Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot

Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot Halo sahabat Blogger, bagaimana kabarnya? mudah-mudah masih tetap eksis dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Dalam kesempatan kali ini saya ingin share tentang Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot. Apa itu peta pengunjung? adalah sebuah widget yang memberikan informasi tentang lokasi asal pengunjung blog/web kita.

Widget tersebut berguna untuk memberikan informasi tentang asal pengunjung, jumlahnya berapa, dan lain sebagainya. Dimana kita bisa memperoleh widget tersebut? di internet ternyata ada salah satu situs yang memberikan layanan gratis widget tersebut dan bisa dipasang di blog/web kita tanpa perlu membayar dan tanpa mendaftar terlebih dahulu. Adalah Whos.Amung.Us yang menyediakan widget tersebut.
Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot
Berikut saya jelaskan langkah-langkah sederhana untuk memasang widget peta pengunjung di blog anda. Silahkan disimak baik-baik agar tidak salah dalam mempraktekkannya.

Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot

1. Silahkan kunjungi situs Whos.Amung.Us di url http://whos.amung.us/ Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan klik menu Widgets.
widget keren dan menarik dari situs whos amung us
2. Ada banyak widget yang bisa dipasang di blog/web kita, misalnya seperti Widget Pengunjung Online, Peta Pengunjung, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan kali ini kita pilih widget Peta Pengunjung. Silahkan klik sub menu The Map Widget.
cara menambahkan widget peta visitor di blog website
3. Silahkan diatur performa widget peta pengunjung anda, baik itu ukurannya atau warna tampilannya.
cara memasukkan widget peta negara asal pengunjung ke dalam blog
Keterangan:
Nomor 1 atur ukuran peta
Nomor 2 pilih warna peta
Nomor 3 pilih tampilan lokasi asal pengunjung

Setelah itu silahkan klik kiri script HTML, maka secara otomatis script tersebut akan ter-copy oleh anda.

4. Untuk memasang widget tersebut di blogspot, silahkan log in ke Blogger dengan menggunakan username dan pasword anda masing-masing.

5. Masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layout > klik Add Gadget > pilih Script/HTML > paste seluruh script tadi ke dalam kotak > klik Save. Lihat hasilnya.

Apabila anda berhasil memasangnya, maka tampilannya akan sama seperti screenshoot berikut ini.
widget peta pengunjung sudah terpasang di blog keren
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Memasang Widget Peta Pengunjung di Blogspot. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

31 komentar:

Unknown said...

Tapi sayangnya widget ini nambah berat Loading blog :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya malah kurang tahu betul mas apakah widget ini mempengaruhi loading blog. Meskipun demikian kita perlu mempertimbangkan lagi apabila kita ingin memasang widget peta pengunjung di blog kita, karena alasan loading tersebut. Thanks ya sudah mau singgah dan komentar di blog saya :)

Unknown said...

jadi kita bisa mendeteksi asal pengunjung yang mampir di log kita ya sob, keren sob sangat membantu infonya, apalagi buat blogger pemula seperti saya, Thks

Sigli Cyber said...

mnambah brat blog gakk..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Arie, iya benar sekali mas. Dengan memasang widget ini, kita bisa mengetahui/melacak asal pengunjung blog kita, terutama wilayah mereka. Iya mas sama terimakasih juga sudah singgah di blog saya. Kita sama-sama belajar tentang blogging, karena saya juga masih pemula sama seperti anda :)

Mas Sigli, mudah-mudahan widget ini tidak memperberat loading blog mas. Misalkan widget ini mempengaruhi loading blog, kita perlu mempertimbangkan lagi apakah widget ini perlu atau tidak untuk dipasang di blog kita. Thanks atas kunjungannya :)

Masnady said...

mantep deh mbak.... dulu saya juga pernah memasangnya mbak. memang asik sih. karena kita bisa tau pengunjung blog kita dari mana saja... apa lagi kalau pengunjungnya banyak dan dari banyak daerah di indonesia.. ada rasa senang tersendiri di hati kita mbak... hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas bahwa anda sudah pernah memasang widget ini di blog anda. Pengalaman anda bisa dijadikan sebagai pelajaran untuk kita semua dalam kaitannya dengan seberapa besar manfaat adanya widget peta pengunjung yang dipasang di blog kita.

Terimakasih banyak Mas Nady sudah masu sharing pengalaman yang sangat menginspirasi dan memotivasi kita semua aka arti penting sebuah widget visitor map yang dipasang di blog :)

Unknown said...

