Cara Menentukan Target Visitor Blog

Cara Menentukan Target Visitor Blog Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Tips Sebelum Membuat Blog. Salah satu point-nya yakni menjelaskan tentang target visitor blog. Pertanyaannya adalah kenapa pemirsa blog perlu dan penting untuk ditentukan? hal tersebut dikarenakan nantinya blog yang kita bangun bisa tumbuh dan berkembang dengan sukses. Lebih-lebih untuk web/blog toko online, jauh-jauh hari harus segera menentukan pemirsa nya apabila toko tersebut dikhususkan untuk wilayah tertentu saja.

Ide tulisan ini muncul setelah saya memperoleh masukan dan saran dari teman Google+. Beliau sudah lama berkecimpung di dunia Blogging dan sudah mahir dalam hal teknik optimasi mesin pencari (SEO). Beliau menyarankan kepada saya tentang blog saya yang kebetulan mempunyai multi bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hendaknya blog yang seperti itu di setting default saja. Sehingga pemirsa blog bisa datang darimana saja.

Dari situlah saya mengembangakn saran yang beliau berikan, dalam hal ini adalah untuk blog yang dikhususkan untuk wilayah/negara tertentu. Tentu saja, hal ini bisa dilakukan jika ada sabab musababnya. Terutama untuk web/blog yang berbasis E-Commerce atau toko online. Kalau untuk blog yang berisi informasi bermanfaat, misalnya tutorial blogging, game, software, dan lain-lain saya kira tidak perlu ditentukan target pemirsa nya. Itu malah lebih baik.
Cara Menentukan Target Visitor Blog
Image by indonesia-peta.blogspot.com
Seperti kita ketahui bersama bahwa web/blog kita itu sering ditemukan oleh pemirsa blog melalui mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Mesin telusur tersebut dapat mengindeks situs dalam jumlah besar. Biasanya situs yang ditampilkan dalam laman hasil penelusurannya (SERP) itu berdasarkan wilayah pengguna internet (internet user) berada. Selain itu, juga faktor bahasa juga menentukan.

Ternyata Google menyediakan alat webmaster yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan web/blog di mesin pencari. Adalah Google Webmaster Tools namanya. Ada beragam manfaat dari tools tersebut. Antara lain kita bisa mengetahui keyword blog/web kita, jumlah tayangan laman, jumlah klik, dan masih banyak lagi. Selain fasilitas tersebut, kita juga bisa menggunakan tools tersebut untuk menentukan target pemirsa blog kita. Sehingga, nantinya pemirsa blog kita bisa lebih tertarget sesuai dengan wilayah yang kita inginkan.

Berikut adalah Cara Menentukan Target Visitor Blog dengan menggunakan layanan Google Webmaster. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Menentukan Target Visitor Blog

1. Pastikan bahwa anda sudah mempunyai blog/web yang berplatform Blogger.

2. Silahkan anda kunjungi laman Google Webmaster Tools di url http://www.google.com/webmasters/ Nanti anda akan menjumpai laman seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik tombol Masuklah ke Layanan Alat Webmaster.
target pengunjung website
3. Langkah selanjutnya silahkan log in dengan menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing.
jenis audiens pengunjung blog
4. Setelah anda masuk ke Webmaster, silahkan klik blog yang anda inginkan untuk disetting target pemirsanya. Silahkan klik url web/blog anda.
Cara Setting Audiens Blog Website Kita
5. Langkah selanjutnya silahkan klik tombol gerigi yang ada di pojok kanan atas, dan kemudian silahkan klik tulisan Setelan Situs.
Cara Menentukan Wilayah Negara Asal Pengujung Blog
6. Pada Setelan Situs dan dibawah nya ada target Geografis, silahkan dicentang. Setelah itu silahkan pilih wilayah negara yang anda inginkan. Dan kemudian klik tombol Simpan.
negara asal pengunjung blog dari mana saja
Selesai. Trik ini cocok untuk diterapkan untuk web/blog tentang toko online. Sehingga calon konsumen bisa tertarget sesuai dengan keinginan kita nantinya. Sehingga, nantinya laman web/blog kita bisa muncul pada SERP Google sesuai dengan negara/wilayah penggunan internet.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan utuk anda tentang Cara Menentukan Target Visitor Blog. Semoga dapat bermanfaat. By the way terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

34 komentar:

akang sam said...

lom faham rin tentang webmaster

Anonymous said...

