Mengelola Banyak Blog, Efektifkah?

Mengelola Banyak Blog, Efektifkah? Halo Sahabat Blogger! Bagaimana kabar anda semua? Semoga masih tetap eksis mengelola blog kesayangan anda masing-masing. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai hasil analisis saya tentang fenomena Blogging yang kian hari kian meningkat, terutama dikancah blogger tanah air Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama bahwa semenjak satu dekade yang terakhir ini, banyak blog dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan dari konten online dengan beragam cara. Tapi pada umumnya sebagaian besar berpartisipasi pada program Pay Per Click (PPC).

Katakanlah misalnya seperti Google AdSense, KlikSaya, IdBlogNetwork, dan kawan-kawan merupakan situs penyedia Program PPC yang cukup digandrungi oleh para webmaster (sebutan untuk pengelola blog). Tak heran jika mereka kini berlomba-lomba untuk memperoleh aproval dari situs tersebut untuk bisa menjadi publishernya.
Mengelola Banyak Blog, Efektifkah?
Image by cybercrew-newbie.blogspot.com
Aproval yang paling sulit adalah dari PPC Google AdSense. Namun, ketika mereka sudah menjadi publishernya, mereka cenderung membuat banyak blog untuk memperoleh penghasilan melimpah dari Google AdSense. Mengelola banyak blog? efektifkah? Itulah topik yang saya angkat dalam artikel ini sebagai bagian dari analisis saya tentang blogging.

Memang, setelah kita memperoleh aproval dari Google AdSense, kita bebas memasang iklannya di blog mana saja tanpa harus mendaftar lagi, asalkan blog tersebut sesuai dengan Kebijakan Program Google AdSense.

Berikut adalah uraian tentang topik artikel yang saya ulas dari hasil analisis saya mengenai pengelolaan blog dengan jumlah yang banyak.

Mengelola Banyak Blog, Efektifkah?

1. Ketersedia'an waktu
Mungkin kita tidak hanya sibuk dengan dunia online saja, tapi kadang kita juga disibukkan dengan dunia offline yang tidak bisa ditinggalkan, misalnya bekerja, sekolah, dan kuliah. Dengan mengikuti program PPC, sebagai upaya memperoleh penghasilan dari internet, itu menjadi preferensi sebagian orang, karena caranya cukup mudah dijalankan dengan sistem passive income.

Ketika kita sudah menjadi publisher PPC, katakanlah Google AdSense, mau tidak mau kita harus serius mengelola blog kita. Misalnya update artikel setiap hari atau setiap minggu. Tujuannya agar iklan yang ditayangkan dapat berjalan optimal. Tapi tidak sedikit diantara kita yang membuat banyak blog agar bisa dengan cepat memperoleh bayaran dari PPC.

Memang, secara konspetual, semakin banyak blog, maka semakin banyak pula hasil yang akan diperoleh dari PPC. Pertanyaannya, apakah itu bisa efektif? Tentu saja bisa, asalkan kita mempunyai banyak waktu untuk mengurus blog. Tapi hal itu akan berbanding terbalik jika kita tidak mempunyai banyak waktu. Konsekuensinya, blog yang terpasang iklan akan terbengkalai.

Oleh karena itu, sebaiknya fokus mengelola satu blog, dan mencoba meningkatkan trafik. Karena, asumsinya, semakin tinggi trafik, maka semakin tinggi pula peroleh bayaran dari PPC. Ini merupakan moto yang saya kutip dari PPC KlikSaya.

2. Ide menulis
Seperti kita tahu bersama bahwa ide menulis tidak datang setiap hari. Kadang pas waktu rajin menulis dan banyak ide, kita bisa menulis sampai berpuluh-puluh artikel. Sebaliknya, saat kita malas menulis, mungkin bisa tidak menulis selama berminggu-minggu. Alhasil, blog kita tidak ter-update. Sehingga untuk bisa sukses dalam Bisnis Oniline PPC, faktor ini penting untuk diperhatikan. Lebih baik mengelola satu blog saja, dibandingkan banyak blog tapi konten-nya sama.

