Cara Klaim Web/Blog di Alexa

Cara Klaim Web/Blog di Alexa Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Kenapa saya bilang begitu? Hal itu karena sebagian besar blog/web anda sudah di Pasang Widget Alexa Rank. Seberapa pentingkah Alexa bagi anda? Mungkin jawabanya beranekaragam. Ada yang menganggap sangat penting dan ada juga yang menganggap tidak penting. Semua jawaban itu saya kira sangat wajar adanya karena motivasi setiap orang dalam membuat blog itu tidak sama.

Apabila anda belum begitu kenal dengan Alexa, tidak ada salahnya mengenalnya lebih dekat. Karena ada pepatah yang mengatakan "tak kenal, maka tak sayang". Silahkan baca artikel saya terdahulu yang berjudul Alexa Rank itu Apa Sich? Dari artikel tersebut mudah-mudahan bisa memberikan pemahaman untuk anda secara komprehensif.
logo situs Alexa rank
Bagi anda yang menganggap tidak penting terhadap Ranking Alexa, nge-blog enjoy saja. Mau rankingnya bagus terserah, mau ranking nya jutaan juga tidak jadi masalah. Namun, bagi anda yang menganggap Alexa itu penting bagi web/blog, tentu akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk Meningkatkan Ranking Alexa. Mulai dari update postingan blog secara teratur, meningkatkan trafik blog, mencari backlink berkualitas, hingga membiasakan diri untuk blogwalking.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah web/blog anda sudah diklaim di situs Alexa? Jika belum, tidak ada salahnya untuk meng-klaim. Karena dengan melakukan klaim, berarti situs tersebut benar-benar milik anda. Bukan milik orang lain.

Kebetulan blog saya sudah saya klaim beberapa waktu yang lalu. Kini giliran anda yang mempraktekkannya. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara claim web/blog di alexa. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Klaim Web/Blog di Alexa

1. Pertama-tama, pastikan bahwa anda sudah punya akun Alexa. Jika belum, silahkan membuat akun terlebih dahulu atau baca postingan saya terdahulu tentang Cara Mendaftar Alexa Rank.

2. Setelah anda punya akun, silahkan kunjungi situs Alexa di alamat ini www.alexa.com/siteowners/tools Silahkan klik tulisan Claim Your Site.
Tata Cara Klaim Blog di Alexa
3. Maka anda akan menuju laman berikut ini. Silahkan pilih Verify Ownership dengan cara centang Select Verify. Selanjutnya silahkan masukkan alamat url web/blog anda pada kotak yang tersedia. Setelah itu silahkan klik tombol Get Started.
Panduan Mengklaim Blog di Alexa
4. Selanjutnya silahkan pilih Intro yang Free. Silahkan klik tombol Sign Up.
Langkah-langkah Mengklaim Blog di Alexa
5. Langkah selanjutnya silahkan sig in ke situs Alexa. Masukkan alamat E-mail dan pasword anda. Kemudian silahkan klik tombol Continue.
Cara Mudah Mengklaim Blog di Alexa
6. Ada 2 cara yang bisa anda pilih untuk verifikasi klaim situs anda. Dalam hal ini saya akan pilih cara nomor 2, karena caranya sangat mudah.
Cara Gampang Mengklaim Blog di Alexa
7. Silahkan copy kode yang sudah saya beri tanda kotak merah, dan paste-kan ke Edit Template Blog anda. Silahkan paste-kan kode verifikasi dari Alexa tersebut tepat dibawah kode <head>.

8. Setelah kode tersebut sudah anda paste ke Edit Template blog anda, jangan lupa untuk di Save terlebih dahulu. Setelah itu, silahkan masuk ke Alexa lagi dan silahkan klik tombol Verify my ID.

9. Maka akan muncul pemberitahuan bahwa situs anda sudah berhasil di klaim. Silahkan klik tombol Continue.
Tutorial Cara Mengklaim Blog di Alexa
10. Langkah berikutnya adalah mengisi deskripsi blog anda dan juga biodata diri anda (pemilik situs). Silahkan lengkapi formulir berikut ini.
Cara Mengklaim Situs di Alexa
Keterangan:
Nomor 1 tulis judul blog/web anda
Nomor 2 tulis deskripsi tentang blog anda
Nomor 3 pilih dimana letak lokasi anda, yang dalam hal ini adalah Indonesia
Nomor 4 tulis nama pemilik situs, dalam hal ini adalah anda
Nomor 5 tulis alamat rumah anda
Nomor 6 isi kota anda
Nomor 7 isi provinsi anda
Nomor 8 isi kode pos
Nomor 9 isi dengan nama negara
Nomor 10 tulis alamat Email anda

Setelah itu silahkan klik tombol Save & Continue.