ternyata seting default lebih berguna untuk blog yg notabene berupa informasi, terimakasih sobat ririn :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Akang Budi, webmaster adalah tools yang disediakan oleh Google yang diperuntukkan kepada pengelola blog agar blog nya bisa bekerja secara optimal. Mungkin agar lebih jelasnya, anda bisa langsung sign in ke alat webmaster. Ini url nya www.google.com/webmasters

Mas Jocker, iya benar sekali mas. Blog yang berisi informasi yang banyak dibutuhkan oleh orang diseluruh penjuru dunia, itu lebih baik disetting default saja agar supaya laman blog kita bisa terindeks oleh Google manapun diseluruh dunia. Karena Bahasa di blogger itu bisa diubah-ubah sesuai dengan lokasi pengguna internet. Thanks mas sudah mampir :)

afada said...

Blogger perempuan yang blognya berisi tutorial seperti ini jarang saya temui. menarik untuk terus di simak dan di follow, sangat informatif content content nya.

salam kenal dan salam hangat
DAVID RAJA
www.DavidRaja.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas David atas apresiasinya yang luar biasa. Terimakasih juga sudah berkenan singgah dan memfollow blog saya. Saya akan segera memfollow balik blog anda. Salam kenal juga ya. Semoga kita bisa bersahabat dengan baik melalui media blogging :)

afada said...

Bersahabat di Blogging, SOSMED, Bahkan di Dunia Nyata pun, semoga tidak luput dari tetap berbagi manfaat.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, mudah-mudahan kita bersahabat dengan baik dan sharing informasi yang bermanfaat. Thanks ya sudah berkunjung lagi :)

Djangkaru Bumi said...

Terimakasih atas sharingnya. Ngenblog itu memang unik dan perlu keahlian yang unik juga demi target visitor.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar juga ya pak. Butuh adanya daya kreatifitas yang tinggi untuk mengelola blog agar blog tersebut bisa sukses. Terimakasih atas kunjungannya :)

Unknown said...

Klo Fungsi Dari WebMaster saya tahu dikit tapi Klo Buatt Menentukan Target Visitor Di bLog Saya malah baru tahu hehe
Makasii dah gan atas Infonya sangat Bermafaat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

memang agak sulit mas untuk memahami tentang webmaster google :D Kita sama-sama belajar ya :)

Unknown said...

Artikel yang cukup bagus menurut saya.
Setiap kita berbagi sudah pasti akan menambah apa yang bisa kita bagi kemudian, apalagi bermanfaat buat banyak kalangan.
keep share... :)

salam kenal
Rahmat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak Pak Rahmat atas apresiasinya. Mudah-mudahan bisa begitu ya pak, yakni bisa bermanfaat untuk orang lain. Salam kenal juga ya :)

Unknown said...

Berarti untuk blog saya tidak usah menargetkan pemirsa ya mbak ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas, blog anda tidak perlu ditentukan target visitornya, karena memang semua orang diseluruh dunia akan mencari informasi tersebut, terkait dengan micrsoft word :)

Unknown said...

Oke mbak, terima kasih penjelasannya. Coba bisa buat post dengan bahasa inggris

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas sama-sama. Ya kalau mau buat posting dengan menggunakan Bahasa Inggris, ya harus belajar mas hehehe Bisa dengan kursus atau mungkin ikut les :)

Unknown said...

Atau merekrut orang lain yang can talk and write as author in our blog ;)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin bisa juga seperti itu mas. Tapi kalau sudah berkaitan dengan orang lain ya kita harus siap membayar nya jika ia diajak nulis di blog kita hehehe :D

Unknown said...

sepertinya begitu mbak, ngga ada bisnis yg tdk mengeluarkan modal :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul mas apa yang anda sampaikan tersebut. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Adhy Suryadi said...

masuk akal juga ya bagi toko online, jika yang punyanya orang Indonesia, ribet juga jika harus kirim barang ke luar negeri jika bayernya orang luar, mana pesannya cuman beberapa dan harganya juga cuma beberapa hehehe... jadi lebih baik jika toko onlinenya di Indonesia maka target visitornya juga wilayah Indonesia. Seperti itu kan mbak Wahyu...? Karena blog saya isinya sekenanya, jadi saya biarkan setting default aja... :D

abitalita said...

bagaimana dengan blog saya mbak yang isinya sudah mirip gado gado..hehehe

Unknown said...