3. Fokus pengelolaan
Semakin banyak blog yang kita kelola menjadikan kita tidak fokus untuk mengoptimalkan pengelolaan. Menjadikan kita bingung ingin meng-update blog yang mana? kapan? tulisan yang akan di publish apa? Kita menjadi bingung sendiri. Oleh karena itu, saya kira satu blog saja sebenarnya lebih dari cukup apabila dikelola dengan baik dan update artikelnya bisa teratur.

4. Rekomendasi
Memang, hasil yang akan diberikan oleh situs PPC sangat menggiurkan. Karena pekerjaan yang kita lakukan sangat santai, dan penghasilan akan datang dengan sendirinya. Tapi apabila ditinjau secara komprehensif, kita (publisher PPC) ibarat seorang karyawan yang mana eksistensinya bisa di non aktifkan sewaktu-waktu. Oleh karena itu mengapa saya merekomendasikan untuk tidak menggantuungkan diri pada bisnis PPC. Lebih menjadikan bisnis PPC sebagai penghasilan tambahan saja, karena alasan tersebut diatas.

Demikian review singkat dari saya tentang Mengelola Banyak Blog, Efektifkah? yang bisa saya informasikan untuk anda semua. Semoga dapat bermanfaat. By the way terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

32 komentar:

Rohis Facebook said...

mengucapkan selamat Idul Fitri *smile

“Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
(Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

Claresta said...

Benar sist, blog satu aja jarang ke urus, apalagi blog banyak. jadinya terbengkalai seperti blog saya :)

Enakan satu blog aja, bisa santai n ngeblog tetap menjadi hobby. Bukannya hanya mengejar uang saja yang akhirnya bukan sebagai hobby lagi, melainkkan sebagai pekerjaan yg mengikat...

Kecuali bagi sobat2 yg memang terjun di bisnis online atau menekuni adsense, banyak blog sangat bagus. Jika satu blognya dibanned, msh punya blog lain yg jg bertrafik. Jadi tdk gigit jari.

Anonymous said...

sangat setuju, saya mulai berkurang nih upadate nya hihihi :D

Unknown said...

Mudah atau tidaknya membuat banyak blog itu tergantung si Pembuat.. :), susah nya cuma keterbatasan ide posting..

mbak cara ningkatin CPC di Google Adsense gmna ya??, punya saya cuma $0.02, :(

Walidin said...

Artikelnya semakin hari semakin bagus aja nih mba. Thanks atas penjelasannya.

Walidin said...

@komanDanErick mungkin ini asumsinya.

Misalnya jika publisher mendapatkan 10 clicks pada 0.02$ CPC ( 10 x 0.02$ = 0.2$),
Usahakan mendapat 2 klik pada 0.50$ CPC yang mana 2 x 0.50$ = 1$, lebih bagus kan?.
Jadi , CTR publisher adalah dari 10 ke 2, tapi pendapatan finalnya jauh lebih bagus ( 0.2$ to 1$), ini dikarenakan CPC yang bagus yaitu 0.02$ to 0.5$.

Kuncinya:
niche, long tail keywords, traffics, ads placement, ads view.
kelebihannya. niche & long tail kwds mudah di indeks, tapi murah harganya.

//*
Alternatifnya:
Kemudian, apa publisher siap bertarung di google first page/alias di halaman pertama, paling tidak urutan ke-5 atau paling jelek urutan terakhir halaman pertama.
Anggaplah TIDAK, karena seonya terseok-seok sama web-web master lainnya.
pertanyaannya adalah BERANIKAH MENEMBAK HIGH PAYING KEYWORDS UMUM yang lebih mahal (beraktinglah sebagai advertiser) # bukan long tail.
caranya: gunakan blog dan blogwalking to get more traffics

gunakan psikologi:
nama domain mudah diingat, diketik, mudah di raba search engine dan relevant. agar audience mudah balik lagi. selain tentunya artikel yang bagus.
*//

Nilai 0.5 di atas lebih high paying ketimbang 0.02

Itu kali Ndan perhitungan matematisnya dan psikologisnya terhadap CPC.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rohis, terimakasih banyak mas atas ucapannya. Mohon maaf lahir dan batin ya :)