Selamat!!! Anda sudah berhasil mengklaim situs anda di Alexa.
Blog Cara Ririn Berhasil di Klaim di Alexa
Caranya cukup mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck!!! Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tantang Cara Klaim Web/Blog di Alexa. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

58 komentar:

Unknown said...

Kalau gak ngeklaim Alexa Rank bisa lama dapet ranking nya..

blog saya hampir 3 bulan baru muncul angkanya.. :(

Unknown said...

betul...setuju dengan mas Daniel. Setelah memasang alexa tool bar dan mengklaim blog rangkingnya anjlok drastis.

Anonymous said...

Mancab master, barusan saya dah ikutin caranya ternyata capek juga yah ngeklaim alexa.

Anonymous said...

kalo alexa cukup simple yah mbak tinggal masukin aja kode verifikasinya ke template, gak kayak klaim Technorati mesti bikin postingan dulu buat verifikasi masukin kodenya.

Kang Ucup said...

alhamdulillah saya sudah klaim alexa-nya.

Rohis Facebook said...

carax lumayan panjng jg ya.., makasih *smile

Anonymous said...

Makasih sobat :)

ini yang saya cari" ^_^

lang lang blog said...

saya sudah ada alexanya tapi kode claimnya lupa mbak

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

saya sudah claim blog di alexa nih mbak.. bisalah nanti saling review

HP Yitno said...

Siap mengikuti tekniknya.
Moga aja alexa-ku makin ramping. Masih gemuk sekali punyaku sob.

Claresta said...

sangat bermanfaat informasinya mbak,,, saya sekarang jadi tahu cara mengklaim situs di alexa,,,
makasih nice infonya,,,

Ave Ry said...

Nah ini dia... mau coba2 pasang ah, temen2 pada pasang iri juga (padahal belum ngerti banget ngeblog) ^^

Ahmad Zaelani said...

jujur saja , saya sih gak suka main alexa - alexa an ngeblog ya ngeblog saja jarang memperhatikan soal begituan... heheh tapi kali ini saya harus nyoba ... *pegang jidat...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, iya memang klaim blog di Alexa cukup mempengaruhi perolehan ranking. Tapi kalau menurut saya yang paling penting adalah update blog secara teratur :)

Mas Hasby, saya juga heran sama blog anda. Perasaan blog nya masih baru tapi kok ranking nya sudah 500 ribu. Aneh banget hehehe :D Ternyata rahasianya pasang Alexa Toolbar di Browser to hehehe :D

Mas Kolong, wah sama-sama master. Lumayan capek master kalau kita daftar dan juga sekalian klaim blog di Alexa. Butuh waktu berjam-jam hehehe :D Tapi menurut saya yang paling capek adalah Klaim blog sekalian buat tutorialnya wkwkwkwk :D

Mas Andes, wah tambahan yang bagus mas. Saya malah belum tahu tentang Technoraty hehehe :D Untuk klaim di Alexa memang sedikit ringan karena hanya perlu pasang kode verifikasi di template blog kita. Setelah itu kita hanya perlu mengisi informasi situs kita. Thanks ya atas tambahannya :)

Kang Ucup, wah selamat ya kang :) Saya sudah lihat informasi situs anda di Alexa. Ternyata anda dan Mas Andes satu Kabupaten ya? Yakni sama-sama tinggal di Kabupaten Batang :D

Mas Rohis, iya mas lumayan panjang, sampai capek buat tutorialnya hehehe :D Thanks ya sudah mampir :)

Mas Rafin, iya sama-sama mas. Semoga bisa membantu tutorial diatas :)

Mas Thanjawa, wah kalau sudah lupa begitu ya mending meng-klaim lagi mas. Soalnya kalau ganti template, pasti kode verifikasinya juga hilang :)

Mas Sabda, wah pengalaman yang sangat menarik mas. Saya malah baru kemarin-kemari klaim blog ini di Alexa. Iya kita nanti saling review satu sama lain ya hehehe :D

Mas Yitno, wah mas yitno sukanya merendah dech. Padahal ranking Alexa-nya sudah ramping getu kok. Salut :)

Mbak Indri, iya mbak sama-sama. Terimakasih banyak ya sudah singgah kemari :)

Saudara Ave, silahkan dicoba sob, siapa tahu cocok :)

Mas Zaelani, hehehe kan motivasi setiap orang beda-beda mas kalau nge-blog. :D Silahkan dicoba kalau tertarik dengan tutorial diatas :)

Mizz Aiza said...

saya telah mencubanya.. terima kasih ya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah selamat ya miss Blog Dunia Kecil sudah diklaim di Alexa :D
Blog saya juga baru kemarin diklaim nya hehehe :D

Unknown said...

hehehe....iya mbak, saya baca banyak tutorial dan belajar tahap demi tahap untuk mengetahui teknik seo, termasuk dari blog ini. Tante alexa juga jadi pertimbangan, makanya sekalian pasang toolbarnya. Alexa mereview blog berdasarkan data dari alexa toolbar browser pengunjung. Sebagai Pemilik blog, kita pasti sering mengunjungi blognya, entah membalas komentar, melihat hasil utak utik kode HTML dan lain-lain.

