Cara Verifikasi Akun Google AdSense

Cara Verifikasi Akun Google AdSense Apakah anda kini sudah menjadi Publisher Google AdSense? jika belum, tidak ada salahnya untuk mengajukan permohonan. Siapa tahu permohonan anda bisa di approve. Caranya bagaimana? Anda bisa membaca artikel saya terdahulu tentang Cara Mendaftar Google AdSense dari Blogger. Namun, bila kini anda sudah berhasil menjadi Publisher AdSense, saya ucapkan selamat. Anda kini bisa monetisasi blog/web anda dengan sistem passive income.

Ketika saldo anda di akun Google AdSense sudah mencapai $ 10 USD, maka pihak Google akan mengirim surat yang isinya berupa Personal Identification Number (PIN) ke rumah anda. PIN tersebut nantinya akan digunakan untuk verifikasi akun anda. Karena sebelum anda melakukan verifikasi, maka akun anda akan ditangguhkan. Mungkin surat tersebut bisa tiba dirumah anda selama kurang lebih 1 bulan, atau mungkin bisa lebih. Semua itu tergantung dari jauh tidak nya rumah anda.

Apabila surat tersebut sudah sampai di rumah anda, anda harus melakukan verifikasi kepada Google AdSense. Tujuannya agar akun anda tidak ditangguhkan lagi dan anda bisa mencairkan pembayaran dari Google AdSense jika saldo anda sudah mencapai minimal payout. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Verifikasi Akun Google AdSense. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Verifikasi Akun Google AdSense

1. Silahkan kunjungi laman Google AdSense di url http://www.google.com/adsense Silahkan log in menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing.
Cara Verifikasi Akun Google AdSense
2. Setelah anda log in, langkah selanjutnya adalah klik menu Pembayaran.
Cara Mendapatkan PIN Google
3. Kemudian, silahkan klik tulisan Silahkan Masukkan PIN anda.
Cara Memasukkan PIN ke Akun AdSense untuk Verifikasi Publisher
4. Selanjutnya anda akan menjumpai laman seperti screenshoot di bawah ini. Silahkan masukkan PIN anda pada kolom yang sudah disediakan dan kemudian klik tombol Kirim PIN.
surat PIN dari Google AdSense sudah sampai di rumah diantar pak pos
Catatan:
Jangan sampai salah dalam memasukkan PIN sampai 3 kali berturut-turut, karena hal itu bisa mengakibatkan penayangan iklan dan akses akun anda akan ditangguhkan. Oleh karena itu, silahkan masukkan PIN anda secara hati-hati dan harus benar sesuai dengan PIN yang ada dalam surat.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Verifikasi Akun Google AdSense. Semoga dapat bermanfaat. Thanks for your attention.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

51 komentar:

Unknown said...

wah....belum daftar'e mbak...heheheh
Kalo mbak udah jd publisher ya

Mizz Aiza said...

bagus perkongsian ini.. saya pernah memohon dahulu, tetapi ditolak.. mungkin tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh google adsence..

Kang Ucup said...

Saya simpen dulu untuk pengetahuan. semoga saja suatu hari nanti bisa saya terapkan.

Unknown said...

kapan ya kira kira GA mampang di blog saya ( ngarep ) detail dan mudah di pahami penjelasan cara memverifikasi akun GA nya

Unknown said...

PIN nya udah nyampai mbak ??..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, alhamdulilah sudah mas. Silahkan daftar saja. Jangan ragu-ragu. Saya support dari sini :)

Mizz Aiza, pengalaman yang cukup menarik mizz. Memang agak sulit untuk di approve oleh Google AdSense. Tapi kalau kita mau mencobanya lagi, insyaAllah pasti berhasil :)

Kang Ucup, iya kang silahkan di save mungkin nanti atau besok bisa bermanfaat artikel saya :) Thanks ya sudah mampir :)

Mas Arie, silahkan dicoba untuk daftar mas. Masih ada kesempatan yang terbuka lebar untuk kita. Karena kini Google AdSense sudah support Bahasa Indonesia.

