster Tools :)

Mas Daniel, iya betul itu mas. Sepakat saya hehe :D

Mas Agung, wkwkwk wah mas agung sukanya merendah dech :D Saya yang seharusnya bilang kalau saya masih pemula :)

Mas Lutfi, sama-sama master :)

Mbak Indri, setujua sama statement mbak indri. Memang benar yang anda sampaikan tersebut. Trik ini apabila dilakukan akan memudahkan Google dalam kaitannya dengan melakukan pengindekkan ke halaman web/blog kita. Seratus untuk mbak indri hehe :)

Mas Abed, betul betul betul. 100 untuk mas abed hehehe :)

Mas Nady lagi, hadir mas hehehe Muup tadi lagi sibuk mas, jadi baru bisa nongol sekarang hehe :D

Mas Warim lagi, hehehe ini saya datang mas wkwkwk :D

Toko Sepeda Majuroyal said...

Mba Ririn... saya nih bukan Fritz... saya "maju royal" :D :D
Fritz itu mantan guru Seo saja Mba...
okey Mba...
kami tunggu artikel nya
:D

Kang Ucup said...

mungkin pejwan = page one mbak
disesuaikan sama lidah kita ya pak ya ..... :D

Agung Kharisma said...

memasang peta situs atau sitemap memang sangat berguna untuk optimasi blog kita. Salam blogger. :)
http://dailybloggerpro.blogspot.com/

wongcrewchild said...

caranya detail, jadi mudah praktekinnya, trims mba'

Unknown said...

Alhamdu lillah punya saya sudah di kirim mbak

Unknown said...

nice mbak sharenya.

boleh deh nanti dicoba :D
lanjutkan mbak

Reusam Endatu said...

Bisa Langsung dicoba ne mbak
Nice info mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Maju Royal, owh bukan mas fritz tow. Tak qiro mas fritz, soalnya saya pernah lihat link Profil Google Plus Mas Fritz di sidebar Blog Toko Online Maju royal. Jadi saya anggap anda Mas Fritz aja hehehe :D
Kalau ternyata anda buka Mas Fritz, saya mohon maaf dech hehe :D
Memang benar dan saya juga sudah tahu kalau beliau (Mas Fritz) itu membuka jasa kursus SEO. Heran dech kok bisa ya orang kok pinter banget tentang SEO. Saya salut dan ngefans sama Mas Fritz dan Mas Ricky. Benar-benar master SEO Indonesia mereka berdua itu. Kalau anda ketemu mereka, saya nitip salam ya hehe :D

Kang Ucup, owh getu ya kang. Baru tahu saya ternyata ada istilah baru hehehe :D

Mas Agung, sepakat sama Mas Agung. Memasanga peta situs di Google Webmaster Tools sangat berguna sekali ya mas. :)

Mas Wong, sama-sama mas. Thanks juga ya sudah singgah di blog saya :)

Mas Arie, alhamdulillah mas, saya ikut senang :)

Mas Hendaru, dicoba kapan aja boleh kok mas. Saya nggak maksa kok hehehe :D

Mas Reusam, silahkan mas. Dengan senang hati :)

Aditya Nugroho said...

Kok kode nya ga bisa di copas ya mbak :)

Anonymous said...

Memang perlu nih mengirim sitemap ke google webmaster, biar cepat terindex, saya sudah pasang dulu, sekarang lupa lagi caranya, untung mbak Ririn ngasih tahu lagi caranya, makasih mbak :)

Kang Ucup said...

@mas Aditya: ada mantranya tu mas :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Ah Mba Ririn bisa saja nih... :D
Merendah saja nih... :D
Baik nanti kalau ketemu ya :D

Meski belum kenal Mba Ririn... tapi saya tahu pasti Mba Ririn ini juga salah satu Master SEO Terbaik
Thanks ya Mba...

Mas Marnes said...

Itung-itung ngeronda jalan-jalan dulu ke blognya mba' eka, ternyata dah ada postingan terbaru lagi nie...sambil ronda sambil nyari ilmu baru hehehe....
terimakasih mba' udah share infonya, ta' coba lagi buat praktekin yoo... :)

Nurul Imam said...

Klo sering resubmit sitemap di google di anggep spam gak yah mbak ?

Asep Haryono said...

Wah ini dia yang saya cari akhirnya ada di blog nya mba Ririn. Saya pelajari dulu nih tapi secepatnya Insya Allah Akan saya applikasikan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Aditya, untuk meng-copy kode script, silahkan klik tombol Select All dan kemudian tekan Ctrl + C pada keyboard komputer anda. Blog ini kebetulan saya pasang script anti copas, jadi tidak bisa di klik kanan. Mohon bisa dimaklumi ya mas :)

Mas Anthonie, indahnya saling mengingatkan ya mas. Saya juga kebulan baru saja tahu tentang trik ini hehehe :D

Kang Ucup, pakai mantra soda api kang hehe :D

Mas Maju Royal, haduh saya bukan master mas. Masih pemula banget saya. Baru ngeblog aja tahun 2013 hehehe :D

Mas Marnes, silahkan dicoba mas. Good luck ea :)

Mas Nurul, wah saya kurang tahu mas. Kalau saya baru kirim 1x saja hehehe :D

Pak Asep, silahkan pak. Mudah-mudahan berhasil ya :)

Unknown said...

@Aditya Nugroho , security mbak ririn tajam mas brow hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe thanks master atas ilmunya ea :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Bukankan Mba Ririn sudah sharing juga ilmu nya di sini Cara Agar Artikelnya Tidak Bisa di Copas http://cara-ririn.blogspot.com/2013/08/cara-agar-postingan-blog-tidak-bisa-di.html
Betul begitu Mba... :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe iya betul mas :D
Sepertinya Mas Maju sudah hapal semua postingan saya nich hehe :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Mba...
Apakah Mba Ririn " sudah " mencoba Mengirim Peta Situs
ke Google Webmaster ???
Kalau belom pernah... Monggo Silahkan di Coba ya... :D :D :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah saya sudah mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools, sekarang giliran mas fritz, eh mas maju untuk mencoba nya hehe :D

Toko Sepeda Majuroyal said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas maju atas comment nya ya :)

Unknown said...

Mantap.. langsung di praktekin ah..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan mas sugi. Terimakasih atas kunjungannya ya :)

Anonymous said...

sangat membantu :D soalnya saya sudah posting ruting tapi gk kebaca-kebaca . hehe

Anonymous said...

Thanks banget saudara sangat berguna

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hanung, iya silahkan dicoba mas untuk kirim sitemap ke Google Webmaster Tools :)

Ahli, you're welcome :)

Teknologi said...

Terima kasih mba artikelnya sangat bermanfaat banget
my blog " ekanepda-nepda.blogspot.com "

Anonymous said...

makasi mbak
caranya berhasil

vittera said...

Thanks tutor sitemapnya sob
http://www.vitterawater.com

Post a Comment