Unknown said...

trimakasih atas artikelny...sy mau mengclaim tp syang, modem sy lemot jdi cuma bisa buk2 blog yg g berat :)

abitalita said...

ini yang kadang suka terlewatkan,memperivikasi alexa setelah memasang widgetnya,sangat bermanfaat terima kasih sudah berbagi ya mbak :)

Anonymous said...

saya sudah lama pasang alexanya di blog, cuma udah lupa lagi caranya, sekarang ada artikel yang membahas mengenai Alexa, jadi kalau sewaktu-waktu perlu jadi gampang carinya, makasih mabk Wahyu :)

MANG YONO said...

saya telah mencobanya dan berhasil dengan selamat hehehe, ikut - ikutan yang lain... tapi yang jadi pertanyaan dan bikin bingun itu tuh kode ID alekanya kok muncul di sudut kiri atas blog saya, bisa begitu ya... ?

MANG YONO said...

tambah lagi mbak, setelah saya klaim alexa nya... akun openID saya ndak aktip... gimana yah ...

Staff Administrator said...

Iya nih mbak..padahal udah lama juga pingin nge claim rank alexa... Cuma lipa2 mulu...

Mumpung sekrng ada yg ngingetin dan ksh tutorialnya..langsung di coba deh.. :)

Staff Administrator said...

Trims ya mbak Rin :)

Putra said...

Uyeee !! Sudah mbak.
Ranknya gemuk banget. Hahaa
Gak fokus sih,

Unknown said...

Alexa menjadi salah satu indikator yang favorit di dunia blogger. Rasanya kurang lengkap bila blog belum dipasang widget Alexa. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, wah saya malah baru tahu itu mas kalau ternyata ranking alexa berdasarkan data toolbar pengunjung blog. Hehehe :D
Saya tahunya malah hanya update blog teratur saja untuk meningkatkan ranking alexa :D

Kang Zer, iya tidak apa-apa kang. Yang penting blog nya di update. Kalau soal klaim Alexa itu belakangan tidak apa-apa. :)

Pak Aulia, iya pak benar juga. Dengan verifikasi Alexa maka besar kemungkinan akan meningkatkan ranking blog di Alexa, yang pada gilirannya juga akan meningkatkan trafik :)

Mas Anthonie, iya nyante aja mas. Yang penting kan ranking blog anda sudah bagus. Kalau soal klaim mengklaim itu urusan belakangan nggak apa-apa :D

Pak Mang Yono, waduh kok bisa begitu ya pak? Mungkin kode verifikasi Alexa kurang tepat penempatannya pak. Kode tersebut diletakkan di bawah kode head di Edit Template Blogspot. Kalau soal Open ID malah saya nggak tahu pak solanya saya nggak pernah pakai Open ID :D

Mas Budi, wah saya sudah tahu kok kalau blog anda sudah di claim di Alexa hehehe :D

Mas Wahyu, wah selamat ya mas Blog Putra sudah di klaim :)
Kalau masih gemuk Alexa nya ya harus diet donk wkwkwk :D

Pak Herdoni, rasanya kurang lengkap juga kalau blog yang sudah pasang widget Alexa tapi belum melakukan verifikasi kepemilikan (klaim) di Alexa :D

Anonymous said...

Waah, saya malah belum mengklaim alexa saya lho, Jeng. ..
Makasih tipsnya, ya? :)

Oiya, setting komentarnya diseet untuk anyone aja, Jeng. biar yang blognya berdomain nisa komentar. :)

Sekedar saran saja koq. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Idah, silahkan di klaim mbak Alexa nya hehehe :)

Terkait dengan setting komentar. Sebenarnya ingin setting seperti itu, tapi saya khawatir nanti blog saya di banjiri spammer yang tidak bertanggung jawab. Soalnya blog saya dofollow mbak :)

Ya udah nanti akan saya pertimbangankan lagi saran dan masukan dari anda. Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Unknown said...

update rutin setiap hari juga berpengaruh mbak, buktinya blog anda sendiri ;) ditambah pengunjung blog Anda banyak juga yang sudah memasang alexa toolbar.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas benar sekali. Update rutin memang sangat mempengaruhi ranking Alexa. Tapi itu harus diimbangi dengan blogwalking juga kalau ranking blog ingin cepat naik :)

Anonymous said...

kayaknya alexa saya dah saya caim mb', aklum dah lama juga nggak pernah buka alexa

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

saya sudah lihat kok mas bahwa blog anda sudah di klaim di Alexa :)

Unknown said...

