Cara Mengatasi Eror pada Domain Custom di Blogspot

Cara Mengatasi Eror pada Domain Custom di Blogspot Ketika anda sudah mengubah domain dari domain bawaan blogspot ke domain custom, sering kali anda melupakan hal kecil ini. Padahal hal tersebut menurut saya sangat penting, karena menyangkut pemirsa setia blog anda. Adalah domain anda tidak bisa diakses tenpa huruf www. Jadi anda hanya bisa mengakses blog/web anda dengan menyertakan huruf www didepan domain anda. Contoh: www.domainkamu.com. Anda tidak bisa mengakses domainkamu.com.

Padahal, orang (dalam hal ini pengunjung) itu sering kali mengakses blog/web tanpa huruf www. Sehingga, apabila saat mengakses situs anda terjadi eror, maka orang tersebut akan kecewa. Dan pada akhirnya tidak jadi mengunjungi blog/web anda. Pasti sangat rugi kan? Oleh karena itu, setelah sesaat anda mengubah domain blogspot ke domain custom (misal dot.com dot.net atau yang lainnya), anda juga harus men-setting bagian ini. Berikut adalah screenshoot contoh web/blog yang tidak bisa diakses tanpa huruf www
 Cara Mengatasi Eror pada Domain Custom di Blogspot
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara atasi error pada domain custom di blogspot. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini secara seksama.

Cara Mengatasi Eror pada Domain Custom di Blogspot

1. Silahkan log in ke Blogger

2. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Setelan/Setting
Cara Agar Url Blog bisa diakses tanpa huruf www
3. Pada setelan/setting penerbitan alamat blog, silahkan klik tulisan Edit
Cara Mengatasi Eror pada Domain Dot Com
4. Selanjutnya silahkan check list alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com. Setelah itu silahkan klik tombol Simpan.
Cara Mengatasi Eror Page pada Custom Domain
Jadi, maksudnya apabila orang/anda mengetikkan url domainkamu.com di browser, maka tidak muncul halaman eror, melainkan akan dialihkan ke www.domainkamu.com

Caranya sangat mudahkan? Saya kira cukup sampai disini dulu. Kini anda hanya perlu mempraktekkannya. Demikian informasi sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengatasi Eror pada Domain Custom di Blogspot. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

53 komentar:

Unknown said...

wah, ada apa ini kok rajin bgt updatenya ??

Rohis Facebook said...

blom ada niatan ganti domain mbk..
makasih ya mbk ririn. *smile

Anonymous said...

akan saya terapkan caranya kalo blog saya sudah memakai top level domain. ^_^

lang lang blog said...

witgate related postnya apa memang dibikin seperti itu ya mbak, menurut saya kurang enak dimata (sorry)

Claresta said...

makasih infonya mbak,,, klu gitu ntar saya mau coba pakai domain dotcom, hehehe :)

Arham Alpian said...

direct domain...lebih baik lagi jika menggunakan set-up DNS.... tapi itu sudah cukup dan mudah untuk dilakukan.. barusan aku mengganti domainku coz pas lagi cek banyak sekali post yang diabaikan oleh google search engine... inginnya menyewa self hosting dan self domain tapi ga punya bahan berkualitas untuk dipublikasikan....

Unknown said...

trik diatas memang benar adanya, dengan menggunakan seting domain pengalihan seperti yang telah di jelaskan di atas, blogger akan mengalihkan domain kita dari domian.com ke www.domain.com , namun fitur tersebut hanya di dukung oleh broser modern, untuk tipe Firefox versi 10 ke bawah fitur tersebut tidak bekerja sob

Unknown said...

saya pernah menemukan hal macam ini dibeberapa blog teman saya,

tapi saya masih belum pernah mengalami hal ini.:D, paling tidak sudah ada ilmu buat ngatasi nya.. :D

dunia maya said...

izin nyimak mb,,,,
nambah ilmu,,,,

ntar klau dh ganti domain bsa d cba

Hariyanto Wijoyo said...

oohh ternyata begitu ya...cara untuk mengatasinya....salam :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, hehehe Supaya nggak mengecewakan pemirsa setia blog saya mas. Jadi, blog nya harus update setiap hari. Hehehe :D

Mas Rohis, iya nggak apa-apa mas. Saya juga belum ada niat untuk ganti domain kok, soalnya belum punya uang hehehe :D

Mas Kolong, wkwkwkwk Kira-kira kapan mas mau ganti domain TLD-nya? :D

Mas Thanjawa, saya juga kurang tahu mas kenapa widget related post nya jadi eror begitu. Widget tersebut asli bawaan dari template ini. Saya nggak pernah utak-atik widget tersebut. By the way, terimakasih banyak ya atas kritikannya. Nanti akan saya perbaiki :)

Mbak Indri, iya silahkan dicoba mbak. Tapi harus beli/sewa domain dulu hehehe :D

Mas Arham, wah pengalaman yang sangat menarik mas. Memang, ketika blogspot diganti domain custom, itu ada banya posting yang tidak diindeks oleh Google. Oleh karena itu, apabila ingin ganti domain, itu harus sejak awal pembuatan blogspot. Kalau beli hosting dan domain, sepertinya terlalu mahal mas hehehe :D