Mbak Indri, pengalaman yang sangat menarik mbak. Memang benar, blog satu saja kita mempunyai kesulitan untuk mengelolanya karena keterbatasan waktu, apalagi blog banyak. Tapi benar seperti yang anda sampaikan bahwa mengelola banyak blog itu bisa dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Thanks ya atas sharingnya :)

Mas Jocker, mengelola sebuah blog memang sulit untuk bisa konsisten. Bisa dipastikan dalam hal pengelolaan kita pasti akan selalu mengalami fluktuasi, kadang rajin dan kadang juga malas. Tentu saja kita harus bisa pandai-pandai untuk mengorganisasi waktu kita untuk mengurus blog kita agar eksistensinya tidak terbengkalai. Thanks ya atas sharing nya :)

Mas Daniel, iya memang benar mas, semua itu tergantung dari administrator blog. Bila admin nya rajin dan pandai, pasti mengelola blog dengan jumlah banyak itu tidak jadi masalah. Tapi bagi kita yang malas dan tidak pandai, pasti akan banyak mempunyai kendala. Kita kembalikan lagi kepada diri kita masing-masing. Mengenai cara meningkatkan CPC dari Google AdSense, saya kira sudah dijelaskan secara lengkap oleh Pak Walidin, sehingga saya tidak bisa menjelaskannya lebih lanjut mas hehehe :) Thanks ya sudah singgah kemari :)

Pak Walidin, terimakasih banyak pak atas apresiasi dan atas tambahan informasi yang sangat berharga untuk kita semua. Sepertinya anda sudah berpengalaman dalam hal Google AdSense. Saya harus belajar banyak dari anda pak hehehe :) Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

benar sekali, saya sebelumnya memiliki 3 blog. Sekarang sudah saya putuskan menggabungkan 3 blog tersebut dalam 1 blog. Oke lah, blog utama bisa diupadate secara rutin, tetapi bagaimana dengan blog lainnya. Saya jadi tidak fokus, perhatian juga tersita.

yang penting tetap blogging saja

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik Mas Sabda. Memang benar bahwa blog dengan jumlah yang banyak sangat menyita waktu kita. Kita menjadi tidak terfokus dan akhir nya malah blog-blog tersebut terbengkalai di tengah jalan. Ini bisa dijadikan pelajaran oleh kita semua agar dalam mengelola blog tidak banyak-banyak. Satu saja cukup, asalkan di update secara rutin dan tentunya di rawat sebaik mungkin. Terimakasih sudah mau berbagi pengalaman yang sangat berguna bagi kita semua :)

Djangkaru Bumi said...

Semenjak jaringan internet lemot, banyak blog yang aku kelola jadi kedodoran. Membuat satu postingan bisa seharian kerena terkendala sinyal. Punya blog banyak memang enak dan menyenangkan kerena bisa membagi atau memilah-milah postingan atau artikel.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik pak dalam kaitannya dengan pengelolaan blog dengan jumlah yang banyak. Memang benar, punya blog yang banyak itu ada sisi kelebihannya dan kekurangannya seperti yang anda sampaikan tersebut. Pengalaman anda tersebut bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua. Terimakasih atas sharing nya :)

Unknown said...

Selama ini saya hanya mengelola satu blog saja. Blog 'gado-gado' untuk berbagi dengan rekan blogger yang lain dan sahabat di tanah air ini. Tentu membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang 'lebih' bila mengelola banyak blog atau situs.

Ulasan yang menarik dapat menjadi panduan atau referensi bagi para Blogger sebelum memutuskan untuk mengelola banyak blog. Selamat untuk pengelola blog yang sukses dengan Google AdSense-nya. Passive income yang menggiurkan sekali.

Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ide yang bagus itu pak. Fokus pada satu blog dan selalu update artikel yang menarik sebagai bentuk sharing informasi kapada kita semua. Saya kira blog dengan konten campuran tidak masalah, asalkan diisi dengan konten yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Dari situlah indahnya blogging, karena kita bisa menyalurkan ide kita dalam bentuk tulisan, dan juga bisa berbagi informasi dan cerita kepada orang lain. Ada kepuasan tersendiri jika ternyata artikel yang kita tulis itu dapat bermanfaat untuk orang lain dan bisa membantu mereka.