Alhamdulillah blog saya sudah saya klaim sob

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah selamat ya mas sudah berhasil klaim blog nya :)

Claresta said...

Mbak Eka, saya kmrn mencoba klaim blog saya alexa tp ditolak trs,,, ternyata blog saya sdh prnah saya klaim di alexa sdh lama, tapi saya lupa email dan paswordnya. setelah baca cara ini lalu saya ulangi lagi, kemudian saya pasang skrip verifikasi alexa lagi yg baru.

Di atas ada tulisan begini:

"Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah web/blog anda sudah diklaim di situs Alexa? Jika belum, tentu anda harus segera meng-klaim nya. Karena dikhawatirkan jika blog anda sudah mempunyai ranking yang bagus, tiba-tiba di klaim oleh orang lain, pasti anda tidak terima bukan?"

Pertanyaan saya adalah;

Bagaimana cara orang lain mengklaim blog kita di alexa, sedangkan yang bisa menyisipkan skrip verifikasi alexa di blog kita hanyalah kita sendiri sendiri?

Tentunya mbak Eka tahu ada cara lain yg bisa dilakukan oleh orang lain utk mengklaim blog kita, agar saya bisa berjaga-jaga supaya blog saya yg lain tdk diklaim orang sebelum saya mengklaimnya. Krn hal2 seperti itu mungkin saja bisa terjadi.

Makasih penjelasannya,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ternyata kritis juga ya Mbak Indri hehehehe :D Saya malah kurang begitu memperhatikan pada bagian yang itu :D

Memang benar apa yang anda sampaikan. Orang lain tidak bisa claim web/blog kita karena tidak bisa melakukan verifikasi. Kecuali hanya satu yakni akun Blogger kita dibobol oleh mereka.

Terimakasih Mbak Indri atas masukannya. Akan saya perbaiki lagi artikelnya :)

Meutrap said...

Sangat membantu sekali mbak,
saya sukses klaim alexa-nya,
sekali lagi terima kasih
http://meutrap.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Selamat ya mas bahwa anda sudah berhasil Claim Blog Anda di Alexa. Semoga blog nya tetap eksis di belantika dunia maya :)

Sigli Cyber said...

dicoba dulu deh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

silahkan mas sigli, good luck ya :)

Anonymous said...

Lengkap tersirat, komplit dan terperinci Tutorial
Cara Klaim weblog di alexa, artikel Mbak Rin ini?
Sehingga mudah di mengerti buat blogging pemula sekali
(Seperti saya) terima kasih nih Mbak Rin atas ilmu
Dan Artikelnya langsung tidur akhhh..
Eeehh maaf..langsung Praktek nih maksud nya tt3tt3tt3tt3tt3..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin Mas Karis mau menambahkan kalau seandainya artikel diatas masih ada yang kurang atau mungkin ada yang salah :)

Unknown said...

Sudah banyakan yang benar nya koq Mbak Rin artikel diatas
Nice juga Cantik, yang salah mah Rank Alexa saya Mbak
gak turun-turun eeehh malah kemarin ngebuncit deui..hhhhh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sepertinya diperlukan diet yang mantap Mas Karis, supaya Alexa nya bisa ramping hehe :)

Kemenag Kabupaten Karimun said...

mas, cara yang kedua gimana nich,,saya masih ragu meletakkan di edit HTML nya, dan disitu kan ada penjelasan
1. The title of your home page
2. You could put your verification ID in a
comment
3. Or, in its own meta tag
4. or, as one of your keywords
5. Your content is here. The verification ID will NOT be detected if you put it here

kalau yang sudah ahli, mungkin ngax masalah, tapi uat saya yang baru, ini bikin ragu-ragu, dan bingung. mohon bantuanya ya. ini saya notifikasi ke email saya, kl bisa dijawab segera ya, atau ada teman lainnya yng bisa membantu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan letakkan kode verifikasi Alexa di bawah kode < head > pak. Contohnya seperti dibawah ini:

< head >

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Contoh:

head
kode verifikasi alexa

Unknown said...

langsung saya praktikkan, dan alhamdulillah sudah terklaim :) trimakasih mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah kalau begitu kang, saya ikut senang :)

Unknown said...

trima lkasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

You're welcome Mas Odium :)

Unknown said...

makasi mbak info nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas jay. Thanks atas kunjungannya ya :)

Vertical Design ID said...

saya koq gagal terus ya kemarin
gk ada free nya

Unknown said...

Thanks, sangat membantu bagi yg baru belajar ngeblog

Unknown said...

memang perlu di claim alexa mbak biar makin ramping
terima kasih info nya

suntoro jp said...

thx..mbak artikelnya sangat membantu buat pemula seperti saya``

Post a Comment