Mas Arie, owh begitu ya mas, jadi hanya trik diatas hanya bekerja pada browser modern. Saya malah baru tahu hehehe :D Wah Mas Arie memang sudah sangat berpengalaman. Terimakasih banyak master sudah menambahkan kekurangan artikel diatas :)

Mas Daniel, pengalaman yang cukup menarik mas. Saya kebetulan juga menemukan eror seperti itu ketika mengakses blog Pak Djangkaru. Lalu saya coba membuat tutorial ini agar bisa saling mengingatkan dan memberi tahu :)

Mbak Maya, iya mbak silahkan disimak baik-baik ya. Nanti kalau domain blog anda sudah ganti, jangan lupa kita-kita juga dikasih tahu hehehehe :D

Pak Hariyanto, ok thanks pak :)

Masnady said...

makasih mak atas tutorialnya.. namun saya masih nyaman dengan domain gratisan blog saya mbak hehehehe.....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, hehehehe suka yang gratis-gratis ya mas :D saya juga kebetulan suka :D

Anonymous said...

saya belum pernah pake yang tld jadi kayaknya belum perlu, tapi boleh juga untuk menambah wawasan, makasih mbak buat tutorialnya, update terus tiap hari nih... keren :)

Kang Ucup said...

informasinya keren mbak, bisa buat acuan di masa yang akan datang buat saya :)
ijin oot mbak, mengenai tampilan related post yang kurang enak dipandang mata. mungkin berasal dari gambar bintang sebelum judul. mungkin linknya rusak. mbak bisa edit html dan menghapus url http://i276.photobucket.com/albums/kk1/sandi2002/Tricks%20Theme/star.gif
semoga berhasil

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, kalau sudah punya banyak uang, sepertinya perlu dicoba mas untuk menggunakan domain TLD (Top Level Domain) supaya blog nya bisa terlihat lebih profesional hehehe :D
Iya mas, kebetulan update posting saya jadwal tiap hari secara otomatis hehehe :D

Kang Ucup, wah terimakasih banyak kang atas ilmu dan petunjuknya. Alhamdulillah berkat anda, widget related post sudah beres diperbaiki hehehe Thanks ya kang :)

Kang Ucup said...

saya hanya coba membantu mbak, kalau berhasil itu suatu kebetulan :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah Kang Ucup sukanya getu dech hehehehe :)

Rohis Facebook said...

uang sh ada mbk tp utamakan yg jauh lbh penting.. *smile

Unknown said...

Seppp dah mbak, saya dukung....beda dengan saya yg tidak selalu update..hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rohis, iya betul itu mas. Masih ada hal lain yang perlu dipriritaskan. Kalau domain saya kira merupakan kebutuhan tersier, dalam artian kebutuhan barang mewah. Oleh karena itu, lebih baik kita prioritaskan kebutuhan primer. Thanks mas rohis atas masukannya :)

Mas Hasby, thanks mas atas support nya. Sebenarnya agak sulit juga mas untuk bisa konsisten. Ada-ada aja halangannya. Oleh karena itu, solusi alternatifnya adalah dengan cara setting jadwal penerbitan posting secara otomatis :)

Anonymous said...

saya dulu pernah pake cara ini waktu redirect ke domain dot co.cc mbak, tapi gak lama kemudian malah dapat kabar katanya domain dot co.cc sudah dicampakan google hehehe kasian banget kan saya :) tapi sekarang malah lumayan nyesel gak dari dulu aja pake TLD, mau ganti sekarang malah repot optimasinya lagi hohoho..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah pengalaman yang sangat menarik mas. Sudah pernah ganti domain blogspot ke domain custom. Kalau saya malah belum pernah hehehe :D Soalnya nanti malah ribet setting nya dan juga ribet bayar biaya sewa domain setiap tahun. Kalau pakai blogspot kan gratis hehehehe :D

Masnady said...

haha biasa mbak.. orang indonesia memang suka sama yang namanya gratisan.. diskon. bahasa inggrisnya sale.. (sale pisang) hahahaha

Mizz Aiza said...

terima kasih sharingnya.. saya masih selesa menggunakan domain blogspot..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, bisa aja mas nady ini kalau bikin plesetan wkwkwkwk :D

Mizz Aiza, iya nggak apa-apa mizz, yang penting dikelola dengan baik blog nya :)

Asep Haryono said...

Bisa update setiap hari adalah sesuatu yang luar biasa. Saya salut dengan Mba Ririn, update oke banged, dan artikelnya selalu berbobot. Saya boleh jagoan soal bisnis online, tapi untuk urusan kualitas artikel dan update blog saya harus belajar sama mba Ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah Pak Asep ini sukanya berlebihan banget kalau memberikan apresiasi. Saya kan jadi agak-agak gimana getu wkwkwkwk :D

Thanks pak sudah mampir di blog saya :)

Unknown said...

mampir sambil belajar, ijin membaca ya mbak...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

silahkan langsung dibaca aja mas, jangan sunkan-sunkan. :)
Nanti kalau ada artikel yang salah, mohon dibenarkan ya :)

NAUFAL SYAUQI said...

sekarang uda dapat iklan google adsen nih.,, tambah keren aja nih mbak ririn.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah bisa aja Mas Naufal ini. Masih keren blog anda kok. Blog saya mah jelek :)

Staff Administrator said...