Selain itu, adanya sebuah komentar dari pemirsa blog kita menjadikan kita semangat untuk selalu berbagi. Terimakasih banyak Pak Herdoni atas kunjungannya :)

Asep Haryono said...

Saya kembali dibuat berdecak kagum akan kemampuan ide dan tulisan mba Wahyu Eka Prasetiyarini ini. Ini memang sudah lama saya perhatikan juga soal blog yang banyak dikelola oleh seorang blogger. Ini memang sering membuat bingung saya. Jika saya berkunjung balik ke seorang blogger (semacam blogwalking) lalu dalam profilenya ada banyak blog yang dia kelola. Saya jadi bingung dibuatnya.

Dalam hati saya bertanya yang mana blog yang aktif. Tentu tidak semua orang punya banyak waktu untuk melihat lihat satu persatu bukan. Banyaknya blog yang dikelola seorang blogger sering membuat bingung, dan bawaannya jadi malas. Tapi ini pilihan sih. Seperti yang dipaparkan dalam tulisan mba Wahyu ini. Semuanya telah mewakili apa yang ada dalam benak saya.

Menurut pendapat saya (ini pendapat saya ya), idealnya maksimal 2 blog yang dikelola oleh seorang blogger. Jadi tidak membuat bingung orang yang datang, Yang mana yang aktif dari sekian banya blognya itu

Unknown said...

Wahhh Bener Juga Tuhhh gan Jangankan Merawat banyak Blogg kadang yang 1 blog aja Suka Bingung Mau Update apaan Hehehe Nice Info dah gan Infonya slalu Bermanfaat :)

lang lang blog said...

punya satu blog saja sepertinya kuwalahan cari waktu dan ide apalagi lebih dari satu ya mbak
setuju juga rekomendasi tentang PPC itu mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Asep, wah terimakasih banyak pak atas apresiasinya. Jadi terharu dech saya hehehe :D Pengalaman anda tersebut sangat menarik pak. Kita akan merasa bingung jika akan berkunjung balik kepada seseorang yang mempunyai blog banyak. Memang sangat menyita waktu kita. Ada sisi negatif dan positif dari banyak blog yang kita kelola. Semua itu tergantung dari diri kita masing-masing, karena memang itu sebuah pilihan. Saya kira punya 2 blog atau 1 blog tidak menjadi masalah pak. Yang terpenting adalah blog tersebut benar-benar dikelola dengan baik. Terimakasih pak sudah singgah kemari. Salam :)

Mas Fatahillah, hehehe iya mas blog satu saja sulit untuk mengelolanya. Apalagi banyak blog ya. Pasti lebih membingungkan hehehe :D

Mas Arif, iya betul itu mas karena kita juga punya kesibukan di dunia offline, sehingga tidak bisa mengalokasikan waktu terlalu banyak untuk blgging. Terimakasih sudah singgah kemari ya :)

Bangk Bensap said...

banyak blog banyak penghasil an

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Bany, cukup menarik statement dari anda. Kalau ditinjau secara eksplisit, nampaknya memang begitu, yakni apabila mengelola banyak blog, maka penghasilan yang akan diperoleh juga banyak. Tapi kira-kira sampai kapan kita bisa bertahan untuk mengelola blog yang jumlahnya banyak tersebut? Bukankah lebih baik satu blog saja? tapi bisa kontinyu? :)

Mizz Aiza said...

mengelola banyak blog pasti hasilnya juga banyak dan lumayan.. tapi saya hanya mampu mengelola satu blog sahaja..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Memang benar mizz apa yang anda sampaikan. Tapi semua itu tergantung dari kemapuan kita sendiri apakah punya banyak waktu atau tidak? dan apakah kita punya banyak ide untuk menulis atau tidak? dan lain sebagainya. Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Staff Administrator said...

Selain kita kebingungan sendiri mengatur waktu utk membaginya ke tiap blog yg byk di miliki td...