Mas Daniel, wah belum sampai mas hehehe :D Ini masih dalam penantian aja :)

Ana Sriwahyuni said...

belum daftar nich mbak..
oya yang saya tahu Google Ads akan kirim PIN jika saldo sudah mencapai $100, bukan $10 kan mbak Wahyu?

Staff Administrator said...

pengalaman sy ketika itu juga sempet kaget mbak...dapat surat cinta dari Google..dan setelah di buka ternyata.. Isinya pemberian no PIN ...dan utk cara yg sy lakukan saat itu..utk verifikasinya persis sama dg apa yg udah mbak sampaikan di atas... :)

Palingan sebentar lagi nih giliran mbak Eka...dapat surat cinta nya tiba ke rumah..hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saldo $ 100 USD itu minimal payout nya buk. Jadi kalau saldo akun kita sudah mencapai angka itu, maka kita akan memperoleh bayaran dari Google AdSense.

Kalau saldo $ 10 USD itu merupakan batas dimana pihak Google AdSense akan mengirim surat yang berupa PIN ke rumah kita (ini khusus Publisher Baru). Isi PIN tersebut digunakan untuk verifikasi Akun Google AdSense.

Jadi seperti itu Bu Ana. Kalau anda belum daftar, tidak ada salahnya untuk melakukan pendaftaran kepada Google AdSense. Thanks Bu Ana sudah singgah kemari :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, wah pengalaman yang sangat menarik mas bahwa anda sudah pernah memperoleh surat dari pihak AdSense, sehingga kini akun Google AdSense-nya anda sudah diverifikasi. Saya malah belum nich hehehe :D Saat ini saya masih menunggu surat dari Google AdSense yang konon katanya dari Amerika Serikat :)

Anonymous said...

sejak akun adsense saya kena baned sampai sekarang saya masih belum pakai adsense lagi, mencoba PPC lokal saja, pernah juga sih saya bikin lagi tapi saya lupa akunnya, yang saya save di ponsel, dan lupa backup k komputer, jadinya lenyap bersama hape yang saya jual #lagi butuh duit ckckckckck

#Rizkyzone.com

Anonymous said...

belum dapet GA nih :(

Unknown said...

Belum bisa mbak, saya ikuti apa yg telah mbak urai di post lain. Minimal umur blog 6 bln dan visitor harus ditingkatkan lagi.
Heheheh.....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, wah sangat sayang sekali ya mas kalau ternyata E-mail dan Pasword nya bisa hilang begitu saja. Tapi PPC lokal Indonesia juga lumayan kok. Hasilnya juga tak kalah dari Google AdSense kalau kita mau serius :)

Mas Naufal, iya silahkan coba daftar mas. Masih terbuka lebar kok untuk bisa menjadi Publisher Google AdSense :)

Mas Hasby, iya benar mas. Lebih baik anda fokus terlebih dahulu untuk mengelola blog anda. Kalau umur blog sudah cukup dan pageview blog per hari juga sudah layak, nanti blog anda baru didaftarkan ke Google AdSense :)

Ahmad Zaelani said...

Jadi kalo saya klik iklannya, berarti ada yang dapat duit dong... hihi, thanks mba atas informasinya, bermanfaat sekali......

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-ama mas. Terimakasih banyak sudah singgah kemari. Salam :)

Anonymous said...

saya dai juga iseng cek email yang dah lama nggak saya buka, karena pernah kebaned, intinya saya diminta buat daftar lagi dengan akun itu, y dah coba2 lagi saja daftar lagi, Syukur kalau d approve kalauun nggak d approve juga nggak masalah, secara dah pernah kebaned. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata E-mail yang sudah terkena banned bisa didaftarkan lagi. Saya do'akan semoga berhasil kawan :)

Unknown said...

asik banget udah pada punya akun GA :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kenapa Mbak Elsa kok sedih begitu :)

Masnady said...

kalau masalah GA saya angkat tangan deh mbak... mbah saya (google) memang dari dulu agak gimana gitu kalau sama saya.. sudah tiga kali sungkem tetep aja di tolak.. padahal sama cucu sendiri lho... wkwkwkwk

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe bisa aja Mas Nady ini. Tetap semangat kawan :)

Anonymous said...

seneng juga yah kalau bisa dapet penghasilan dari GA, cuma susah banget yah kayaknya soalnya kita kadang nggak tahu alasan pasti GA kita ditolak jadi mungkin untung-untungan aja kali yah...

akang sam said...