Katanya kalo pindah domain...hrs mulai dari Nol lagi ya mbak... :)

Lewat tips hari ini...semoga membantu temen2 di saat kebetulan nemuin masalah seperti di atas ya ..
Thx mbak Rin :)

rusydi said...

mestinya mba ririn lepas dulu kacamatanya kalo lagi ngeposting, biar keliatan kecenya. masa tulisannya aja yg kece. he

Anonymous said...

domain gak mesti yg bayar ya.,

sekarang udah banyak banget domain gratis.,

hhehhe.,

mantap share nya mbak :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Budi, sepertinya begitu mas. Tapi kan nanti bisa di redirect (dialihkan) ke domain custom apabila ada yang mengakses domain asalnya, yakni blogspot. Mudah-mudahan sih begitu mas semoga bisa membantu teman-teman kita.

Pak Rusydi, hehehehe Pak Rusydi ini bisa aja dech :D

Mas Yogi, iya betul juga. Domain ada yang gratis, ada juga yang bayar. Semua itu pilihan. Dan tentunya mempunayi kelebihan dan kelemahan masing. Thanks mas sudah menambahkan :)

Ahmad Zaelani said...

ppantesan punyaku suka error.. heheh maksih udah share, sangat bermanfat sekali,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Emang sudah ganti domain custom ya mas sekarang? :)

Anonymous said...

saya belum bergan ke domain custom mbak... jadi ndak error kan?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe iya nggak lah, kan domain blog anda memang sudah dari sana-nya yaitu blogspot dot com. Kalau diubah ke domain dot com, pasti akan mengalami error mang :D

Indra Kusuma Sejati said...

Tutorialnya oke Mba, sederhana dan mudah diikuti. Memang kalau urusan domain dan hosting, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal kita menyesuaikan untuk kebutuhannya saja. Semoga bermanfaat.


Salam wisata

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tepat sekali apa yang anda sampaikan. Dengan menyesuaikan dengan kebutuhan kita, paling-tidak kita bisa memilah dan memilih platform atau domain yang mana yang cocok untuk kebutuhan kita. Terimakasih saudara Ejawantah sudah singgah kemari :)

Unknown said...

Blog saya juga termasuk yang berubah dari blogspotcom ke dotcom namun hosting tetap mengikuti blogger. Hal yang tampak kecil ini memang harus juga diperhatikan agar tidak terjadi error. Terima kasih tutorialnya tentang cara mengatasi eror pada domain custom di blogspot. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Domain yang anda gunakan untuk blog anda tidak ada masalah kok pak. Itu artinya anda sudah tahu tentang trik sederhana ini hehehe :D
Thanks pak sudah mampir di blog saya :)

Unknown said...

Wkakakaka master unyu kali mbak, saya masih newbie mbak, bisa bikin blog juga baru kemaren

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasanya kalau sudah master itu sukanya rendah hati, nggak sombong, dan baik hati :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Ilmu Padi sudah Membosankan ya Mba... :D
Sekarang yg lagi populer adalah ILMU SUKA SHARING
Siapa yg rajin Sharing Ilmu nya pasti Populer :D
berarti kalo mau dapat banyak Traffic supaya Populer, HARUS RAJIN SHARING ILMUNYA YA Mba Ririn :D

Anonymous said...

Terlihat lebih profesional. Kalimat bijak untuk satu kemajuan. saya setuju.

Anonymous said...

Heemm...., saya lebih paham sekarang rupanya itu penyebabnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Master Fritz, wah mas fritz ini bisa aja dech. Sebenarnya motivasi ngeblog saya bukan karena trafik kok mas, melainkan karena ingin berbagi kepada orang lain. Karena kepuasan saya ngeblog ketika bisa saling berinteraksi satu sama lain, berdiskusi, saling sapa, dan lain sebagainya. Lebih-lebih jika apa yang saya tulis di blog ini bisa bermanfaat untuk orang lain, saya pasti akan merasa bahagia sekali :)

Mbak Hasriyani, kebetulan blog anda mengalami masalah error mbak ketika di akses tanpa huruf www pada domain yang anda gunakan. Mudah-mudahan segera diperbaiki dengan mengikuti tutorial diatas. Salam :)

Jery Yanuarlan said...

jadi begitu ya mbak caranya...
terima kasih banget mbak tutorialnya, sudah saya praktekkan dan berhasil hehehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah kalau sudah berhasil mas hehe :)

Unknown said...

Wah berhasil mbak, saya kira udah di seting waktu pas beli domainnya dulu, makasih banyak ya mbak, sekarang udah bisa dibuka tanpa www hehehe

Post a Comment