Biasanya para pengunjung..enggan datang lg utk berkunjung...sanking byk pilihan blog mana yg akan di baca tulisannya ya mbak..blm lg karena gangguan koneksi dan bla...bla alasan lainnya..
---

Soal pasang thread comen..cuma biar simple aja mbak..di saat sang admin dan pengunjung utk saling berbalas komen..di kotak komentar... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Kita malah pusing untuk mengelola banyak blog. Ide tulisan terbagi-bagi dan pada akhirnya nggak fokus.

Owh begitu ya mas. Saya sekarang sudah tahu yang anda maksud, yakni biar ada tombol reply/balas di form komentar kan? hehehe :D
Iya kebetulan template ini tidak ada fitur itu. Mau pasang tapi takut kalau form komentar jadi eror kayak dulu lagi hehehe

By the way thanks atas saran nya mas :)

Anonymous said...

saya punya satu blog aja susah mau konsisten ngepost, maklum nggak punya banyak waktu, jadinya yah kadang susah banget ngatur waktunya belum lagi waktu untuk balas komen dan blogwalking, makasih sharenya mbak...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya benar itu mas. Ketersediaan waktu memang sangat penting untuk diperhatikan dalam mengelola blog. Kalau hanya punya waktu sedikit, lebih baik cukup satu blog saja. Itu sudah cukup, karena seperti yang anda sampaikan tadi bahwa untuk membuat posting, membalas komentar blog, dan blogwalking, itu sangat sulit. Thanks mas sudah mau sharing pengalaman :)

Agung Kharisma said...

Assalamualaikum mba Wahyu Eka Prasetiyarini. :)
Oh ya, belakangan ini saya sering berkunjung ke blog ini karena banyak tutorial menarik yang bisa saya pelajari. Mengulas soal postingan di atas saya mengiyakan karena saya punya pengalaman serupa. Dahulu sewaktu mengelola blog pertama kali, saya membuat banyak blog hingga akhirnya bingung mau ngepost blog yang mana dulu dan akhirnya terbengkalai. Namun untuk sekarang ini saya sedang fokus dengan dua blog baru saya, satu tentang tips blog dan satu lagi mengenai cerpen. Waduh kok jadi sharing gini ya. hehe :)
Ketersediaan waktu juga bagus untuk di ulas, kalau banyak blog otomatis akan banyak waktu yang harus kita luangkan diantaranya untuk:
1. Membuat posting
2. Mengelola template desain
3. Menjawab komentar di blog
4. Blogwalking
5. Promosi
6. Optimasi seo
Banyak bukan? Tapi insyaallah tahun ini saya mau berusaha mengelola dua blog mba. Thanks untuk postingannya yang menginspirasi. Oh ya, saya udah follow blognya mba Wahyu Eka Prasetiyarini, ditunggu yah kunjungan dan folbacknya di blog saya:
http://dailybloggerpro.blogspot.com/
http://rumahcerpenmu.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah lengkap banget mas kalau menulis nama saya hehehe :D Panggil aja Ririn. Kan lebih ringkas hehehe :D

Pengalaman yang sangat menarik mas. Mengelola banyak blog memang dibutuhkan waktu, tenaga, fikiran, dan finansial yang lebih. Karena kita hanya seorang diri saja yang mengelolanya, sehingga kurang efektif dan efisien ke depannya.

Poin-poin yang anda sebutkan diatas memang benar adanya yakni tentang indikator penting yang harus diperhatikan ketika mengelola blog.

Mudah-mudahan 2 blog anda tersebut bisa sukses ya mas. Syukur-syukur bisa dikelola dengan baik dan terus-menerus. Sehingga bisa membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Terimakasih banyak Mas Agung sudah singgah kemari.

Afrid Fransisco said...

Punya saya ada 4 Blog dgn Tema Macam Macam

tapi semua udah jadi 1

Iya, kayanya benar, 1 blog enak banget ngurusinnya dibandingin byk blog nanti kuliah bisa terbengkalai ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, karena kalau hanya 1 blog, kita bisa lebih fokus mengelolanya. Terimakasih Mas Afrid sudah mau mampir :)

Afrid Fransisco said...

Iya, makasih juga udah mampir balik ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Afrid :)

Unknown said...

kalau software pengelola blog ada gak ?

Post a Comment