Jadi sobat sudah mendapatkan PIN ya? selamat deh, dan semoga hubungan dengan GA nya awet rajet ja, kalau saya belum aja ne, hehe
ku jarang update artikel, coz sedang sibuk menyiapkan hal-hal untuk sidang skripsi, ku mohon doanya ya sob agar sidangnya lancar dan lulus ;D

Salam blogger Indonesia

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya mas lumayan susah untuk bisa memperoleh aproval dari Google AdSense. Butuh kerja keras dan juga do'a. Memang benar, sering kali pihak Google AdSense memberikan alasan penolakan permohonan yang kurang jelas, sehingga kita kesulitan untuk memperbaikinya. Kalau faktor untung-untungan, saya malah kurang tahu persis mas hehehe :)

Mas Budi, wah belum kok mas. Artikel diatas hanya sebagai panduan saja untuk para Publisher Google AdSense yang ingin verifikasi akun nya, sehingga mereka tidak salah dalam mempraktekkannya. Oh ternyata sedang mau ujian skripsi ya? hehehe pantas saja blog nya jarang update hehehe :D Tetap semangat kawan :)

Djangkaru Bumi said...

Saya sudah darpat sepuluh dolar, tinggal nunggu surat datang nih.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah selamat pak. Berarti sebentar lagi surat dari Amerika akan menuju rumah anda :)

Muhammad Ibnu Idris said...

Yang jadi masalahnya di blog saya. Pasca penggantian domain blogspot menjadi .com "Nemukabar.com", Google Adsense saya tidak lagi tayang, mungkin ini efek dari pergantian DNS.

Lalu kapan saya akan mendapatkan Googel Adsense saya lagi. Saya galau. Pihak google nggak cepet2 tindak lanjuti Konfirmasi Google Adsense ke Denial Name System baru saya itu.

Sedih.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Aneh ya mas ya kok iklan nya bisa tidak tayang begitu. Saya terus terang tidak tahu solusinya mas karena saya sebelumnya tidak pernah mengalami persoalan seperti itu.

Saran saya sih mending nggak usah diganti domainnya. Sehingga iklan bisa tayang di blog nemu kabar. Atau mungkin domain dot com nya itu dipasang di blog baru saja. Mungkin itu mas saran dari saya. Thanks dah berbagi cerita dan pengalaman ya :)

Unknown said...

Selamat dan sukses buat rekan-rekan Blogger yang sudah dikirimi 'surat cinta' dari Google AdSense. Salam cemerlang !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak Pak atas apresiasinya. Tapi hingga saat ini saya masih menunggu surat tersebut, soalnya belum sampai di rumah saya hehehe :D

Ahmad Zaelani said...

saya udah daftar ke adsense, setelah mba ririn posting tentang GA, tapi belum juga di aprove..... kira - kira kalau blog saya di aprove, berapa lama ya ? terus kalau gak di aprove ada pemberitahuan gak ? maaf mba pertanyaan saya muter - muter... heheh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tunggu sekitar 4 hari mas. Nanti pihak tim AdSense akan mengirim Email apakah ditolak ataukah diterima.

Kalau ditolak, biasanya ada pemberitahuan tentang alasan penolakan. Disitu anda bisa memperbaiki kesalahan anda. Kalau sudah diperbaiki, anda bisa kirim permohonan lagi ke AdSense.

Kalau diapprove juga ada pemberitahuan via E-mail yang isinya ucapan selamat atau congratulations!!

Albab Alpachino said...

saya juga baru daftar mbak, moga aja dapet email 'congratulations', daftar pertama kalinya sih soalnya, belum ada pengalaman yang beginian

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, mudah-mudahan aja di approve ya mas. Saya do'akan semoga berhasil proses permohonan akun nya :)

Thanks sudah singgah kemari :)

Arham Alpian said...

wah... G.A selain menghasilkan, bagiku itu cukup bagus sebagai penghias halaman blog....iklan yang ditampilkan juga unik aku fans sama ads unit 328 x 288 itu lho...........