Dulu pernah pake mbak.. tapi bukan yang pake peta, yang cuma nyempil di pinggir ??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang cukup menarik Mbak Yanti :)
Situs Whos Amung menyediakan beberapa widget yang cukup bagus untuk dipasang di blog. Mungkin dulu anda bukan memasang widget peta pengunjung, melainkan memasang widget penunjung online yang mana terletak dibagian pinggir secara melayang. Hehehe :)

Terimakasih banyak mbak sudah mau sharing pengalaman :)

Anonymous said...

ohh.. lewat whos,amung , seperti komentar yang pertama, widget seperti ini memang memberatkan sob.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh begitu ya Mas Jocker. Ternyata banyak juga yang berpendapat bahwa widget ini memperberat loading blog. Terimakasih banyak atas masukannya. Ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kita semua agar apabila kita ingin memasang widget peta pengunjung di blog kita, itu perlu dipikirkan masak-masak :)

Rohis Facebook said...

dlu sempat pasang mbk tp skrg gk lg soalx gk trlalu penting dan agak meberatkan sh.., hny gaya2-an aja.., untung klo pengunjungx ramai bs pamer tp klo dikit kan malu hehe.., makasih ya mbk.. *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya juga ya mas. Kalau memperberat loading blog, lebih baik widget ini tidak dipasang di blog, nanti kasihan pemirsa blog kita yang harus menunggu lama untuk mengakses blog kita, karena loading nya lama. Terimakasih atas sharingnya :)

Yanuar Catur said...

wah, keren juga yah misal kalao dipasang. Tp untuk saat ini saya belum berani pasang mbak, takut loadingnya berat.hehehe

Unknown said...

walaupun widget nya memberatkan, tapi cocok utuk dishare.. dan widget ini masih banyak peminat nya lho.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Catur, iya mas widget ini lumayan keren apabila dipasang di blog kita, sehingga akan mempercantik performa blog kita. Kalau belum berani pasang sih nggak masalah, kalau punya alasan tentang loading blog. Yang terpenting adalah jangan sampai loading blog kita menjadi berat gara-gara ada widget yang memberatkan. Thanks atas sharing nya :)

Mas Daniel, tentu saja mas karena kita semua mempunya minat dan keinginan yang tidak sama. Ada yang suka dengan widget ini, dan ada juga yang tidak suka karena alasan loading blog. Meskipun demikian, tidak ada salahnya apabila kita sebagai pengelola blog ber niche tutorial blogging, trik diatas perlu dan penting untuk di share kepada para pemirsa blog yang membutuhkan. Thanks sudah mampir di blog saya :)

Mizz Aiza said...

bagus sekali tutorial ini..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mizz Aiza atas apresiasinya :)

Anonymous said...

mau coba pasang di blog saya... tapi berpengaruh pada berat blog ndak?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lumayan agak berpengaruh pak terhadap loading blog. Silahkan dipikir-pikir dulu sebelum memasang widget ini di blog anda :)

Djangkaru Bumi said...

Widget ini sebenarnya sangat bagus. bisa mengetahui pengunjung yang online serta petanya. Aku dulu pernah memasangnya, karena blogku sudah terlalu berat terpaksa aku copot lagi. Sebenarnya dalam hati pengen sekali terus memasangnya ( telalu melow ya ? )

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak melow-melow banget kok pak hehehe biasa aja kok :D Iya memang benar bahwa widget ini cukup bagus karena dapat mempercantik performa blog kita. Sehingga selain kita bisa melihat daerah asal pengunjung, juga bisa memberikan kesan tersendiri bagi pemirsa blog kita. Terimakasih sudah singgah kemari :)

Unknown said...

trimakasih untuk tipsnya...tpi menurut saya malah agak memberatkan blog sy..jadi saya simpan sementara tipsnya ya...:)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar kang, agak lumayan memberatkan loading blog. Tapi hal itu saya kira tidak masalah kalau kita suka dengan widget ini. Thanks sudah mampir :)

Unknown said...

kenapa saya punya tidak ada perubahan tampilan yah..?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kira-kira dimana bagian yang kurang paham mas? mohon dijelaskan :) Biar nanti saya bantu :)

Nandar said...

Widget peta bagus cuma loading blog agak berat ya.. BTW udah aku follow balik ya. thanks

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas. Pilihan yang cukup sulit bagi kita. Tapi kalau kita suka dengan widget ini, tidak ada salahnya bila dipasang di blog. Thanks sudah follow blog saya :)

Mang Lembu said...

keren dan butuh banget peta pengunjung teh, untuk mengetahui dari negara mana saja yang buka blog kita....keren kan kalau ternyata pembaca blog kita adalah orang suwis gituh kan?....;o)

Ahmad Zaelani said...

widget yang sangat bermanfaat, tapi kayaknya belum berminat pasang di blog, takutnya blog yang udah lemot jadi tambah lemoot,,, kata orang kalau terlalu banyak pasang widget, blog kita akan menjadi lemoot... tapi makasih ya mba udah mau share pengalamannya tentang widget peta pengunjung...
Nice Post.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Cilembu, iya pak lumayan keren widget ini. Kita bisa tahu lokasi asal pengunjung dengan mudah. Selain itu, blog kita jadi lebih cantik :D

Mas Zaelani, iya benar sekali mas. Widget ini cukup memperberat loading blog. Tapi kalau misalkan kita suka, tidak ada masalah untuk dipasang di blog. Thanks sudah mampir :)

Post a Comment