Sangat bermanfaat sekali mbak infonya, jika blog kita berbahasa indonesia mungkin lebih cocok untuk ditargetkan di indonesia, walaupun sudah tersedia translate page tetapi kadang artikel yang kita posting tidak seluruhnya menggunakan bhsa indonesia yg baik dan benar, yg ini akan menjadi kendala bagi visitor luar negara yang membacanya, karena tidak dapat mentranslate seluruhnya

Anonymous said...

kalau kita menarget untuk Indonesia berarti serp blog kita hanya muncul di google Indonesia apa gimana mbak, masih belum ngerti hehe...

Unknown said...

Sudah saya target visitor blog saya mbak Ririn,sesuai saran yang diberikan.thanks infonya,baru tahu juga sekarang ada fitur seperti ini di google webmaster.

Asep Haryono said...

Google webmaster ini sudah sering saya dengar. namun dasarnya saya aja yang ndablek jadi fungsi atau fitur yang sudah disediakan oleh google atau blogspot ini tidak atau belum sama sekali saya gunakan.

Sedangkan untuk mengetahui siapa saja yang datang, darimana asal para pengunjung, berapa lama mereka mampir ke blog, browser apa yang dipake dan lain lainnnya saya menggunakan Google Analytic

Unknown said...

Target visitor blog saya seluruh penjuru dunia mba agar blog saya terkenal sehingga ada investor yang mau pasang iklan di blog saya, hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Kompi, wah master sukanya merendah getu dech hehehe :) Blog nya master sangat bagus. Kontennya berkualitas. Nggak seperti blog saya yang isinya biasa saja hehe :D Terkait dengan target visitor, trik ini memang cocok untuk blog/web toko online. Kalau untuk blog personal yang kontennya berguna untuk banyak kalangan, tidak perlu disetting target visitor nya. Thanks master atas kunjungannya ya :)

Pak Aulia, mungkin alangkah baiknya di setting deffault saja pak. Kan blog anda bukan blog/web toko online. Jadi nggak perlu di setting target visitornya. Saya kira blog gado-gado atau rujak atau mungkin blog pecel, nggak masalah kok hehe :)

Mas Virlyz, mungkin ada benarnya juga pendapat anda. Penggunaan bahasa memang sangat memengaruhi. Tapi sebaiknya kalau blog tersebut kontennya membahas hal di butuhkan orang banyak, mending di setting default saja, supaya jangkauan wilayah pengunjung bisa lebih luas. Orang bule bisa kok membaca tulisan bahasa indonesia dengan bantuan Google Translate. Trik ini lebih cocok untuk web toko online mas, supaya target konsumennya terbatas pada wilayah tertentu saja :)

Mas Anthonie, iya betul seperti itu mas. Blog kita hanya muncul di SERP Google.co.id saja bila kita mensetting untuk wilayah Indonesia saja. Trik ini hanya cocok untuk toko online yang dikhususkan untuk wilayah tertentu saja. Kalau blog saya dan blog anda, saya kira tidak perlu di setting seperti ini :)

Mas Felix, wah bagus kalau begitu mas felix. Blog anda kan toko online. Jadi harus di setting seperti ini, supaya tidak terlalu jauh kalau menerima order. Sukses ya mas toko online nya :)

Pak Asep, Google Analytic juga bagus pak. Tapi lebih bagus lagi kalau kita menggunakan kedua-dua nya hehe :)

Mas adjie, hehehe bagus mas kalau begitu. Jadi blog kita bisa muncul dimana-mana ya hehe :D

Ana Sriwahyuni said...

maunya sich blog saya juga muncul dimana-mana mbak Wahyu, tapi saya bingung, selain dari setting di webmaster, adakah cara lain?? trims

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya kurang tahu buk, saya hanya tahu di webmaster saja hehe :)

You Know Me said...

wah sekarang caranya sudah bermacam-macam ya mba ririn.. tapi jika blog yang isinya tentang tutorial, game, dan software bila di tentukan seperti itu visitornya, apakah berpengaruh pada trafficnya mba ? atau mungkin berpengaruh pada hal lain, mohon di jelaskan ya mba.. terima kasih.. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau blog tentang Game, Tutorial, dan Software sebaiknya jangan di setting target visitornya. Karena dapat berpengaruh terhadap Google Search dalam mengindeks blog anda. Yang pada gilirannya dapat mempengaruhi trafik blog. Oleh karena itu sebaiknya blog anda di setting default saja yakni blog anda bisa muncul di negara manapun :)

You Know Me said...

oke deh mba, blog saya masih di setting pilihan defaultnya nih.. hehehe. ^^

Post a Comment