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kesan-kesan yang sangat menarik mas. Google AdSense memang sangat bagus iklan-iklannya. Selain performa iklannya yang keren, juga relevan dengan konten blog. Ukuran unit iklan kotak besar memang yang dianjurkan. Karena banyak advertiser yang juga suka dengan ukuran tersebut :)

Unknown said...

manteb mbak artikelnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

OK thanks ya atas kunjungannya :)

Deni Demian Renovtri said...

saya gak datang2 mbak pin nya, udah lewat 1 bulan..kenapa ya

Revrine said...

mbak mau tanya, apakah email yg di buat daftar ke adsense itu hanya utk satu domain saja ya ? .. . .apa ada kemungkinan bisa dirubah utk domainnya ?... jadi tidak perlu mendaftar ulang dengan email yang baru maksud saya gtu, ... ..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Deni, mungkin anda bisa meminta surat PIN lagi kepada pihak AdSense agar surat bisa dikirim lagi :)

Rain, kalau anda pakai blogspot, ya hanya 1 email Gmail saja yang bisa didaftarkan ke AdSense. Kecuali kalau anda punya blog domain TLD, anda bisa mengajukan email yang sama bila dulu Email tersebut pernah daftar tapi ditolak. Jujur, saya kurang begitu paham saya pertanyaan anda hehe :D

Revrine said...

ceritanya begini, dulu pernah daftar adsense untuk suatu domain .......blogspot.com, kmudian di tolak, nah. saya ingin adsense melakukan cek ulang di blog saya lagi. tapi setelah saya ganti domainnya gtu mbak. Karena waktu mau mengirim ulang untuk cek ulang tetap dengan domain yang lama. .. ..
maaf mbak agak mbulet :P.. .

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh mungkin anda daftarnnya melalui blogger pada menu earning ya? Kalau daftar adsense melalui blogger, itu untuk domain bawaan blogspot.com.

Nah, jika anda ingin daftar adsense dengan domain www.delaphan.com, anda harus daftar melalui situs ini www.google.com/adsense. Saya juga dulu daftar adsense melalui situs tersebut, soalnya blog yang saya daftarkan adalah blog berdomain dot.com getu hehehe :)

Revrine said...

Untuk membuat adsense lagi dengan menggunakan email yang baru ya mbak ?

karena untuk blog saya itu hanya domainnya saja mbak yang [dot]com, domain awalnya fix11.blogspot.com

maaf ya mbak kalau saya banyak tanya. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul mas. Anda harus daftar adsense dengan menggunakan Email Gmail baru :)

lol said...

mbagnya. . . saya masih ditangguhkan nih . .nunggu surat yang konon katanya dari Amerika serikat :D hahahaha . . aduhhhh ngikut ama mbagnya jadinya.
Banyak ilmu yang saya dapat dari mbagnya . . saya ucapkan terima kasih . . salam dari Jahet Bungas

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau surat nya belum sampai di rumah, silahkan minta surat PIN lagi di akun Google AdSense anda. Anda diberi kesempatan mengajukan pengiriman surat PIN sebanyak 3 kali. Nah, apabila sudah lebih 3 kali anda minta surat PIN, tapi kok surat belum sampai juga, silahkan lakukan verifikasi dengan scan KTP/SIM/Pasport anda :)

toni said...

mb ririn.. brati nunggu kita dikirim surat dari GA apa kita yang mengajukan permohonan verifikasi mba?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kita nunggu surat PIN datang di rumah kita. Nah, kalau surat tersebut sudah nyampai di rumah, baru dech kita bisa melakukan verifikasi di situs AdSense supaya akun kita tidak ditangguhkan lagi :)

agastya selaksa said...

saya ditolak adsesnse berkali - kali gan dari dulu

ada yang bisa bantu saya

http://agasvcn.blogspot.com/

Post a Comment